Tumpukan Buku yang Terlupakan

tumpukan buku di lemari

Suatu malam, di beberapa minggu yang lalu--saya sedang berghibah dengan bapak-bapak Komplotan Ghibah di rumah Pak Azhar. Entah berawal dari obrolan random yang mana, Didi nyeletuk, “Eh Dot, bukumu itu loh, masih di SDIT belum diambil. Tapi nggak tahu juga sih masih ada apa enggak. Ruang ustad udah pindah soalnya.”

“Waah.. iya Diiiih… Gilaaa… sampe lupaaa bukuku masih ada yang di SDIT belum diambil!”

Saya tiba-tiba teringat dengan tumpukan komik-komik yang masih tertinggal di kantor ustad SDIT. Kantor guru laki-laki dan perempuan di SDIT memang ruangannya dipisah, itu sebabnya bapak-bapak bisa tiduran dengan damai setiap ada jam kosong atau jam istirahat. Dan saya juga sering nyimpen buku-buku di kantor ustad karena memang ruangannya cukup luas. 

Dulu saya memang masih hobi berburu komik, saking seringnya belanja komik yang dipadukan dengan letak SDIT yang strategis, saya sering make alamat sekolah buat nerima paketan.

walaupun ya… alasan paling utamanya khawatir aja kalau di rumah keseringan nerima paketan, istri jadi tahu kalau saya sering belanja komik.

Waktu saya pindah dan berpisah dengan SDIT, saat itu situasinya memang sedang rame-ramenya COVID-19. Walaupun sempat ada perpisahan di sekolah dengan guru-guru lain yang juga pindah bareng saya, saya nggak kepikiran buat langsung bawa komik-komik yang masih tertinggal di kantor SDIT. Saya mikirnya, beberapa waktu ke depan, saya masih tetep bolak-balik kesini karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan.

Didi kemudian melanjutkan, “Waktu itu sih bukunya tak pindahin di dapur. Tapi nggak tahu udah dipindahin belum sama Pak Dayat. Waktu itu Pak Dayat sempet nanya, buku-bukunya masih kepake nggak, kalau nggak kepake mau diloakin. Udah ilang sih palingan bukunya.”

Saya langsung was-was dengernya, “Duh.. udah lama banget lagi nggak tak ambil-ambil, kalau sampe dikiloin beneran paraaah sih.”

“Salahnya siapa, nggak diambil-ambil. Udah mau tiga tahun ya susah juga kalau mau dicari.” Didi sengaja nambah pikiran saya malam itu.

Seingat saya, buku yang saya tinggal waktu itu adalah komik set Ranma ½  volume lengkap 1-34 sama Ghost 1-21 lengkap. Kedua-duanya komik terbitan Rajawali Grafiti semua. Kalau Ghost, sebenernya juga udah diterbitin sama Elex Media dengan judul Yuyu Hakusho. Lalu ada beberapa printilan buku lainnya yang saya lupa ada apa aja.

Komik Rajawali Grafiti

Jadi, penerbit Rajawali Grafiti ini semacam penerbit komik di masa yang lalu yang nggak resmi. Kerjaannya ngebajak komik dari Jepang terus ngubah judulnya, biasanya sih diubah seenaknya sendiri. Salah satu contohnya, komik Doraemon, dibajak lalu karakter Doraemonnya diilangin diganti sama karakter bikinan penerbit ini sendiri dan judulnya diubah jadi Mr. IQ. 

Sumpah, niat banget. 

Karena status nggak resminya di masa lalu, di masa sekarang buku terbitan Rajawali Grafiti banyak dicari buat koleksi karena udah lumayan jadi barang langka.

Gara-gara malam itu ngebahas buku-buku saya yang nggak diambil-ambil di SDIT hampit tiga tahun yang lalu, saya jadi kepikiran sepanjang perjalanan pulang. Bisa-bisanya keseringan menunda-nunda ngambil sampe bertahun-tahun, endingnya malah lupa pernah ninggalin buku di kantor.

Maka, hari Senin kemarin, saya memastikan ke Didi di SDIT ada orang apa enggak karena kebetulan lagi libur sekolah dan memang tanggal merah. Untungnya, di SDIT lagi ada renovasi, jadi dapat dipastikan Pak Dayat dan partnernya, Pak Faris ada di sekolah.

Suasana siang itu beneran sepi. Gerbang sekolah terlihat lengang. Saya memarkirkan motor di depan masjid, lalu berjalan masuk ke lapangan SDIT yang dikelilingi ruang kelas. Udah lumayan lama saya nggak kesini, sekolah ini udah banyak yang berubah. Bangunannya semakin banyak, ruangannya juga banyak yang berubah. Saya melihat beberapa pintu kelas terbuka, di dalamnya ada beberapa pekerja yang sedang sibuk mengecat kelas. 

Dalam hati saya berkata, “SDIT emang keren banget, kayaknya sering banget ngecat tembok kelas. Kalau di SD negeri, mungkin lima kali pilpres baru ada tuh agenda ngecat kelas.”

Saya melangkah dengan penuh harap menuju ruang dapur yang ada di bawah tangga kelas. Disitu saya melihat Pak Faris sedang menata meja kelas di sebelah dapur. Sementara Pak Dayat terlihat sedang ngerebus air di dapur. 

