Ngapain Masih Ngeblog?


Saya juga heran sama diri sendiri, kenapa udah tahun 2023 masih aja ngeblog? Padahal kalau dipikir-pikir lagi, ngeblog juga udah beda banget dibanding bertahun-tahun yang lalu. Rasanya tuh udah kayak dulunya tinggal di sebuah kota yang padat penduduk, tiap hari saling sapa dengan tetangga. Lalu perlahan banyak tetangga yang lebih memilih untuk pindah ke kota lain yang lebih rame. Kalaupun ada yang bertahan, ya palingan rumahnya jarang ditempatin, mereka balik sesekali, lalu pergi lagi.

Dari awal tahun ini, saya juga merasakan jenuh banget sama ngeblog. Bener-bener hampir nggak pernah nengokin. Terbengkalai gitu aja, sekalinya ditengokin, banyak komentar spam dari luar negeri yang masuk ke kotak komentar di berbagai postingan.

Bulan Agustus lalu bahkan sempat terjadi perdebatan dengan diri sendiri mau perpanjang domain dotcom blog ini atau dibiarin aja sampe expired. Pemberitahuan perpanjangan domain ini masuk disaat keinginan ngeblog lagi bener-bener di titik terendah. Padahal saya juga lagi nggak sibuk-sibuk banget di dunia nyata.

Setelah mengingat banyak hal yang sudah blog ini lalui, mulai dari jaman alay waktu kuliah sampai lulus kuliah, kerja jadi guru dengan gaji seikhlasnya sampai sekarang ada di titik ini. Saya memilih untuk tetap memperpanjang domain blog ini, walaupun ya... setelah perpanjang domain ini, blog ini juga (kemungkinan besar) akan teronggok gitu aja karena nggak ada keinginan buat nulis.

Oh iya, meskipun saya lagi ada di tahap males banget ngeblog, beberapa kali saya masih sempetin nengokin teman-teman blogger lainnya. Beberapa masih ada yang konsisten nulis, sisanya banyak juga yang seperti saya, membiarkan blognya teronggok begitu saja dilalerin. Sepertinya banyak yang memang lagi ‘lelah’ ngeblog juga.

Munculnya platform lain buat tempat bercerita memang berpengaruh banget sama dunia perblogggeran. Sekarang orang-orang bisa cerita di mana aja. Tiktok, Youtube, Twitter (X), sampai Instagram yang lebih mudah buat dapetin views daripada mesti nulis di blog yang belum tentu banyak orang sempetin buat baca.

Blogger-blogger populer masa lalu juga kebanyakan udah bener-bener ninggalin blognya dan pindah ke platform lain. Sebagian terbengkalai dengan sisa-sisa postingan yang terakhir ditulis beberapa tahun yang lalu, sisanya lagi alamat blognya udah nggak bisa diakses.

Ya, hidup memang harus fleksibel sih, harus pinter menyesuaikan diri sama apa yang memang lagi rame ‘ditempatin’. Tapi ya, itu, ada aja orang-orang yang masih ‘mau’ bertahan di sini, termasuk saya juga. Entah apa alasannya, bisa karena di platform lain nggak cocok atau karena blog ini punya banyak kenangan hidup yang sayang buat ditinggalin.

Btw, setelah berbulan-bulan nggak ada perhatian-perhatiannya sama blog ini. Anehnya, beberapa minggu yang lalu, nggak tahu kenapa tiba-tiba saya jadi tertarik lagi buat ngurusin blog ini. Berawal dari iseng-iseng ngecek blog, lalu mulai ngerasa bosen sama tampilannya, saya jadi kepikiran buat mengubah template blog ini.

Sebenernya sayang juga sih kalau mau ganti lagi template blog ini. Apalagi setelah waktu itu udah niat banget ngerubah desain blog sampai sesuai keinginan. Tapi memang yang namanya penasaran lebih susah buat diredam. Saya jadi mulai menjelajahi website-website yang nyediain template gratisan. Berkali-kali saya klik ‘next page’ untuk mencari tampilan yang paling sreg tapi nggak nemu-nemu.

Kemudian, saya mulai mencoba mencari template premium. Pikiran saya, sekali-kali nyobain template premium boleh juga kali, ya. Saya pun mulai browsing lagi nyari website berbahasa Indonesia yang jual template blog premium. Sayangnya, template yang tersedia kebanyakan lebih cocok buat blog yang isinya berita.

Saya sempat nemu yang cocok di idntheme, begitu saya order dan saya pakai templatenya, eh.... kok jadi ngerasa nggak cocok. Akhirnya saya nyoba muter-muter lagi, kali ini menjelajah ke Instagram, di sini saya nemu mbak-mbak jago coding yang jual template buat blogspot, setelah saya hubungi dan beberapa hari baru dibales. Saya dikasih link katalog template-nya.

Saya coba cek satu per satu dan akhirnya saya nemu sama satu template yang ‘menarik’ perhatian saya. Walaupun sebenarnya tampilannya nggak beda jauh dengan template-template lain pada umumnya. Tapi saya sreg saja.

