Setahun Gue Ngeblog Part I

Udah hampir setahun gue ngeblog. Walopun dulu awal-awalnya gue cuma pengen sekedar punya blog aja buat iseng-iseng, akhirnya gue jadi keterusan ngeblog. Dulu, gue masih awam banget. Pernah juga ni blog sampe gak keurus sama sekali berbulan-bulan. Waktu itu gue belum banyak tau sama seluk beluk ngeblog. Jadi gue males buat maenan blog.

Berawal dari iseng-iseng ngutak atik blog dan coba-coba akhirnya gue jadi mulai hobi ngeblog, gak ada yang ngajarin gue secara langsung. Gue cuma belajar sama mbah google. Dari mulai masang widget yang macem-macem sampe akhirnya gue bisa ngutak-atik kode HTML. Dan untuk bisa seperti itu, gue butuh kesabaran dan ketelatenan tingkat dewa. Gue yang emang dasarnya orangnya agak lemot, mesti bener-bener mantengin dulu tutorialnya. Setelah itu gue praktekin dan hasilnya, gagal. Template rusak. Gue emosi tapi akhirnya gue teliti kesalahan gue dan gue coba lagi.

Sebagai blogger yang masih newbie waktu itu, gue pun harus menjalani takdir untuk melewati masa alay seperti remaja pada umumnya sebelum menjadi pribadi dewasa yang kalem dan gak banyak tingkah. Waktu itu gue masih getol-getolnya ngebuat tampilan blog gue jadi se-rame mungkin, segala maacam widget gue coba. Ada jam, kalender, Kolam ikan, pokoknya widget bawaan dari blogger hampir semuanya pernah gue coba. Pilih, pasang, gak cocok, hapus begitu seterusnya. Alay banget deh gue waktu itu. Bahkan blog gue, gue pasangin pemutar MP3, waktu itu gue pasang lagunya Five Minutes yang "bidadari". Gue pikir, itu keren banget. Gaul gila deh pokoknya. Belakangan gue insyaf, ternyata masang pemutar MP3 di blog itu cuma bikin ribet. Baru masuk, langsung disambut lagu, pindah halaman, lagu lagi. Eneg gue, akhirnya gue copot juga.
Gara-gara demam nge-blog dan terobsesi punya tampilan blog yang keren (gue sendiri gak tau blog yang keren kaya gimana). Tiap hari gue nongkrongin laptop gue, baru bangun tidur langsung buka laptop colokin modem, ngotak atik blog gue. Mulai dari ganti font, ngatur widget sampe masang background ksatria baja hitam. Gue bener-bener ketagihan. Udah akut banget, gak pernah puas sama tampilan blog gue, tiap hari pasti ada yang gue ubah. Padahal waktu itu, ilmu gue masih cetek banget.

Browsing sana-sini gue cari tutorial-tutorial blog dan tips-tips, gue terus belajar. Waktu itu gue belum tau gimana caranya biar template atao tampilan blog gue bisa diganti pake yang download'an. Gue suka ngiri ngeliat blog lain yang tampilannya modis banget, keren, bannernya anime kartun. gue ngiri, sumpah !! tapi gue cuma bisa bengong gak tau mau ngapain, waktu itu bener-bener gak mudeng gue. Gara-gara main-main sama tampilan juga gue jadi gak peduli sama yang namanya posting tulisan terbaru. Pokoknya yang gue pikirin, tampilan blog gue harus keren! setelah itu gue bakal rajin posting. Nyatanya gue ngerasa blog gue gak keren-keren dan gue gak posting-posting.

Ternyata keseringan ngotak-atik blog, gue jadi mulai paham sama istilah-istilah di dunia blogger dan kebiasaan-kebiasaan para blogger. Yang paling ngena di hati gue (ceiuleeh) waktu itu istilah "blogwalking" ato  jalan-jalan. Jadi biar blog kita ramai dikunjungi kita juga harus mengunjungi blogger lainnya. Istilahnya silaturahmi. Emang bener, gue ngeliat blog gue, sepi...........gak ada satu orang pun yang ninggalin komentar di blog gue, sampe-sampe gue komentarin sendiri postingan gue, hahaha. Frustasi banget waktu itu, Follower juga waktu itu cuma tujuh biji, itu pun juga email dari temen-temen gue, gue minta. Hina banged...hina banged.

Udah bisa pasang "CBox" ato buku tamu. Gue pun mulai blogwalking, tiap blog gue kunjungi berharap gue dapet kunjungan balik. Dan ternyata, emang jurus "blogwalking" itu jitu banget, pengunjung di blog gue mulai naik. Gue pun bangga setengah tiang, padahal sih biasa-biasa aja. Buat terus meningkatkan pengunjung, gue pun pake jurus ciptaan gue sendiri yang gak tau malu. Caranya, tiap ada temen pesbok gue yang lagi online, gue kasih tuh link blog gue. Gue terang-terangan minta dia kunjungin blog gue. "Ai temand, kunjungi blogku eaaaaa... http://edotzherjunot.blogspot.com/ , seru looooh , makasiii ^^". Gila, sampe sekarang gue masih belum abis pikir gimana gue dulu bisa se wagu itu. Memalukan, alay banget. Hoooeeeg.

Yaah, walopun geto. Ternyata itu cukup membantu meningkatkan traffic blog gue. Gue bersyukur banget. Sampe saat itu, gue mentok. Ilmu yang gue dapet jalan di tempat. Dan sampe saat itu gue juga belum aja nulis postingan. Bego banget yak gue, ngapain ngeblog kalo isinya cuma beberapa biji tulisan.

Sampe disini dulu postingan gue, masih banyak banget kisah gue ngeblog dari setahun yang lalu.

"apakah edotz bisa menambah ilmu negblognya?"
"apakah selamanya edotz akan menjadi blogger alay?"
"bagaimana akhirnya edotz bisa mengganti template dan mengutak atik banner?"
Nantikan kisah selanjutnya di postingan edotz selanjutnya, gak tau kapan . hahaha
Semoga bisa secepatnya

BERSAMBUNG ...INSYA ALLAH

4 Upil

hahaha...gw juga sgt newbie di blog,baru awal tahun kmren ngeblog.emg sdkit2 alay,krn masang widget yg rame bgt,dan suka ganti2 background,psg lagu smpe ad yg protes liat template gw gnt2 trus.tp skrg gw udh insyaf kok...iy sumpah..hahaa

Reply

Haha .. sama persis, gue juga tiap hari ganti template waktu itu , bakal gue critain di part II nanti hehe ...
insyaf gak nya , liat nanti :D

Reply

Buahahahaa...ketawa benerrr bacanya...lucu lucuuuu...niat mau ninggalin jejak aja jadi baca seluruh postingannya lucu bangeeett....semoga bisa jadi blogger dewasa, tapi jadi blogger alay juga gpp lah sapa tau bikin blognya jadi rame yach...salam kenal yach

Reply

komentar di satu tahun blognya edotz ah..
diposting tahun 2012 bulan 4. isinya udah lucu gini. keren!

Reply

Post a Comment