Wooow .. MLM

bisnis MLM

"Seorang mahasiswa bisa punya mobil, kapal pesiar dan keliling dunia. Mungkin gak? Jelas mungkin, gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Apalagi kalo cuma sekedar bisa punya mobil dan kapal pesiar. Itu sih wajar-wajar. Bayangin deh, belum lulus kuliah kita udah dapet segala kemewahan yang belum tentu didapatkan dengan kerja keras setelah wisuda, dengan hasil yang luar biasa kita bisa bikin orang tua bangga. Kita bisa sukses di usia muda."

Gue manggut-manggut. Terkesima dan tak bisa berkata-kata dengan segala bentuk impian-impian tingkat dewa yang ditawarkan sama seseorang yang ada didepan gue. Bener-bener gak abis pikir, ini kerjaan yang simpel dan keren banget buat dilakuin. Gue juga pengen ngebahagiain orang tua gue. Siang itu, tanpa sadar gue ngiler denganbaik dan benar.

"Nah sekarang mas Edotz, Mas Adhy dan Mbak Ratna punya uang berapa?"

Orang didepan gue masih terus ngomong dengan begitu lancarnya dan penuh keyakinan sambil ngeluarin sebuah buku kecil yang ternyata itu kwitansi pembayaran."

Gue mencoba meraba-raba isi dompet gue, gak nemu duit banyak. Gue coba buka lipetan di selangkangan gue sapa tau dapet duit, cuma ada lima ratus perak.

"Untuk bergabung bersama kami dan mendapat predikat bintang 1, kalian mesti bayar dulu delapan puluh lima ribu rupiah, selanjutnya nanti kalian bisa terus merangkak naik sampai bintang tiga dengan pembayaran tiga juta rupiah. Tapi tenang aja, jangan putus asa dulu, tiga juta itu mudah didapat. Yang penting mas Edotz, mas Adhy dan Mbak Ratna gabung dulu di bintang satu."

Kali ini gue nyoba nyari duit diantara kaos kaki gue yang terselip. Gue berusaha mengumpulkan duit sejumlah 85ribu rupiah karena bener-bener tertarik sama mimpi-mimpi indah yang barusan gue denger. Jumlah uang yang tidak sedikit bagi gue tapi gak ada artinya dibandingin mimpi-mimpi dahsyat yang gue denger barusan.
                                                         ***
Siang itu, gue, Adhy dan Ratna diajak temen gue cewek, panggil saja Gembuwz.. Awalnya Gembuwz bilang kalo gue ditawarin pekerjaan mau nggak, karena gue lebih sering ngabisin waktu buat ngupil sambil disko akhirnya hati gue tergerak. Gue juga pengen dapet duit, gue sepakat. Begitu gue tanya kerjaannya apa, dia bilang ini masih rahasia. “Lihat saja nanti”. Gembuwz jadi bikin penasaran. Gue jadi sebel, pengen nabokin pantat dia pake sumpit mie ayam.

Kuliah sambil kerja, kayaknya itu asik banget. Gue bisa dapet jatah bulanan dari orangtua dan gue juga bisa dapet gaji bulanan. Ide yang brilian, gue langsung berangan-angan seandainya itu beneran, gue bakal ngumpulin modal buat bisnis perdagangan wanita. Sepertinya itu bisnis yang menjanjikan.  Nggak dink, nggak.. Itu terlalu beresiko. Gue mau bisnis ternak tomcat aja disebelah kos gue. Omsetnya gede dan gue bakalan jadi pengusaha muda tajir tapi gak ganteng. Gak papa yang penting tajir.

Begitu gue dan kedua temen gue nyampe di kos Gembuwz. Ternyata gue udah ditunggu sama dua orang berbaju hitam, mereka enggak serem, hanya sedikit unyu, mereka baik. Suka nganterin Gembuwz berangkat ngaji.

Kami duduk beriringan sesekali diselingi aroma kaos kaki yang menggoda. Akhirnya gue tau, kerjaan apa yang dimaksud. Bisnis yang menggiurkan dan bikin menggelinjang setelah gue denger penjelasan meyakinkan dari Doni, Temennya Gembuwz.

Bisnis MLM… (hening lima menit…menarik nafas)

Mulut Lewat Mulut … begitulah istilah kerennya.

