Ketika Gue Ngajar

Bentar lagi masa-masa PPL gue selesai. Entah gue harus bilang seneng ato sedih. Rasanya campur aduk. Seneng karena gue gak perlu bangun jam lima pagi buat antri mandi, bikin RPP dan media pembelajaran tiap malem. Sedih karena gue harus pisah sama siswa gue yang unyu-unyu tapi pada kutuan rambutnya. Sedih juga, udah gak bisa liat pantat mereka yang bikin ngiler. #eh...

Sebenernya gue agak-agak males nulis di blog. Bukan karena tulisan gue jelek, tapi ini karena muka gue yang gak ganteng. #eh... gak kok..enggak. Gue udah biasa masalah yang itu. Gue cuma belom mood aja. Nulis kan kadang gak bisa dipaksain, walopun kalo udah dikasih deadline, pada akhirnya bisa juga dipaksa. Ini kan gak ada deadline jadi gue santai.

Mmm... daripada gue semakin nulis gak jelas. Gue mau share aja beberapa foto gue selama PPL. Foto gue ngajar di kelas 3A yang nantinya gue ceritain di buku gue dengan judul "GUE GURU GAUL". Kalo di pilem-pilem ada istilah "behind the scene". Mungkin kalo yang ini "behind the writing". Gak tau bener apa enggak bahasa inggrisnya. Gue cuek aja, namanya juga gak mutu.

Langsung aja deh :


Gue ngajar pake model pembelajaran Picture and picture, pake gambar terus kasih liat gambar lainnya lagi begitu seterusnya, biar siswanya pada seneng, ini juga sebagai trik untuk mengalihkan perhatian siswa dari muka gue ke gambar yang gue bawa.

Sesudah ngasih penjelasan, gue bagi anak-anak jadi beberapa kelompok. Mereka gue suruh baris sesuai nomer yang mereka dapet. Ini cukup mengkhawatirkan sebenernya, anak kelas tiga disuruh diskusi, tapi gue nekat.
 Yang ini, gue lagi ngejelasin instruksi buat ngerjain lembar kerja diskusinya.


 Anak-anak udah pada mulai ngerjain tugas kelompoknya, ternyata anak kelas tiga udah pada bisa diskusi... gue pun mulai tenang dan bisa ngupil bentar.



Gue pura-pura ngasih bimbingan ke anak-anak, ngebimbing buat diskusi. Itu sebenernya gue hanya pura-pura sok paham. Kenyataan sebenernya, gue yang diajarin sama mereka.


Diskusi udah selese, sekarang waktunya penilaian individu. Anak-anaknya pada anteng. Gue janjiin, stiker bintang soalnya buat yang selese ngerjain duluan dan bener semua.


Mereka pada cepet-cepetan ngumpulin jawaban mereka, biar bisa dapet stiker. Padahal stikernya sih biasa-biasa aja, cuma gue kasih double tip belakangnya...

Yang terakhir ini, setelah gue ngajar...
Mereka pada nyusul gue ke kantor dan minta tanda tangan ke gue, serius ...
Gue berasa jadi kaya lurah aja sering dimintain tanda tangan, gak dink .. lebih berasa kaya artis aja. Artis yang memaksakan diri buat gaul.
Ini fenomena yang lebih langka daripada ada anak bisa menirukan suara kambing ditengah malam..

Untuk diperhatikan :
Papan tulis dari awal sampe akhir, masih tetep kosong, coba deh liat potonya. Modus gue berhasil. Gue sama sekali gak nulis di papan tulis. Gara-gara tulisan gue yang enggak gaul. Gue bisa mengalihkan perhatian anak dan tetep mensterilkan papan tulis biar keliatan bersih.

Thanks buat guru kelas tiga yang udah mau gue repotin buat poto-poto selama gue ngajar. Keliatannya kok gue berani banget yah nyuruh-nyuruh guru kelas. Gue bukan nyuruh, cuma minta tolong aja. Lagian guru kelasnya kan mahasiswa transfer di kampus gue. Jadi gue bisa santai. Thanks Bu Lusi, Hehe ...

