Sebuah Langkah Praktis Mengubah Blog Sendiri jadi Aplikasi Smartphone

Kamis, Oktober 07, 2021


Waktu saya ikut latsar kemarin, intinya saya dan peserta lain diminta buat bikin sebuah proyek kegiatan selama sebulan di sekolah atau tempat kerja masing-masing. Setelah itu, sebulan kemudian, kegiatan yang sudah dilaksanakan diseminarkan biar bisa lulus latsar buat syarat menghilangkan C di depan PNS.

Awalnya saya sempet kepikiran pengin bikin aplikasi pembelajaran di smartphone, tapi kemudian saya sadar diri ketika kemampuan saya yang berhubungan dengan coding hampir mendekati nol, rasanya mustahil bisa beneran bikin aplikasi pembelajaran. Setelah iseng berkeliling di Google, nggak sengaja.. atau lebih tepatnya nggak nyangka banget saya ketemu sama website yang benar-benar sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran saya.

Ya, website ini bisa membuat berbagai macam aplikasi dengan instan, salah satunya adalah mengubah blog jadi sebuah aplikasi. Ya, semacam website berita online, yang kalau di-klik ikonnya di smartphone kita langsung dibawa ke halaman utama dan bisa mengakses segala isi yang ada di dalam web tersebut.

Dengan konsep seperti tadi, saya pun membuat blog yang berisi rangkuman materi pembelajaran, soal evaluasi via Google Form, juga menyediakan tempat untuk buku paket kurtilas versi e-book dan juga ada presensi siswa yang terhubung dengan akun Microsoft Office.

Setelah berhasil menerapkan semua itu di blog yang saya bikin khusus buat pembelajaran anak-anak di sekolah. Saya pun mencoba menerapkan buat blog sendiri, dan seperti yang sudah diduga.... berhasil.

Blog saya sekarang bisa diakses di smartphone sendiri dengan sekali klik. Walaupun ya... sebenarnya bisa juga diakses langsung di browser yang biasa kita pakai di smartphone sih 😄😄. 

Tapi kalau blog sendiri dijadikan aplikasi di smartphone lumayan sih bisa buat gaya-gayaan dan terkesan lebih keren pastinya. 😂

Mungkin diantara kalian justru udah pada tau dari dulu, atau mungkin saya yang kurang update ternyata blog bisa jadi aplikasi semudah itu. Ya gapapa lah, barangkali ada yang belum tau aja sih.. jadi saya bikin tulisan ini.

Nah, jadi di postingan kali ini, saya akan mencoba memberikan tutorial untuk membuat blog kita jadi aplikasi di smartphone. Btw, ini bukan postingan berbayar ya... ini murni sekedar berbagi aja buat masyarakat yang kemampuan mainin kode HTML-nya cemen banget kayak saya.

Caranya gampang banget kok. Ikutin aja seperti di bawah ini:

1. Buka laman www.appsgeyser.com

Setelah masuk ke laman ini, kita bisa langsung klik create app tanpa perlu log in terlebih dahulu. 


2. Klik ikon 'Website'

Ada dua opsi di samping kiri yaitu business dan individual, nah.. kita klik yang individual, lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Lalu, kita klik yang website.


3. Masukkan alamat blog yang mau kita jadikan aplikasi.

Setelah memasukkan alamat blog, jangan lupa klik 'save'. Setelah itu website ini akan memproses alamat blog yang kita masukkan untuk beberapa saat. 


4. Setting Sosial Media

Di sini kita akan ditunjukkan ikon-ikon sosial media yang familiar. Tapi berhubung di dalam blog saya udah ada link sosial media. Jadi, saya tidak perlu untuk menambahkan lagi. Saya pilih 'remove tab'. 


Untuk action bar, saya pilih No. Biar lebih praktis aja. Nggak ada tambahan apa-apa di dalam aplikasi nanti.

5. Tentukan nama aplikasi

Pada bagian ini, saya memilih 'EDOT' sebagai nama aplikasi yang nanti akan muncul di di bawah icon aplikasi di smartphone kita. Sengaja cuma pakai nama depan biar nggak terlalu panjang.


6. Pilih Ikon Aplikasi

Nah disini, buat kalian yang jago gambar atau jago desain. Bisa siapin dulu ikon aplikasinya mau bentuk kayak gimana. Kalau saya karena skill ngegambarnya sangat minim akhirnya cuma pakai wajah sendiri yang udah dibikin kartun. Sengaja nggak pakai foto asli, takutnya nanti malah bikin hari-hari saya jadi nggak mood tiap ngeliat wajah sendiri yang lebih mirip artefak kuno jadi icon aplikasi.


8. Klik Create

Setelah klik create, buat yang belum login. Kita bisa login di sini, nanti akan otomatis diarahkan di alamat email kita. Buat yang browser-nya udah terkoneksi sama alamat gmail, bisa langsung klik 'continue with google'.

9. Download App

Kalau udah sampai sini, itu artinya tinggal satu kali klik lagi blog kita udah sukses jadi sebuah aplikasi yang bisa di-install di smartphone sendiri. Tinggal klik 'download apk' maka aplikasi yang kita bikin udah jadi dan siap di-install selagi hangat.


Nah, gambar di bawah ini adalah tampilan icon blog saya yang udah diinstall di smartphone. Biasanya pas pertama buka aplikasi dan kalian mau balesin komentar akun Google-nya belum log in. Jadi nanti tinggal log in aja habis itu udah deh... aplikasinya bisa dibukan kapan aja. jadi lebih praktis ngecek komentar di postingan terbaru udah nambah apa belum. 😁


Cukup sekian postingan dari saya kali ini, meskipun mungkin tidak mencerahkan sama sekali, setidaknya tulisan ini bisa buat lemesin jari-jari yang sudah cukup lama nggak dipakai buat nulis. 😁

You Might Also Like

3 Komentar

  1. sudah saya coba, hahaa lucu juga ya ala-ala begitu. tapi untuk tampilan blog saya kurang cocok untuk lebar-lebarnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau setting lebar2 gitu saya kurang paham.. biasanya kalau tampilan mobile-nya oke berarti ga masalah 😁

      Hapus
  2. Elena Alvin is here and say, You can now easily generate an Android or iOS app for your Blogger Blog with Apply Pie's Blogger Blog app developer and make it available to your users right at their fingertips. And there is also I share something with you a Professional Best Realtor Eagle ID it gives the best Real State service.

    BalasHapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe