Lagu Anak-anak Yang Sebenernya Absurd

Beberapa waktu yang lalu gue posting tulisan tentang Guru SD. Dimana gue liat guru SD Cewek lebih diuntungkan secara gender daripada guru SD cowok. Dan gue calon guru SD cowok, mau gak mau gue harus rela menerima takdir gue sebagai gender yang tidak diuntungkan.

Di kampus gue, kalo kuliah praktek ngajar biasanya guru ngajakin siswanya buat nyanyi. Biar siswanya antusias gitu katanya. Dan lagu yang dinyanyiin udah jelas lagu anak-anak. Jadi walopun tampang gue sangar, lebih sangar dari kepala sekolahnya Shincan. Tetep aja gue harus masang wajah ceria sambil tepuk tangan ikutan nyanyi.
Ex : " naik... naik...ke puncak gunuuung.. tinggiii .. tinggii .. sekalii.."
#memaksakan diri untuk tersenyum.
 Tolong dicatat : Gue bukan guru PAUD ato TK.

Nah, Karena gue udah kebiasaan nyanyiin lagu anak-anak. Lama-lama setelah gue perhatiin. Ternyata banyak lagu anak yang sebenernya liriknya absurd. Gak sesuai dengan nilai-nilai karakter (cwih, bahasa gue nilai-nilai karakter). hahaha
Berikut ini gue coba paparin beberapa contoh lagu anak yang liriknya absurd ato gak jelas. Oh ya, satu hal yang paling penting jangan ditanggapin terlalu serius yaaaah . heee

* Potong bebek Angsa
Potong bebek angsa, masak di kuali
Nona minta dansa, dansa empat kali 
Sorong ke kiri, sorong ke kanan
La la la la la ... La la la la la ...

Nah perhatikan lirik di atas, potong bebek angsa. Anak kecil, diajarin lagu pembunuhan. Disuruh maen potong aja. Dan setau gue, yang namanya bebek itu sendiri, angsa sendiri. Kalo mau maen potong aja. Ya gantian lah, potong bebek dulu, baru potong angsa. Lagian abis dipotong masa mau dimasak langsung ke kuali. Harusnya kan bulunya dicabutin dulu, dikasih bumbu baru dimasukin kuali. Aneh kan ? Yang paling aneh lagi adalah apa hubungannya potong bebek angsa sama nona minta dansa ? orang lagi sibuk potong-potong bebek sama angsa, si nona bukannya bantuin malah minta dansa. hadeeeh.

* Naik kereta api
Naik kereta api … tut … tut … tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama

Coba perhatikan lirik yang berwarna biru. Bayangin aja, lagu anak-anak. Udah diajarin hal-hal yang gak baek. Naek kereta gak usah bayar. Gue rasa ini ada hubungannya dengan fenomena sekarang ini dimana banyak orang naek kereta api pada gak bayar. Terus orang yang pada naek kereta diatap, mungkin karena mereka berpikiran "keretanya tak berhenti lama" jadi mereka buru-buru naik. Dan yang paling aneh adalah anak kecil udah disuruh pergi jauh-jauh. Ke Bandung - Surabaya, bayangin aja. Berapa jam perjalanan tuh ? Gak di dampingi orang tua lagi. Gimana kalo tar di kereta diculik sama orang ? kan bisa jadi nambah masalah lagi. Ckckck

* Dua Mata Saya
dua mata saya
hidung saya satu
dua kaki saya pakai sepatu baru 
dua telinga saya yang kiri dan kanan 
satu mulut saya tidak berhenti makan

Ini lagu sebenernya gak terlalu absurd, cuma sebenernya buat anak jadi sombong. Kalian tau kenapa ? liat liriknya yang dua kaki saya, pakai sepatu baru. Nah looh, pake sepatu baru aja pake disebut-disebutin, kalo emang baru ya udahlah gak usah dipamerin kan kasian temennya yang sepatunya gak pernah ganti. Bahkan sepatunya udah jebol. Udah gitu lirik yang terakhir, satu mulut saya tidak berhenti makan. Gue gak bisa bayangin, punya mulut satu gak brenti makan. Gue jadi gak bisa ngomong apa-apa. Tiap hari makan terus. Terus makan. makan terus-terusan. Masalahnya adalah siapa yang mau nyediain makan terus-terusan. Daripada makan terus mending makanannya dibagiin ke orang-orang yang susah nyari makan. Nah kan, absurd jadinya.

* Topi Saya Bundar  
Topi saya bundar.
Bundar topi saya.

Kalau tidak bundar,

bukan topi saya!

