Kalo Dapet Telepon Semacam Ini, Bilang Aja "Ini Aliando"

Selasa, November 24, 2015


Beberapa waktu yang lalu,  saat gue lagi ngeliatin temen yang lagi asik pipis di celana sambil mengenyam pendidikan SMA. Gue mendadak dibikin termenung sesaat waktu HP gue berbunyi mendengungkan ringtone lagu Maju Tak Gentar karya C. Simanjutak. Setelah mencermati nomor asing yang ada di layar handphone, ‘0823-6485-6379’ memanggil...

Gue pun segera mengangkatnya, lalu mengucapkan kata klise yang selalu dipakai setiap umat penyembah handphone, “Halo...”

Belum sempat menghela napas setelah mengangkat telepon, tiba-tiba gue dikejutkan dengan suara tangisan di ujung telepon sambil meracau nggak jelas, “Huaaaa.... asdfghjkl!! Huaaaa..  qwertyuiop!!!”

Gue yang punya riwayat gampang kaget, bahkan sekedar masuk kamar lalu nggak sengaja ngeliat poto Andika Eks Kangen Band nempel di tembok kamar aja jadi kaget sampe megang kedua tetek sendiri. Ditelpon cowok sambil nangis-nangis jelas bikin gue kaget luar biasa sampe megang-megang pantat gue sendiri.

“Halo! Ini siapa? Ngomong yang jelas?!” Gue mulai resah, apaan coba maksudnya nelpon sambil nangis.

“Saya nabrak orang sampe meninggal! Dia meninggal! Saya takut! Huaa... Huaaa..” Suara orang di ujung telepon mulai terdengar cukup jelas. Yang lebih jelas lagi, gue nggak bisa menerjemahkan suara tangisan orang itu ke dalam tulisan. Jadi anggap saja, huaa.. huaa... di atas adalah bunyi tangisan orang tadi.

“Halo?! Halo?! Ngomongnya pelan-pelan! Ini siapa?!” Gue mulai enggak santai. Jujur aja gue udah mulai cemas, apalagi waktu ada kata-kata nabrak orang sampe meninggal. Sumpah, gue udah deg-degan banget pengen buru-buru ngehalalin Tyas Mirasih, apapun keadaannya.

Pikiran-pikiran buruk menyelinap satu per satu dalam otak gue, lalu terang-terangan menunjukkan diri. Gue cemas, jangan-jangan ini orang ngabarin adek gue meninggal kecelakaan, sumpah... lemesnya kebangetan. Entah kenapa, gue mendadak kepikiran sampe situ. Gue jadi inget adek gue yang emang kalo naek motor suka mendadak lupa arah kiblat, udah naeknya Yamaha R15, baru jalan udah gas pol. Beda sama gue, naeknya motor matic, pertama ngegas udah nyalain lampu sein. Minggir lagi, nggak jadi naik motor. Takut keserempet becak.

Ditengah-tengah perasaan gue yang lagi kalut nerima telepon mengejutkan, tiba-tiba telepon diambil alih oleh seseorang yang mengaku dari pihak kepolisian.

Orang yang ngakunya polisi tadi nanya gue namanya siapa, karena lagi lemes, gue pun jawab apa adanya. Lalu tanya apa gue punya adik? Lagi-lagi gue jawab, ‘Iya.. punya,’ tanpa semangat gue menjawab pertanyaan dari pihak kepolisian tadi, lalu polisi tadi kembali bertanya siapa nama adik gue.

Sampai disini, gue mulai mikir, adik gue katanya lagi bareng sama polisi, ngapain tanya nama adik gue siapa? Kan bisa nanyain adik gue langsung yang katanya lagi ada disitu. Lalu gue pun kepikiran buat jawab sekenanya, “namanya Andi.”

“Nah iya, Pak Edo... adik anda, Andi, tadi menabrak orang sampai meninggal.”

