Novel Surat dari Kematian - Memang Pantas jadi Horror #1 di Wattpad

Senin, Juni 28, 2021

Saya dapat buku Surat dari Kematian ini sebenernya udah lumayan lama. Kalau nggak salah sih, waktu jamannya Shopee 12.12, disitu saya kalap... moodnya lagi kepengen banget baca novel horror. Makanya saya khilaf beli banyak novel genre horror, salah satunya buku ini.

Pas bukunya datang, saya memang langsung larut dalam tumpukan buku-buku yang saya beli. Sayangnya, selang beberapa hari kemudian, mood saya berubah, jadi lebih khusyu' rebahan. Mendadak jadi nggak pengen baca novel horror, akhirnya beberapa buku masih numpuk antri minta dibaca. Ya... begitulah, numpuk buku yang entah kapan dibaca memang sudah menjadi jalan ninja saya.

Nah.. waktu pertama menyentuh novel Surat dari Kematian ini saya tuh sempet males. Karena bukunya lumayan tebal, sekitar 300-an halaman, udah gitu font-nya juga kecil-kecil, saya mikirnya ini buku sebenarnya jumlah halamannya pasti lebih tebal dari ini kalau ukuran font-nya dibikin ‘lebih normal’.

Karena waktu itu masih lumayan ada kesibukan dan susah nyari waktu yang ‘nyaman’ buat baca, saya sengaja pending dulu buku ini meskipun harusnya saya penasaran karena di kaver depan ada stempel novel horror #1 on wattpad.

Berhubung sekarang lagi suasana libur, meskipun ya... masih ada beberapa serpihan kesibukan seperti daftarin anak-anak ke SMP, ngurusin berkas buat persiapan Latsar dan ngitungin jumlah mobil ambulance yang lewat jalan deket rumah, tapi alhamdulillah saya masih banyak waktu luang buat baca buku ini.

Waktu baca-baca halaman awal saya sempat ragu mau lanjut atau nggak, ceritanya tentang dua mahasiswa yang ceritanya mau bikin konten Youtube tentang mitos-mitos di sekitar kampus UGM, Yogyakarta. Beruntung saya coba bertahan untuk beberapa halaman selanjutnya dan akhirnya saya jadi terbawa sama ceritanya. Saking bagusnya, seharian saya betah baca novel yang lumayan tebal ini sampai selesai.

Langsung aja deh bahas bukunya, begini blurb-nya:

UGM punya banyak lokasi angker. Ada jembatan Perawan yang ditunggui hantu Mbak Rohana. Kampus FEB dihuni Mbak Yayuk, mahasiswi yang jadi hantu gentayangan karena skripsinya tidak kelar-kelar. Ada juga larangan menyanyikan lagu Gugur Bunga di bundaran FT malam-malam kalau tidak mau mendengar suara misterius atau dihampiri sosok mengerikan. Dan masih banyak tempat lainnya.... Semua tempat itu diliput oleh channel YouTube Kinan & Zein Lit AF (Liputan Alam Fana).

Target Kinan dan Zein selanjutnya adalah Gama Plaza, gedung terbengkalai yang semakin lama semakin angker. Dua tahun lalu seseorang bunuh diri di lantai empat. Konon ia mati akibat stres kebanyakan tugas kuliah. Kinan sangat bersemangat untuk menginvestigasi lokasi tersebut. Dia ingin membuktikan keberadaan hantu di sana! Apalagi banyak kejadian-kejadian ganjil terkait gedung itu.

Gama Plaza tidak hanya menyeramkan, tetapi juga menyimpan petaka. Saat seorang mahasiswa FEB hilang setelah menerima surat dari orang yang telah mati bunuh diri tersebut, Kinan dan Zein sadar bahwa mereka  bukan sedang menghadapi kisah hantu belaka. Mereka telah membangkitkan arwah penuh dendam. Akibatnya, mereka harus menerima konsekuensi yang membahayakan jiwa banyak orang.

***

"One of the best horror novels Ive ever read! Jangan ngaku pecinta horor kalau belum baca Surat dari Kematian!"

