Ketika Gue Ngajar

10/18/2012 10:50:00 am

Bentar lagi masa-masa PPL gue selesai. Entah gue harus bilang seneng ato sedih. Rasanya campur aduk. Seneng karena gue gak perlu bangun jam lima pagi buat antri mandi, bikin RPP dan media pembelajaran tiap malem. Sedih karena gue harus pisah sama siswa gue yang unyu-unyu tapi pada kutuan rambutnya. Sedih juga, udah gak bisa liat pantat mereka yang bikin ngiler. #eh...

Sebenernya gue agak-agak males nulis di blog. Bukan karena tulisan gue jelek, tapi ini karena muka gue yang gak ganteng. #eh... gak kok..enggak. Gue udah biasa masalah yang itu. Gue cuma belom mood aja. Nulis kan kadang gak bisa dipaksain, walopun kalo udah dikasih deadline, pada akhirnya bisa juga dipaksa. Ini kan gak ada deadline jadi gue santai.

Mmm... daripada gue semakin nulis gak jelas. Gue mau share aja beberapa foto gue selama PPL. Foto gue ngajar di kelas 3A yang nantinya gue ceritain di buku gue dengan judul "GUE GURU GAUL". Kalo di pilem-pilem ada istilah "behind the scene". Mungkin kalo yang ini "behind the writing". Gak tau bener apa enggak bahasa inggrisnya. Gue cuek aja, namanya juga gak mutu.

Langsung aja deh :


Gue ngajar pake model pembelajaran Picture and picture, pake gambar terus kasih liat gambar lainnya lagi begitu seterusnya, biar siswanya pada seneng, ini juga sebagai trik untuk mengalihkan perhatian siswa dari muka gue ke gambar yang gue bawa.

Sesudah ngasih penjelasan, gue bagi anak-anak jadi beberapa kelompok. Mereka gue suruh baris sesuai nomer yang mereka dapet. Ini cukup mengkhawatirkan sebenernya, anak kelas tiga disuruh diskusi, tapi gue nekat.
 Yang ini, gue lagi ngejelasin instruksi buat ngerjain lembar kerja diskusinya.


 Anak-anak udah pada mulai ngerjain tugas kelompoknya, ternyata anak kelas tiga udah pada bisa diskusi... gue pun mulai tenang dan bisa ngupil bentar.



Gue pura-pura ngasih bimbingan ke anak-anak, ngebimbing buat diskusi. Itu sebenernya gue hanya pura-pura sok paham. Kenyataan sebenernya, gue yang diajarin sama mereka.


Diskusi udah selese, sekarang waktunya penilaian individu. Anak-anaknya pada anteng. Gue janjiin, stiker bintang soalnya buat yang selese ngerjain duluan dan bener semua.


Mereka pada cepet-cepetan ngumpulin jawaban mereka, biar bisa dapet stiker. Padahal stikernya sih biasa-biasa aja, cuma gue kasih double tip belakangnya...

Yang terakhir ini, setelah gue ngajar...
Mereka pada nyusul gue ke kantor dan minta tanda tangan ke gue, serius ...
Gue berasa jadi kaya lurah aja sering dimintain tanda tangan, gak dink .. lebih berasa kaya artis aja. Artis yang memaksakan diri buat gaul.
Ini fenomena yang lebih langka daripada ada anak bisa menirukan suara kambing ditengah malam..

Untuk diperhatikan :
Papan tulis dari awal sampe akhir, masih tetep kosong, coba deh liat potonya. Modus gue berhasil. Gue sama sekali gak nulis di papan tulis. Gara-gara tulisan gue yang enggak gaul. Gue bisa mengalihkan perhatian anak dan tetep mensterilkan papan tulis biar keliatan bersih.

Thanks buat guru kelas tiga yang udah mau gue repotin buat poto-poto selama gue ngajar. Keliatannya kok gue berani banget yah nyuruh-nyuruh guru kelas. Gue bukan nyuruh, cuma minta tolong aja. Lagian guru kelasnya kan mahasiswa transfer di kampus gue. Jadi gue bisa santai. Thanks Bu Lusi, Hehe ...