Dan template yang saya pilih itu sekarang sudah melekat di blog saya ini.

Untuk saat ini, mungkin sisa-sisa keseruan ngeblog saya masih sebatas gonta-ganti template. Meskipun saya nggak yakin juga, perubahan template ini bikin saya jadi rajin ngeblog atau nggak. Tapi ya, untuk saat ini setidaknya ada alasan buat saya kembali lagi nulis di blog ini.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Termasuk aku yang juga masih bertahan di sini walaupun diisinya sesekali juga 😂 tapi entah kenapa blog udah macam "rumah" buatku, Kak. di saat lelah dan penat sama medsos lain, aku bisa pulang ke blog yang zen ini 🤣. Sempet juga ngalamin bimbang saat harus perpanjang domain seperti yang Kakak alami 🤣. Tapi karena memutuskan untuk perpanjang domain lagi, semoga kita bisa lebih sering mampir di sini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan... entah kenapa pada akhirnya perasaan pengen balik lagi ngeblog selalu datang lagi, dan akhirnya rela perpanjang domain lagi demi lanjut ngeblog yang niatnya biar bikin semangat😁

      Hapus
  2. Aku masih di siniii, wkwkwkwk. Pace blog jauh lebih lambat daripada sosmed, poin paling penting soalnya udah capek banget banjir informasi yang serba cepat. Urusan gonta-ganti template ini makan waktu sih mas Edot kalo menurutku, mungkin karena aku nyarinya yang nggak berbayar kali ya jadinya bisa seharian utak-atik template nggak selesai-selesai (sama milih-milihnya juga deng, haha).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak endah, emang kalau masalah utak atik template blog biasanya ada di milihnya, nyari yang paling sreg bangetttt, dan itu nggak gampang haha... selain itu, skill coding yang terbatas juga bikin utak atiknya lama😄

      Hapus
  3. Berasa tua banget gue balik ke blog ini untuk baca. Lu pasti udah jadi bapak guru yang gak muda lagi ya dot. Mungkin bentar lagi lu jadi kepala sekolah. Hahah.

    Waktu itu gw masih rajin ngeblog sampai 2017, setelah kerjaan di kantor makin banyak agak susah tuh nyari waktunya untuk ngurus blog, bahkan setelah resign pun jadi susah untuk berbagi cerita, karena merasa masalah hidup orang dewasa gak usah dibagiin lah. Sampai akhirnya 2020 pandemi ada pilihan untuk perpanjang domain yang udah 7 tahun dipakai atau tidak, akhirnya gak usah diperpanjang lah, ngapain. Eh beberapa bulan kemudian pengen ngeblog lagi dan ganti-ganti domain terus, berganti rumah ternyata gak bikin gue untuk rajin bercerita, mungkin lingkungannya udah beda aja, dulu gue bercerita karena membaca cerita orang lain, sekarang orang-orang itu bercerita dengan cara lain, platform yang berbeda.

    Tapi gue senang sih sama perjalanan ngeblog ini, Blogger Energy lah yang memulai perjalanan ngeblog, gue senang melihat anggota-anggotanya sekarang udah level up, jadi komikus terkenal, tiktoker, beberapa udah punya media sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya nih Rik , udah melangkah kepala tiga yang rambutnya udah mulai menipis

      Nah, sama Rik... dulu waktu masih kuliah kejadian sederhana aja bisa dijadiin bahan buat nulis di blog, sekarang bener-bener mikir... apa asiknya hal kayak gini ditulis? Tapi sebenernya kalau ditulis dengan niat bakalan bagus juga buat nostalgia beberapa tahun lagi. Faktor semakin banyaknya platform memang bikin hal-hal bercerita di blog mulai ditinggalkan.

      Yang terakhir bener banget, di Blogger Energy dulu kita bisa ngerasain hal-hal seru dan akhirnya melihat mereka memilih langkah suksesnya masing-masing.

      Hapus
  4. Wah... Ini kumpulan blogger sejati... Mau ikut curhat deh. Saya juga punya blog yang umurnya lebih dari 10 tahun. Cuma sesekali diisi. Trus sekarang bikin lagi blog yang motivasinya buat cari cuan. Hihi... Ga apa2 kan ya Kak? InsyaAllah blognya jujur kok... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa bangettt... yang penting ngeblognya dengan senang hati😁

      Hapus
  5. Aku sempat mengalami jenuh ngeblog dan akhirnya sama berakhir gonta ganti template dan hosting gratisan. Sekarang lagi detoks media sosial dan berusaha untuk nulis lagi sambil blogwalking supaya kecipratan semangat dari suhu-suhu dan sesepuh blogger yang masih rajin menulis....Keren mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga makin rajin semangat ngeblognya yaaa.... kalau lagi males emang biasanya menepi dulu tapi nanti perasaan pengen ngeblog itu muncul lagi dengan sendirinya

      semangatttt

      Hapus