Afitri Septina (septinawijaya), pembaca & penulis Wattpad

"Latar cerita dan hantu di novel ini nyata! Itulah yang membuat cerita ini magis banget! Siap-siap, deh, dibikin merinding dan merasa diawasi! Berani baca?"

Fisilver, pembaca Wattpad

IDENTITAS BUKU

JuduL : Surat Dari Kematian

PenuliS : Adham T .Fusama

No. ISBN : 9786026714404

Penerbit : Falcon Publishing 

Tanggal terbit : November - 2018

Jumlah Halaman : 388

 💭💭

Surat dari Kematian ini nyeritain tentang dua mahasiswa bernama Zein dengan kelebihan memiliki indra keenam dan Kinan yang nggak percaya sama hal-hal mistis dan penampakan. Dua orang yang berbeda pandangan ini bekerjasama membuat konten Youtube tentang daerah angker di sekitar kampus mereka, UGM. 

Mereka berdua sering sekali berdebat tentang penampakan. Misal Zein, yang nunjukin kalau di video rekamannya ada bayangan tanda kemunculan makhluk halus, sementara Kinan nggak percaya dan bilang kalau itu mungkin bayangan biasa.

Kemudian, kampus FEB dihebohkan oleh hilangnya mahasiswa bernama Reno. Anehnya Reno ini seolah-olah menghilang begitu saja tanpa jejak dari dalam kamar kosnya. Nggak ada barangnya yang hilang sama sekali, bahkan HP dan uangnya masih ada. Lebih ajaibnya lagi kunci kamar Reno juga masih ada di dalam kamar. 

Setelah diusut, ternyata sebelumnya Reno pernah mendapat surat misterius yang isinya Reno harus melakukan sesuatu, kalau tidak Reno akan mati. Dan Reno tidak memedulikan itu, hingga akhirnya Reno hilang secara misterius.

Disaat Kinan sedang mengendarai motornya ke arah Malioboro, Kinan melihat ada keributan di jalan, seperti ada orang gila yang teriak-teriak tanpa pakaian. Kinan yang penasaran, mencoba mendekat dan ternyata itu adalah Pasha, salah satu mahasiswa FEB UGM juga.

Kinan pun mengatakan pada orang-orang kalau Pasha adalah temannya agar situasi terkendali. Setelah dijelaskan Pasha mengapa Pasha sampai nekat melakukan itu, Kinan dan pasha segera ke kantor polisi untuk melaporkan adanya surat misterius yang berupa ancaman agar Pasha mau melakukan tarian bugil di jalan, kalau tidak dia akan mati.

Jadi, setelah Reno, sekarang Pasha yang dikirimi surat dari pengirim yang sama dengan inisial 'Die'. Setelah Kinan dan Zein mengamati, mereka curiga jangan-jangan surat ini dikirim oleh (arwah) Darius, mahasiswa yang pernah mati gantung diri di Gama Plaza dua tahun yang lalu.

Darius sendiri adalah mahasiswa lugu yang kegiatannya lebih fokus ngerjain tugas-tugas kuliah dan jarang nongkrong, makanya Darius hanya punya sedikit teman dan juga Darius ini tipe yang lebih suka pulang langsung ke kontrakannya setiap selesai kuliah.  

Merasa tertarik dengan keanehan kasus ini. Kinan yang juga anggota pers balairung di kampusnya, menggunakan kartu persnya untuk mulai mencari tahu fakta-fakta dan hubungan Darius dengan Reno dan Pasha. Ternyata, ada satu lagi teman Reno dan Pasha yang bernama Joe yang juga akhirnya mendapat surat misterius itu.

Penyelidikan Kinan dan Zein sering dicampuri dengan debat. Karena Zein yakin surat itu bisa saja kutukan dari Darius yang mati membawa dendam, sedangkan Kinan yakin kalau ini adalah pembunuhan terencana karena setan nggak mungkin bisa menulis surat bahkan sampai membunuh orang.

Kegigihan Kinan mencari informasi mulai dari teman Darius, ibu kosnya Reno, teman-teman kosnya Reno dan Joe juga ternyata lumayan memberikan hasil. Sampai pada akhirnya, Kinan mulai putus asa karena ada sesuatu yang terjadi pada Joe.

