(Bukan) Wisuda Kita Bersama

Senin, 23 Desember 2013. Akhirnya gue wisuda dengan elegan...

Prosesi khidmat wisuda gue berjalan dengan meninggalkan kesan sebagai mahasiswa ajaib yang skripsinya bisa selesai pada detik-detik terakhir penutupan untuk pemberkasan wisuda. Banyak temen-temen gue yang enggak percaya dengan pencapaian gue. Bahkan gue sendiri masih sulit mempercayai keajaiban ini. Saat itu, gue memang udah pasrah kalo gue bakalan wisuda bulan April 2014 nanti. Tapi ternyata... Tuhan memberikan kejutan untuk gue di bulan Desember. Sayangnya, gue diwisuda dalam keadaan wajah masing enggak ganteng.



Gue sendiri sadar, gue enggak bakal bisa pake toga di bulan Desember ini tanpa dukungan dan semangat dari mereka yang ada di sekitar gue. Temen-temen seangkatan senasib sepenanggungan, dan temen sesama aktivis yang selalu support gue dengan sentilannya. Dan yang utama support dari pacar dan juga orang tua.



Beberapa paragaraf ini, gue dedikasikan buat mereka yang berjasa besar dalam proses penyelesaian skripsi sampai akhirnya gue bisa diberi keistimewaan wisuda di bulan Desember. Yang pertama, untuk keluarga gue karena doa’nya yang luar biasa. Keajaiban ini terjadi karena do’a dari mereka. Kedua, makasih buat @shasyalalala_ yang tiap hari selalu cerewet ngingetin skripsi. Tanpa kamu... skripsi ini gak pernah selesai. Bahkan mungkin belum jadi apa-apa. Nanti makan-makan ya, PIZZA HUT kalo perlu. Tapi kamu yang bayarin... :p

Untuk temen-temen gue yang luar biasa, @lia_oplow yang udah ngingetin gue biar enggak nelantarin skripsi. Sampai-sampai anak ini yang memfasilitasi segala bentuk daftar pustaka untuk skripsi gue. Bahkan dia yang minjemin gue toga gara-gara insiden topi toga gue yang lemah syahwat.

 @lia_oplow, cewek berisik yang gak bosen ngasih gue wejangan

Terimakasih juga @pandikedogawa yang selalu sabar udah gue repotin masalah itung-itungan data dan juga isi dari skripsi itu sendiri. @AndaraDio temen seperjuangan karena dosen pembimbing kita sama. Orang yang cuma bisa kasih support dan motivasi karena anak ini juga enggak terlalu paham isi skripsi apalagi urusan perhitungan data. @adhy_pitik yang juga enggak bisa apa-apa, dosen pembimbing kita sama tapi judul kita berbeda. Walaupun begitu, kadang dia juga sesekali ngingetin skripsi gue jangan sampe molor. @firdaus_SD dan @Dunovaaan yang sering mem-bully gue karena Desember gue yang gak mungkin saat itu. Tapi gue tau, sebenernya ada motivasi yang terselip dibalik kata-kata mereka yang agak-agak nyakitin.

Mungkin masih banyak temen-temen lain senasib sepenanggungan, seperti temen-temen yang bisa diajak nungguin bimbingan bareng, duduk tak menentu dari pagi sampai siang yang kadang hasilnya nihil. Tanpa kalian... proses bimbingan skripsi gue enggak akan terlalu berkesan.

Dan untuk temen-temen yang enggak bisa gue sebutin satu per satu. Kalian telah masuk dalam sejarah hidup gue...

 Foto atas: bareng temen-temen satu kos
 Foto bawah: bareng mantan presiden BEM (paling kiri)

Sebenernya kalo gue ditanya, gimana rasanya wisuda? Gue sendiri justru ngerasa aneh. Rasanya macem-macem. Di satu sisi gue bahagia karena akhirnya bisa terbebas dari jeratan skripsi dan bisa mendapatkan gelar sarjana pendidikan. Di satu sisi gue sedih karena harus melepaskan status gue sebagai mahasiswa. Ya, selama gue jadi mahasiswa emang lebih banyak memprihatinkannya. Tapi gue justru menikmati saat-saat ngerasain hidup ngenes. Saat-saat gue harus bertahan hidup dengan bungkusan mie instant. Saat-saat gue harus makan sehari sekali dan banyak-banyakin minum air putih.

