Rela Ribet Demi Pokemon Go

Waktu masih SD dulu, saya hobi banget ngoleksi Tazos Pokemon hadiah dari jajanan Chiki, Cheetos dan Jet-Z. Hampir setiap hari, uang jajan saya pasti ada yang saya alokasikan buat beli jajanan ini, walaupun sebenernya saya udah nggak terlalu selera sama jajannya karena hampir setiap hari makan. Tujuan utama saya paling utama tentu saja berburu tazos yang ada di dalamnya, berharap bisa dapat tazos pokemon yang saya belum punya gambarnya, jadi bisa tambah koleksi.

Kehedonan saya belanjain uang saku buat beli jajanan ini mungkin karena waktu itu, di sekolah anak-anak lain juga lagi demam banget sama tazos ini, hampir setiap istirahat mainannya pasti tazos pokemon.

Dulu, seingat saya setelah edisi yang biasa, ada lagi edisi 50 gambar baru pokemon yang dikeluarkan Chiki, Cheetos dan Jet-Z. Saat itu, saya udah punya 49 tazos pokemon dan hanya tinggal satu yang saya belum punya. Meskipun udah berkali-beli jajan itu terus, tetep aja dapetnya sama dan nggak pernah nyantol satu edisi yang misterius itu.

Tazos Pokemon (Gambar dari Google)

Salah satu hal paling menyedihkan dari perjalanan panjang saya mengoleksi tazos pokemon waktu SD adalah tazos pokemon saya hilang diambil orang dekat keluarga saya lengkap sama albumnya. Waktu itu saya bener-bener nangis kejer sekejer-kejernya nyariin di seluruh penjuru rumah bahkan berhari-hari nggak pernah ketemu.

Sampai beberapa bulan kemudian, ketika saya iseng main di rumah saudara, saya melihat album pokemon yang sangat saya kenali kalau itu adalah milik saya. Waktu saya ambil, tazos di dalamnya sudah nggak ada satu pun. Karena saya orangnya udah nggak enakan dari sejak kecil, saya cuma diem aja dan cukup tahu.

Bertahun-tahun setelahnya, tiba-tiba Indonesia dihebohkan bakalan ada game Pokemon yang ‘nyata’ banget. Kita seolah benar-benar diajak menjadi trainer pokemon dan mesti berjalan langkah demi langkah buat mencari pokemon lalu ditangkap.



Saya masih ingat dulu awal rilisnya, game Pokemon Go ini benar-benar viral banget. Bahkan acara gosip artis isinya ngomongin tentang artis yang nyobain main Pokemon Go, bahkan blogger Alit Susanto juga ikutan ngebahas cara main game ini di blognya.

Sayangnya, HP saya waktu itu Asus Zenfone Max, GPS-nya suka nggak bener, jadi pernah saya coba bikin akun dan coba main tulisannya selalu GPS SIgnal Not Found di atas layar.

Baru dua tahun kemudian ketika saya ganti HP, saya mulai iseng buat coba game ini lagi dan ternyata bisa! Awal-awal main Pokemon Go ini ternyata bisa benar-benar bikin se-ketagihan itu, asli deh. Apalagi waktu di dalem rumah buka Pokemon Go dan ternyata nemu pokemon, wuaaah... rasanya girang banget, dalam hati sampe bilang, “Anrjit... di dalam rumah saya ini ternyata ada pokemonnya! Keren!”

Sampai kemudian, istri saya tahu kalau saya lagi main game ini, dia ikut nyobain dan ternyata ketagihan juga. Jadilah kami berdua sebagai pasutri pemburu pokemon tiap habis maghrib. Kami sengaja naik motor berdua muterin kota Pemalang sambil sesekali berhenti di tempat-tempat tertentu kalau muncul pokemon yang menarik.

Sayangnya, karena kami ada di kota kecil, yang waktu itu Gym (tempat buat tanding pokemon) dan Pokestop (tempat buat dapetin item) masih sedikit, juga pokemon yang muncul masih itu-itu saja, kami jadi mulai bosen dan berhenti main game ini.

Gym ini tempat  buat naruh pokemon kita. Kalau bisa bertahan selama 8 jam dari serangan musuh, bisa dapat koin maksimal 50 buat beli item


Beberapa bulan kemudian, setelah saya ganti HP (lagi). Entah kenapa, Pokemon Go ini jadi pengen saya install lagi. Kayak ngerasa kangen aja gitu, pengen main game ini lagi. Dan ternyata, setelah saya log in lagi, di Pemalang udah mulai banyak Gym dan Pokestop baru. Pada install-an kali ini, saya mulai itu bela-belain cari pokemon kesana kemari naik motor sendirian. Seringnya sih pulang sekolah. Sambil jalan santai, sambil sesekali liatin HP, saya kadang berhenti sebentar buat nangkep atau tanding ngelawan pokemon orang lain di Gym.

Setiap dapat pokemon jenis baru, rasanya itu ada kepuasan tersendiri, jadi nostalgia sama masa SD dulu yang hobi ngumpulin pokemon lewat tazos. Dan sekarang pokemon itu bisa saya dapatkan lagi dan ada dalam HP saya sendiri, bahkan pokemon itu bisa nambah kekuatannya, bisa pingsan (kalau habis tanding sama pokemon lain di Gym dan kalah), terus pokemonnya diobatin. Bahkan kita juga bisa melihat langsung bentuk evolusi dari pokemon itu sendiri.

