Ngintip Salah Satu Bab di Buku Diary Teacher Keder

Udah sekitar satu bulan buku Diary Teacher Keder terbit dan alhamdulillah respons dari pembaca semuanya positif. Iya, soalnya kebanyakan pembacanya temen-temen sendiri. Jadi kalau mau ngasih respon negatif (mungkin) nggak enak sama saya. 😂

Alhamdulillah juga beberapa temen blogger ada yang udah ngereview buku ini juga dengan sangat menyenangkan buat dibaca. Saya sampai pelan banget bacanya demi menikmati ulasan dan kesan dari mereka tentang buku Diary Teacher Keder.

Sejauh ini sih udah ada tiga temen blogger yang review buku ini (nanti bakalan diupdate kalau da yang review lagi, iya kalau ada sih 😁), kalian bisa baca-baca daftarnya di bawah ini. Barangkali penasaran sama reviewnya... walaupun ya sebagian besar pasti udah dibaca juga sih, karena mereka ini blogger-blogger papan atas yang circle-nya luas.



Nah.. buat kalian yang belum baca sama sekali buku ini, kali ini saya mau ngasih satu bab secara ‘sukarela’ buat dibaca. Uniknya, bab yang akan saya tampilkan ini adalah edisi bab yang belum tersentuh tangan editor, biar yang udah baca di buku ada sensasinya juga karena nggak sama persis dengan di buku. 

Jadi, buat yang udah baca bukunya, kalian bisa membaca lebih panjang lagi dan tentu saja lebih manggut-manggut karena di bab ini saya juga menampilkan foto pendukung, terus kalian juga bisa membandingkan hasil yang udah diedit sama yang belum (ini kalau kira-kira lagi kurang kerjaan aja, sih).

Kenapa di buku kok nggak ada fotonya? Pertama, karena emang foto ini diambil beberapa tahun yang lalu, jadi resolusinya masih seadanya. Kedua, dari Mbak Editor memang meminta kalau buku ini nggak perlu ada fotonya, soalnya menyangkut foto anak-anak 😁. Jadi, kalau di buku Diary Teacher Keder, saya harus mendeskripsikan foto yang ada dengan tulisan dan menghilangkan fotonya.

Nah.. ini salah satu bab yang menurut saya jadi favorit lucunya. Semoga kalian bisa menikmatinya, siapa tahu yang belum beli jadi penasaran karena baca bab yang satu ini. Walaupun ya, bisa juga yang niat mau beli nggak jadi beli karena baca bab ini.

Pokoknya nikmatin aja deh... selamat membaca~

👇👇👇


Belakangan ini, saya udah mulai terbiasa menjalani rutinitas sebagai guru SD. Meskipun cara mengajar saya layak dipertanyakan, niatnya mencerdaskan atau menjerumuskan. Tapi buat saya itu semua enggak jadi masalah, selama orang tua siswa di sekolah enggak mengajukan hak angketnya buat saya.

Selama setengah tahun lebih saya ngajar anak kelas 3 SD. Ternyata banyak hal-hal enggak terduga yang sering bikin saya ngakak tiba-tiba. Mulai dari omongannya yang kadang suka halu sampai jawaban mereka yang juga asal nyeplos tiap saya ngasih soal.

Iya, tiap saya ngasih soal, selalu saja ada sehelai dua helai siswa yang kalo ngisi lembar jawab suka ngasal dan sulit ditebak jawabannya mau mengarah kemana. Bahkan kadang bikin saya geleng-geleng kepala. Iya geleng-gelengin kepala, kepalanya kepala sekolah.

Dari sekian banyak jawaban yang berlalu lalang dalam karir saya sebagai guru SD. Jawaban-jawaban absurd mereka ada yang saya lewatkan begitu saja, juga ada beberapa yang sengaja saya foto. Bukan ingin mengekspos betapa enggak terduganya jawaban mereka. Tapi ini lebih kepada betapa polosnya jawaban mereka. Iya, jawaban-jawaban absurd dan enggak ketebak, yang menurut saya akhirnya terpikirkan oleh mereka karena mereka udah mentok enggak tahu mau jawab apa.

Nah, berikut ini ada beberapa jawaban dari anak-anak kelas tiga yang sempet saya abadikan lewat foto. Lihat deh...