Gue sadar, setelah hari ini gue akan kehilangan banyak hal indah dalam hidup gue. Gue bakalan kehilangan momen ngakak-ngakak sampe malem bareng temen-temen. Kehilangan momen frustasi saat proses skripsi bareng temen, kehilangan momen nongkrong di pinggir jalan, sampai momen menjadi aktivis mahasiswa. Semuanya terasa begitu keren dalam hidup gue dan itu nyesek.

Wisuda gue terasa spesial karena gue wisuda di angkatan ke-48. Dan mungkin beberapa wisudawan yang lolos verifikasi nantinya bisa direkrut untuk jadi girlband yang edukatif dengan nama IKIP48. Enggak kalah sama JKT48 tapi... bo’ong. Oh iya, jangan tanya sama gue apa maksud dari girlband edukatif. Gue juga cuma asal ngomong.

Wisuda gue juga bener-bener spesial. Angkatan ke-48 adalah wisudawan pertama yang berhak menggunakan gedung yang dinamakan “Balairung” untuk prosesi wisuda! Setelah berminggu-minggu dihantui kecemasan kalo gue dan temen-temen bakal diwisuda di dalam bangunan yang separuh jadi. Ternyata tepat sehari sebelumnya, pembangunan gedung udah terlihat memuaskan. Gue justru takjub saat ngeliat ruangan di dalemnya. Sumpah! Gede banget! Elegan! Sadis, Gan!



Gue juga menjadi angkatan terakhir yang diwisuda di kampus gue. Karena tahun 2014, kampus gue bakalan berganti nama dari IKIP PGRI Semarang menjadi Universitas Pendidikan PGRI. Lah... ini gimana kalo ntar gue mau legalisir ijazah? Stempelnya jadi beda. Ah, masa bodoh.. yang penting saat ini gue udah wisuda.

Perjuangan skripsi gue yang serba kepepet terbayar lunas dengan toga yang telah melekat di tubuh gue. Ada kebanggan ketika tali toga gue yang ada di kiri dipindahkan ke kanan oleh Rektor kampus gue. Gue sangat menikmati hari Senin kemarin. Bisa poto pake toga bareng keluarga, bisa poto pake toga bareng temen-temen, dan bisa poto pake toga bareng... ehm, pacar. Buat wisudawan yang jomblo, fasilitas yang terakhir sih kayaknya enggak bisa dinikmatin. 

Dibalik kebahagiaan yang gue rasakan. Ada hal yang bikin nyesek karena gue wisuda di atas penderitaan temen-temen mahasiswa tingkat akhir lainnya. Beberapa diantaranya adalah temen-temen gue. Gue sangat menyayangkan ketika gue enggak bisa pake toga bareng mereka. Enggak bisa ngerasain momen bahagia yang seharusnya bisa jadi acara perpisahan yang sempurna dengan toga yang sama dan dihari yang sama.

temen-temen yang udah wisuda duluan dan... yang belum wisuda

Yah.. bagaimanapun hidup adalah pilihan. Mereka lebih memilih bersantai ketika teman-teman lain sibuk berjuang melawan skripsi. Tapi, gue harap... mereka segera sadar dengan lawan terakhir mereka. SKRIPSI. Dan semoga mereka bisa menaklukannya secapatnya. Kalo gue enggak bisa pake toga bareng mereka hari Senin kemarin. Setidaknya gue bisa dateng disaat mereka nanti wisuda.




Inilah... wajah-wajah yang masih belum berhasil menaklukkan skripsi. Gue harap mereka segera nyusul gue. bareng-bareng berempat!!!




Gue kembali larut dalam kebahagiaan momen wisuda. Momen yang meresmikan gelar sarjana pendidikan untuk gue sekaligus momen yang meresmikan gelar mahasiswa gue udah berakhir. Perjuangan untuk hidup yang sesungguhnya udah menunggu gue. Biarlah... yang jelas gue akan sangat-sangat merindukan masa-masa mahasiswa gue.





                                                23 Desember 2013.



                                                Edotz, Bukan (lagi) mahasiswa gagal gaul

Posting Komentar

61 Komentar

  1. Selamat ya Dotz.. eh, bapak edotz lah. hahaha
    kalau kamu udah lulus kuliah, aku baru tahun depan mulai kuliah. aku tampak muda sekali hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan bilang elo mau ngatain gue tampak tua sekali?

