Ngomongin Semangat Nulis

Ngomongin semangat nulis, akhir-akhir ini gue bener-bener ngerasa kering inspirasi. Kalau dulu, ngeliat sesuatu yang nggak sreg aja bisa langsung gue jadiin tulisan. Sekarang, gue nggak lagi bisa segampang dulu nulisnya. Gue kalah sama orang-orang di facebook yang ngeliat berita dengan judul provokasi bisa langsung nulis komentar kegelisahannya panjang lebar dengan entengnya.

Dulu gue banyak menemui kegelisahan yang bisa gue jadiin tulisan. Sekarang kayaknya satu-satunya kegelisahan gue adalah gue enggak bisa menemukan kegelisahan lain yang bisa gue tuliskan secara ‘lepas’ kayak dulu.

Mungkin faktor pergaulan juga kali ya, yang bikin kegelisahan gue mulai ilang. Dulu, waktu kuliah gue ketemu dengan temen-temen gue yang kelakuannya absurd, yang bisa gue jadiin tulisan kapan aja. Gue juga banyak menemukan kegelisahan gue sebagai mahasiswa. Seperti tulisan-tulisan gue di buku Cancut Marut.

Sekarang, gue mencoba perlahan mengubah kegelisahan gue dari mahasiswa ke guru. Karena gue sekarang udah jadi guru SD yang enggak bersahaja, gue pengen nyeritain keresahan gue jadi guru. Bisa sih, tapi rasanya kok beda, gue belum bisa nulis seasik dulu.

Sebenarnya aneh aja sih, kalau gue ngerasa cemas dengan konsistensi gue menulis di blog. Dulu, minimal tiga postingan tiap bulan bisa gue bikin. Bahkan seringnya empat postingan tiap bulan. Gue sih sengaja, nggak bikin postingan banyak-banyak tiap bulan biar tulisan gue ada jeda. Jadi kesempatan tulisan paling atas gue lebih banyak dibaca makin besar dari orang-orang yang blogwalking ke blog gue.

Sebenarnya masalah nulis, sampai saat ini gue udah nyelesein dua naskah yang antri buat gue perjuangin masuk penerbit. Gue masih ngerasa cukup produktif. Tapi kalau mesti nulis di blog, ajib... ide-ide di otak gue pada menolak mendekat. 

Mungkin sekarang gue terlalu masa bodo dengan hal-hal yang ada di sekitar gue. Pola pikir mahasiswa sama orang yang udah menua dengan baik emang beda banget. Gue lebih fokus buat nyari duit setelah ngajar di sekolah daripada mesti nyari ide tulisan di blog.

Ya, bagaimanapun keadaannya. Gue enggak boleh nyalahin keadaan sih ya. Yang jelas jangan sampai gue jadi kayak Arief Muhammad (@poconggg) yang setelah terlena dengan kesibukannya jadi enggak mikirin nulis sama sekali. Update postingan di blog cuma judul aja. Ngetwitnya jadi jarang-jarang, sekalinya ngetwit cuma buat promosi. Ah... padahal tulisan Arief asik banget buat dinikmatin, bahkan dulu setelah baca buku Poconggg Juga Pocong gue jadi nggak sabar nunggu buku keduanya terbit. Ternyata... justru sampai sekarang buku itu nggak pernah nongol.

Ya moga aja walaupun gue lagi sibuk nyari duit, sibuk nulis di tempat lain. Gue bisa tetep ngasih tulisan-tulisan nggak mutu gue di blog ini, walaupun udah nggak bisa sesering dulu. Sayang kan, sama domain yang enggak gratis ini kalau mesti dibiarin gitu aja.

32 Upil

Yaa gitu, semangat ada pasang surutnya. yang penting jangan berhenti menulis aja bang :D

Reply

Nulis itu kayak hidup bang, ada pasang surutnya, tinggal gimana cara kita buat bertahan. Elah, sok bijak kan. :v

Reply

Bener banget bang, gue ngerti rasanya jadi elo. Sejak udah kerja, dgn lingkungan yg baru dan lebih serius, gue gak menemukan keasikan pas jd mahasiswa dlu. Sekrang rasanya udh beda, trlepas dari nulis atau engga, pandangan hidup jd lebih kaku aja. Mikirin kerjaan dan duit.