Setau gue,  di pelajaran matematika gak ada yang namanya bangun datar bundar ato bangun ruang bundar. Emang sih, sebenernya bundar itu kan hampir sama kayak lingkaran ato bola. Lalu, kenapa mesti pake kata-kata bundar. Malah jadi keliatan asing kan. Kenapa syairnya gak gini aja : "Topi saya lingkaran, lingkaran topi saya, ato topi saya bola, bola topi saya." Sepertinya begitu lebih baik.
#eh...tapi kok malah jadi tambah absurd -_-"

Ngomongin bundar sama topi. Lagian, Gue jarang liat topi bentuknya bundar. Anak-anak SD aja kalo hari senin upacara topinya gak bundar bentuknya. Mungkin itu alasannya, kadang ada anak SD yang kalo upacara gak bawa topi. Karena mereka tau, topi yang mereka punya bukan bundar. Jadi itu bukan topi mereka. Akhirnya mereka gak bawa topi.

* Naik Becak
saya mau tamasya
berkeliling keliling kota
hendak melihat-lihat keramaian yang ada
saya panggilkan becak
kereta tak berkuda
becak, becak, coba bawa saya

Keliling kota pake becak ? astaga....gue gak bisa ngebayangin, bukan masalah tarifnya yang bakalan mahal pake banget, tapi ngebayangin abang becaknya bawa becak muter-muter kota, kalo kotanya kota kecil sih gak masalah, tapi kalo suruh muter-muter di Semarang ? Ini penyiksaan namanya. Bisa-bisa abang becaknya jadi impotensi nanti. Daerah Semarang kan naek turun. Kalo kayagitu kan jadi kasian abang becaknya. Menurut gue, Kalo mau keliling keliling kota mending naek busway aja ato bus BRT. Lebih irit, lebih memanusiakan manusia juga.

Selain itu, gue juga heran. "becak..becak..coba bawa saya". lha ni orang kok ngomong sama becak. Kalo mau pergi naek becak ya ngomongnya sama bapak tukang becaknya laaah...masa iya ngomongnya sama becaknya, ya becaknya bakalan diem aja. Becak diajak ngomong.hadeeeh -_-"

Oke deh, segitu aja dulu kali yaak pengamatan gak mutu gue tentang lagu anak-anak. Mohon dimaklumi, gue hanya rakyat jelata. Jangan ada yang tersungging eh tersinggung yaak. Piiss meeeen.

45 Upil

Hhha,.. lagu topi saya bundar, lagu kesukaan saya kalo lagi ngasih game sama anak pramuka :D

Reply

Biarpun lagu anak2 jaman dulu Gak jelas liriknya, mending daripada lagu IWak peyek..

Reply

yaaap .. bener banget bang wisnu ganteng :D
walo gimanapun lagu-lagu jaman sekarang udah pada gak mendidik , ada anak-anak coboy junior malah nyanyinya udah cinta-cintaan..
gue cuma bisa mengelus ingus..
#eh

Reply

hahaha bener banget tuh! sebenernya masih banyak lagi lagu anak anak yang rada sesatyah.. tapi gue suka postnyaaah! (y) (y)

Reply

ya begitulah adanya ...:D
bener banget..masih banyak lagi lainnya tapi sementara ini dulu ..
okeh okeh thengs yaaah :)

Reply

coba suruh nyanyi lagunya boysband...

Reply

anak-anak pasti jauh lebih hafal bang ...
bisa ngikutin dance nya juga pastinya , hehe

Reply

jiah, disambung postingan gue #INGUTEKSIS

iya, bang gue jadi kebayang, pantes aja banyak orang yang ga mau bayar kereta, gara-gara itu to ternyata :D

Mau ngasih tahu nih, kayaknya ada penulisan yang salah dilagu potong bebek angsa, yang minta dansa itu nona atau nenek. Kalau diliriknya nona tapi kalau dipenjelasannya nenek.

Jadi panjang, kaya nulis surat buat selingkuhan aja #Ups

Reply

ntar malah gurunya yang diajarin nyanyi..wkwkwkwk

Reply

At least lebih tidak merusak iman generasi muda dibandingkan lagu (yang katanya untuk) anak-anak di era sekarang. Masa' anak-anak kecil udah diajarin cinta-cintaan?

Reply

Mau nyambungin bang,
http://abortusjahilius.blogspot.com/2012/07/membedah-lagu-anak-anak.html

Reply

yg penting anak2 jgn dikasih musik rock atau musik yg belum pantas untuk anak2..hehe

Reply

hahaha ...
sambung menyambung menjadi satu itulah ndonesia bang :D

hehe , koreksi yang super sekali ..
itu tandanya elu baca tulisan gue dengan penuh perasaan sob ...
#standingApplause

tulisan elu yang lagu anak kereen sooob :D
hahaha , pinter juga "memaksakan diri"
cerdass..

