Membaca Kembali Koala Kumal

koala kumal raditya dika

Tahun 2014 saya masih inget, Raditya Dika ngeluarin buku terbarunya berjudul Koala Kumal, dan yang menarik saat itu adalah untuk 1.000 pembeli pertama bakalan dapet kaos Koala Kumal gratis. 

Tahun segitu, marketplace belum sepopuler sekarang. Jadi order buku Koala Kumal masih pakai website di bukabukudotcom. Sesi pre order baru bisa dibuka tepat jam 12 malam, demi buku Koala Kumal saya rela melek sampai tengah malam, hingga menjelang pre order dibuka, saya baru sadar m-banking BCA saya ternyata saldonya bikin nangis.

Setelah berjuang dengan militan dan refresh-refresh halaman website beberapa kali. Saya berhasil checkout 2 buku Koala Kumal gratis kaos, setelah itu saya langsung mengendap-endap keluar kamar, buka pintu depan, ngedorong motor keluar gerbang pelan-pelan biar orang rumah nggak pada bangun. Lalu nyalain motor dan bergegas menuju ATM BRI syariah (sekarang udah jadi Bank BSI). 

Malam itu saya lebih takut kalah cepet transfer uang buat bayar buku Koala Kumal dibanding ketemu Begal Kumal di jalan.

Dengan kecepatan internet yang alakadarnya waktu itu hingga website sempat down karena lonjakan pengunjung secara tiba-tiba. Beruntung, saya berhasil mengamankan 2 buku Koala Kumal gratis kaos, yang satunya tentu saja akan saya berikan ke *sebagian teks hilang*

Koala Kumal adalah buku Raditya Dika pertama yang saya dapat tandatangannya. Dan, ya... memang cuma itu satu-satunya buku bertanda tangan Raditya Dika sampai sekarang. 😄😄

koala kumal
Kondisinya cukup menyedihkan, banyak bercak kuningnya

Setelah hampir 10 tahun lamanya, tiba-tiba saya bertemu lagi dengan Koala Kumal gara-gara bukunya baru saya ambil dari sekolah yang dulu, yang sudah saya ceritain di postingan sebelumnya.

Saya jadi ingat bagaimana buku ini bisa sampai ada di sekolah bareng tumpukan buku lainnya. Waktu itu, salah satu temen guru SDIT yang dulunya juga temen satu SD saya, main ke rumah, lalu minjem buku Koala Kumal. Setelah beberapa hari, bukunya dibalikin di sekolah dan ternyata teronggok begitu lama hingga saya menjemputnya kembali setelah tiga tahun lamanya. 

Saya memang nggak terlalu ngecek buku ini di deretan rak buku saya karena memang saya udah beli lagi semua bukunya Raditya Dika dengan cover terbarunya

Melihat bukunya yang sekarang udah lusuh dan menguning. Saya jadi teringat lagi bagaimana perjuangan saya waktu itu untuk mendapatkan buku ini seperti yang saya ceritakan di atas. Lalu, saya jadi pengen membaca ulang buku ini. 

Dari sekian bab yang saya baca sembilan tahun kemudian, ada cerita yang masih saya ingat ada juga cerita yang bener-bener saya nggak ingat sama sekali. 

novel koala kumal

Membaca ulang Koala Kumal, saya jadi lebih ngerti kalau buku ini tuh memang sepatah itu. Waktu saya lihat ulasan di Goodreads, buku ini hanya mendapat rating 3 sekian. Banyak yang kecewa dengan ekspektasi mereka karena awalnya pengen baca buku ringan yang bisa bikin ketawa. Ternyata mereka malah baca buku yang lumayan kelam. 

Sebenarnya nggak salah juga, orang-orang udah mengenal Raditya Dika sebagai penulis komedi. Jadi ketika Koala Kumal terbit dan isinya lebih banyak nyeritain getirnya patah hati, orang-orang yang baca jadi ikutan patah hati bukunya nggak sesuai ekspektasi. 

Menurut saya sendiri, Koala Kumal tetap menjadi sebuah buku yang asyik buat dibaca, meskipun komedinya nggak seperti buku-buku sebelumnya. Kelihatan banget kalau Koala Kumal ditulis dengan lebih matang. Penulisannya jauh lebih rapi, lebih terstuktrur, dan terlihat tidak terburu-buru dalam bercerita. Sepertinya, ini karena konon katanya, butuh waktu hingga empat tahun bagi Raditya Dika untuk menyelesaikan buku ini. 

Koala Kumal nunjukin kalau Raditya Dika juga bertumbuh dengan tulisan-tulisannya. Udah nggak se-slenge-an yang dulu. Bahkan udah beda banget dibandingkan buku-buku sebelumnya yang banyak menulis hal-hal konyol di hidupnya. 

Setiap orang pasti akan mengalami patah hati yang mengubah cara pandangnya dia terhadap cinta seumur hidupnya. Cara dia ngelihat cinta akan berbeda semenjak patah hati itu.

Patah Hati Terhebat, hal. 207

“Dik, kamu tahu gak istilah Mama untuk orang yang sudah pernah merasakan patah hati?”

“Apa, Ma?”

Nyokap menatap mata gue, lalu bilang, “Dewasa” 

Koala Kumal, hal. 247

Posting Komentar

8 Komentar

  1. pas aku nonton filmnya juga agak berat dan sedih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film Koala Kumal ini juga lumayan sukses sih, dapet 1,8 juta penonton kalo nggak salah.. keren

      Hapus
  2. Gue juga punya buku-buku radit, cuma ilang entah ke mana sejak pindahan rumah huhu, jadi pengen ngoleksi buku dia lagi.

    Keren juga bang bisa dapat buku yang bertanda-tangan, memang benar kata pribahasa usaha keras tidak akan mengkhianati hasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget Don kalo pada ilang... kalo mau ngoleksi bisa nyari yang preloved murah2, tapi kalau cover terbaru harganya masih lumayan

      Hapus
  3. Pertama tau bukunya raditya dika pas baca buku punyanya kakakku saat masih jadi mahasiswa baru dulu pak guru. Aku masih SMA dolan ke kosnya kakak, dan waktu di kosan sendirian gas sengaja liat buku koleksinya. eh dia tipikal buku koleksinya model bukunya radit gitu. Tapi waktu itu yang kambing jantan. Aku ngakak juga baca bukunya. Tapi yang koala ini belom baca sih. Ternyata dah makin mateng dari sisi penulisan ya karena temanya dah mengarah ke bukan yang terlalu humor..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbul, kalau bukunya Radit yang awal-awal sampe Babi Ngesot memang bukunya komedi banget. Kayaknya mulai dari Marmut Merah Jambu, Koala Kumal dst. Radit udah mulai nulis dengan konsep Komedi Pake Hati

      Hapus
  4. Ininih! Buku yang nggak jadi saya beli karna temen udah ada yang punya 😅 Dan Koala kumal menjadi buku yang paling cepat dibaca dengan jangka pinjaman terlama hhahaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan malah jadi hak milik pada akhirnya😄

      Hapus