Sampai sini, gue udah mulai bisa menguasai diri, kalo telepon ini adalah penipuan. Jelas aja, adek gue namanya bukan Andi. Ini orang ngotot banget ngejelasin kalo adek gue katanya lagi diamankan di mobil pribadinya dia gara-gara dikejar-kejar wartawan. Gila banget, wartawan detikcom aja nggak sekilat ini kalo nyari berita.

Kemudian oknum penipu tadi nanya alamat rumah gue  dengan alasan mau nganterin adik gue pulang. Gue udah bener-bener santai ngadepinnya, iseng-iseng gue tanya, “Iya.. itu di daerah mana jatuhnya?”

“Pemalang... Pemalang Pak Edo,”

“Iya, Pemalangnya mana?”

“Di Polsek Pemalang.”

“Iya, Polsek Pemalang mana? Beji atau mana?” Gue menyebutkan lokasi polsek yang di Pemalang sebelah mana. Lalu gue melanjutkan, “Apa saya aja yang kesana? Di polsek mana?”

“Jangan... jangan Pak Edo, biar aja Pak Edo di rumah, biar aja anggota saya yang nganterin ke rumah.” Wuih.. seumur-umur baru ada anggota yang seperhatian ini sama masyarakat, sampe bela-belain mau nganterin adik gue sampe rumah.

Lalu, oknum tadi nanyain alamat rumah gue, dan gue pun jawab ngasal aja... bilang rumah gue deket alun-alun. Lalu dengan soknya oknum disana bilang ke orang di sebelahnya, “Sudah dicatat, anggota?”

Dan terdengar suara tegas lainnya, “Sudah komandan!”

Sampai sini gue masih bertanya-tanya, kira-kira bakal gimana nih nipunya. Soalnya gue belum disuruh transfer duit sama sekali. Setelah ceramah kalo gue dilarang bilang-bilang kalo adek gue kecelakaan. Oknum tadi nanya ke gue ada bolpoin sama kertas apa enggak, lalu gue disuruh ambil.

Oknum tadi melanjutkan, “Nah Pak Edo, catat nomer anggota saya yang mengantarkan adek Pak Edo dengan selamat. Nah ini nomernya 0823-6485-6379.”

Lalu gue disuruh ngulangin untuk memastikan nomer yang dicatat udah bener apa belum, feeling gue udah mulai mengarah kalo gue disuruh ngisi pulsa nih palingan. Setelah berbasa-basi, dengan begonya orang tadi mengatakan, “Nah Pak Edo, itu nomer anggota saya dari Polda,”

Lah kan bego, dianya aja di Polsek, masa anggotanya dari Polda. Ya, beda tempat lah. Lagian di Pemalang mana ada Polda?

Masih belum selesai ngerasa bego, oknum tadi melanjutkan, “Ini pertaruhannya pangkat saya Pak Edo, ini rahasia ya,” Coba kalo ini lagi tatap muka, pasti udah gue raih tangannya, gue kaitkan kelingkingnya dengan kelingking gue sendiri, gue tatap matanya, lalu tersenyum sambil menggumam, “Iya, aku janji... kamu baik-baik ya nanti disana.”

Gue raba kumisnya dengan tangan satunya, lalu gue keplak pake cotton bud.

Selanjutnya, dugaan gue pun mendekati kenyataan. Oknum tadi meminta gue mengisi pulsa sejumlah seratus ribu ke nomer yang udah disebutin tadi dengan alasan untuk komunikasi di perjalanan waktu nganterin adek gue pulang.”

Iseng-iseng gue tanya gimana keadaan adek gue? Dan dijawab ringan sama oknum tadi, “Adik Pak Edo nggak kenapa-kenapa.”

“Ibunya naik motor apa naik apa?” Gue iseng tanya lagi.

“Nak mobil Pak Edo.”

“Oh ibunya naik mobil?” Gue menjawab santai. Logika gue, adek gue naik motor, nabrak mobil, yang di dalam mobil yang meninggal. Ini oknumnya grogi mungkin nih sama gue.