92 Upil

Cieh Cieh..Cara ngajarnya bagus sob,, kalu gitu murid akan langsung bisa lihat apa yang Lu ajarkan, , kalu gue lihat foto-foto Lu kayaknya asyik, mudah-mudahan ini menjadi bekal bagus buat karirmu kelak. .owh ya kayaknya sampai sini udah sukses, semoga tambah sukses lagi yaa...Amin..

Reply

sob blog km sudah ak follow, gantian follow back blogq y :) dtunggu konfirmasinya dblogq

Reply

waah, semoga kedepannya bener2 jadi guru yg mabrur ya pak... #ehh, hehehe

hmm.. kasihan tuh anak2 pasti bakalan kangen bgt nanti sama pak Edotz :D

Reply

hahaha, sama lh gan gue juga ge PPL ne
pi g anak SMP

Reply

gurunya keren ni...hihihihikkk :)

Reply

weww,,keren,,seru bgt kyknya,,
gak grogi apa di depan murid2 gtu..sbg clon mhsiswa PPL,,kyknya sya mesti bljr dri kmu dotz,,tpi kyknya sya bukan di SD, malah lbih tinggi, n ini buat sya smkin cemas,hhm btw smangat kakak... :D

Reply

Wow, supress cara ngajarnya begitu, hehe ... :D

Sipp, btw ngajar selesai di ksih bintang seperti saya wkt SMA yg PPL Mahassiwa UNNES. Huh .. diterapkan di SMA. Tapi asik juga kalu sudah dapat. Serasa sudah tidak ada beban hehe ... :D

Reply

keren tuh...
papantulisnya masih suci.. hihihi...
semoga bisa jadi guru yang terkenal(?)... maksudnya guru yang disenengin sama murid muridnya... :D

Reply

wah guru yang satu ini emangg gaul patut di gauli #eh . . . :D

Reply

keren pak guru..

#salam sukses dari Yousake NKRI ..

Reply

ahahahahaa.ciyuusss miapaahhh gitu sampe dimintain tanda tangan ama murid2 sd hahaha ngakak bgt gw....

seru juga..., mungkin itu yg kepikiran sekarang
tapi nanti kalo itu udah jadi kerjaan rutin yg monotn setiap harinya, kata2 seru itu akan hilang dgn sendirinya dan muncul kata2 jenuh dan bosan...

apapun yg terjadi nanti,
tetap semangat ya calon pak guruuu...:)

Reply

. . widichhhhhhhh,, pake acara majang nich. he..86x. tapi kayaknya kok gaka ada upil yg melekat ya di salah satu murid mu itu?!? daripada dikasih striker binatang kan lebih baek kasih upil aja tuch. he..86x. lebih bermanfaat gitu loch. he..86x . .

Reply

iyaah sob , thengs deh ...
iya emang harus dinikmatin ..
amiiin deh ....

Reply

kaya naik haji ajah hehe

iyaah , mungkin cuma awal2 ajaa ..
ntar setelah itu mereka juga mulai terbiasa lagi tnpa bapak ibu PPL ,,,hee

Reply

waaah moga aja siswanya masih bisa dikendalikan ..
anak smp biasanya pada mulai alay :D

Reply

maksiiih ..

btw, itu ketawa apa keselek charger laptop acer ?

