Loh, Gue Juara 1 Stand Up Comedy ???

Penampakan Tropi dan
Uang Pembinaan

Akhir-akhir ini yang namanya STAND UP COMEDY lagi booming banget. Di mana pun, banyak orang pada ngomongin STAND UP COMEDY. Termasuk gue, sejak ngeliat videonya Raditya Dika yang lagi stand up comedy gue jadi suka nonton comic-comic lainnya manggung.

Kampus gue juga termasuk salah satu dari korban boomingnya STAND UP COMEDY. Untuk pertama kalinya pada acara PORSIMA (Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa) tahun ini, stand up comedy juga dilombakan dengan masing-masing jurusan mengirimkan minimal tiga delegasi buat berpartisipasi.

Gue salah satu dari tiga wakil jurusan gue, PGSD. Awalnya sih gue agak-agak gak niat buat ngikutin acara kaya gini. Soalnya, gue gak ada pengalaman sama sekali. Walopun sering nonton Stand Up Comedy tapi gue gak pernah nyobain buat Stand Up.
Temen gue pernah cerita katanya dia abis nonton salah satu anak kampus Stand Up Comedy dan hasilnya sama sekali gak lucu. Garing. Gak ada yang ketawa sama sekali. Memalukan. Gue jadi down ngedenger cerita itu. Gue takut bakal bernasib sama.

Pas hari H. Gue bener-bener merinding banget. Bisa gak gue nanti ngomong lancar di depan banyak orang. Gue jadi gak minat sama sekali buat jadi peserta kayagini. Pas pengambilan nomor urut buat tampil, gue berharap banget jangan sampe gue tampil jadi peserta pertama. Ambil undian aja rasanya kaya dilempar ke tong sampah. Ditimbun sama sampah an-organik. Gue gak bisa di daur ulang. Mengendap dan terlupakan. 

Gue ambil nomor, gue buka pelan-pelan dan gue shock ngeliat angka satu udah  melambai-lambai seakan ingin memeluk gue. Gue pengen kabur. Begitu gue buka lagi, ternyata ada angka dua dibelakangnya. Jadilah gue tampil di urutan ke 12. Gak papa, walopun harus nunggu agak lama yang penting gak jadi yang pertama, gue gak siap mental.

Peserta pertama maju. Dia sukses...
sukses membuat orang melongo, gak mudeng apa yang dia omongin, dan gak ada yang bisa diketawain. Kasian. Gue jadi pengen pipis. 

Peserta stand up comedy kali ini menurut gue unik-unik. Ada beberapa dari mereka yang tampil bawa pasukan dari kelasnya, jadi keliatan lucu. Sementara penonton lainnya masih tetap hening. Apesnya, hari itu temen sekelas gue lagi pada kuliah semua. Cuma gue yang tersisa. Gue keringetan, siapa yang nanti bakal ngetawain gue kalo bukan temen-temen sekelas gue yang udah biasa kenal gue. Tolonglah hambamu ini ya Owoh.

Siang itu ada peserta cewek yang dateng bawa pasukannya. Lucu memang, tapi itu menurut temen-temennya. Yang bikin gue heran adalah, kenapa dia bawain materinya Raditya Dika yang tingkat keganasan cewek tergantung dengan besarnya diskon yang ada. Gak tau mau bilang apa, menurut gue itu bodoh sekali. Kenapa dia gak pake materinya sendiri. Ironisnya, dia gak lucu sama sekali waktu ngomongin materi itu. Tentu saja. Beda.

Banyak diantara peserta stand up comedy yang seharusnya bisa membuat penonton ketawa. Tapi sayang mereka ngebawainnya gak dibarengin sama ekspresi yang meyakinkan. Ada peserta yang maksa banget minta tepuk tangan penonton. Ada juga salah satu peserta yang justru maen sulap. Gelas diisi aer terus dibalik aernya gak tumpah. Gimana caranya? Ternyata di dalem aernya dikasih pembalut. 