Jadi ceritanya, ini soal yang saya kasih waktu pelajaran IPS. Soalnya simpel, ‘Bagaimana cara merawat atau memperlakukan lingkungan buatan?’. Sayangnya, anak yang satu ini salah persepsi. Entah kenapa jawabannya malah jadi kegunaan atau fungsi lingkungan buatan di sekitar kita.

Kerennya lagi, udah salah persepsi, tetep aja jawabnya salah.

Saya masih memikirkan bagaimana ceritanya darat, untuk memancing ikan. Niatnya saya nanti pengen open forum sama menteri kelautan dan perikanan untuk membahas persoalan yang pelik ini.

Selanjutnya, jawaban: Pantai, untuk adus. Saya emang udah pernah ngajarin makna ‘bhinneka tunggal ika’ sama anak-anak yang artinya, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Tapi bukan berarti, kalo lagi pelajaran IPS. Jawabannya boleh pake bahasa jawa.

Fyi, adus itu bahasa jawa yang artinya mandi.

Yang terakhir, sawah untuk menanam bunga. Ah... rasanya saya jadi pengen berlutut, memegang pundaknya, saya tatap matanya. Lalu bilang, “Nak.. petikkan Pak Guru bunga yang ada di sawah ya, satu saja, enggak pake kol.” sambil sayanya mengangguk pelan.


Materi IPA kelas tiga salah satunya materi tentang proses terjadinya hujan. Sebagai guru yang baik, saya pun menjelaskan proses terjadinya hujan dengan bantuan media pembelajaran yang baru aja dibeli sekolah pake duit BOS seharga 800 ribu rupiah.

Berulang-ulang saya menjelaskan secara lambat dan cepat, niatnya biar mereka bisa bener-bener paham. Kemudian, untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka akan materi yang baru saja saya sampaikan. Anak-anak saya suruh menuliskan kembali proses terjadinya hujan pakai bahasa mereka sendiri. Dan dari sekian banyak jawaban absurd yang enggak nyambung bahkan saya enggak paham apa yang mereka omongin. Ada satu jawaban yang menurut saya udah tepat. Tapi saya terharu dengan satu kata yang ditulisnya di akhir kalimat.

TAMAT.

Keren... siswa saya yang ini punya bakat jadi penulis. Saya bahkan enggak kepikiran untuk menjelaskan mereka perlu menuliskan kata tamat sebagai akhir dari tulisan mereka sendiri. Kelak, kalo mereka mau daftar BPJS, selesai ngisi formulir. Pasti juga bakal ditambahin kata TAMAT. Itu cerdas.

Karena jawabannya cukup sesuai dengan apa yang saya jelaskan, anak ini saya kasih nilai A. 


Selanjutnya UTS bahasa inggris kemarin. Emang sih bukan saya yang ngajar, karena bahasa inggris saya sendiri juga payah banget. Nah, kebetulan seminggu setelah UTS, guru bahasa inggrisnya ada acara, jadi enggak bisa masuk kelas. Akhirnya, saya yang gantiin dan nyuruh mereka ngerjain ulang soal UTS kemarin.

Dan saya dibuat tercengang sama jawaban anak-anak di romawi ke-III.

Ada soal: what are the meaning these words!

a. farmer
b. sailor
c. teacher       
                                                                                                                                
Setau saya sih mereka suruh nyebutin arti dari ketiga bahasa inggris di atas, dan herannya, ternyata ada siswa yang jawab cuma salah satu, ada yang jawabnya ‘C. Teacher’ , yang satu cuma ‘B’.

Waktu itu saya pengen berbisik lirih di telinga siswa saya, “Nak... ini bukan soal pilihan ganda. Kamu harus move on dari pilihan ganda nak. Move on, Nakmove on...”

Terus ada lagi siswa yang udah cukup paham dengan maksud soalnya, tapi malah jawabnya ngasal banget. Sailor dianggapnya ‘ketek’. Untung yang ngajar bukan saya, saya enggak bisa disalahkan untuk jawaban yang begitu sesat ini.


 Soalnya simpel, ‘Apa yang kamu lakukan jika tetanggamu ada yang meninggal?’