Reply

ya grogi laaah ..
tapi kan tetep harus pura2 gaul .. santai ...

haha , ati2 deh kalo PPL di smp ato sma
siap2 aja dikerjain hahaha

Reply

gak supres kok cuma streples ...

hahaha ... udah sma mau aja dikasih stiker ..
jajan tho yaaah
snack mintanya :D :D

Reply

iyaaah doonk ..
itu kan politik cerdas namanya haha

amiiin ...
iya deh , siiip

Reply

iiich gue mau digauli ...
#nutupin diri di pake sprei

Reply

hahaha ... trus gue mesti bilang wow gitu ? :D

setuju ...
gue juga kadang gitu ..
ngerasa jenuh dengan mereka yang terlalu excited sama gue..
yaah dinimatin aja ...

siiip , thengs yaaah

Reply

iya laaah ..
stok upil gue abiis .. buat cemilan waktu itu , abisnya laper , mau makan mie males buat ....

kapan2 gue pake upil deeh , mungkin mereka lebih suka ..:D

Reply

kreatif bang, saya aja kagak pernah kepikiran upload foto saya ngajar.
hahaha
besok-besok saya akan upload foto saya ngajar ibu-ibu merajut bang

Reply

ampun pak guru ampun dah hahaha

Reply

PPL sebentar lagi kelar, kuliah sebentar lgi ikutan kelar, dan buku bentar lagi juga kelar...
selamat ya dotz :D

btw, sudah lo save belom no hp anak murid lo ? siapa tahu ntr lo butuh dotz :3

Reply

Gue masih lama PPL-nya..
Ntar kali ya setelah wisuda..
*serasa ada yg salah...*

Rotannya mana Bang?
:O

Reply

hihihiiihhhkikkk tertelan ayam goreng ni mas

Reply

ciyus miapah lg... gak suka...hiihihkkkkhhhiiiskk

Reply

MOdus lo berhasil, kayaknya udah siap2 mateng. Jadinya murid lo gak tau tulisan lo baek apa bukan. Keren
Hahahaha

Kayaknya gue mesti terapin tehnik lo pas PPL nanti,hahaha

Reply

Sebenanrnya sudah minta. Katanya di suruh milih sendiri. Terus sebutin maunya snack apa ?.

Tapi dianya malah bawa snack Sozziz So Nice. Katanya biar pintar dan berprestasi *NgambekSekelas* hehe ... :D

Reply

Inspiratif. Sungguh sosok anak muda teladan harapan bangsa... Mengubah siswa-siswi yang lugu menjadi layak dan patut untuk diberitakan.. *Ala Fenny Rose (kalo gak salah)

Saya pernah ngajar anak kecil usia SD juga, bedanya saya ngajarnya di pesantren di daerah terpencil. Meski saya bukan jurusan pendidikan, tapi sensasi mengajar itu sungguh asik.

Reply

hahahah ...
jangan2 dia sales sosis so nice ...
bawa megaphone segala gak ?
terus teriak , so nice .. so nicee .. gak?

Reply

iiih anak malaysia ikutan alay juga .. ahaha
gaaaul :D

keselek lagi yaah ? hiik hiik hiik

Reply

gak sengaja kok ..
iseng aja gue hehe

mungkin elo bisa uplod poto pas elo ngajar ngaji ...
gaul :D

Reply

okeh gue ampuni ...
sekarang nunging cepetan !
#lepasSabuk

Reply

hehehe , bisa aja lo ngga ...
amiiiin deeeh ..

biar mereka yg ngesave nomer gue ..

butuh buat apaan tuh ngga ? -_-

Reply

gaak .. gak salaah ..
itu bener ..
PPl biasanya lima tahun setelah wisuda , tungguin aja ..
yang sabar ..

gak ada rotan ..
pake pensil 2B mau ?

Reply

iyah rob ...
masalah ngebohongin anak kecil .. serahkan sama gue ..
semuanya lancar hahha

oke , gue gak janji bisa sukses kalo elo nerapin cara ini di STM hahaha

Reply

gue kira elo mau nulis "yang layak untuk diperdagangkan' .. haha

wiih pernah ngajar juga ..
alam rangka apa emang ?
iya bener , ngajr itu gaul ..
kadang males juga siih hehe

Reply

nah, bener jg tuh,,pura2 itu perlu jg, buat ngejaga suasana :)

wew, jgn nakut2in gtu ah,,
jdi tmbah ciut ne nyali gue,, -__-

Reply

Hm ... boro-boro bawa tu megaphone. Dia kan ketakutan krn ada guru wali kelas juga kok di dalam bila melakukan hal tsb.