Ada juga peserta yang justru lebih mirip kaya orasi. Ngomongin politik Indonesia tapi gak ada lucu-lucunya. Ada juga yang malah jadi kaya ustadz. Mungkin dia pikir ini adalah acara PILDACIL. Obsesi yang terlambat, mengingat wajahnya yang udah gak ada imut-imutnya sama sekali. Kalo usia gue gak tau, mungkin aja dia masih di bawah 10 tahun atau malah udah 35 tahunan.

Yang paling ironis adalah saat ada peserta yang tampil gak lucu dan dia menyesal. Gak papa kok, penyesalan emang selalu datang terlambat. Makanya jangan suka makan pantat ayam yah. Karena dia menyesal, dia pun minta maaf sama penonton. 
"Maaf yah, mungkin ini memang gak lucu. Saya hanya sekedar ingin meramaikan saja. Biar ada perwakilan dari jurusan." 
Ini orang kenapa malah jadi curhat siiih? Uuuuuchh ... taaattiiiaannndddd..*salut*

Ada satu peserta yang bikin gue minder setengah mati. Dia peserta cewek yang penampilannya mirip kaya Soimah. Kalian tau Soimah kan? Kalo gak tau searching aja di gugel.

Soimah ini baru tampil aja udah bikin heboh. Pake kebaya warna kuning. Naek ke panggung minta diiringin musik dangdut dia goyang-goyang dan kemudian dia mulai tampil. Full pake bahasa Jawa. Apapun yang dia katakan udah pasti bikin penonton pada ketawa semua.

Gue jadi stres. Gue pengen banget menciut jadi kecil dan lari ke terminal. Jauh dari kondisi hebohnya penampilan Soimah. Walopun gue berpikir, sebenernya si Soimah ini mau Stand Up Comedy apa maen ludruk. Sudahlah, gue lebih mikir bakal seperti apa gue nanti. Gue stres (lagi).

Satu per satu peserta tampil dan tibalah peserta nomor urut sebelas. Ya owooh abis ini giliran gue, gue gemeteran. Wajah gue udah gak enak banget. Panas, gerah nungguin giliran. Gue jadi keliatan dekil banget. Waktu itu gue cuma pake kaos sama clana jins aja. Gak banget deh penampilan gue waktu itu. Cuma gue udah gak mood buat benerin penampilan gue. Gue lebih mikirin mau jadi kaya apa gue nanti ? Apakah mereka bakal ketawa ngeliat perform gue ato justru ngetawain gue.

Akhirnya...Gue pun dipanggil juga. Waktu itu gue pengen banget lari sambil nutupin wajah terus nabrak kerumunan penonton. Dramatis gak yah? Gue tiba-tiba jadi down banget dan mikir materi yang mau gue bawain bakalan garing banget. Gue bener-bener pengen kabur.

saat itu tiba-tiba gue inget sama apa yang dikatakan dosen gue. "Kalo kamu gak pernah mencoba, kamu gak akan pernah bisa." Kata-kata itu terus terngiang di telinga gue. Gue sadar dan gue pun melangkah dengan lutut bergetar.

Beruntung, pas banget temen-temen sekelas gue baru pada selesai kuliah. Mereka dateng nonton gue. Ini bener-bener ngurangin perasaan gue yang was-was.

Beberapa materi yang gue bawain waktu itu adalah keresahan gue akan rambut gue yang rontok terus. Gue nurutin sarannya Raditya Dika bahwa dalam menggali materi usahakan hindari emosi positif dan gunakan emosi negatif. Justru yang mengeluh lebih bagus. Disitu gue cerita kalo gue korban iklan shampoo lalu gue niruin gayanya anggun di iklan pantene, trus iklan dove dan lain-lain.

Gue juga ngomongin keresahan gue sebagai twiboy waktu Wenda sama Devi keluar dari Cherrybelle. Gue takut kalo nanti Julia Peres sama Dewi Persik yang gantiin. Itu artinya dancenya pun harus diganti menyesuaikan mereka yang mempunyai ukuran "sesuatu" cukup besar.