Selanjutnya gue disuruh ngisi pulsa ke konter saat itu juga, dan gue dilarang matiin HP, “Coba Pak Edo berangkat, coba....”

Ini apaan sih! Buat berangkat kok coba-coba!

Lama-lama gue kesel juga ni orang nyerocos mulu. Males banget ini orang kebanyakan ngatur hidup gue, akhirnya gue jawab, “Alah... banyak ngomong!” dan gue matiin telepon.

Nah, kalo kalian mau dengerin gimana percakapannya yang sempat gue rekam, kepoin ini aja...



Dari kasus ini... kalopun gue jawab nama adik gue yang asli, gue tetep aja bakalan curiga ujung-ujungnya ini penipuan. Pertama, orang Pemalang kalo ngomong pake bahasa Indonesia, ngapaknya masih agak berasa, lah ini malah kayak orang luar Jawa logatnya. Kedua, ini ada anggota kepolisian kayaknya sigap dan baik hati banget mau nganterin adik gue pulang. Secara logika nggak mungkinlah... palingan kalo ada kasus kayak gitu, udah pasti mesti dibawa kantor dulu, diinterogasi, dan lain-lain. Yang jelas, nggak akan sebaik itu. Hehe...

Gue beruntung enggak sampe kena tipu, entah orangnya yang kurang cerdas, atau karena gue yang pernah liat di internet kalo ada kasus penipuan semacam ini lewat telepon. Jadi buat kalian yang udah baca tulisan ini, kalo dapet telpon mendadak dengan alur kayak tadi. Jangan sebutin nama asli anggota keluarga yang ditanyain sama oknum tadi.  Bilang aja, nama kalian Aliando, kalo ditanyain nama adiknya, jawab aja Haji sulam. Gitu.

You Might Also Like

150 Komentar

  1. Awalnya, gue kira beneran abg bilang namanya Aliando, rupanya pake nama sendiri. Aslinya, selama gue dengerin rekaman yang bg Edotz buat, ampun deh. Sejak kapan ada polisi minta dikirimin pulsa, terus mau nganter lagi adeknya.. "OW... masih adakah polisi sebaik itu dan segampang itu bilang "Ini menyangkut Pangkat saya ya, pak Edo." Pangkat di COC maksud lhO???

    Kalo yang abang alami ini, keknya belum separah gue. Masih pulsa 100rb. Gue ditawarkan Emas 20 dan uang 10 juta. "Jomblo mana yang gak tertarik bg?" Tapi, ujung2nya minta transfer dulu dan kita harus ngaku saudaranya. Kenal juga kagak, bodo amatlah.

    Pokoknya, berhati-hatilah bg. Ow, ya bg. Gue kok baru nyadar, kalo blog lo baru gue follow, kemaren padahal gue gue follow. Apa karena gue pindah ke G+ dan ilang follownya. Keknya gue emang pelupa sekarang. Maaf ya bg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bawa-bawa COC segala :D

      Nah kan, kayaknya yang diincer yang jomblo2 Her :D

      Nah kan lo nggak peka jadi cowok Her..

      Hapus
  2. Wah, pak Edo gagal ditipu nih. Ngakak dengar soundcloudnya hahaha. aneh banget, polisi nyuruh nyuruh gitu. Adeknya pak edo mau masuk penjara? JANGAN DIMATIKAN PAK EDO hahahaha

    Ini kejadiannya baru dotz? dulu modus kaya begini udah banyak yang nyebar di kaskus loh. nggak kapok kapok gitu -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. JANGAN PAK EDO JANGAN :D :D

      Iya Kuh, baru ... untung gue udah pernah denger hal semacam ini sebelumnya haha

      Hapus
  3. Haha. Bang Edotz ada-ada aja nih. Syukurlah gue belum pernah kena tipu~