Sebenanrya bawa via IpAd. Gaul sekali dainya (@,@)/

Reply

asik nih tulisan kaya gini bakal buat lu kangen suatu saat nanti :'D
rada ngiri juga gue dulu sempet pengen jadi guru tapi gak jadi :'|

sekarang lagi jaman2nya ngemodusin cewek, nah lu ngemodusin anak SD :'|

Reply

wih gua harus bnyak blajar dari lu bang, walaupun msh 4 smster lg gua ngerasain PPL .
tapi gua suka deg2an deh kalo ingt ntar gua PPL di SMP atau SMA :))

Reply

cie PPLnya udah mau selese :P pasti abis PPL lo kangen deh kak sama murid2 lo.... jadi flashback T-T keinget sama guru PPL gue dulu *usap ingus*

btw kls 3 udh lo ajarin diskusi eaaaa banget-___- murid lo unyu beud kak =)))

eh foto lo yang ngasih pencerahan eh nerangin ke murid2 yang didepan kelas itu kok malah kayak seles yaaa *eh *kabur* *sekian* *ngilang*

Reply

haha .. masa ketakutan ...
iyalah , kalo mhasiswa PPl ngajar tetep aja ada guru pendampingnya :P

semoga kegaulannya bisa menular dengan caa yang gaul pula :D

Reply

iyalah masa grogi mau diliatin terus ..
ntar siswanya malah ngegodain kita ...

haha , nikmatin ajalah ...
berdoa aja semoga gak dapet SMP ato SMA yang liar ..

Reply

haaah ..
klo pake bahasA indonesia itu artinya km ayaM Goreng yang nelen km .. :P

Reply

hehe .. iya ges , ntar gue pasti bakalan kangen sama mereka ..
haaha , masa ? elo juga pengen jadi guru ?
jadi guru ngaji gpp ges :P

iya, semoga ini bukan penyimpangan gue gess ..
cuma sekedar modus biasa ..

Reply

kalo belajar sama gue pasti gaul ..'tapi resikonya bakalan sesat haha

ati2 deh PPl di SMP ato SMA itu agak serem ..
tinggal berdoa aja dapet tempat yang asik

Reply

iyaaah , pasti bakalan kangen guenyaah ...
elo pernah juga di PPL-in ?
gue kira elo sering diupilin ...

huuu uuuchhhh .. uNyuuh beUdth beudTh ..
gue aja sering gemes sama mereka ..

siip ..
kayak lagi presentasi bisnis MLM yaah gue ..
tapi tetep gaul kan yaah , tuh liat gantengnya ..
minim ..

Reply

hahahah bisa ajja nii akangnya.. masa hanya sebagai pengalih dari mereka yang akan memperhatikan muka akangnya sii :p

Reply

Wah bu lusi nya bisa jadi juru kameranya bang edot tuh...wkwkwk...piss n gaul ya bang :D

Reply

hahaha bisa aja, eh bang artikel yang ini udah di hapuskah? http://www.edotzherjunot.com/2011/04/bukan-bulan.html kok kagak bisa dibuka?

Reply

so sweet.. lcu deh kka ngajar adik-adik kecil.. :) jangan di mara-marain woo murid-nya..

Reply

waahhhh..
kren..kreatif,,,gmana tu tekniknya..
gue mau di ajarin...kan gue calon guru juga walaupun gue masih smester 5 tapi persiapan dlu..

Reply

hehehe..gak nyangka saya..klo pemilik blog ini calon guru..
semangat pak guru...

Reply

iyee....bang..gue mau dong diajarin...hehehe
wah..masih kelas tiga udah diajarin diskusi..bagus tuh.....