You Might Also Like

92 Upil

  1. Cieh Cieh..Cara ngajarnya bagus sob,, kalu gitu murid akan langsung bisa lihat apa yang Lu ajarkan, , kalu gue lihat foto-foto Lu kayaknya asyik, mudah-mudahan ini menjadi bekal bagus buat karirmu kelak. .owh ya kayaknya sampai sini udah sukses, semoga tambah sukses lagi yaa...Amin..

    ReplyDelete
  2. sob blog km sudah ak follow, gantian follow back blogq y :) dtunggu konfirmasinya dblogq

    ReplyDelete
  3. waah, semoga kedepannya bener2 jadi guru yg mabrur ya pak... #ehh, hehehe

    hmm.. kasihan tuh anak2 pasti bakalan kangen bgt nanti sama pak Edotz :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaya naik haji ajah hehe

      iyaah , mungkin cuma awal2 ajaa ..
      ntar setelah itu mereka juga mulai terbiasa lagi tnpa bapak ibu PPL ,,,hee

      Delete
  4. hahaha, sama lh gan gue juga ge PPL ne
    pi g anak SMP

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah moga aja siswanya masih bisa dikendalikan ..
      anak smp biasanya pada mulai alay :D

      Delete
  5. gurunya keren ni...hihihihikkk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksiiih ..

      btw, itu ketawa apa keselek charger laptop acer ?

      Delete
    2. hihihiiihhhkikkk tertelan ayam goreng ni mas

      Delete
    3. haaah ..
      klo pake bahasA indonesia itu artinya km ayaM Goreng yang nelen km .. :P

      Delete
    4. haha masa begitu ni?
      hihiiiikkkk ya udah gak apa2,,biarin aja dia nelan la..
      ntar aku telan balik aja

      Delete
    5. hahaha ... masa udah ketelen bisa nelen balik
      gaul sekaliiii :D

      Delete
  6. weww,,keren,,seru bgt kyknya,,
    gak grogi apa di depan murid2 gtu..sbg clon mhsiswa PPL,,kyknya sya mesti bljr dri kmu dotz,,tpi kyknya sya bukan di SD, malah lbih tinggi, n ini buat sya smkin cemas,hhm btw smangat kakak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya grogi laaah ..
      tapi kan tetep harus pura2 gaul .. santai ...

      haha , ati2 deh kalo PPL di smp ato sma
      siap2 aja dikerjain hahaha

      Delete
    2. nah, bener jg tuh,,pura2 itu perlu jg, buat ngejaga suasana :)

      wew, jgn nakut2in gtu ah,,
      jdi tmbah ciut ne nyali gue,, -__-

      Delete
    3. iyalah masa grogi mau diliatin terus ..
      ntar siswanya malah ngegodain kita ...

      haha , nikmatin ajalah ...
      berdoa aja semoga gak dapet SMP ato SMA yang liar ..

      Delete
  7. Wow, supress cara ngajarnya begitu, hehe ... :D

    Sipp, btw ngajar selesai di ksih bintang seperti saya wkt SMA yg PPL Mahassiwa UNNES. Huh .. diterapkan di SMA. Tapi asik juga kalu sudah dapat. Serasa sudah tidak ada beban hehe ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak supres kok cuma streples ...

      hahaha ... udah sma mau aja dikasih stiker ..
      jajan tho yaaah
      snack mintanya :D :D

      Delete
    2. Sebenanrnya sudah minta. Katanya di suruh milih sendiri. Terus sebutin maunya snack apa ?.

      Tapi dianya malah bawa snack Sozziz So Nice. Katanya biar pintar dan berprestasi *NgambekSekelas* hehe ... :D

      Delete
    3. hahahah ...
      jangan2 dia sales sosis so nice ...
      bawa megaphone segala gak ?
      terus teriak , so nice .. so nicee .. gak?