 
Jawaban di baris pertama udah bener, melayat dan didoakan bla.. bla.. bla, tapi karena terlalu kreatif atau mungkin suka berimprovisasi, anak yang satu ini jadi nambahin jawaban takbiratul ihram segala. Semaleman saya mikirin kejadian ini, mencari benang merah antara melayat tetangga yang meninggal dan takbiratul ihram. Saya gagal... mungkin siswa saya yang satu ini, pengen ikutan sholat jenazah sekalian. Saya mencoba positif thinking.


Ini waktu saya lagi ngajar mapel Bahasa Indonesia. Saya lagi ngajarin pokok bahasan membuat puisi. Di buku paketnya, ada perintah anak-anak suruh membuat puisi dari gambar yang ada di buku. Dan gambarnya waktu itu adalah pesawat.

Dan lihatlah, puisi yang dibuat siswa saya tentang pesawat.

Pesawat... kau dikagumi seluruh dunia
Tidak ada satu pun kekuranganmu

Saya gak nyangka, pesawat bisa sekeren ini.. sampai dikagumi seluruh dunia. Ini pesawat udah kayak One Direction aja. Sampai-sampai gak ada kekurangannya. Ah, pesawat... kamu bener-bener sempurna.

Bagaikan cinta  yang sudah menumpuk
Pesawat kau seperti keluargaku sendiri

Entah apa hubungannya antara cinta yang sudah menumpuk dengan anggapan seperti keluarganya sendiri. Tapi saya kagum, ternyata siswa saya ada yang mempunyai hubungan keluarga sama pesawat. Saya penasaran, pesawatnya udah didaftarin BPJS apa belum.

Pesawat kau selalu menemaniku saat sedih
Oh pesawat kau separuh hatiku

Saya jadi kepikiran sesekali pengin bikin siswa saya yang ini sedih. Saya pengin nunjukkin pesawat itu benda yang jujur apa enggak. Saya pengin liat pesawat yang dikagumi siswa saya bener-bener nemenin waktu sedih apa nggak. Jangan sampe kayak cowok-cowok di luar sana yang sukanya PHP doang.

Sebagai guru yang baik, saya enggak mau siswa saya di-PHP sama pesawat. Soalnya siswa saya udah menganggap pesawat sebagai separuh hatinya. Udah kayak Ariel Noah aja nih anak. Tapi lumayan sih, daripada siswa saya nganggep pesawat sebagai pujaan hatinya. Dia jadi kayak Andika eks Kangen Band. Sungguh tidak elit.

Oh pesawat bagaikan burungku yang terbang
Oh pesawat kau tidak akan kulupakan

Saya sih enggak tau burungnya siswa saya yang terbang kayak gimana. Pertama, karena siswa saya ini cewek. Jadi kalo burung yang dipake pipis, itu enggak mungkin. Kedua, ada banyak jenis burung di dunia ini. Kalo burungnya burung merpati atau burung elang sih fine-fine aja. Tapi kalo burungnya... ah entahlah, saya jadi lelah memikirkannya~

Terus, udah gitu enggak bakal dilupakan. Kayaknya berkesan banget tuh burung. Sumpah, saya penasaran burungnya kayak gimana bentuknya!

Oh pesawat kau belahan jiwaku
Pesawat kau tidak akan mengotori udara

Syukurlah, anak ini menuliskan belahan jiwa. Bukan pujaan hati seperti yang saya khawatirkan. Dan saya juga bersyukur pesawatnya enggak akan mengotori udara. Semoga memang sudah teruji secara klinis di NTT dan NTB.


Yang terakhir ini, sampai sekarang masih menjadi misteri. Gue berencana membawa jawaban siswa saya yang satu ini ke badan antariksa dunia atau ke sejarawan terkemuka. Gara-gara baca jawaban ini, saya merasa perlu belajar dan belajar lagi. karena masih banyak hal yang belum saya tau di dunia ini. Salah satunya jawaban dari siswa gue yang ini.
 💭💭

Dunia anak-anak memang penuh misteri. jalan pikirannya bener-bener susah ditebak. Entah apa yang ada di pikiran mereka ketika mereka menuliskan jawaban-jawaban absurd ini. Ya, sebagai guru SD yang biasa nonton BoBoiBoy, sudah seharusnya saya harus memaklumi jawaban mereka yang nyeleneh. Karena dari jawaban tak terduga mereka, kadang hal ini bisa jadi hiburan tersendiri buat saya.