Setelah berbasa-basi, dengan pasrah saya mengucap, “Pak.. mau nanya nih, kalau barangnya masih ada ya alhamdulillah, kalau nggak ada ya astaghfirullah..”

kemudian saya menceritakan kronologinya, dulu saya sempat ninggalin tumpukan buku di kantor ustad, niatnya mau tak ambil kapan-kapan, malah kelupaan. Sekarang ruang ustad sudah berubah menjadi dapur memasak. Ruangan yang sengaja dibikin buat masak makan siang siswa di sekolah setiap harinya. 

Sambil bercerita, mata saya berkeliling mencari kardus yang mungkin ada di tumpukan dapur berisi komik-komik saya.

Pak Dayat paham dengan buku-buku yang saya tinggalkan, tapi beliau tidak tahu di mana letak pastinya buku itu. Saya memahami keadaan itu, dan memang udah persiapan buat pasrah ketika mendengar ketidaktahuan dari Pak Dayat.

Namun, tanpa diduga, Pak Faris yang ada di kelas sebelah tiba-tiba nyeletuk, “Oh… bukunya njenengan yang di kardus itu?”

“Iya, Pak. Njenengan liat?” Secercah harapan kembali muncul siang itu.

“Di kantor ustad kayaknya, pas beres-beres waktu itu dibawa sama Pak Didi ditaruh di ruang ustad.”

Saya menghirup napas lega. masih ada harapan untuk menemukan komik-komik saya yang dulu saya tinggalkan begitu saja.

“Ayo coba tak anter ke ruang ustad.” Pak Dayat dengan sukarela nganterin saya nyebrang lapangan menuju ruang ustad.

“Maap ya Pak, jadi ngrepotin gini.” Saya jadi ngerasa nggak enak.

“SDIT makin hari makin keren banget ya, Pak. Mbangun terus nih kayaknya.” Saya nyoba basa-basi sama Pak Dayat.

“Njenengan kalau mau muji mending muji saya aja. Benda mati sih nggak usah dipuji-puji, percuma juga.”

Njirrr.. bener juga, niatnya mau sok baik-baikin sekolah karena nggak enak udah ngrepotin, malah kena ultimate dari Pak Dayat.

Setelah masuk kantor, Pak dayat langsung membebaskan saya untuk mencari di mana letak komiknya. Saya langsung menyisir pandangan di atas lemari-lemari kantor. Saya cari kardus yang kemungkinan jadi tempat bersemayam komik-komik saya. 

Pak Dayat juga ikut bantu mencari keberadaan kardus komik yang berbaur dengan kardus-kardus lainnya. Di atas lemari kantor memang banyak kardus printer sama kardus kertas HVS pada numpuk. 

Saya sampai naik ke meja buat ngetuk-ngetuk tiap kardus buat ngecek ada isinya apa enggak. Sampai pada akhirnya Pak Dayat menunjuk sebuah kardus bekas kertas printer yang atasnya nyembul beberapa tumpukan komik. rasanya langsung plong banget. Komik-komik yang saya lupakan, hari itu berhasil saya jemput kembali setelah hampir tiga tahun lamanya. 

Di dalamnya ada Komik Ghost 1-21 yang ternyata ilang 1 volume, nomer 15. Komik Ranma ½ 1-34 lengkap, beberapa buku yang saya lupa kapan belinya dan ternyata juga ada novel Koala Kumal-nya Raditya Dika. 

Komik terbitan rajawali grafiti


Setelah ngobrol sebentar sama Pak Dayat, saya pulang dengan perasaan lega. Walaupun dalam hati saya agak kesel juga sama Didi. Karena ternyata dia sebenernya udah tahu kalau komiknya aman di kantor ustad yang baru. Tapi sengaja banget bilang nggak tahu, pake kata-kata sok dramatis.

“Waktu itu sih bukunya tak pindahin di dapur. Tapi nggak tahu udah dipindahin belum sama Pak Dayat. Waktu itu Pak Dayat sempet nanya, buku-bukunya masih kepake nggak, kalau nggak kepake mau diloakin. Udah ilang sih palingan bukunya.”

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Buku, kian tua kian dicari. Kok bisa buku ditinggalin terlalu lama sampai lupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah Bu, karena terlalu lama menunda-nunda mau ngambil malah lupa😅

      Hapus
  2. Alhamdullilah masih rejeki ya mas hehehe...temennya emang usil tuh...tapi gak apa-apa,pan ada hikmahnya dapet lagi barang yang sempet kelupaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mbak Heni, selalu ada hikmah di setiap kelupaan😁
      Bukunya untung masih ada dan jadi ada kesempatan buat nengok sekolah yang dulu juga

      Hapus
  3. Alhamdulillah masih ada itu buku-bukunya walaupun udah tiga tahun terlupakan.

    BalasHapus
  4. Buku-bukunya bervariasi. Sayang kalau dilupakan. Wah namanya lucu bapak bapak komplotan ghibah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ilang emang sayang banget sihh.. soalnya bakal susah lagi nyarinya 😅

      Namanya memang tidak mencerminkan wajahnya 😁

      Hapus
  5. Ya ampuuun mas, sampe 3 tahun 🤣🤣🤣. Bisa2 nya hahahaha.

    Dan aku baru tahu komik rajawali grafiti yg suka membajak komik lain 😅. Kok jadi penasaran pengen baca bajakannya Doraemon 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aja untung diingetin mbak😄

      Rajawali Grafiti-nya Doraemon judulnya jadi Mr. IQ mbak, ceritanya sama cuma Doraemonnya yang beda😄

      Hapus