Akhirnya terjadilah percakapan seperti diatas yang didominasi sama Doni. Sebagai mahasiswa cupu waktu itu, gue yakin aja sama apa yang diomongin itu orang. Dia ibarat malaikat yang mengangkat gue dari jurang kenistaan dengan menawarkan impian luar biasa yang gue sendiri gak pernah memikirkannya.

Begitu presentasi selesai dan gue resmi jadi anggota bintang satu. Gue pun pulang dengan perasaan membuncah luar biasa dalam dada gue. Gue bakal jadi pengusaha sukses, gue bakal jadi mahasiswa sukses, gue bakalan suntik rabies. Gue bakal jadi orang ganteng. Oke, yang terakhir gue tau itu gak mungkin.

Beberapa hari ketemu dan terus-terusan denger presentasi dari komplotannya Si Gembuwz CS., gue mulai agak curiga dengan yang Doni omongin. Dia sendiri yang cerita tentang kesuksesan bisnis ini tapi gue liat hapenya Doni aja hape jadul, nokia yang dilengkapi dengan senter. Kegunaannya bisa buat nyenterin lobang idung nyari upil yang gak keliatan karena terlalu masuk ke dalem.

Ditengah desakan untuk segera membayar tiga juta rupiah, yang gue sendiri bingung gimana cara ngedapetinnya. Walopun udah ada solusi dari Doni gue suruh nelpon orangtua dan bilang gue ikut pelatihan di kampus dengan biaya tiga juta. Sempet sih gue mau nelpon orang rumah tapi gue batalin karena gue gak tega minta uang segitu banyaknya, gue masih terus nyari-nyari alesan dan mengulur-ulur waktu. 

Sementara itu, Adhy temen gue, dia udah dapet tiga juta rupiah dengan cara ngambil tabungannya yang katanya mau buat beli laptop. Gue sempet ngiri, asik banget Adhy udah bisa dapet uang segitu, waah bakalan kaya duluan itu anak. 

Setelah melalui proses yang tidak begitu istimewa, dengan biaya tiga juta rupiah, Adhy sukses dapet gelar baru. Member bintang tiga. Gue ngiri banget. Gue cuma bisa melihat Adhy dan Doni bersalaman dari kejauhan. Ada rasa cenat-cenut di hati gue.

Ternyata…

Setelah udah dapet gelar bintang tiga. Adhy punya tugas untuk mencari orang lain untuk diajak bergabung juga sebagai bintang tiga. Itu artinya, Adhy harus seperti Doni, mencari orang dan menebar janji-janji surga pada calon korban. Ini jelas gak bakal mudah. Nyari satu orang yang mau bayar tiga juta aja susah apalagi nyari empat orang. Ibarat kata pepatah, Anjing menggonggong kafilah berlalu, gak nyambung.

Belakangan gue tau info dari beberapa temen gue. Bisnis MLM kaya gitu kebanyakan bikin susah. Harus terus rapat koordinasi, mengintai calon korban, mengeksekusi dan mengakhiri misi lalu memulai misi kembali. Semua dilakukan tanpa rasa malu.

Konon, sekali nomer hape kita dicatet sama anak-anak yang ikut MLM. Hidup kita gak bakal nyaman, dikejar-kejar terus sama mereka. Seperti gue waktu itu, gara-gara masih betah jadi member bintang 1, gue disms dan ditelpon mulu. Mereka minta ketemuan. Untuk mengurus proses gue biar cepet-cepet bayar tiga juta. Mereka nanya-nanya dimana kos gue, padahal dosen gue aja gak pernah nanya dimana kos gue. Gue yang udah mulai insaf, gak peduli sama janji manis super mereka jadi takut sendiri. Takut ketemu di jalan akhirnya diculik.

Syarat jadi anak MLM yang tangguh itu emang harus membuang kemaluannya. Eh, maksud gue rasa malu. Itu semua demi uang dan kesuksesan yang menurut gue sepertinya terlalu memaksakan.