👦👦

Nah, itu tadi adalah salah satu bab di buku saya Diary Teacher Keder. Selanjutnya, saya kasih bonus dokumentasi waktu saya lagi mau ngajak anak-anak creambath berjamaah pakai peditox. Kalau yang ini ada ceritanya juga di buku saya, kalau penasaran gimana serunya saya berbagi creambath. Kalian (masih) bisa beli buku Diary Teacher Keder di marketplace, tinggal search aja judul bukunya di Tokopedia, Shopee atau Bukalapak.


Posting Komentar

9 Komentar

  1. Wkwkwkwk jawaban "ketek" itu paling juara sih Kak 😭😭😭 aku ngakak dong pas baca bagian itu. Kayaknya anak ini frustasi banget pas jawab 😂😂😂 wkwkwkwk.
    Terus mau komentar sama foto anak-anaknya, itu sticker sensornya kocak banget sih!! 🤣. Kisah creambath ini salah satu cerita epic juga dari buku Diary Teacher Keder ini wkwkwk kepikiran aja dong ajak anak-anak creambath bareng 😭😭

    Pokoknya yang belum punya bukunya, harus segera beli! Nggak nyesel pokoknya! Wkwk

    BalasHapus
  2. Ngintip Salah Satu Bab di Buku Diary Teacher Keder is very exciting and interesting post for all but there are also some other activity for owning it is to get the most fantastic sedan cars for sale in Karachi because they are giving you the new experiences of driving and options to drive the latest features of it.

    BalasHapus
  3. Gemes banget yaa anak-anak SD ini ya ampuunn. Ada yang nulis tamat segala di akhir jawaban, bertanya-tanya apakah tontonan jaman sekarang selalu ada tulisan 'tamat' pas udah selesai kayak pas dulu nonton telenovela wqwq. Terus pesawat yang seperti keluarga sendiri ya Allaaah deekk ngakak banget deeekkkk gemessss. Titip salam buat adek adek di sekolah ya Mas Edot.

    BalasHapus
  4. Iya nih Lia,mbak thesa, mbak Fanny udah baca. Mbak Nita juga.
    Aku aja belum beli. Ketinggalan banget
    Masuk list nih, lumayan kalau ada cerita yang menghibur kayak gini

    Baidewei mas edotz, aku susah banget ya akses ke blognya kali dari laptopku. Hiks

    BalasHapus
  5. Saya juga guru, tapi guru SMA, bukan guru SD. Pas baca lembaran jawaban anak-anak, yang saya pikirkan buka betapa absurd nya jawaban mereka, tapi betapa payahnya kemampuan membaca saya. Hiks.

    BalasHapus
  6. Sama kayak Bu guru Nisa, aku juga tidak bisa membaca semua tulisan anak-anak itu karena kemampuan membacaku masih payah.😂

    Anak SD jaman sekarang memang jawabannya keren plus absurd ya pak, ada yang pakai kata tamat segala, udah kayak nulis cerpen saja.😄

    BalasHapus
  7. Hahaha bener2 kocak pak guru ini, kayanya para murid betah di kelas nih 😁😁 saya juga guru SD mengalami hal2 kocak kaya pak Guru sayangnya tidak saya dokumentasikan karena belum berkenalan dengan blog 😁😁😁

    BalasHapus
  8. Ini salah satu bab favorit aku mas edot 😂😂 Ngakak banget baca bagian ini.
    Trus pas main ke sini, ternyata sekalian liat tulisan2 anak2nya. Jd ngakak lg deh 🤣 makasi buat hiburannya mas edot. Hehehe..

    BalasHapus
  9. KOK ISA SAMPE KERAMAS BERJAMAAH? 😂 ya gusti!!!

    ini jawaban2 ajaib banget ya tuhan 😂😂😂 aku gak isa 😂😂😂

    makasih lho mas, aku down banget berminggu2 ini, baca ini langsung ngakak sampe nangis 😂😂😂😂

    BalasHapus