      Delete
    4. Hm ... boro-boro bawa tu megaphone. Dia kan ketakutan krn ada guru wali kelas juga kok di dalam bila melakukan hal tsb.

      Sebenanrya bawa via IpAd. Gaul sekali dainya (@,@)/

      Delete
    5. haha .. masa ketakutan ...
      iyalah , kalo mhasiswa PPl ngajar tetep aja ada guru pendampingnya :P

      semoga kegaulannya bisa menular dengan caa yang gaul pula :D

      Delete
  8. keren tuh...
    papantulisnya masih suci.. hihihi...
    semoga bisa jadi guru yang terkenal(?)... maksudnya guru yang disenengin sama murid muridnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah doonk ..
      itu kan politik cerdas namanya haha

      amiiin ...
      iya deh , siiip

      Delete
  9. wah guru yang satu ini emangg gaul patut di gauli #eh . . . :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iiich gue mau digauli ...
      #nutupin diri di pake sprei

      Delete
  10. keren pak guru..

    #salam sukses dari Yousake NKRI ..

    ReplyDelete
  11. ahahahahaa.ciyuusss miapaahhh gitu sampe dimintain tanda tangan ama murid2 sd hahaha ngakak bgt gw....

    seru juga..., mungkin itu yg kepikiran sekarang
    tapi nanti kalo itu udah jadi kerjaan rutin yg monotn setiap harinya, kata2 seru itu akan hilang dgn sendirinya dan muncul kata2 jenuh dan bosan...

    apapun yg terjadi nanti,
    tetap semangat ya calon pak guruuu...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... trus gue mesti bilang wow gitu ? :D

      setuju ...
      gue juga kadang gitu ..
      ngerasa jenuh dengan mereka yang terlalu excited sama gue..
      yaah dinimatin aja ...

      siiip , thengs yaaah

      Delete
    2. ciyus miapah lg... gak suka...hiihihkkkkhhhiiiskk

      Delete
    3. iiih anak malaysia ikutan alay juga .. ahaha
      gaaaul :D

      keselek lagi yaah ? hiik hiik hiik

      Delete
  12. . . widichhhhhhhh,, pake acara majang nich. he..86x. tapi kayaknya kok gaka ada upil yg melekat ya di salah satu murid mu itu?!? daripada dikasih striker binatang kan lebih baek kasih upil aja tuch. he..86x. lebih bermanfaat gitu loch. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya laaah ..
      stok upil gue abiis .. buat cemilan waktu itu , abisnya laper , mau makan mie males buat ....

      kapan2 gue pake upil deeh , mungkin mereka lebih suka ..:D

      Delete
    2. . . pasti mereka akan girank dech pil. he..86x . .

      Delete
    3. girang kalo dalem upil itu ada gulungan duit 100ribu :P

      Delete
    4. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . bisa aja nich . .

      Delete
  13. kreatif bang, saya aja kagak pernah kepikiran upload foto saya ngajar.
    hahaha
    besok-besok saya akan upload foto saya ngajar ibu-ibu merajut bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sengaja kok ..
      iseng aja gue hehe

      mungkin elo bisa uplod poto pas elo ngajar ngaji ...
      gaul :D

      Delete
    2. hahaha bisa aja, eh bang artikel yang ini udah di hapuskah? http://www.edotzherjunot.com/2011/04/bukan-bulan.html kok kagak bisa dibuka?

      Delete
    3. hehe , iyah .. itu jaman gue nulisnya masih alay...
      nulis2 puisi , gak pas sama muka :D
      jadi gue apus

      Delete
  14. ampun pak guru ampun dah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeh gue ampuni ...
      sekarang nunging cepetan !
      #lepasSabuk

      Delete
  15. PPL sebentar lagi kelar, kuliah sebentar lgi ikutan kelar, dan buku bentar lagi juga kelar...
    selamat ya dotz :D

    btw, sudah lo save belom no hp anak murid lo ? siapa tahu ntr lo butuh dotz :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe , bisa aja lo ngga ...
      amiiiin deeeh ..

      biar mereka yg ngesave nomer gue ..

      butuh buat apaan tuh ngga ? -_-

      Delete
  16. Gue masih lama PPL-nya..
    Ntar kali ya setelah wisuda..
    *serasa ada yg salah...*

    Rotannya mana Bang?
    :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaak .. gak salaah ..
      itu bener ..
      PPl biasanya lima tahun setelah wisuda , tungguin aja ..
      yang sabar ..

      gak ada rotan ..
      pake pensil 2B mau ?