Pada akhirnya gue dan temen gue Ratna bisa hidup normal kembali. Gak papa deh, duit ilang 85ribu perak. Temen gue, Adhy. Setau gue dia gak berhasil buat nyari orang buat diajak gabung. Otomatis dia gak dapet pemasukan, Sedangkan temen gue Gembuwz dan Doni, beberapa bulan kemudian akhirnya mereka menyerah. Impian-impian gaul yang pernah mereka ucapkan dengan penuh antusias, pada akhirnya mereka sendiri pun gak bisa merealisasikannya

Posting Komentar

82 Komentar

  1. jangan tergiur dgn janji-janji uang yg besar. semua itu pnipuan. percaya deH!
    modusnya penipuan emang githu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya gpp siih ,tergantung orangnya aja ulet apa gak ..
      intinya yah gak sehebat mimpi yang ditawarkan

      Hapus
    2. Temen aku beberapa berhasil sih d MLM, bisa beli rumah, mobil, keliling dunia. Betul, asal ulet :D
      Dan, yg pasti pintu rejeki itu beda2 :D

      Saya pernah jg ikut coba2 dan hasilnya "nihil"; suara hati membimbing untuk "Jangan diteruskan" terkait halal-haram yg sampai sekarang masih simpang siur. Demi masa dpn dunia-akhirat saya, akhirnya saya resign dan minta mav ke downline :D

      Well, semoga curcol ini bermanfaat. xixi

      Hapus
    3. hahah .. emang tergantung niat sih sebenernya .. kalo ngerasa yakin ya pasti bisa , tapi kalo ragu2 gak bakalan sukses .. tapi yang pasti itu semua gak mudah ...hehe

      Hapus
  2. MLM kerjanya gak jelas kok bisa tiba-tiba kaya??
    gak usah deh ikutan gituan

    BalasHapus
  3. hha MLM selalu ada di lingkungan mahasiswa....yoi banget gan harus hilang urat malu kalo mau iku MLM mah..ada yg bilang haram juga seh karena orang ngak nyari barang tapi nyari komisi...but whatever lah itu terserah pandangan masing2x... kalo gue sih mending jualan upil dari pada MLM

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha , gue setuju ..
      emang jualan upil lebih enak...
      apalagi upil bakar ato upil goreng .. maknyuuuus

      Hapus
  4. hahaha gua dulu juga pernah rayuan gitu malah dua kali, satu kali ketika sma gua tolak gara2 suruh bayar 85 ribu tp gak punya duit, kuliah ditawari gua nggak mau gara2 85 bisa buat beli baju satu gank hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ... baju satu gank emang harganya berapa bang satunya ? -___-

      Hapus
  5. saya pernah beberapa kali mo "diakali" sama yang beginian.. tapi sayangnya yang memprospek saya adalah orang yang ternyata tidak tau banyak tentang apa yang digelutinya. Bukannya presentasi.. malah jadi ajang diskusi.. pada akhirnya mereka tersadarkan dan sejenak kembali ke jalan yang lurus... "Mereka hanya akan menjadi korban sistem".. kepercayaan diri mereka jadi kocar-kacir dan justru mereka yang diprospek balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha .. ini malah unik ...
      ngajakin sesat malah kebawa tobat :D
      gaull .. gauuul ...hahahha

      Hapus
  6. Awalnya sih mikir kayak Abang, MLM cuma ngasi janji palsu..
    Tapi kan gak semua MLM kayak gitu :D
    Sekarang gue percaya dengan adanya mahasiswa muda yg bisa nyari duit, bisa beli mobil, keliling dunia atau entah apa namanya..
    Hehehe
    ~(^^~)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah kayaknya anak MLM niiih ...
      #matiinHape

      Hapus
  7. aku juga terkesima ni..

    hihiiikkk gak suka sama MLM,tapi...temanan aku yg ikut MLm disini syukur ada juga berjaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiiih terkesima ...

      gue juga gak suka , tapi temen elo bener2 gaul maksimal :D
      sukses MLM

      Hapus
  8. kalo MLM mah dari dulu juga gitu bang, gak jelas banget usahanya.
    dulu saya juga sempet mau ikutan tapi sama kakak saya gak boleh gara-gara kaka saya udah mengerti sistemnya seperti apa. heemmm
    semoga gak kayak gitulagi bang hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus itu belum terjerumus ...
      gue sendiri udah kapok sekapoknya ....
      cukup sekali aku merasaaaaaa ...

      Hapus
  9. temen gue ada jg yg ikut bisnis begituan bang. tapi gatau namanya apa. yg jelas dia heboh nyari korban sana sini biar bintangnya naik. Dia termasuk sukses sih, sdh mampu beli motor. tapi gue gak pernah tergoda buat ikutan sih.. gue takut sama konsekuensi yg ada dibalik kesuksesan yg dijanjikan. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tandanya urat kemaluan dia udah mulai ilang ..
      udah bisa bayar motor , itu artinya dia sukses mencari downline , gaulnyaaa :D

      Hapus
  10. ane udah pernah ikut yag begituan, hahah, kebanyakan memang janji-janji manis doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. janji-janji gaul yang bikin mimisan bang ...