Reply

iyaya gue pernah baca postingan elu yg tentang takut nulis dipapan tulis. haha cara ngajar lo dengan ngasi gambar2 ternyata efektif. untung anak sd, jadi mereka masih lugu gak nyadar kalo lo ngemodus :D

Reply

iyaah daripada ngeliatin muka gue yang gak ganteng ntar malah muridnya tertekan semua :P

Reply

iyaah gauul ..
bu lusi emang mantap ...haha

Reply

gaaak lah masa dimarahin ..
malah guenya yang dimarahin sama mereka -___-

Reply

tekniknya pake teknik industri .. gampang kok

iyah gue ajarin, persiapan panjangin jenggot juga untuk lebih menjiwai

Reply

gaul kan yaah calon guru ...
yaah walopun gak mutu

Reply

diajarin apa ? jadi guru gaul ? ehemb

iyah biar mereka bisa berdiskusi dulu kalo mau ngerjain temennya :P

Reply

iya gitulah yog ...
anak SD kan masih gampang dimodusin ..
padahal biasanya gue yang sering dimodusin anak SD ...:P

Reply

gan ada award neh buat ente lengkapnya di sini

http://b-jomblo.blogspot.com/2012/10/award-ciyus-miapah.html

Reply

unyu banget dot, siswanya pake baju pink. coba lonya yang pake, bakalan sulit ngebadain yang mana orang normal yang mana orang pedofilia.

jangan sedih, gue percaya, seiring dengan rontoknya rambut lo kelak lo akan ganteng juga dotz, meskipun cuma dikalangan ibu-ibu PKK.

Reply

haha masa begitu ni?
hihiiiikkkk ya udah gak apa2,,biarin aja dia nelan la..
ntar aku telan balik aja

Reply

wah keren nih model pembelajaran yang interaktif dengan murid2..mantab...

Reply

wiiih makasiiih ...

okeh deh , ntar gue cek yah

Reply

hahahaha..Gaya Tulisannya Sumpah Kereen Bang...hehehe...sukses Bang jadi Gurunya...semoga menjadi Guru yang membawa berkah bagi para muridnya.....amien...

Reply

. . pasti mereka akan girank dech pil. he..86x . .

Reply

trus kalo waktunya harus nulis di papan gimana ?

Reply

haha .. iyah bay , dikelas itu ada yang mukanya mirip ryn chibi ... sumpah imut abis , gue sering stres ngeliatnya ... pedofil gak papa deh :D

iyah gue tau, gue jadi idola dikalangan ibu2 PKK jadi tukang nasi goreng langganan mereka bay .. gaul

Reply

girang kalo dalem upil itu ada gulungan duit 100ribu :P

Reply

hehe , iyah .. itu jaman gue nulisnya masih alay...
nulis2 puisi , gak pas sama muka :D
jadi gue apus

Reply

hahaha ... masa udah ketelen bisa nelen balik
gaul sekaliiii :D

Reply

itulah salah satu kegaulan yang hakiki bang ..

Reply

sayang orangnya gak keren bang -_-

iyaah amiiin :))
siiip deeeh

Reply

mubgkin gue bisa ikutan caranya raditya dika ..
pura2 mati ...

Reply

Itu sih namanya perdagangan anak, tapi boleh juga tuh #ehh.

Pernah waktu KKN, ngajarnya dari TK, SD, SMP, SMA.. mata pelajarannya macam-macam.. dari menggambar, IPA, Ekonomi hingga TIK...

Reply

wah keren nih . perdana saya disini ^_^
.

Reply

Stiker'a koq ga di upil_in aja...kan msh bisa nempel tuh dotz

Reply

upil gue lagi sedikit akhir2 ini bang -_-

Reply

. . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . bisa aja nich . .

Reply

muridnya unyuuuk :3
aku kok gak dapet stiker? aku mau dong stikernyaaa ._.

Reply

wah asik tuh ngajar anak SD..masih imut2...muridnya.

sekarang PPL selesai jgn lupain skripshit eh skripsweet nya yach brooo..

salam energi.

Reply

Post a Comment