      Delete
  17. MOdus lo berhasil, kayaknya udah siap2 mateng. Jadinya murid lo gak tau tulisan lo baek apa bukan. Keren
    Hahahaha

    Kayaknya gue mesti terapin tehnik lo pas PPL nanti,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah rob ...
      masalah ngebohongin anak kecil .. serahkan sama gue ..
      semuanya lancar hahha

      oke , gue gak janji bisa sukses kalo elo nerapin cara ini di STM hahaha

      Delete
  18. Inspiratif. Sungguh sosok anak muda teladan harapan bangsa... Mengubah siswa-siswi yang lugu menjadi layak dan patut untuk diberitakan.. *Ala Fenny Rose (kalo gak salah)

    Saya pernah ngajar anak kecil usia SD juga, bedanya saya ngajarnya di pesantren di daerah terpencil. Meski saya bukan jurusan pendidikan, tapi sensasi mengajar itu sungguh asik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue kira elo mau nulis "yang layak untuk diperdagangkan' .. haha

      wiih pernah ngajar juga ..
      alam rangka apa emang ?
      iya bener , ngajr itu gaul ..
      kadang males juga siih hehe

      Delete
    2. Itu sih namanya perdagangan anak, tapi boleh juga tuh #ehh.

      Pernah waktu KKN, ngajarnya dari TK, SD, SMP, SMA.. mata pelajarannya macam-macam.. dari menggambar, IPA, Ekonomi hingga TIK...

      Delete
  19. asik nih tulisan kaya gini bakal buat lu kangen suatu saat nanti :'D
    rada ngiri juga gue dulu sempet pengen jadi guru tapi gak jadi :'|

    sekarang lagi jaman2nya ngemodusin cewek, nah lu ngemodusin anak SD :'|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe .. iya ges , ntar gue pasti bakalan kangen sama mereka ..
      haaha , masa ? elo juga pengen jadi guru ?
      jadi guru ngaji gpp ges :P

      iya, semoga ini bukan penyimpangan gue gess ..
      cuma sekedar modus biasa ..

      Delete
  20. wih gua harus bnyak blajar dari lu bang, walaupun msh 4 smster lg gua ngerasain PPL .
    tapi gua suka deg2an deh kalo ingt ntar gua PPL di SMP atau SMA :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belajar sama gue pasti gaul ..'tapi resikonya bakalan sesat haha

      ati2 deh PPl di SMP ato SMA itu agak serem ..
      tinggal berdoa aja dapet tempat yang asik

      Delete
  21. cie PPLnya udah mau selese :P pasti abis PPL lo kangen deh kak sama murid2 lo.... jadi flashback T-T keinget sama guru PPL gue dulu *usap ingus*

    btw kls 3 udh lo ajarin diskusi eaaaa banget-___- murid lo unyu beud kak =)))

    eh foto lo yang ngasih pencerahan eh nerangin ke murid2 yang didepan kelas itu kok malah kayak seles yaaa *eh *kabur* *sekian* *ngilang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah , pasti bakalan kangen guenyaah ...
      elo pernah juga di PPL-in ?
      gue kira elo sering diupilin ...

      huuu uuuchhhh .. uNyuuh beUdth beudTh ..
      gue aja sering gemes sama mereka ..

      siip ..
      kayak lagi presentasi bisnis MLM yaah gue ..
      tapi tetep gaul kan yaah , tuh liat gantengnya ..
      minim ..