      Hapus
  11. Yang w bingung lu dapet 85rebu dari mana ? ga da sumber valid. jangan2 lu ngumpulin upil dolo trus lu jual ya Dotz brakakak.....

    w jg prnh diajakin tmn ikut MLM tp dgn tegas w bilang NO !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. elo gak usah mikirin itu, pokoknya semua aman terkendali .. pikirin aja kenapa gue jadi cowok sampe sekarang gak ganteng2 .. tolong bantuin mikir

      Hapus
  12. haha, MLM itu emang WOOW !
    WOOW saat promonya, WOOW saat ngebet pengen ngajak kita gabung sama mereka

    yang sabar ya dotz -___-, gue juga pernah kayak gitu, gue sudah kayak di terror aja, tiap hari di sms-in, bisa ketemuan gak, kamu lagi dimana, sok perhatianlah

    tp skrg sudah banyak yang insyaf, alhamdulillah skrg gak lagi terror yang seperti ini, semoga punah deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. woow saat kita boker enggak ada gayung ..

      iyah, kabar terakhir ..
      jaringan yang mereka bikin susah payah udah gagal semua ..
      mungkin mereka udah mulai pada rajin kuliah lagi ...
      hiyaaai

      Hapus
  13. teman gue juga dulu pernah nawarin, tapi gue gak mau ikut.
    Udah tau kalo bakalan susah :D hahahahahahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. elo termasuk orang yang lebar lobang pantatnya sob ..
      udah tau duluan kalo MLM itu gak semudah boker di atas tianga listrik

      Hapus
  14. sungguh kisah yang sangat dramatis. ternyata lo korban kemuslihatan MLM.

    sebenarnya MLM itu normal-normal aja, tapi janjinya yang kelewatan.

    kalo ada yang mau ngajak gue MLM, gue ga mau ah.. kecuali huruf 'M' terkahirnya dihilangi, boleh dipikirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MLM udah PHP-in gue bay , gue sakit hati beudt

      itu sama aja gak normal -_-

      ya ampun calon guru kok bilange gitu ..
      iich bayuuu jorooooook ...

      *semoga banyak cewek yang baca biar ilfil sama elo*

      Hapus
  15. janjinya boong. berarti dosa...
    janjinya terlalu manis, tapi gak ditepati...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah hidup ..
      kosong adalah isi
      isi adalah kosong
      amitabaa

      Hapus
  16. gue pernah bang ikut MLM alat kosetik, dan hasilnya, waktu belajar gue terbuang sia-sia. dan nyerah wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu konsekuensinya ..
      mungkin kalo agak lama lagi ...
      masa muda elo terbuang sia2 , besok elo udah tua ..
      boros muka

      Hapus
  17. . . widichhhhhhhh,, jadi bisa dibilank duit temen mu yg 3 juta itu kayaknya gak ada kabarnya pil?!? mendingan tetep ada ditabungan n tetap ke7'n utama, yaitu membeli laptop. so,, bener^ nyata daripada kayak gitu. Kah 5ie Hunt,, . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga tergoda pie ...
      janji2 gaul kaya gitu jelas bikin ngiler ...

      buat pelajaran aja , walopun mesti belajar matematika dll. juga ...

      Hapus
    2. . . napa bikin ngiler?!? kok gak bikin ngupil aja?!? -{_Heran_}- . .

      Hapus
    3. kan gue udah ngupil pas dengerinnya ...
      ngapain bikin ngupil enggak juga ah :P

      Hapus
    4. .. wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . nguppil sejati ternyata. he..86x ..

      Hapus
  18. Sama Mas saya juga pernah ditawari. Tapi pake produk barang. Awalnya tertarik, tapi lama-lama kalau menyebutkan uang buat transfer dan resikonya (Maklum Suka Pikir Panjang Krn Masih Bergantung Ortu). Jadi gak ikut saya :O

    Eh, tapi teman saya ada yg berhasil nebus sepeda motornya berkat MLM itu krn dia orngnya ulet. Terus kelanjutannya tidak tahu tuh, masih apa tidak (@,@)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. elo tipe suka pikir panjang , pasti e'eknya juga panjang2 ,,,
      woow ..

      temen elo itu sebenernya kerja ngojek ..
      kelanjutannya tunggu setelah pesan2 berikut ini ..
      jangan kemana2 ..