      Hapus
  2. Selameet bang udah wisuda. Gue kirain dp lo yg kmren, baju boleh minjem. Ternyata yg mnjem cuman toganya, yak bang? Ah sama aja, mnjem" jg. Tpi ttep wisuda jga sih.
    Ternyata itu bneran cwe lo yak, bang. Kok bisa, bang? Wakakakak
    Itu gedung kampus lo kliatannya emang bner" luas banget yak, bang.
    Yah, mulai saat ini menu mkan lo udah bner" nasi, bukan hnya skedar mie instan dgan bermacam" rasa. Dan pstinya memang bklan kgenin banget rsanya klo hrus pisah sma tmen" seperjuangan.
    Dan smoga tmen" lo yg blom menaklukan skripsinya, cpet" d taklukan lah.
    Yg pling iri, cuman pas adegan lo poto sma cwe lo itu, bang. Nyesek nge-liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kampret minjem. elo iri ye Zi sama gue? bilang aja deh dasar jomblo..

      iya , semuanya bener Zi ... mau gimana lagi.

      Hapus
  3. Itu yg belum wisuda lo ajak foto2 anteng2 ajah bang, gue yakin nanti pas pulang dia gigitin tembok sama kursi.. Itu nyesek sekali.. Hahaha

    Smoga gue bisa lulus cepet.. Walaupun masih lama hehe

    Selamat bang, smoga cepet dapet kerjaan.. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang belum wisuda pulang2 kramas Pik, mandi junub..

      iyaa sukses deh elo

      Hapus
  4. cieeee wisudaa...selamaat yang bang dotz...
    oiya....aku liat2..itu kok disemua foto, muka dan ekpresi kamu persis semua ya....muka dan ekspresi sok-imut-gimana-gitu... *eh

    wahh..spesial banget tuh...wisuda ke 48..di gedung baru yang belum pernah dipake wisuda angkatan2 sebelumnya... dan wisuda terakhir dengan nama kampus yang bakalan berubah..keren bang... bukan sembarang wisuda nih ceritanya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya miftah makasiih..

      lo adalah orang yang ke sejuta seratus satu yang bilang begitu -_-

      wisda spesial ini ceritanya haha

      Hapus
  5. Wahhhh selamat dot, gue antara terharu dan kesell -____-" Februari gue wajiblah wisuda!! 'O')9

    Eh pacar lo adik tingkat ya? Jgn lo nunda wisuda krna nungguin biar wisuda bareng. Hih -__-

    Selamat menyandang status terlaknat dot.. PeNgangguran. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi februari..
      buruan wisuda lo! :D

      hahahaha ... iya nganggur, laknat abis!

      Hapus
  6. Selamat Dotz! Jadi senang dan haru juga baca ceritanya. Momen-momen bareng temen kayak gitu emang sulit ditinggalin. Sekali lagi, selamat Dotz. Sukses buat kedepannya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks yah...
      iyah emang ini momen seru tapi nyesek..
      yaudah deh, mau gimana lagi

      Hapus
  7. bang edooooooooooooooooooot. selamat ya udah wisuda sekarang bocil tinggal nunggu undangan pernikahannya bag edot sampe ke rumah bocil muehehehehe :p
    perjuangan bang edot gak sia-sia yaaa!! eee, kira-kira IP bang edot berapa?? bocil penasarun -_-
    ka ganggo belum wisuda? semangat kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kalo gue undang nikah dateng yak...

      ip gue tetep gaul, gue kan enggak bodo-bodo amat

      ganggo belum, kasian yak.

      Hapus
  8. Selamat ya dotz atas pencapaiannya,
    Kelar juga masa-masa indah jadi MAHASISWAnya,
    sekali lagi selamat.... :)

    BalasHapus
  9. oh jadi gitu, hanya syalalalalalalaaa aja yg diajak ke pizza hut?? okeeh fine
    ppffftttt
    selamat ya Dotz akhirnya lulus juga, gelar SPd-nya dipakai gak ntar? hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah gue juga dibayarin -___- hahaha

      haha makasih Mei, enggak tau deh.. gue enggak sombong sih soalnya :P

      Hapus
  10. Kerasa bener perasaan sedih pisah sama temen-temen pas lo di wisuda bang, gue tau kok gimana rasanya, gue juga lelaki yang lemah akan perpisahan~ kita sama-sama jelek, tapi nasib lo lebih keren, bisa ada cewek yang enggak takut pacaran ama lo bang, salut.

    Tapi keren juga yak, sebelumnya sampe ada temen yang ngebully-bully lo kalo lo ga bakal diwisuda tahun ini, tapi lo bisa buktiin. Keren. Itu semacam bales dendam yang positif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, jadi elo jangan pesimis menjalani kehidupan yang fana ini..
      nikmati aja masa2 muka kampret yang elp milki.

      iya, jadi gue ini anak siapa?

      Hapus
  11. Bang, cewenya cantik ya *salah fokus*
    Alhamdulillaah deh sekarang bang edotz jadi makin gaolzzz, udah resmi jadi bapak gulu :D
    sukses terus bang kedepannya. aamiin :)

    BalasHapus
  12. Gelar sarjana direngkuh, ceweknya pun semakin luluh..
    Keren..!! dapat dua-duanya sekalian.

    Selamat ya bang edots...atas wisudanya, semoga menjadi ilmu yang berguna bagi bangsa dan negare NKRI agar tetap utuh.. pahlawan tanpa tanda jasa..

    BalasHapus
  13. Duh ye pas banget angkatan ke-48 -_- bikin girlband aja bang :D
    Selamat ye buat wisudanya tapi yaaah sekarang bukan lagi mahasiswa gagal gaul dong :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang gue beruntung bisa pas banget gitu..
      iyaaaa :(
      makasiiiiih :/

      Hapus
  14. selamaat yaaa..

    duh, gmn melawan males ngerjain skripsi yaa?? apalagi revisiannya ituuu.. hmm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya direvisi kalo didiemin gak selesai-selesai
      *sok bijak*

      Hapus
  15. Selamat sudah wisuda, semoga berguna ya ilmunya :)

    BalasHapus
  16. Hihii selamat selamat yeah ..
    Emangnya bang edotz punya pacarya?? #ech
    Btw foto bang edotz kok gak ada ekspresinya ?? #mana ekspresinya "serasa sutradara gue ;;)"
    Yaudah deh, selamat bang selamat bang untuk wisudanya :DD

    BalasHapus
  17. ooohhh jadi Syalalala itu ceweknya bangdotz yaa.. waahh cantik.. sama2 wisuda pula.. itu janjian yah barengan.. btw selamat mencomot gelar mahasiswanya.. hmm makin ke bawah saya makin nyesesk bacanya.. ngebayangin tahun depan Insya Allah semoga bisa mengenakan toga itu juga.. cuma rasanya gimana gitu melepaskan masa mahsiswa yg penuh kenangan #uhuk... oh ya it gedungnya wooooo buangeeeettt... kerenn argh.. hmm. IKIP di sini juga udah lama berganti nama jadi Universitas...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaah hehehe
      keajaiban sih jadinya bisa bareng

      iya, wisuda itu kadang bikin nyesek

      Hapus
  18. cantik juga syalalalalalalaallalalal aya dotz... walapun elo gagal gaul, tapi dalam hal ngerebut hati kayaknya lo nggak gagal


    dari postingan ini gue jadi terinspirasi dan mengingatkan gue, kalo gue juga perlu membuat rentetan kata terimakasih untuk org2 yg udah bantuin gue berjung di skripsi..
    ah setiap postingan lo selalu menginspirasi gue do...

    selamat ya do...

    gede juga ya balairung nya... dan masak kampus bisa ganti2 nama gitu sih? eh tapi IKIP PADANG (Sumbar) juga gant nama jadi universitas andalas... apa IKIP-IKIP Pada kompakan ganti nama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha Risah bisa aja

      aaah... elo sukanya gitu, bisa aja

      thanks yah..

      kayaknya iya, IKIP IKIP pada ganti nama deh

      Hapus
  19. widiw bisa barengan wisudaan sama pacar, assekkkk :))
    semoga ntar pas gue skripsi juga banyak yg nyemangatin . *ngarep*
    selamat menempuh hidup baru (?) !!
    semoga ilmunya bermanfaat di masyarakat aamiin ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya minta disemangatin sama epa aja Ges..
      sip, thanks..
      amiiin!

      Hapus
  20. Selamat atas wisudanya mas, semoga sukses :)
    Kunjungan balik dan perdana kesini :D

    BalasHapus
  21. Selamat yah brow..