    BalasHapus
  4. wahahaha, alit juga pernah nih. tapi ditipunya versi beda.
    ini kayaknya modus beda. pura2 nangis dulu, pura2 dikejer wartawan. pura2 punya mobil pribadi. sayangnya, dia salah nama adik. telepon beginian gue pernah dapet beberapa kali dengan modus... "anak anda kecelakaan. " padahal, gue lulus SMA aja belum. anak gue udah bisa kecelakaan. ending soundcloudnya kurang tajam itu bro... harusnya lebih dipertajam lagi.... :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alit yang bilangnya sastra mesin, gue juga pernah dengerin :D

      Iya, orang yang kebetulan punya kerabat dengan ciri2 sama yaudah pas tuh dikerjain, untung gue tanggap.

      Haha iya endingnya gitu aja, males sih soalnya

      Hapus
  5. tu org nipunya belibet gitu. Ngak profesional banget.. Kkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari suaranya juga udah nggak gaul banget gitu :D

      Hapus
  6. Aku juga sempat ditelpon seperti itu, cuma aku bilang kalo rekeningku terblokir jadi nggak bisa transfer :-D

    BalasHapus
  7. wkwk.. kenapa gak ditipu balik aja mas. orang orang emang nyebelin. kemaren sepupuku juga hampir kena tipu. udah hapir ntransfer. tp ga jadi.. gara gara diomelin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untung pada akhirnya diomelin ya, kalo udah transfer duluan nangis deh -_-

      Hapus
  8. Untungnya nggak pernah dapet telepon dari oknum penipuan gitu. Hhh. Tapi udah sering baca dan denger tentang penipuan. Jadi, aku udah sedikit belajar dari pengalaman orang. Makasih cerita pengalamannya, bang. :)

    Oke siap baaang. Aku bakal langsung jawab, "Ini Tulang Rusukmu yang Tersesat". Kemudian aku dinikahi. Ih. Kok jadi gini, sih? Mitamit. -___-

    Aneh, yak. Demi pulsa 100 ribu sampe bela-belain nipu orang. Ya Allah. Mikir apaaaaa kali tu orang. Orang bukan, sih, itu? Ckckck.

    Waspadalah. Waspadalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp.. ini juga bisa jadi pelajaran buat yang lain juga...

      Haha.. lalu akhirnya jadi jodoh beneran :P

      Ya namanya juga usaha~

      Hapus
  9. Emang yaaaaahhhh..
    paling enak ngerjain orang-orang yang kek gitu.
    hahahah

    BalasHapus
  10. Gernya berantakan dotz..
    http://www.pakepe.com/2015/11/barang-barang-ini-yang-paling-laku-di-musim-demo.html

    BalasHapus
  11. nah yag ngomong "siap komandan!" itu saya, Pak Edo. :D

    tapi keren dan niat banget, mas, ngadepin penipu gitu. jomblo ya? gada yang nelpon ya? sekalinya ada yang nelpon, malah penipu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha oh koe komplotan siung seneng njaluki pulsa jebule Tom :D

      Nggg....

      Hapus
  12. Kalo ada no yg gak dikenal nelpon sebaik nya hati2 saja..
    Karena saya sudah kena tipu sampe duit buat saya jualan habis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp... buat pelajaran..
      sabar mas, gue juga dulu pernah, nangis berhari-hari..