      Hapus
  19. aslinya sih tergantung juga lo nya jago ngomong dan gnibulin org ato gak....

    kalo jiwa lo sales sejati, amak lo akan anggap itu tantangan dan semangat utk terus mencari trik2 mendekati org2 utk ditawari dgn berbagai cara yg sesuai dgn karakterisitik org yg akan di dekati, istilahnya sih kalo jago, maka dia seharusnya tidak memakai trik yg sama utk org yg berbeda, karena tiap org pny karakter yg berbeda2 dan org2 yg berbeda2 ini harus didekati dgn cara endekatan yg berbeda2.

    gw mah udah sering bgt ditawari ikut mlm, tapi biasanya waktu gw di boongin ama temen2 gw yg udah lama gk ketemu, dan tiba2 ngajak ketemuan dan eh ternyata bukan reunian tapi malah ujung2nya ditawari mlm, biasanya gw udah tau kalo itu mlm,tapi supaya temen gw gk tengsin, gw ikutan aja alur penjelasan dia, kadang2 gw pura2 tanya2 ini dan itu, pura2 seolah2 tertarik, biar dia gak tengsin di depan senior2 mlmnya yg biasanya ngikutin dia juga untuk mempengaruhi gw....

    itninya sih kalo di dekatin dan ditawarin mlm ama org2 ini, kalo lo suka ngerjain org, maka mainkanlah itu dengan cara yg halus dan gk keliatan kalo lo lagi ngerjain mereka, jadi selama mereka nyap2 kemana2 ttg mlm mereka biasanya dalam hati gw nyanyi2 lagu doraemon atau dora the explorer atau nginget2 adegan sponge bob kejar2an ama patrick nangkepin ubur2, dengan kata lain, gw gak peduli sama sekali mereka ngomong apa, tapi gue udah nyiapin respon2 komen2 dan pertanyaan2 yg menunjukkan kalo seolah2 gw tertarik, biar mereka mereasa berhasil mempengaruhi gue, haha..kadal lo kadalin..:P

    jadi santai aja sih, jgn panik jgn berusaha ngeles dan menghindar, ikutin aja, dan diem aja waktu mereka ngomong ngalor ngidul kemana2, setidak2nya selama mereka presentasi mlm mereka biasanya lo ditraktirin makan atao minum, pokoknya jgn kasih nomor rekening bank, jgn bilang lagi bw duit, bilang aja cuma bawa 5000 ato 10rb buat beli bensin. dna bilang aja ntar deh besok2 ke atm buat ngambil. dan besok2 kalo mereka telepon2 atau sms2 cuekin aja..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... kayaknya elo malah master ngeles guh ...
      ngeri juga :D

      mungkin kalo gue jadi korban lagi ...
      gue bisa pura2 ngajain temen lain dan itu elo ...
      elo maenin mereka aja , gantian :D

      Hapus
  20. wahh jadi teringat ma MLM MEREK "T" yg perna saya guluti
    sedihh brayy

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue juga mereknya T ...
      jangan2 kita sama :D :D

      Hapus
  21. ga pernah minat jadi MLM.. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. munngkin elo belum pernah dengerin presentasinya sih

      Hapus
  22. MLM? Mulut Lewat Mulut? gue kirain musical apa gitu... *halah*

    MLM serem ya... mirip php. kalo php menjurus ke hati kalo mlm ke duit-___-v *eh

    gue kasian sama temen lo Adhy-Adhy itu kak.. terus duitnya kemana-__- sakno banget~

    BalasHapus
    Balasan
    1. multi llevel marketing bahasa gaulnya ...

      naah , bener banget lo ..
      pemberi harapan pesek ... eh palsu maksud gue ..

      iyaah , padahal duit mau buat beli laptop ..
      eh malah gak sukses ..
      mungkin ini istilahnya resiko pekerjaan ..