Disitu penonton ternyata pada ketawa meriah. Gue jadi rileks dan gue pun mulai nyaman. Materi-materi selanjutnya gak ada masalah. Gue malah ngerasa waktu sepuluh menit yang dikasih sama panitia terlalu pendek. Masih banyak materi yang pengen gue ceritain. Haha gaya banget gue. Gue amnesia, gak inget kalo sebelum tampil udah kaya sapi kehilangan ekornya. Pake acara pengen kabur segala.

Malemnya, pengumuman juara stand up comedy sekaligus malam penganugerahan bagi juara-juara cabang olahraga dan seni lainnya. Gue gak terlalu berharap karena gue tau, penampilan comic-comic tadi siang cukup keren juga. Walopun ada beberapa yang gak mutu sama sekali.

Begitu tiba giliran pemenang stand up comedy yang dibacain. Gue jadi deg-deg'an. Gue masih berharap kalo gue juga menang. Juara 3 bukan gue. Juara 2 Soimah. Yang tadi siang penampilannya bikin heboh. Gila, Soimah yang heboh banget aja "cuma" juara 2. Gue jadi gak berharap sama sekali.

Wktu juara 1 disebut. Gue serasa mau pingsan. Gue melongo selama lima detik. Ternyata nama gue yang disebut. Temen-temen di sebelah gue pada teriak heboh dan segera melakukan tari saman buat ngucapin selamat ke gue. Gue maju ke depan dalam keadaan sakau. Nge-fly banget rasanya waktu itu.
tweet dari temen gue, thanks yaah :)


Gue juara 1 Stand Up Comedy ???
Ini bener-bener sesuatu yang gak pernah berani gue impikan. Tujuan gue ikut cuma buat meramaikan aja. Malah justru gue yang menang. Padahal ini adalah Stand Up Comedy pertama gue!!! Sebelumnya gue gak pernah berani nyoba dan ternyata emang bener kata dosen gue. 
Jangan takut untuk mencoba.

Sayangnya, setelah pembacaan nominasi selesai dan diselingi penampilan band kampus. Waktu gue disuruh tampil lagi buat stand up comedy. Gue gak terlalu sukses, cuma kadang-kadang aja penonton ketawanya. Malam itu gue belum bener-bener nyiapin materinya jadi gue omongin apa yang melintas aja.

Tapi buat gue. Penampilan pertama gue dan jadi juara 1. Rasanya luar biasa. Kaya dicium om-om berkumis, dilempar kue kismis dan diketekin sama pengemis. Bener-bener sesuatu.
Thanks buat cewek gue dan temen-temen gue yang udah nyempetin waktu buat nonton penampilan gue.
Support kalian bener-bener energi buat gue.
Luph U all..

Posting Komentar

68 Komentar

  1. selamat ya atas pencapaiannya!
    semoga panjang umur (loh ini bukan ulang tahun man!) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mas bro ... hehe
      iyah ini bukan ultah gue -_-
      hadeeeh ...

      Hapus
  2. wehhh, prestasi yg harus di banggakan itu sob, jarang2 orang gak bermutu, bisa jadi juara *uups* hehehe becanda sob, jgn di ambil hati yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe , thengs sob ...
      santai aja sob ..
      mending jadi orang gak mutu daripada ngakunya mutu tapi gak profesional jadi orang ...
      haha
      #gueNgemengApa

      Hapus
  3. Mantep bro,mencoba itulah yang buat kita bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro , bener ...
      kalo gak dicoba kapan kita tau kemampuan kita :)

      Hapus
  4. wah, congrats ya kak :) bener banget tuh kata dosennya, jangan takut buat mencoba (ya coba yang bener aja~ ) :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip ...thanks yaah
      bener banget , tapi kalo buat anak jangan coba2 ... hehe

      Hapus
  5. jadi penasaran.. kayak apa sih lucunya.?? ^_^ video dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahnya pas aku tampil temenku gak ada yang inisiatif buat ngrekam penampilanku ...
      sayng banget sebenere ... hehe

      Hapus
  6. Selamat-selamat :D
    tambah sukses ea...