      Hapus
  13. NGAKAK ANJINGGGGGG DENGER SONCLODNYAAA

    BalasHapus
  14. modus penipuan 100 ribu nyampe boongin ngakungaku polisi sama adeknya nabrak orang sambil meninggal .. demi pulsa seratus rebu sampe sebegitunya tuh >.<

    BalasHapus
  15. Itu cara ngerekam gitu gimana sih dot? Anjir gue ngakak dong terakhirnya "ALAH BANYAK OMONG!" Muahahaha. :))

    BalasHapus
  16. Anjrot, masih ada aja ya penipuan kayak giini -_- tekniknya berkembang pula :D mereka kreatif ya :D wkwkwk

    kampret -_- setelah didengerin, bahasanya kayak bahasa-bahasa timur nggak sih itu bang. bukan pemalang banget. bener bang, ngapaknya nggak keliatan -_- nipunya kurang cerdas wkwkwk banyak omong wkwkw

    BalasHapus
  17. antara pengen ngetawain sama pengen ngegoblokin oknum penipu tersebut sih bang haha. harusnya kan kalo ingin melakukan penipuan mbok yaa direncanain matang-matang dulu baru dieksekusi. lah itu malah nekat aja langsung.

    yang paling aku heran itu kok bisa mobil ditabrak sama sepeda motor kok sampe meninggal haha, nggak masuk akal. harusnya sih biarin dulu aja bang nyerocos sampe berjam-jam, ntar dia pasti bakalan bosen sendiri.

    BalasHapus
  18. Tadi baca judulnya langsung penasaran . . masa bang edot telponan sama aliando??
    untung aja bang elo teliti tdi ttg polda sama polsek. kayaknya penipu nya kurang beruntung deh haha.

    ditelpon dari aliando beneran ada gak bang?

    BalasHapus
  19. Tapi kayaknya masih perlu diadakan sosialisasi mengenai penipuan semacam inu deh. Beberapa hari lalu gue masih baca berita ada yg kena tipu jutaaan. Kalo masih pulsa 100rb masih mending sih.

    Sori kalo gue terlalu serius. Gue orangnya jarang becanda. Semoga dosa gue diampuni dunia akhirat. Amin.

    BalasHapus
  20. sungguh penyajian tampilan yang berkualitas, sukses bagi website ini, sangat menarik sekali..

    BalasHapus
  21. kami minta izin untuk berbagi info mengenai kesehatan disini, semoga bermanfaat infonya,

    BalasHapus
  22. Bang, gue befikir kalau okunum polisi ini segitunya kali yah, ngomong dengan nada yang meyakinkan sekali hanya untuk menipu doang. Mungkin dia kuliah 3 tahun di Fakultas Ilmu Komunikasi dan disalah gunakan. Tapi gue salut deh sama bang Edo karena udah tau cara mendeteksi penipuan.

    Moga moga gue dapat pelajaran berharga dari post elo kali ini. Keren bang!

    BalasHapus
  23. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://goo.gl/RkuB4G | http://bit.ly/1Mwgw3U | http://bit.ly/23ABPpR |

    BalasHapus
  24. kami ingin sekali berbagi informasi mengenai kesehatan dengan berkunjung ke website ini...

    BalasHapus
  25. kami minta izin untuk berbagi info mengenai kesehatan disini, semoga bermanfaat infonya,

    BalasHapus
  26. salam semua, kami dari artikel kesehatan ingin mohon izin untuk berkunjung disini...

    BalasHapus
  27. izin untuk berkunjung di website ini sekalian menyimak informasi terbarunya dari sini,

    BalasHapus
  28. kunjungan kami ini untuk sekedar menambah info dan pengetahuan, terima kasih...

    BalasHapus
  29. sangat menarik untuk kami lihat tampilan warna yang digunakan pada website ini, bagus sekali..

    BalasHapus
  30. website ini salah satu website yang saya sukai yang pernah dikunjungi, tampilannya menarik,

    BalasHapus
  31. sangat membantu sekali untuk kami karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan,

    BalasHapus
  32. sungguh berkualitas informasi artikel dari websitenya ini, sukses terus untuk itu...