      Hapus
  23. wow, tragis nasib mreka y dotz,,
    oy untung aj elu blum byr 3 jtanya,,hhmm
    wow bngetkan klau udh, sya smpat ikutan jg, byarnya 50 rbu, tpi gk diterusin..hhe emg bnar kakak yg ngajakin dah bisa ke JKT tapi status fbnya tiap hri gk ad yg lain slain MLM nya, klu sya gtu bsa hancur suasana,,ckck butuh mulut yg crewet utk bsa sukses di MLM, mending bisnis yg pasti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah , untung gue belom bayar ..
      soalnya gak ada duit :P

      haha, orang yg ikut MLM pikirannya cuma satu .. gimana caranya dapet orang baru, udah itu ..

      mending bisnis upil ajah ...
      pasti ..

      Hapus
  24. oalah dot..dot udah tahun 2012 gini masih aja ketipu ikutan bisnis MLM...apes bener nasib ente

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue iikutan taun 2010 bang .. bukan taun 2012 .. wajar kan masih ada begituan

      Hapus
  25. Hiahahaha..untung Elu belum terlanjur bayar 3 juta sob, kalu udah bayar bakalan nyesel seu,ur hidup deh...ckckckc

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah bro .. seumur hidup psti nyeselnya ..
      untung aja

      Hapus
  26. MLM itu butuh keuletan dan jaringan yg bnyak bang,

    BalasHapus
  27. wah kren,ni critanya Gank.
    aq ska crita2 kyk ginian genk
    mksih'y infonya Genk.. kpn2 mmpir gen heheh

    BalasHapus
  28. Untung aja lo Dotz cuma sampe bintang satu doang, gak kebayang deh kalau sampe bintang 3,kasian banget duit tiga juta :))

    Makanya jangan terpengaruh sama kapal pesiar,
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rob , bener2 kapok gue ...

      haha , sialan elo bawa2 kapal pesiar , kampreeet

      Hapus
  29. Emang ga gampang jadi member MLM.. Karena itu tadi, harus pintar 'ngomong' supaya orang-orang ikut tertarik buat ngikut juga..

    kalau saya dari dulu ga tertarik ikut MLM gitu.. Ga pintar ngebujuk orang soalnya. Hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa .. bener banget ..
      kebanyakan emang harus pinter ngomong dan gak punya malu ...

      Hapus
  30. gue pernah diajakin prospek mlm sama mantan gue. gue denger orang2 itu presentasi udah mirip pencucian otak dot wkwkwk untung gue gak tergiur gitu aja. emang sih dapet duit gampang bgt. tp itu membuat kita jadi males. blum tentu juga duit itu ngalir sampe kita tua kan. yg ada kalo kita stop dapet gajinya trus jd stres n bingung mau nyari kerjaan.

    jangan ikut2an gitu lg deh dot seberapapun gede uangnya. percaya sama gue wwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha brarti mantan elo modus tuh yog :D
      iyaah gue juga udah kapok .. gak tergiur sama sekali ikutan begituan :P

      Hapus
  31. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

    BalasHapus
  32. kasian banget tuh 85rebu, udh nyari diselangkangan gak ketemu2 juga ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kasian duitnya apa gue ?

      Hapus
    2. duitnye aja, lu mah gak usah dikasihanin.. capek kalo ngasihanin elu

      Hapus
  33. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    BalasHapus
  34. hahahahha... ternyata MLM nyampe juga sampe ke jun..

    gw juga dulu pernah ikut MLM krn pengen naik haji!

    udah sampe bintang 3.. dan.. gua nyerah... haha

    BalasHapus
  35. oh iya... ada PR dan Award di blog aku...

    KERJAIN LOH....

    #Emang lu aja yg bisa ngasih PR sama anak2 :P

    BalasHapus
  36. MLM itu sebenrnya bukan Penipu gan, kita sukses asalkan Pengen dan harus kerja keras,, yaaa istilanya Be yur selff : ikuti kata hati agan

    salam kenal yagh GAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang gak ada sesuatu yg bisa diraih dengan mudah :D

      salam kenal juga

      Hapus
  37. oh itu namanya MLM ya.. baru tahu saya, halah.

    BalasHapus
  38. dulu gue juga pernah kaya gitu, di iming"n dengan kesenangan ya ujung2 nya buat ngebuat orang tua bangga,,, setelah berjalannya waktu malah gue ngerasa ini ga bener ,, akhirnya gue keluarin dan gue ikhlasin duit gue itu :( huu ga lagi deh -__-

    BalasHapus