Waktu itu bisa dibilang saya benar-benar ketagihan sama game ini, tiap lagi pergi ke suatu tempat saya pasti sempetin buka Pokemon Go buat ngecek, barangkali ada pokemon baru di tempat ini. Bahkan pernah nih, waktu lagi jam istirahat sekolah iseng saya buka Pokemon Go, ternyata ada bayangan hitam pokemon muncul di radar, yang itu artinya saya belum punya. Setelah saya cek, ternyata lokasinya ada di Stadion Sirandu yang jaraknya sekitar satu kilometer dari sekolah. Saya pun buru-buru ambil kunci motor dan pergi ke stadion demi pokemon baru.

Iya, beneran seniat itu.

Semakin kesini, keinginan memiliki pokemon lain semakin tinggi, sayangnya... pokemon-pokemon legendaris biasanya hanya bisa didapat kalau kita bisa mengalahkan pokemon ini yang muncul di Gym pada jam-jam tertentu. Masalahnya, pokemon ini tidak mungkin bisa dikalahkan seorang diri, harus dilawan bareng-bareng minimal tiga orang atau lebih tergantung kekuatannya. Sebagai pemain pokemon Go di kota kecil dan nggak punya komunitas sama sekali. Saya cuma mentok dapetnya pokemon-pokemon yang itu-itu terus.

Semakin kesini juga muncul kesibukan lain yang akhirnya membuat saya tidak lagi merasa antusias buat ngelanjutin rutinititas nangkepin pokemon ini. Saya sempet off dari game ini selama setahun atau mungkin dua tahun lebih.

Sampai pada suatu hari (lagi), ketika saya iseng buka game ini setelah sekian lamanya. Saya dibuat kaget (lagi) sama apa yang ada di dalamnya, ternyata sekarang Gym dan Pokestopnya nambah banyak banget! Bahkan surprise-nya lagi, di deket rumah saya, ada dua pokestop baru yang masih bisa dijangkau dari rumah saya.


Pokestop ini kalau dideketin dan diputer bisa keluar beberapa item gratis, salah satunya bola pokemon


Jadi, dari pokestop ini kadang suka muncul pokemon random yang kalo lagi gabut asyik juga buat ditangkapin. Apalagi kalau saya pakai item lure module di pokestop ini yang bisa mengundang lebih banyak pokemon buat muncul. Praktis banget, di dalam rumah bisa nangkepin Pokemon.

Sebahagia ini cuma ngeliat ada pokestop baru deket rumah. Kalau di kalangan pemain PoGo, saya bisa juga disebut ‘pemain darat’. Artinya pemain yang mainnya bener-bener mesti keliling dari satu tempat ke tempat lain, bisa mainnya cuma di lokasi ‘real’. Nah, ada juga ‘pemain fly’. Pemain ini bisa terbang dari satu tempat ke tempat lain, biasanya mereka ini pada pakai Fake GPS. Misal, hari ini di Jakarta, nanti sore tahu-tahu lagi ada di New York, terus bisa pindah lagi ke Spanyol dll.

Memang kalau bisa pindah kenapa?

Ya... tentu kemungkinan dapat pokemon bagus dan jenis lainnya lebih besar. Apalagi ada yang namanya pokemon regional, pokemon yang hanya bisa didapat di wilayah-wilayah tertentu. Pokemon jenis ini nggak mungkin ada di lokasi lain. Jadi susah banget pasti buat dapetin pokemon itu.

Btw, sebenernya pengen sih bisa duduk santai tinggal gerakin joystick-nya di dalam rumah bisa jalan-jalan nangkep pokemon ke berbagai negara. Tapi para pemain Fake GPS ini ada resikonya sih, kalau ketahuan akunnya bisa bener-bener dibanned sama pihak Niantic yang punya game. Kebayang kan nyeseknya udah punya banyak pokemon tiba-tiba nggak bisa diliatin lagi.

Bagi sebagian orang mungkin game Pokemon Go ini game yang ribet, soalnya kalau mau main aja mesti bener-bener jalan keluar rumah, nemu pokemon bagus harus berhenti sebentar di pinggir jalan buat nangkep pokemon. 

Tapi sebenernya memang disitu letak keseruannya, game ini didesain biar kita seolah-olah jadi trainer pokemon kayak di anime-nya. Jadi, walaupun terlihat ngerepotin, di kota-kota besar game ini masih banyak peminatnya. Bahkan saya sering liat di postingan IG Pokemon Go Indonesia, untuk event-event tertentu mereka masih sering ngumpul buat nangkep pokemon bareng.

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Jangankan punya koleksi pokemon, melihat contoh barangnya saja saya gak pernah. Apakah dia gulai, gorengan, atau entah2, lah. He he .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beda generasi ya berarti, Bu... ini bentuknya menarik banget loh 😁

      Hapus
  2. Tazos dulu hits banget ya mas Edot. Ada tazos seri Looney Tunes juga dulu. Kalo tazos Pokemon aku punyanya yang KW HAHAHAHA. Beli pas SD dulu, kirain udah ilang. Taunya masih adaaa, huhu. Beberapa waktu yang lalu ketemu dan rasanya seneng banget, nostalgia masa kecil. Sekarang tazos KW-nya pingin aku tempelin di buku biar nggak ilang lagi. xD Old-school banget gak tuh. xD

    Mongomong soal kehilangan barang berharga waktu masih kecil (barang berharga yang mungkin buat orang dewasa sepele, tapi bagi kita penting banget kayak tazosnya mas Edot dulu), sumpah emang bikin nangis kejer sekejer-kejernya. Bikin keinget bahkan sampai dewasa, hahaha soalnya dulu rasanya kayak dunia runtuh pas kehilangan benda itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu hits-nya sampe batas nggak wajar.. bikin anak-anak pada doyan jajan chiki, cheetos sama jet z ya😄

      Iya ya, padahal masih anak-anak tapi udah tahu rasanya kehilangan dan nyeseknya beneran nyesek mbak😁

      Hapus