    BalasHapus
  33. penyajian informasi website pada kunjungan kali ini sangat bagus, sukses untuk semuanya,

    BalasHapus
  34. sebelumnya kami ingin ucapkan terima kasih untuk izin kunjungan kami disini, sukses selalu,

    BalasHapus
  35. kami minta izin untuk mengunjungi artikel di website ini, ingin menambah pengetahuan,

    BalasHapus
  36. kami ingin sekali punya website yang bagus seperti website ini, sangat berkualitas,

    BalasHapus
  37. mohon izin untuk dapat berkunjung di website ini, sekedar untuk menyimak informasinya,

    BalasHapus
  38. penyajian informasi yang mengagumkan, sukses untuk artikel informasi yang disajikan ini,

    BalasHapus
  39. bagus sekali warna tampilan yang digunakan pada website ini, sangat cocok dan pas...

    BalasHapus
  40. sungguh benar-benar website yang berkualitas, sukses untuk website yang bagus ini...

    BalasHapus
  41. kami mengucapkan banyak terima kasih untuk izin kunjungan kami di website ini,

    BalasHapus
  42. tampilan warna yang cukup menarik untuk digunakan pada website ini, sangat bagus...

    BalasHapus
  43. penyajian website yang sungguh bagus dengan tampilan yang seperti ini, sungguh berkualitas,

    BalasHapus
  44. sebelumnya mohon izin dari kami untuk mengunjungi di website ini, terima kasih,

    BalasHapus
  45. ulasan artikel yang disajikan di website ini sangat menarik untuk kami baca, terima kasih,

    BalasHapus
  46. kami ingin berbagi sedikit informasi di website ini khususnya informasi mengenai kesehatan,

    BalasHapus
  47. kami minta izin untuk berkunjung ke website ini, sekedar untuk singgah menyimak informasinya,

    BalasHapus
  48. kembali berkunjung di website yang bagus ini untuk sekedar menyimak informasi terbarunya,

    BalasHapus
  49. kami ingin sekali berbagi informasi mengenai kesehatan dengan berkunjung ke website ini...

    BalasHapus
  50. pemilihan warna yang sangat bagus dan cocok sekali untuk digunakan oleh website ini,

    BalasHapus
  51. senang berkunjung kembali untuk kesekian kalinya ke website ini, terima kasih sebelumnya,

    BalasHapus
  52. salam semua, kami dari artikel kesehatan ingin mohon izin untuk berkunjung disini...

    BalasHapus
  53. izin untuk berkunjung di website ini sekalian menyimak informasi terbarunya dari sini,

    BalasHapus
  54. kunjungan kembali kesini untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan,

    BalasHapus
  55. sungguh menarik untuk disimak artikel serta tampilan warna yang di suguhkan disini,

    BalasHapus
  56. sangat menarik untuk kami lihat tampilan warna yang digunakan pada website ini, bagus sekali..

    BalasHapus
  57. website ini salah satu website yang saya sukai yang pernah dikunjungi, tampilannya menarik,

    BalasHapus
  58. patut di apresiasi tampilan yang digunakan website ini, menarik sekali sangat pas...

    BalasHapus
  59. website yang benar-benar menarik untuk kami simak, terima kasih atas izin kunjungan kami ini,

    BalasHapus
  60. sangat membantu sekali untuk kami karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan,

    BalasHapus
  61. sungguh berkualitas informasi artikel dari websitenya ini, sukses terus untuk itu...

    BalasHapus
  62. ulasan informasi di artikel yang disajikan ini benar benar menarik sekali bagi kami,

    BalasHapus
  63. penyajian informasi website pada kunjungan kali ini sangat bagus, sukses untuk semuanya,

    BalasHapus
  64. sebelumnya kami ingin ucapkan terima kasih untuk izin kunjungan kami disini, sukses selalu,

    BalasHapus
  65. kami minta izin untuk mengunjungi artikel di website ini, ingin menambah pengetahuan,

    BalasHapus
  66. kami ingin sekali punya website yang bagus seperti website ini, sangat berkualitas,

    BalasHapus
  67. mohon izin untuk dapat berkunjung di website ini, sekedar untuk menyimak informasinya,

    BalasHapus
  68. sangat bagus website ini baik itu dari segi penyajian artikel ataupun tampilan warnanya,

    BalasHapus
  69. penyajian informasi yang mengagumkan, sukses untuk artikel informasi yang disajikan ini,

    BalasHapus
  70. sungguh benar-benar website yang berkualitas, sukses untuk website yang bagus ini...