Reply

sepakat soob ...
gue beruntung lahir taun 90 an ..
lagu anak banyak banget pilihan rasanya ..
sekarang malah susah banget nyari lagu anak yang bener-bener "untuk anak"

Reply

hehe .. iya , masalahnya lagu anak-anak sekarang udah jarang ada -_-

Reply

hahaha ...
tar malah siswanya pada naek ke atas meja gara2 heboh sendiri ...
repot deh

Reply

Coba deh lagu yang ini..

Bintang kecil di langit yang biru
Amat banyak menghias angkasa

Padahal kalau malam kan langit berwarna hitam,
kok jadi kayak siang, berwarna biru

hehe...

Tapi begitulah adanya.
Disukai saja mas :)

Kunjungan perdana.
Blognya keren :)

Reply

. . wachhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh,, guru TK beneran nich. sampe meneliti tiap bait nya. he..86x. hebat. GudLuck ya dengan guru TK nya. he..86x . .

Reply

Alhamdulillah ya gue lahir pas lagu anak-anak masih ada, lah sekarang makin ga jelas lagunya? hahaha -___-

Reply

hahaha ... naaah itu salah satunya :D
kalo diperhatikan sebenernya absurd ..

iya, lagu anak-anak jauh lebih daripada lagu yang gak jelas arahnya kemana ..

siip ..
makasiih yaah :D

Reply

besok2 jadi juri indonesia idol aja bang, udah pinter nge-review lagu :D haha

Reply

jiach ... udah dibilangin gue bukan guru TK -_-
guru SD juga kayagitu nyanyinya buat siswanya ...
percayalah -_-

Reply

alhamdulilah yaah sesuatu :D
iyaah udah pada gak bisa bikin lagu -_-"
udah gak punya kreatipitas kayaknya .

Reply

kayaknya indonesian idol tu ngomentarin suara deh bang bukan ngomentarin lirik lagu hahaha
acara yang pas apa yaak kira2 ?

Reply

koreksi diterima,
iya, kan lo tahu sendiri kalau kita sehati #ups..

Reply

siiip ...
kamu bilang apa ? kita sehati ?
berarti kita ???
#maluu ^0^

Reply

. . ouwwwwwwwwwww,, bukan TK ya?!? pasti playgroup nich. cz tampank nya cucok banget sich. he..86x . .

Reply

huahahahah, yg paling dodol tu, lirik lagu yg ini sob "becak..becak..coba bawa saya". wahh ini apa maksudnya, anak kecil udah minta di culik sama si becak, tidak berperikebacaan itu anak2 hahaha.
jadi tambah absurd deh

Reply

haha untung aja lagunya gak ditambahin
" becaak becaak tolong nikahin saya "

nah loooh , becaknya ganteng kali yaak :D

Reply

jadi pengin nyanyiinnnn dah kangen nga nyanyi hihiihhiii

Reply

haha .. ya udah elu yang nyanyi gue iringin sama nar saman ..

Reply

tampang gue unyu2 yaaah :D
emang siih , uda keliatan dari tampang ..
mau gimana lagi ? haha

Reply

hahahaha, makin absurd dan makin membodor sob, tapi gwe paling suka lagunya om bondan yg lumba-lumba dot, taukan lagunya hayooo, harus tau,

Reply

haha , iya gue tau yaam ...
dulu pas TK gue disuruh nari lagu itu ..
si lumba2 .. makan api ... hahaha

Reply

wahahahahah, ngakak abis aku bacanynya gan

anak sekarang tuh tetap iwak peyek gan

Reply

haha , ya begitulah gan ...

jaman sekarang susah nyari lagu anak-anak :D

Reply

Kok lagunya jadi nyolot semua yee ? Ini yg nyolot lagunya apa yang ngepost ? Hahaha V.

Btw lagunya Adithia Sofyan enak-enak kok, dia juga ngebawain lagu anak-anak yg dikemas secara menarik

Reply

hahaha kocak lu sob..
ada" aja la..
tp kalau di pikir" iya juga sih kata" kamu..haha

Reply

gak nyolot kok sob ..
cuma agak maksa dikit :) hehe

aditia sofyan sapa tuh sob ?
sekjen PBB yang baru ?

Reply

pelangi pelangi alangkah indah mu
merah kuning hijau dilangit yang biru
pelukis mu AGUNG

nah tu agung, emg dia ya yang ngelukis pelangi,,hahahaha

Reply

Mas Edo mulai menciptakan lagu anak-anak yang gx absurd dong klo gitu =D.

Siapa tahu terkenal gr" menciptakan lagu anak-anak yang benar (^,^)b

Reply

hehe yaaah gitu sob , walopun agak maksa :D

Reply

hahahaha .... iya iyaah bener
gue baru ngeh :D

Reply

aku ni gak mutu mas :(
mana bisa bikin lagu anak-anak yang benar
*nyebur ke kolam ikan*

Reply

Post a Comment