Reply

masih ada dua naskah yang lagi diperjuangin. mantap bang edotz

umur kadang yaa.. begitulah bang. gua juga ngalamin. pas kuliah mah kayaknya apa aja enak buat dijadiin tulisan ya. hhh~

Reply

Siip.. gak bakalan berhenti nulis ah pokoknya~

Reply

Iya, emang.. kalo sayang ya, pasti bakalan balik lagi~

Reply

Udah dua naskah. Kalau tenbus semua jadinya 4 buku. *prokprokprpok* tularkan ide dan ketidakmalasanmu mz :(

Tul bgt tuh poconggg. Tp yo posting judul tok sing komen yo akeh...

Sayang bgt mz kalau dianggurin. Aku ae sing pengin domain gratis ra klakon2. Postingane gak usah dawa2 mz, nek kering inspirasi.

Semangat cari duit...yooossss

Reply

aku kirim naskah gak ada kabar dari penerbit, jadi sama gak semangat buat nulis, malah main game coc haha

Reply

sama mas akhir2 ini jadi malas nulis di blog.. Inspirasinya ketutup sama tugas kampus. giliran ngak ada tugas inspirasinya zonk! Miris~

dianexploredaily.blospot.com

Reply

Iye ya Ri, apalagi jadi anak cowok .. ya emang usia segini paling fokus nyari duit dulu. Ketemunya kebanyakan sama orang2 yang serius juga.

Kecuali emang mereka yang kerjanya di bidang kreatif.

Reply

Iya, tapi masih perlu diperjuangin biar masuk penerbit dulu.

Tulisan lo juga makin kesini jadi makin serius ngomongin hidup ya ... tapi ya tetep aja asik dibacanya :D

Reply

Iya, semoga tembus kabeh Tom.. :D

Lah kui, mereka yang komene sebenere yow kangen karo tulisane poconggg

Siiipppp TOm~

Reply

haha gue juga pernah tuh nggak dapet kabar sama sekali ...
tapi nggak nyerah kirim ke penerbit lain

Reply

Nah kadang juga gitu, lagi banyak waktu nyantai... eh nggak ada inspirasi -_-

Reply

Kalo gue bukannya kering inspirasi. Banyak ide, tapi saking banyaknya bingung mau nulis apaan -__-
Masih tetep keren dan produktif lah, bisa buat 2 naskah gitu.. Semoga cepet terbit yaak.
Domain berbayar bisa jadi motivasi buat terus ngisi blog ya wkwk.

Reply

yeah.... itu memang true story banget. dulu waktu lagi semangat nulis, ketemu sesuatu yang kayak sreg dikiiiiit aja, langsung jadi tulisan. kalau lagi males nulis, ya ide dan semangat ogah-ogahan. malah stress ndiri. hmm... poconggg dijadikan patokan nih? dia sih salah satu yang menginspirasi gue... tapi memang bener, semenjak identitasnya ketahuan sama semenjak bukunya laris, dia jadi jarang nulis blog. cuma nulis judul doang... tapi yang komen juga lumayan banyak sih. mungkin dia mau menjaga alexa rank nya biar gak anjlok2 amat. sekarang dia sibuk jadi yutuber tuh kan ya....

Reply

Hmm... berarti kalo udah kerja susah buat nulis blog lagi ya, karena konsentrasinya udah kebelah jadi dua... kalo lagi kering inspirasi mending coba refreshing aja masbro... hehe, semoga membantu...

Reply

Wih 2 naskah itu termasuk produktif untuk ukuran penulis, masa buat naskah aja bisa buat tulisan blog aja gak bisa. Lalu digampar bang edotz

Semangat nulis aku juga mulai kendor nih, cuma kalau ada ide sebisa mungkin cepet-cepet nulis di blog, minimal judulnya aja biar gak lupa. Kalau ada waktu baru dilanjutin lagi, kalo lupa ya dihapus, haha

Semoga naskahnya tembus ya..

Reply

saya juga lagi seret ide mas
ini aja cuma ngandelin riddle buat update blog


kalau ide lain entah kenapa malah jadi susah banget buat nulis
ya walau masih bisa mikir sih buat FF dan cerpen tapi ya itu entah kenapa susah banget buat nulis sekarang

Reply

Bang edotz tetap semangat yaa, walau halangan rintangan membentang, dengan kekuatan hati dan jiwa pasti bisa dilewati.. emang faktor usia *maap yaa* sangat berpengaruh buat intensitas update blog, apalagi udah kerja, jadi guru lagi malah sering kali mikir buat bahan ngajar. tapi dengan 2 naskah membuktikan kalo bang edotz masih produktif. sekedar saran ajah sih bisa di update soal pengalaman ngajarnya itu !! pasti seru ketemu adek-adek kecil yang unyu.. Ganbatte bang..