    BalasHapus
  7. wah..selamat yaa..
    pngen juga seh, nyoba ikutan stand up...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , makasih ...
      coba aja gak papa , buat iseng2 , sapa tau malah nyaman jadi comic ..
      hehe

      Hapus
  8. Selamaaaaat! XD
    Hebat hebat, kapan kapan gue pengen liat aah~ *eh liat apaan ini?*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasihhh yaaah ..
      hahadeeeh -_-
      jangan2 mau liat yang "itu" :-S

      Hapus
  9. Wahaha, selamat yaaa... :D
    ada video nya gak? pingin liat selucu apa sih sampe juara satu? Hehe ;)

    Tetap semangat ya kaka... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , tengkyu yaaahh ...
      pas aq tampil temenku gak ada yang inisiatif buat ngambil gambar -_-

      siiip , semangat juga yaaah :)

      Hapus
  10. . . wauwwwwww,, selamat ya?!? he..86x. upzZz,, kalo makan^ gitu ikutan donk. asal jangan mie aja. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe thanks ...
      jiach , oke ayo makan2 ..
      kuah mie mau gak ? enak loooh apalagi kalo dikasih nasi ...
      hahaha , segeeer

      Hapus
    2. . . yang laen donk. huhh. pasti dech gak jauh^ dari mie. huhh . .

      Hapus
    3. mie itu sahabat mahasiswa ...
      enak loooh ..
      cobain deh :D

      Hapus
  11. Wah.. selamat yaaaaa!!! penasaran nih, jadi pengen denger stand up comedy nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. thanks yaaaaa!!!
      penasaran pengen denger apa pengen liaat ,, haha

      Hapus
  12. congrat congrat...heheh
    siapa tau nanti jadi kambing juga (radityadika :p)

    newbie nih, blognya keren, salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuuu ,,, thengs
      raditya dika masih jauh lebih kereeen ...

      oke , salam kenal juga yaah :)

      Hapus
  13. selamat ya, jangan berhenti sampai disitu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya , makasihh ...
      moga bisa ada event stand up comedy lainnya yang bisa gue ikutin :)

      Hapus
  14. wah hebat.... Selamat yah kawan, moga sehat selalu yah !!!
    :))

    BalasHapus
  15. hebat. menang sih menang tapi jangan ngejek peserta lain gak lucu. kan ya namanya usaha. patut dihargai..
    tapi selamat deh. semoga bisa naik ke ranah yang lebih tinggi Stand up Comedynya.

    ditunggu kunjungan baliknya Sob, maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe .. itu kan pendapat sob , cuma review aja :D
      saya gak ngejek kok :P
      thengs ya sooob ,,,,,

      mantaap

      Hapus
  16. ecieh, selamat ya???
    nggak bisa mbayangin kalo jupe sama depe masuk cherrybelle... bagaimana nasib dunia ini?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasiih ...:)
      hehe , jangan sampe jupe depe masuk cherrybelle ..
      mereka akan menjadikan cherrybelle girl band kesurupan belah duren
      hhehe

      Hapus
  17. hahahha...selamat broo besok2 kalau ada pertemuan imakipsi boleh itu buat tampil..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. thengs broo ...
      walaaah , neg itu beda brooo ...
      aktivis2 terlalu kritis n serius , tar malah aq jadi garing sendiri..
      heee

      Hapus
  18. hehhee. malahan master stand up comedi di siniee.. selamat ya sobb. jadi juara 1... kepengin sii...bikin ketawa orangg..kayaknya asik tuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue bukan master soob ...
      gue masih eplekenyez , amatiran ..hehe

      emang enak sob ,.. apalagi kalo stand up kita sukses bikin orang pada ketawa ...
      sesuatu banget rasanya :D

      Hapus
  19. asik banget tuh kayaknya, baru pertama stand up langsung juara. Semoga di kampus gue juga ngadain kayak gini.

    Kalau jupe sama depe yang gantiin wenda sama devi, namanya bukan lagi cherrybell bang, pasti ganti menjadi cherryball :D

    BalasHapus
  20. hehe , gak sengaja gue bang :D
    kebetulan aja ini ...

    jupe depe masuk chibi sekarang ciri khasnya bukan pake tangan dibawah dagu tapi tangan di bawah dada ..
    #vulgar

    BalasHapus
  21. sedikit menggemari stand up comedy, humor2 yang membuat kita berpikir apa yang harus kita tertawakan. selamat kawan...