Sedangkan Zein, tetap membantu Kinan dengan caranya sendiri. Yaitu mencoba berkomunikasi dengan arwah Darius. Maka dari itu, Zein sengaja pergi sendirian ke lantai empat gedung Gama Plaza tempat Darius gantung diri.

Lalu, gimana endingnya? Apakah pelakunya adalah manusia seperti yang Kinan pikirkan? Atau memang arwah Darius seperti tebakannya Zein?

Novel ini memiliki alur maju mundur. Setiap ganti bab, ceritanya bisa langsung ganti ke setting Darius waktu awal masuk kuliah, balik ke ceritanya Kinan, balik lagi ke kisah Darius kenalan sama cewek cantik bernama Renata, balik lagi ke penyelidikan Zein dan Kinan. Begitu seterusnya.

Novel ini juga sempat viral karena menggunakan setting tempat asli di kampusdan juga mitos hantu asli yang ada di sekitaran UGM.

Walaupun tebal, buku ini punya banyak sekali bab-bab pendek yang menurut saya justru bagus, jadi nggak terlalu melelahkan bacanya. Bahkan saya sangat menikmatinya sampai nggak terasa tahu-tahu udah mau habis aja halamannya. Cara penulis menyusun plot dan setting ceritanya juga benar-benar rapi. Walaupun alurnya maju mundur, tapi memang itulah kunci dari premis buku ini, yang nantinya akan menjadi benang merah dan dengan sangat rapi menghubungkan segala persoalan yang terjadi dari awal.

Kalau dicermati, sebenarnya penulis juga sudah memberikan petunjuk pada para pembaca untuk ikut menebak pelakunya, dan sayangnya... saya kegocek. Beneran dibikin kaget waktu disebutin ternyata pelakunya adalah orang atau hantu yang nggak disangka-sangka.


Saya rasa embel-embel Horror #1 On Wattpad yang disematkan pada novel ini memang tepat sekali. Benar-benar buku yang cerdas. Dengan perjalanan dua karakter berbeda pandangan, satu percaya hantu, satunya lagi nggak percaya hantu. Mereka berdua berusaha menyelesaikan misteri apa hubungan antara Darius dan Reno, Joe dan Pasha yang membuat mereka bertiga mendapat kiriman surat misterius. 

You Might Also Like

4 Komentar

  1. Selamat pagi, Pak Edot. Wah punya waktu banyak untuk baca buku nih. Urusan nilai dan rapor anaj2udah tuntas tentunya. Membaca paparan ini saya rasa sudah lengkap. gak perlu lagi baca versi aslinya. Selamat pagi. Salam sehat buat keluarga di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi Bu Nur .. alhamdulillah sekarang udah mulai banyak waktu luang buat baca buku hehe
      Siaap Bu Nur, semoga keluarga sehat selalu juga yaa..

      Hapus
  2. Aku harus beliii buku ini :D! Jujurnya jarang banget ada buku horor yg bwner2 bikin aku keinget mas. Malah dipikir2 kok kayaknya semua horor yg aku baca ga ada yg berkesan. Makanya kalo temen ada yg rekomendasiin, aku slalu pengen baca juga.

    Padahal sbnrnya aku penakut, cm malah suka baca yg begini :p.

    Kalo utk halaman 388, justru aku seneng nih. Aku tipe yg suka buku2 tebel. Semakin tebel bukunya, aku semakin suka, Krn berarti alur ceritanya detil dan jelas. Mostly kan gitu :D. Dan bisa lebih lama selesai, apalagi kalo bukunya seru, serasa pengen ga brenti hihihi.. ntr cari juga ah buku ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah standar novel horornya tinggi nih Mbak Fanny :-D
      Tapi emang saya juga suka was-was kalau baca noovel horror seringnya nggak sesuai sama ekspektasi

      Berarti buku ini cocok banget nih Mbak buat Mbak Fanny, eh tapi kadang masalah selera aja sih :-D

      Hapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe