Kelak...Gue Akan Botak

Ngomongin masalah BOTAK. Beberapa waktu yang lalu, gue sempet posting "tips menerima kenyataan botak itu keren". Kenapa gue nulis itu? Karena ada sesuatu yang mengusik hati gue. Dan sekarang gue pengen ceritain alasannya kenapa gue kemarin nulis itu.

Menurut gue, menjadi botak bukanlah murni keinginan dari diri sendiri. Tapi apa daya, meskipun udah berbagai cara dicoba. Dari mulai yang pertama ngikutin sarannya Anggun kaya di iklan shampoo pantene yang bilang “akuuu ? jadi duta shampoo lain ?” dilanjutkan dengan ketawa tertahan “hembbbsssppp”. 

Gue ngeliat keyakinan Anggun dan kesetiaan yang dalam terhadap shampoo Pantene. Tapi ternyata setelah gue pake, gak ngaruh sama sekali, walopun shampoonya wangi abis. Tapi tetep malah bikin rambut gue jadi tambah rontok parah. Di iklan shampoo lainnya. Ada yang bilang “aku ketemu jodoh hidup. Tapi belum tentu ketemu jodoh rambut.”  Sepertinya itu meyakinkan banget. Dan setelah gue pake...nihil.

Dimana aja, kapan aja. Tiap liat orang botak. semua temen-temen gue suka nyama-nyamain kepala botak dengan suatu benda. Misalnya, “Gilaaaaa...licin banget palanya, kaya lampu taman”.
Terus ada lagi yang bilang, “heeii, awas jangan deket-deket orang botak, kepalanya bisa meledak kapan aja. Kekuatan ledakannya setara dengan gas elpiji 12 Kilogram”. Sebegitu hinakah orang botak ?




Dulu, gue juga bagian dari temen-temen gue yang suka ngetawain orang botak. Selalu tertawa bahagia ngejekin orang botak. Tapi, sekarang gue udah gak. Gue gak lagi suka ngejekin orang botak. Kenapa ? apakah gue udah tobat ? apakah karena gue sekarang jadi naksir orang botak ?

Gue berenti ngejekin orang - orang botak. Karena gue sadar. Gue bener-bener sadar, karena gue juga bakalan botak seperti mereka. Yaa!! gue bakalan botak!! Gue kelak akan botak .... Botak ... botak ... botak ... botak ...

Tiba-tiba satu kata itu, terus terngiang-ngiang di kepala gue. Gue jadi sering mengurung diri, sendirian. Apalagi kalo gue lagi boker. Pikiran gue begitu liar. Apakah gue harus peri ke suatu gua untuk mencari obat penyembuh kerontokan rambut gue ? Gue bakal botak seperti botakers (perkumpulan orang botak) lainnya. Ini kenyataannya. bener-bener kenyataan yang menyakitkan.

Bagaimana mungkin seorang Edotz. Yang waktu SMP rambutnya kaya Charly ST 12 belah tengah dan SMA kaya Andika Kangen Band poni samping. Akhirnya harus merasakan kebotakan dini ? Hari-hari gue menjadi hitam putih. Gak ada lagi semangat hidup buat gue ngelanjutin hidup. Gue gak bisa ngebayangin gimana bentuk wajah gue tanpa rambut di kepala. 

Gue jadi berpikir, kelak kalo gue udah jadi guru SD. Gue bakal memeprmalukan diri sendiri di depan siswa gue. Itu terjadi saat gue harus ngajar IPA tentang bagian tubuh manusia.
Gue bilang. “ayo anak-anak, kita sama-sama menyebutkan bagian tubuh kita dari yang paling atas.”
Gue teriak semangat. “ada Rambuuut, ada te....”
Tiba-tiba siswa gue teriak kenceng. “ waaaaah pak guru gak punya rambuuuut. Bagian tubuh bapak gak lengkaaap. Hahahahaha.”
Gue gak tau mesti ngapain kalo suatu saat hal itu bener-bener terjadi sama gue.

Gue pasti bakalan dipanggil pak Botak sama murid-murid gue. Ato malah, gue bisa dipanggil Pak BOBI, Botak Biadab. Bisa juga, PAK BOKER, Botak Keren tanpa N. Gue bakal ngabayangin bahwa wajah gue mirip pantat. Mereka manggil gue gitu kaya gue dulu manggil guru gue yang botak. Beginikah cara hukum karma berlaku ?

Dulu waktu SMA gue gak trima, rambut gue disama-samain kaya Andika Kangen Band. Sekarang, gue malah berharap rambut gue bisa tetep kaya Andika Kangen Band. Sumpah gue gak papa. Gue rela. Gue ikhlas . Itu karena artinya, rambut gue masih tetep panjang. Gak tipis banget kaya sekarang ini.

Begitu takutnya gue dengan kebotakan yang bakal menyerang gue. Gue segera cari-cari segala macam yang bisa mengobati rambut rontok.
Pencarian gue yang pertama adalah Shampoo ginseng Rudy hadisuwarno. Gue ketawa dalam hati. Hahahahaha. Ini pasti berhasil, siapa yang gak kenal sama Rudy Hadiswarno? Ini pasti berhasil. Gue melangkah mantap menuju ke kasir, gak sabar pengen segera nyoba.

Sampe di kos, gue pandangi terus penemuan berharga gue itu. Gue timang-timang...gue bolak-balik...gue baca kata demi kata..gak  bosen-bosen mata gue memandang shampoo gue itu.

Sehari gue pake, segeeeeer.....
Dua hari gue pake, segeeeer....
Tiga hari gue pake, segeeer...
Empat hari gue pake, segeer..
Lima hari gue pake, seger.

GILA !!! rambut gue masih tetep aja rontok. Gue mulai khawatir lagi dengan kondisi rambut gue. Gue bener-bener khawatir banget !! Dan akhirnya gue pun berburu tentang hal-hal yang berbau rambut lagi.

Gue pergi ke toko ADA, dengan hati cemas. Hati gue gamang.  Mau beli bentuk shampoo kaya apa lagi ? gue gelisah. Di sudut rak, gue liat. SHAMPOO BAYAM mustika ratu. Cocok untuk mengurangi rambut rontok. Karena gue pengen biar hasilnya maksimal, akhirnya gue beli juga yang lain, minyak CEM-CEMAN mustika ratu dan minyak rambut mustika ratu. Gila banget. Walopun harganya gak bisa dibilang murah, gue tetep beli. Ini semua demi kelangsungan rambut gue, Gue harus menyelamatkan rambut gue. Harus !!

Tanpa gue timang-timang,  tanpa gue tatap lama-lama, gue pun segera pake Minyak cem-ceman. Gue tuang ke telapak tangan, gue usap-usap bentar. Lalu gue pakein ke rambut gue dan ternyataaaa....
Kepala gue jadi lengekeeeeeeet semuaaaa.. Gak ilang-ilang semaleman. Besoknya langsung gue keramasin pake shampoo bayam dan gue pakein minyak rambut sesudahnya. Begitu terus tiap hari, minus minyak cem-ceman soalnya gue gak betah. Lengket banget rasanya.

Dan hasiiiilnyaaaa adalaaaaah ....
Rambut gue tetep rontok.
Gue mulai putus asa, mesti pake cara gimana lagi ?
Di iklan tipi gak sengaja gue liat serum Rudy Hadisuwarno. Efektif mengurangi rambut rontok hingga 160 % dalam dua minggu. Langsung gue beli, gak pake pikir-pikir dua kali. Masih terngiang-ngiang kata Rudy Hadisuwarno. “rambut sehatmu adalah aset yang paling berharga.” Seolah-olah dengan serum dari si Rudy gue bisa dapetin rambut sehat gak pake rontok.
Dan hasilnya setelah gue pake ... tetep aja rontok.


Ini gak bisa nyembuhin gue

Begitu juga dengan produk lainnya kaya Rudi Hadisuwarno HaIr LossDefense, terus ada Minyak Rambut Kemiri, Sampoo Natur. Semuanya Nihil. Kalo aja disini ada air liur onta mesir, mungkin gue bakalan pake, sapa tau itu bisa nyembuhin kerontokan gue. Akal sehat gue udah mati gara-gara mikirin ne rambut.

Apa gue mesti bikin sayembara yaaah ?
“Barangsiapa bisa menyembuhkan kerontokan rambut pada kepala Edotz. Kalo cowok bakal dijadikan Istri. Kalo cewek bakal dijadikan sodara.”
Eh enggak dink. Gue gak Homo. Gue ganti aja kalo Cewek gue jadiin Istri kalo cowok gue jadiin sodara. Masalahnya adalah, ceweknya mau gak kalo gue jadiin istri dan yang cowok mau gak kalo tar punya sodara kaya gue. Gue pikir-pikir lagi, kayaknya sayembaranya gak menarik sama sekali deh. Hadeeeeh -_-

Gue punya rambut aja, gak keren-keren banget. Gimana kalo tar gue gak punya rambut ? gue gak  bisa ngebayangin. Daripada gue mesti nyari cara mengurangi kerontokan rambut rontok di Google. Mungkin gue harusnya searching tentang “cara menerima kenyataan kepala kita botak” ato “cara menerima kenyataan bahwa suatu saat kita akan botak”. Mungkin hal itu bakal lebih bermanfaat. Sapa tau kalo gue ngikutin tips-tipsnya gue bisa menerima kenyataan dengan ikhlas dan gue pun tetep pede dengan kepala botak gue kelak. Sayangnya tips kayageto gak gue temuin di Google. Dan akhirnya gue buat aja tipsnya sendiri.