      Delete
  22. hahahah bisa ajja nii akangnya.. masa hanya sebagai pengalih dari mereka yang akan memperhatikan muka akangnya sii :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah daripada ngeliatin muka gue yang gak ganteng ntar malah muridnya tertekan semua :P

      Delete
  23. Wah bu lusi nya bisa jadi juru kameranya bang edot tuh...wkwkwk...piss n gaul ya bang :D

    ReplyDelete
  24. so sweet.. lcu deh kka ngajar adik-adik kecil.. :) jangan di mara-marain woo murid-nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaaak lah masa dimarahin ..
      malah guenya yang dimarahin sama mereka -___-

      Delete
  25. waahhhh..
    kren..kreatif,,,gmana tu tekniknya..
    gue mau di ajarin...kan gue calon guru juga walaupun gue masih smester 5 tapi persiapan dlu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tekniknya pake teknik industri .. gampang kok

      iyah gue ajarin, persiapan panjangin jenggot juga untuk lebih menjiwai

      Delete
  26. hehehe..gak nyangka saya..klo pemilik blog ini calon guru..
    semangat pak guru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaul kan yaah calon guru ...
      yaah walopun gak mutu

      Delete
  27. iyee....bang..gue mau dong diajarin...hehehe
    wah..masih kelas tiga udah diajarin diskusi..bagus tuh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. diajarin apa ? jadi guru gaul ? ehemb

      iyah biar mereka bisa berdiskusi dulu kalo mau ngerjain temennya :P

      Delete
  28. iyaya gue pernah baca postingan elu yg tentang takut nulis dipapan tulis. haha cara ngajar lo dengan ngasi gambar2 ternyata efektif. untung anak sd, jadi mereka masih lugu gak nyadar kalo lo ngemodus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gitulah yog ...
      anak SD kan masih gampang dimodusin ..
      padahal biasanya gue yang sering dimodusin anak SD ...:P

      Delete
  29. gan ada award neh buat ente lengkapnya di sini

    http://b-jomblo.blogspot.com/2012/10/award-ciyus-miapah.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiiih makasiiih ...

      okeh deh , ntar gue cek yah

      Delete
  30. unyu banget dot, siswanya pake baju pink. coba lonya yang pake, bakalan sulit ngebadain yang mana orang normal yang mana orang pedofilia.

    jangan sedih, gue percaya, seiring dengan rontoknya rambut lo kelak lo akan ganteng juga dotz, meskipun cuma dikalangan ibu-ibu PKK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha .. iyah bay , dikelas itu ada yang mukanya mirip ryn chibi ... sumpah imut abis , gue sering stres ngeliatnya ... pedofil gak papa deh :D

      iyah gue tau, gue jadi idola dikalangan ibu2 PKK jadi tukang nasi goreng langganan mereka bay .. gaul

      Delete
  31. wah keren nih model pembelajaran yang interaktif dengan murid2..mantab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah salah satu kegaulan yang hakiki bang ..

      Delete
  32. hahahaha..Gaya Tulisannya Sumpah Kereen Bang...hehehe...sukses Bang jadi Gurunya...semoga menjadi Guru yang membawa berkah bagi para muridnya.....amien...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang orangnya gak keren bang -_-

      iyaah amiiin :))
      siiip deeeh

      Delete
  33. trus kalo waktunya harus nulis di papan gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mubgkin gue bisa ikutan caranya raditya dika ..
      pura2 mati ...

      Delete
  34. wah keren nih . perdana saya disini ^_^
    .

    ReplyDelete
  35. Stiker'a koq ga di upil_in aja...kan msh bisa nempel tuh dotz

    ReplyDelete
  36. muridnya unyuuuk :3
    aku kok gak dapet stiker? aku mau dong stikernyaaa ._.

    ReplyDelete
  37. wah asik tuh ngajar anak SD..masih imut2...muridnya.

    sekarang PPL selesai jgn lupain skripshit eh skripsweet nya yach brooo..

    salam energi.

    ReplyDelete