    BalasHapus
  22. suka juga ya gan :)
    stand up emang bisa jadi hiburan yang menyegarkan ..

    oke makasih bang :)

    BalasHapus
  23. Good job bang tapi manaaa ? Mana videonya ? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe thengs
      masalah video udah gue jelasin di postingan ..
      dibaca lagi yaah :D

      Hapus
  24. cie cie abang celumudh eaaaa :3

    BalasHapus
  25. :D lutttuu nyaaa :D
    unyu-unyu beud :D
    selamat ea abang :D

    bang, ternyata kita satu jurusan loo bang.
    gue juga mahasiswi PGSD juga.
    hahaha:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaah jangan gitu ^^
      eaah cama cama eeaaaahh ...

      haaah ? serius ? gila !!
      ternyata selain gue ada juga calon guru SD lainnya yg ngeblog ..
      waaah gue jd brasa nemu temen yang satu tujuan :D

      Hapus
    2. hihihi ^_^
      ngomong-ngomong kuliah dimana abang ???

      Hapus
    3. kuliah di ikip pgri semarang ..
      elu dimana dila ? ?

      Hapus
  26. Wah selamat...
    Tergali lagi 1 potensi ya :)
    Pupuk terus potensinya, siapa tahu bisa dpt nobel dlm bidang lawak melawak ^^

    Foto waktu smentara tampil gak ada ya ? :)
    Video jg syg bgt yah gak di rekam. Tp gpp, buat pengalaman kedepannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah makasiih :)

      gak kepikiran buat nyiapin itu mbak ..
      terlalu nerves sebelum tampil sampe gak mikirin apa2 , moga aja ada kesempatan tampil lagi deh yaah dilain kesempatan hehe

      Hapus
  27. anak stand up ternyata, makanya postinganya panjang panjang hahaxD
    nice :)

    BalasHapus
  28. Kueeereeeeenssss! Btw, selamet ya bang Edotz! Bener kata lo dan dosen lo itu. Gue juga pernah bilang dlm hati gue
    "kamu bisa, feb! kamu bisa!"
    tapi ternyata rasa malu masih menutupi diriku ini #EAAA dan hasilnya gagal.
    Gue kadang benci sama diri gue karena gak punya mental.
    *kok malah curhat* -____-
    Lo hebat bang! Gue salut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tengkyuuh :)

      iyaah gpp feb , yang penting udah berani nyoba ...
      woles aja deh ...

      gue belum pantes disalutin hehe

      Hapus
  29. saya juga pernah ngerasain hal seperti yang dialamin bang edotz,
    waktu itu ada pensi di sekolah, entah saya kesurupan setan apa, tiba-tiba saya jadi pengen daftar standup comedy
    dan akhirnya juara 3
    alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih kereeeen :)
      selamat yaaah , stand up itu gak gampang dan elu berhasil :)

      Hapus
  30. Keren bro.. gw baca artikel lo aja udah ketawa,, apalagi nonton lo stand up ya?? hehe.. modal lo udah ada bro, tinggal gimana lo ngembangin lagi bakat lo. klo menurut gw Sukses itu 99% usaha dan 1% bakat. Sukses buat lo bro :) sekalian blogwalking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh makasiiih ... :)
      bener banget ...gue setuju emang usaha itu mutlak diperlukan

      Hapus
  31. wihhh keren... penampilan perdana langsung juara Satu. gue pernah nonton stand up comedy di acara kampus gw. emang ga mudah buat orang ketawa. dan ternyata lo keren bang...

    BalasHapus
  32. selamat Kak!
    jadi pengen nonton, selucu apakah diri lo Kak? hahaha :D

    BalasHapus
  33. kereeeennnnn! bikin comedy laen trus aplod donk di youtube ...

    BalasHapus
  34. keren gan...... bener kata atas ane, banyakin upload di youtube......

    BalasHapus
  35. Mantap infonya makasi banyak ya sangan membantu nanti mampir lagi gan

    BalasHapus