Pre Test PPG

Sekitar pukul tiga pagi saya terbangun, lalu setengah sadar berjalan ke kamar mandi. Setelah menuntaskan pipis dan kembali ke kamar. Seperti biasa, saya ngecek HP dulu, iseng buka WhatsApp sekedar kepoin status temen sesaat atau baca-baca chat di grup sapa tau ada hal yang seru buat dighibahin pagi harinya. 

Disitu ada beberapa pesan yang belum terbaca di grup ‘Alumni LATSAR’, mereka lagi pada heboh ngomongin kalau hasil pre test PPG udah diumumin. Bagi yang belum tau, pre test PPG itu semacam test awal buat dapetin tiket ikutan kuliah Pendidikan Profesi Guru kalau lulus. Kuliahnya selama tiga bulan, dan kalau udah lulus PPG nanti bisa dapat tunjangan guru yang biasa disebut sertifikasi.


Dulu, waktu masih jadi guru wiyata bhakti saya pernah ikutan test ini, namanya masih UKG atau Uji Kompetensi Guru, yang nilainya memenuhi syarat nanti bakal dapat undangan PPG. Hasilnya? Tentu saja nilai saya nggak memenuhi syarat.


Lima tahun berlalu, saya udah jadi guru di sebuah SDIT. Saya kembali mendapat kesempatan setelah sekian lama menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja sebagai guru SD swasta. 


Setelah mencoba kembali mengerjakan soal-soal di depan layar komputer, sesuai dugaan, lagi-lagi saya nggak lulus. Sampai sini, saya udah ngerasa kalau otak saya kayaknya udah mentok. Bener-bener nggak bisa diandalkan.


Dua tahun setelahnya, di masa-masa pandemi, ada info terbaru kalau passing grade atau standar nilai pre test PPG bakalan diturunin, itu artinya bagi yang sebelumnya nggak lulus tes, nantinya bisa dapat kesempatan buat ‘tiba-tiba’ jadi lulus. 


Temen-temen saya di SDIT yang waktu itu udah lulus pre test duluan dan udah PPG duluan langsung ngabarin berita bahagia ini di grup. Mereka beramai-ramai mendukung saya untuk segera membuka akun belajar saya siapa tahu ada notifikasi kalau saya divonis lulus mendadak.


Saya justru bingung mau bales apaan, karena beberapa menit sebelumnya saya udah buka duluan akun belajar saya dan hasilnya nihil, nggak ada info yang ngasih tahu saya lulus PPG. Itu artinya, meskipun passing grade-nya udah diturunin, nilai saya masih terlalu menyedihkan. Disitu saya udah ngerasa bego banget jadi orang.


Gara-gara ini, saya sampai kepikiran mau daftar PPG secara mandiri, PPG yang kuliahnya bayar sendiri, nggak dibayarin sama pemerintah. Karena saya ngerasa, kok kayaknya susah banget sih buat lulus pre tesnya aja. 


Sampai pada beberapa bulan yang lalu, panggilan pre test untuk PPG datang kembali. Kali ini syaratnya mesti ngumpulin SK pertama ngajar waktu pertama jadi guru. Itu artinya, saya harus mencari SK pertama saya ngajar di SD negeri yang dulu, artinya lagi udah jelas SK mengajar saya hilang entah kemana. Oleh karena itu, saya harus ngetik sendiri SK, terus berkunjung ke kepala sekolah terdahulu buat minta tandatangan dan dilanjutkan dengan berkunjung ke SD saya yang dulu buat minta stempel.


Permasalahannya adalah SD saya yang dulu udah digabung sama SD sebelah, saya was-was kira-kira masih ada yang nyimpen peninggalan benda-benda SD saya yang dulu nggak, ya.


Beruntung, setelah saya duduk berdua di ruang tamu bersama guru senior sambil nyobain puluhan stempel di kertas kosong. AKhirnya stempel yang diharapkan ketemu juga, SK mengajar saya yang pertama kali jadi juga dan saya pun bisa nyoba lagi ikutan pre test PPG.


Berhubung lagi masa pandemi, pre test PPG kemarin diadakan secara daring. Setiap peserta tesnya pakai laptop masing-masing bebas mau di mana aja, yang penting koneksi internetnya stabil. Kalau ada yang kepikiran, wah enak dong bisa pakai contekan atau dibantuin orang lain. Sayangnya itu sulit.


Setiap peserta stand by di depan laptop masing-masing yang dipakai buat ngerjain soal pre test PPG dan HP peseta dipakai buat live zoom meeting yang kameranya menghadap ke peserta dan ada pengawas yang stand by ngawasin gerak gerik peserta selama tes.


Saya kebagian tes pas bulan puasa, tes mulai jam sembilan pagi, deg-degannya udah mulai dari sehabis sahur. Segala hal yang dipelajari, terasa simpang siur di dalam kepala. Entah nanti bisa diingat apa nggak. Satu-satunya cara yang bisa saya pakai, hanya pasrah. Berharap soal yang keluar nantinya nggak susah-susah amat. Ya, kalau bisa matematikanya juga dikit aja.


Pagi ini, disaat lagi baca chat di grup WA sambil proses loading ngumpulin nyawa. Nyawa saya mendadak jadi full 100% saat membaca pengumuman hasil pre test akademik PPG udah keluar.


Saya langsung buru-buru, buka laman ppg.kemdikbud dan setengah tutup mata ngeliat hasilnya. Setelah kedip-kedip beberapa kali untuk memastikan kalau saya nggak salah liat. Saya langsung mendesah alhamdulillah melihat nama lengkap saya bersanding dengan kata LULUS.


Sesuatu yang benar-benar saya harapkan akhirnya bisa tercapai juga, memang sih setelah ini masih ada perjalanan yang lebih berat lagi dengan ngejalanin kuliah PPG-nya selama tiga bulan yang konon katanya kalau dijalanin secara daring tugasnya sampai bikin lembur dan susah tidur. 


Tapi ya, bisa lulus aja udah alhamdulillah banget sih. Setidaknya untuk saat ini, saya mau bahagia dulu. Sesuatu yang saya kejar terus selama ini dan sempat gagal beberapa kali akhirnya bisa saya capai juga. Asli deh, untuk saat ini rasanya beneran lega banget. 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Sesusah itu ya lolos pre tes PPG, lebih susah dari tes CPNS atau setara? Hihi.
    Congrats mas, selamat menjalani menjadi status sebagai mahasiswa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin emang sayanya aja yang susah paham pas belajar hahaha
      siaap , makasih Mbaak

      Hapus
  2. Congratulations on your success! Your journey to pass the PPG pre-test despite various challenges and setbacks is truly inspiring. It's a testament to your determination and resilience. Your hard work and perseverance have paid off, and I'm glad to see you achieving your goals. Keep shining!

    BalasHapus
  3. It's truly inspiring to see your persistence and determination pay off in passing the PPG pre-test. Your journey reflects the idea that success often comes after facing numerous challenges. Congratulations on this well-deserved achievement!

    BalasHapus