Reply

Ehm, bg edotz akhirnya mengutarakan apa yang terjadi dalam dirinya.

Jujur, setelah elu jadi guru bang, blog mulai kelihatan jarang diupdate. Tapi, meskipun bagaimana yang akan terjadi nanti, bg Edotz pasti bisa menaati kosisten dalam hati.

Jadi diri sendiri aja bg, mau gimanapun, asal udh konsisten sama diri sendiri, gue yakin elu bisa bg.

Reply

Tentang konsistensi yang mulai berkurang yah... Gue juga pernah mikir, kalo gue udaah lulus sekolah apakah masih ada bahan buat tulisan yah..??

Mungkin bang edotz karena pengaruh kerjaan jadi, inspirasinya jadi kering buat nulis di blog. Semoga bisa nulis rutin lagi deh... hhhaa

Reply

Hmm.. Ternyata stlah lulus kuliah pemikiran jd lebih dewasa ya.. Udh gak bsa bnyak nyantai2 lg, terutama laki sih, krna hrs nyari duit buat keluarga nanti. Hehe..

Ehh.. Diapdet blognya emg sngaja jarang2 biar bnyak yg bw ke postingan itu? Haha, boleh jg sih.. Tp.... Kalo kelamaan gak ngapdet blog apalagi sengaja gtu malah ga enak, tangan gatel pgn ngetik... Haha.

Iyatuh, syang bgt poconggg udh jrang ngapdet blog sm twitternya lg smnjak dia sibuk prgi ksana-ksini dan bnyak fansnya. Huuft-_- pdhal emg iya sih tweet & blognya asik bgt. Sangat disayangkan skali..
Btw, udh bkin naskah lg aja, yg lelaki gagal gaul aja blm aku beli._. mantep banget:( Smga tembus naskahnya bang! Ya, mdah2an blog inj jg msh ttep konsisten diapdet biarpun jrang2. Kan sayang jg kalo ditelantarin.. Hehe

Reply

hahahaha gue merasakan hal yang sama dah... dan sempat berpikir juga ini dikarenakan umur yang menua, jadi pola pikir juga udah beda, lingkungan jg udah beda. Gue jadi byk pertimbangan kalau mau nulis sesuatu di blogspot gue yang isinya absurd itu, dulu hidup gue byk hal absurd dan menarik yang bisa dijadiin bahan nulis, entah mengapa gue merasa beda sama skrg. Sesekali berpikir mau nulis lepas sesuai cara pikir dan nulis gue sekarang di blogspot, tapi merasa gak pas buat dipost di situ. Akhirnya tulisan-tulisan itu gue post di tumblr, dan blogspotnya dibiarin kosong :))

Reply

Faktor lingkungan ya dot, haha gue juga pengen nulis yang ngomongin skripsi dan sejenisnya udah bukan mahasiswa lagi, kadang gue pikir ide nulis jadi berkurang, padahal justru sebaliknya gue harus mulai masuk ke topik-topik yang lebih luas. Lu yang sekarang jadi guru bisa ngomongin pendidikan, bisa ngomong kebijakan - kebijakan pemerintah yang langsung berpengaruh ke lu sendiri tapi dengan bahasa sendiri, gak serius dan masih lucu. :D

Reply

Hmm... sama nih pak guru, kering inspirasi juga gue dan bener faktor pergaulan. Bener banget itu.

Btw, gue selalu suka sama tulisan lo dotz, ringan untuk diterima.
Thanks :)

Reply

Nulis itu ada titik jenuh bang... Maklumin aja laah.. Bawa santai.. Dan lakuin ini seperti layaknya dulu aseekk

Reply

Nulis itu ada titik jenuh bang... Maklumin aja laah.. Bawa santai.. Dan lakuin ini seperti layaknya dulu aseekk

Reply

Artikel yang menarik, kunjungi balik blog kami ya :)

http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

Reply

Post a Comment