    Wisudanya seru, bareng pacar pula. Uuuuh..keren deh.
    Udah sono, ngajak dia makan pizza hut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya Rob, thengs
      udh gue ajakin
      jangan ngiri yak elu

      Hapus
  22. selamat mas.. pesti sampean nangis pas bengi bar wisuda.
    semoga kedepan tambah sukses sukses dan sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nangis karo kramas nyong..
      sip, amin Tom! thanks!

      Hapus
  23. selamat bang edotz udah pake toga,
    gue aja belum, (iya masih setahun setengah lagi baru lulus) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setengah tahun dengan catatan kalo semuanya lancar ya..
      okesip
      thanks

      Hapus
  24. Selamat bang edotz akhirnya selesai juga bertarung sama skripsi :))
    Bang itu beneran pacar kamu ya? Ini settingan kan ? :p
    Eh berarti sekarang udah gak mahasiswa gagal gaul lagi dong tapi sarjana gagal gaul kan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. settingan emangnya ini supertrap? -__-
      hasyah sarjana gagal gaul, hih banget. tapi emang iya sih :/

      Hapus
  25. Pertama kali ke sini dapet kabar bahagia. Selemat menempuh hidup baru bro hehhe salam

    BalasHapus
  26. kadang malah masa-masa pahit itu yang lebi terasa ngangenin daripada masa yang mulus-mulus aja. Emang bener sih, wisuda bukan bicara soal kebahagiaan aja tapi juga kuat gaknya bertarus dengan ribuan orang yang bertitle juga, lagi-lagi cuma bisa berharap hoki aja lagi. Emang hoki masih buka ya tahun baru gini?

    Sekali lagi selamat udha wisuda, lo punya temen yang bener-bener bisa support lo meskipun dengan cara mengejek, tapi yang gue salutnya lo bisa merubah ejekan yang kata temen lo itu gak mungkin lo ubah menjadi mungkin dan endingnya lo bisa wisuda juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener Bay, selain hoki juga mesti ada usaha dan skill...
      ada, hoki -hoki bento buka 24 jam

      yap, hidup adalah perjuangan, gue punya temen yang baik dan patjar yangt support gue
      thanks!

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. selamat om setelah menempuh akhir akhir kuliah yang super berat dan sekarang bisa lulus juga :D hehehe
    ane juga lulus baru ga beda jauh ama om :D
    Rumah Dijual

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, lulus itu indah dan asik dan nyesek dan semuanya

      gaul donk elo, sama kayak gue

      Hapus
  29. Sialllll
    Gue ketinggalannn... Ane nggak dapat jatah wisuda Desember kemaren, baru kebagian bulan Maret ini kampret :|
    Tapi gpp, yang penting gue belum pengangguran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp... dinikmatin aja deh , abis itu galau loh enggak bisa kuliah

      oh...
      yang terakhir cukup jleb ya

      Hapus
    2. Btw IKIP Semarang itu beda sama Universitas Negeri Semarang ya? (soalnya IKIP Makassar=Universitas Negeri Makassar).
      Kalau Unnes ane pernah main ke sana beberapa bulan yang lalu.

      Hapus
  30. Kebahagian bersama-sama teman seperjuangan ketika menghadapi proses pelepasan mahasiswa akan selalu diperhitungkan. Meskipun ada yang belum lulus, tapi semoga hal itu bisa menjadi motivasi ya untuk mereka. Hehe.

    Untuk rencana kedepannya mau gimana, bang? Mau melanjutkan menjadi guru SD, ya? Semoga kelak itu menjadi kenyataan ya. Karena gaji guru (pegawai negeri) sekarang udah tinggi banget. Iya, katanya sih gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mau gak mau mereka juga harus segera nyusul wisuda :D

      hahaha gue tetep jadi guru SD tapi enggak sekarang deh, belum pengen2 banget :P

      Hapus
  31. syelamaaaaat abangggg :3
    rasanya gimana coba!? pasti seneng banget >.<

    ih, itu temennya yang dulu diajak ke jekardah ya? :D apa kabar tuh? salam aja yaa :D
    bang edot kok kalo dipoto nggak ada yang senyum sih :/ nggak bahagiakah -_- wkwk
    kadar gantengnya turun loh x)))

    BalasHapus