    BalasHapus
  71. kami mengucapkan banyak terima kasih untuk izin kunjungan kami di website ini,

    BalasHapus
  72. tampilan warna yang cukup menarik untuk digunakan pada website ini, sangat bagus...

    BalasHapus
  73. penyajian website yang sungguh bagus dengan tampilan yang seperti ini, sungguh berkualitas,

    BalasHapus
  74. sebelumnya mohon izin dari kami untuk mengunjungi di website ini, terima kasih,

    BalasHapus
  75. kami ingin berbagi sedikit informasi di website ini khususnya informasi mengenai kesehatan,

    BalasHapus
  76. kembali izin untuk sejenak singgah di website yang menarik ini, sangat bagus websitenya,

    BalasHapus
  77. kami ingin sekali berbagi informasi mengenai kesehatan dengan berkunjung ke website ini...

    BalasHapus
  78. pemilihan warna yang sangat bagus dan cocok sekali untuk digunakan oleh website ini,

    BalasHapus
  79. kami minta izin untuk berbagi info mengenai kesehatan disini, semoga bermanfaat infonya,

    BalasHapus
  80. izin untuk berkunjung di website ini sekalian menyimak informasi terbarunya dari sini,

    BalasHapus
  81. sungguh menarik untuk disimak artikel serta tampilan warna yang di suguhkan disini,

    BalasHapus
  82. sangat menarik untuk kami lihat tampilan warna yang digunakan pada website ini, bagus sekali..

    BalasHapus
  83. website ini salah satu website yang saya sukai yang pernah dikunjungi, tampilannya menarik,

    BalasHapus
  84. website yang benar-benar menarik untuk kami simak, terima kasih atas izin kunjungan kami ini,

    BalasHapus
  85. sungguh berkualitas informasi artikel dari websitenya ini, sukses terus untuk itu...

    BalasHapus
  86. penyajian informasi website pada kunjungan kali ini sangat bagus, sukses untuk semuanya,

    BalasHapus
  87. sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih untuk izin kunjungan kami disini,

    BalasHapus
  88. kami minta izin untuk mengunjungi artikel di website ini, ingin menambah pengetahuan,

    BalasHapus
  89. mohon izin untuk dapat berkunjung di website ini, sekedar untuk menyimak informasinya,

    BalasHapus
  90. sangat bagus website ini baik itu dari segi penyajian artikel ataupun tampilan warnanya,

    BalasHapus
  91. sungguh benar-benar website yang berkualitas, sukses untuk website yang bagus ini...

    BalasHapus
  92. sebelumnya mohon izin dari kami untuk mengunjungi di website ini, terima kasih,

    BalasHapus
  93. ulasan artikel yang disajikan di website ini sangat menarik untuk kami baca, terima kasih,

    BalasHapus
  94. kami ingin berbagi sedikit informasi di website ini khususnya informasi mengenai kesehatan,

    BalasHapus
  95. kembali izin untuk sejenak singgah di website yang menarik ini, sangat bagus websitenya,

    BalasHapus
  96. kembali berkunjung di website yang bagus ini untuk sekedar menyimak informasi terbarunya,

    BalasHapus
  97. kami ingin sekali berbagi informasi mengenai kesehatan dengan berkunjung ke website ini...