Posting Komentar

28 Komentar

  1. siapa sih yang mau botak? hehehe...iya sekarang sudah banyak solusi kan untuk menumbuhkan kepala yang botak,selamat malam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang , botak itu sebenere musibah ..
      memang banyak solusi tapi kadang gak cocok , hehe

      Hapus
  2. . . waduch,, kerisauan itu muncul cz tentang kebotakan. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . bapak aq yg botak aja gak bingunk. he..86x. tapi yg pasti udah laku kan?!? he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. botak membuat hidup gue tak seindah malam kemarin ..-_-
      bapak km udah saatnya botak , lha gue kan masih imut2 masa udah botak..
      iya siih udah laku , hehe tapi tetep aja -_-

      Hapus
    2. . . imut^ jare. yg bener itu amit^ kale. he..86x . .

      Hapus
    3. amit2 itu sama aja permisi2 ...
      ya udah deh , ganti aja
      "lha gue kan masih unyu2 masa udah botak.." hehe

      Hapus
  3. make sampo metal, mantep gan cobah geh, cari aja dipasar! pasti #insyaallah pertamaxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah shampooo lagi ...
      gue agak2 trauma gan sama shampoo gak ada yang sukses...
      hehe
      thengs buat sarannya

      Hapus
  4. denger-denger sich, rambut itu adalah MAHKOTA,.
    akan tetapi klo lo botak, berarti gk punya mahkota,.,., hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah bang , tapi itu bagi wanita ...
      hehe
      tapi cowok tanpa rambut juga kayaknya kurang keren ...-_-

      Hapus
  5. Bahkan rambutpun bertasbih kepada Allah.

    BalasHapus
  6. sebegitu teropsesi ya sob, pengen jadi botak heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue gak pengen botak bang -_-
      tapi mau gimana lagi ?

      Hapus
  7. masih ada foto bapak saya pada jaman2 beliau kuliah... dimana rambut beliau gondrong layaknya mahasiswa teknik.
    namun sekarang rambut bapak sudah botak tengah. dengan rambut disisi kiri dan kanan... tapi beliau tetap percaya diri. saya tetap bangga menjadi anaknya meskipun banyak yang meledek kekurangan bapak saya. karena saya tahu, dibalik kekurangan beliau, pasti ada kelebihan..

    so, don't be shay if you BOTAK...
    keep writin'

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah keren banget sooob :)
      tapi mungkin bapaknya mas bro dulu sempat dibuat cemas gara2 rambutnya ilang secara pelan2 ..
      mungkin itu bisa ditambahkan di postingan gue yang "tips menerima kenyataanbotak itu keren" ...
      super sekali ...
      thanks sob

      Hapus
  8. suatu yang alami itu biarkan lah begitu adanya.. mungkin itu kenyataan yang harus di ikhlaskan..
    ya ga papa sih kalau risau soal kebotakkan, babe aku aja umur 40 an keatas bingung sama botaknya *apalagi ompongnya #bukaaib
    samphonya mungkin yang ga cocok, atau lagi kebanyakan mikir *stress , dulu aku jg gitu kok waktu ujian, sekarang udah engga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya siih ..
      tapi ini datang terlalu cepat ,,, gue belum siap jadi botak hehe

      tuwh kan babe km aja bingung apalagi gye yang masih unyu2 gini
      iya, mungkin aku belum nemu jodoh rambut kaya di iklan dove -_-"

      Hapus
  9. maaf sob, sepertinya ada yg salah dengan link bannernya ayam sakit, bukan http://ayam-sakit.com.blogspot.com, tapi http://ayam-sakit.blogspot.com, hehehe maaf yah sob, saya yg keliru menulis link banner

    BalasHapus
  10. ngomong-ngomong soal botak, jadi inget Ahmad Dhani, pentolan band kesukaan ane tuh,, hahaha..

    btw, tidak semua orang pantes botak lho..
    tapi ada beberapa orang yang emang pantes berkepala botak..

    ya, seperti Dhani sama Beckham.. pake rambut model apa aja, tetep keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan , bener .. ahmad dhani ternmasuk salah satu orang yang sengaja membotakkan diri sendiri :)
      bukan botak karna korban iklan shampoo hehe

      orang cakep selalu pantes kalo botak , dan orang jelek berharap jadi pantes jadi botak ...xixixi

      Hapus
  11. yak ampun, santai aja kali...banyak orang botak ganteng2 lho...kayak Benzema, chef Joe Bastianich, Adriano Zumbo, Matt Moran...ya tapi mereka kan bule ya... *gak membantu* wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  12. mereka botak tapi ganteeeng .. ehemb
    lha gueeh ? gak botak aja wajah pas-pasan ..
    gimana kalo botak ? -_-"
    gue juga enggak bule , alamaat ...

    BalasHapus
  13. a night time visit...happy Thursday!

    BalasHapus