    BalasHapus
  98. pemilihan warna yang sangat bagus dan cocok sekali untuk digunakan oleh website ini,

    BalasHapus
  99. senang berkunjung kembali untuk kesekian kalinya ke website ini, terima kasih sebelumnya,

    BalasHapus
  100. kami minta izin untuk berbagi info mengenai kesehatan disini, semoga bermanfaat infonya,

    BalasHapus
  101. izin untuk berkunjung di website ini sekalian menyimak informasi terbarunya dari sini,

    BalasHapus
  102. kunjungan kembali kesini untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan,

    BalasHapus
  103. sungguh menarik untuk disimak artikel serta tampilan warna yang di suguhkan disini,

    BalasHapus
  104. kunjungan kami ini untuk sekedar menambah info dan pengetahuan, terima kasih...

    BalasHapus
  105. sangat menarik untuk kami lihat tampilan warna yang digunakan pada website ini, bagus sekali..

    BalasHapus
  106. warna tampilan yang dipakai sangat bagus dan cocok untuk website ini, sukses untuk ini...

    BalasHapus
  107. website ini salah satu website yang saya sukai yang pernah dikunjungi, tampilannya menarik,

    BalasHapus
  108. patut di apresiasi tampilan yang digunakan website ini, menarik sekali sangat pas...

    BalasHapus
  109. website yang benar-benar menarik untuk kami simak, terima kasih atas izin kunjungan kami ini,

    BalasHapus
  110. sangat membantu sekali untuk kami karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan,

    BalasHapus
  111. sungguh berkualitas informasi pada artikel website ini, sukses terus untuk itu websitenya...

    BalasHapus
  112. penyajian informasi website pada kunjungan kali ini sangat menarik, sukses untuk semuanya,

    BalasHapus
  113. sebelumnya kami ingin mengucapkan terima kasih untuk izin kunjungan kami disini,

    BalasHapus
  114. kami minta izin untuk mengunjungi artikel di website ini, ingin menambah pengetahuan,

    BalasHapus
  115. mohon izin untuk dapat berkunjung di website ini, sekedar untuk menyimak informasinya,

    BalasHapus
  116. sangat bagus website ini baik itu dari segi penyajian artikel ataupun tampilan warnanya,

    BalasHapus
  117. penyajian informasi yang mengagumkan, sukses untuk artikel informasi yang disajikan ini,

    BalasHapus
  118. bagus sekali warna tampilan yang digunakan pada website ini, sangat cocok dan pas...

    BalasHapus
  119. sungguh benar-benar website yang berkualitas, sukses untuk website yang bagus ini...

    BalasHapus
  120. kami mengucapkan banyak terima kasih untuk izin kunjungan kami di website ini,

    BalasHapus
  121. tampilan warna yang cukup menarik untuk digunakan pada website ini, sangat bagus...

    BalasHapus
  122. penyajian website yang sungguh bagus dengan tampilan yang seperti ini, sungguh berkualitas,

    BalasHapus
  123. sebelumnya mohon izin dari kami untuk mengunjungi di website ini, terima kasih,

    BalasHapus
  124. kami ingin berbagi sedikit informasi di website ini khususnya informasi mengenai kesehatan,

    BalasHapus
  125. kami minta izin untuk berkunjung ke website ini, sekedar untuk singgah menyimak informasinya,

    BalasHapus
  126. kembali izin untuk sejenak singgah di website yang menarik ini, sangat bagus websitenya,

    BalasHapus
  127. kembali berkunjung di website yang bagus ini untuk sekedar menyimak informasi terbarunya,

    BalasHapus
  128. kami ingin sekali berbagi informasi mengenai kesehatan dengan berkunjung ke website ini...

    BalasHapus
  129. sungguh penyajian tampilan yang berkualitas, sukses bagi website ini, sangat menarik sekali..

    BalasHapus
  130. pemilihan warna yang sangat bagus dan cocok sekali untuk digunakan oleh website ini,

    BalasHapus
  131. senang berkunjung kembali untuk kesekian kalinya ke website ini, terima kasih sebelumnya,

    BalasHapus
  132. Technologistan is the popoular and most trustworthy resource for technology, telecom, business and auto news in Pakistan

    BalasHapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe