Gue Mau Cerita

Belakangan ini gue mulai ngerasain jenuh buat ngeblog. Baru mulai aja sih, belum bener-bener ngerasain jenuh. Dan dampak dari mulai ngerasain jenuh itu mood gue buat nulis juga mulai loyo. Andai aja on clinic juga bisa dipake buat nambah semangat nulis. Gue pasti gak bakal malu-malu lagi buat nyebut diri gue sebagai pria on clinic.

Belakangan ini gue lagi sibuk PPL. Mungkin gara-gara itu juga semangat ngeblog gue mulai loyo. Waktu gue buat nongkrong depan laptop udah berkurang jauh. Berangkat setengah tujuh pulang setengah dua. Buat gue itu kaya didikan militer yang cukup banyak merampas waktu gue buat ngupil dikontrakan. Tangan gue serasa gatel dan akhirnya gue cuma bisa berfantasi aja. Telunjuk gue, gue angkat ke udara dan gue puter-puter seolah-olah gue lagi ngupil.

Sedikit cerita dari PPL gue selama beberapa hari kemarin. Hari pertama, gue dan temen-temen diajak buat keliling sekolah dulu. Liat-liat kondisi sekolah dan kondisi kelas serta diajak ke ruang guru juga. Karena nanti juga muter-muter kelas dari kelas 1-6 gue pun coba buat tersenyum semanis mungkin. Namanya juga mau ketemu sama anak kecil jadi gue harus keliatan selalu ceria.

Baru aja mulai keliling. Gue lewat depan kelas lima yang ada jendelanya. Gila !! anak-anak kelas lima udah julurin lidah ato melet-melet ke gue. Jleb banget. Belom apa-apa gue udah dimelet-meletin. Padahal gue kan cuma lewat, belom masuk kelas, belum ngajar, belum nunjukin keahlian ngupil. Sebegitu hinakah gue ? belom apa-apa udah digituin sama anak kecil.

Gue merasa tindakan anak kecil tadi adalah suatu bentuk ketidakadilan antara guru SD cakep dan gak cakep. Dan gue, karena enggak cakep belom apa-apa udah diperlakukan tidak guruniawi. Dihari pertama gue masuk ke dunia SD yang sesungguhnya. Gue udah shock. Gue pengen nangis.

Adegan gue dimelet-meletin sama anak kelas lima tadi terus terbayang-terbayang dipikiran gue. Dengan gerakan slow motion, pelan sekali. Gue lewat depan jendela pelan ... Gue nengok pelan ke dalem kelas ... dan gue liat anak SD ... mata kita saling bertemu ... lalu dia menjulurkan lidah pelan ... sekali...dua kali...tiga kali... dan gue pun berlalu, simpel tapi udah cukup bikin ati gue nyungsep.

Selanjutnya, disaat temen-temen gue mencoba mengakrabkan diri sama anak-anak SD. Gue cuma tersenyum kecut. Gak berani ikutan deket-deket, cuma jaga jarak. Asik banget keliatannya temen gue becanda sama anak-anak kecil. Gue pengen ikutan, tapi gue masih trauma sama kejadian tadi. Dan gue takut kalo nanti anak-anak malah pada nangis gara-gara gue deketin.
#suaraHatiCalonGuruSDenggakCakep

Hari pertama pun berlalu. . .

Di hari selanjutnya, mau gak mau gue coba buat masuk ke dunia mereka. Okelah, gue harus coba deketin anak-anak. Gue masuk kelas empat, liat cara guru kelas ngajar duluan. Gue duduk dibelakang. Coba buat senyum semanis mungkin dan nanya-nanya sedikit sama anak-anak dibelakang. Ternyata, muka gue gak seseram yang gue bayangkan. Mereka enggak nangis. Mereka enggak takut sama gue. Mereka gak julurin lidah ke gue dan  ... mereka lucu-lucu. Ehemb, "gue gak pedofil ... gue gak pedofil ... gue gak pedofil" Gue ngucapin kata-kata itu berulang kali dalam hati.

Satu hal yang gue sukurin ditempatin di SD ini adalah bahwa orangtua gue cukup gaul ngasih nama gue. Apa hubungannya sama nama gue ? Gue emang dekil tapi untungnya nama gue gak ikutan dekil. Disini semua anaknya punya nama yang keren-keren banget. ada Christian, Margaretha, Abigail, Michelle, Paul, Angel, dan nama-nama gaul lainnya. Siswanya aja keren-keren namanya, gurunya juga gak boleh kalah keren. Kaya gue getolah. Pak Edo.

Bisa dibayangin, kalo orangtua gue dulu ngasih nama gue "Kamto" ato "Kusworo" dan mungkin nama-nama edisi taun tujuhpuluhan lainnya. Gue yakin, rasa minder gue bakalan dikuadratin. Misal gue ngajar dikelas dan ngajar, "selamat pagi anak-anak, nama bapak Kusworo, kalian bisa panggil bapak, Pak Kus" kemudian ada salah satu anak yang nyeletuk, "selamat pagi pak kus, kusuttt sama kayak mukanya", T nya ada tiga, sengaja ditekankan. Seisi kelas tertawa dan hancur sudah wibawanya.

Beruntung gue, Kalo kenalan sama anak-anak gue bisa bilang "selamat pagi, nama bapak Pak Edo. Bapak memang kusut tapi nama bapak cukup gaul". Seluruh kelas memaklumi. Selamatlah gue.

Sebenernya gue pengen dipanggil "Edotz" disini. Tapi gue urungkan karena pasti bakalan diplesetin jadi pak "idiot". Jangan sampe deh, muka udah idiot masa iya nama juga ikutan idiot. Kaya pengalaman hari sabtu kemarin pas gue dapet tugas buat mendampingi anak-anak yang ikut pengembangan diri futsal.

Gue pake kaos futsal gue dengan nama EDOTZ dan pas gue lagi mengkondisikan anak-anak di lapangan. Mereka lari-lari kesana kemari liat nama punggung kaos gue tiba-tiba mereka tereak "pak edotz...ediot..ediot." diselingi dengan tawa biadab mereka "wahahahaha". Sumpah, parah abis deh. Mereka begitu bahagia. Gue bisa liat dari cara ketawanya.
Senam Pagi sebelum kegiatan pengembangan Diri
Gue cuma bisa senyum dan tetep sok cool, biar gak semakin menjadi-jadi. Gue takut mereka ambil toa lalu teriakin nama gue "idiot...idiot" berulang kali. Gue giring segera mereka ke lapangan futsal. Bareng temen gue satunya, Adhy. 

Namanya anak-anak ,mereka emang beneran gak bisa diem. Lari kesana lari kemana-mana. Cukup susah, akhirnya mereka mau juga diem buat dengerin sedikit penjelasan dari gue sama Adhy dan bagi mereka jadi empat tim. Sukur deh, hari itu mereka langsung jatuh cinta. Mereka malah minta jadwal latihan tambhan diluar jam sekolah. 

Sebelumnya mereka begitu menakutkan dan begitu liar. Ternyata setelah diajarin latihan maen futsal pake metode gue dan temen gue Adhy. Mereka jadi mulai bisa dikendalikan dan gue mulai nyaman sama mereka. 

Dunia anak-anak sebenernya absurd juga. Tapi cara memahami keabsurd'an mereka sebenernya gak susah. Cukup jadi "temen yang baik" buat mereka dan bisa jadi pendengar yang baik. Mereka juga bisa diatur. Walopun ada juga beberapa yang emang gak bisa diem.

90 Upil

dot, anak yg julurin lidah ke elo, tunggu aja didepan sekolah, ntar bareng2 kita sikat wkwkw XD

Reply

beneran lo dotz lewat depan kelas aja udah dimeletin sama anak kelas 5? ga kebayang gue kalau entar PPL, gue PPLnya kalau ga SMP atau SMA..

setuju banget, pendekatan yang real ke siswa dengan cara menjadi teman baik, dan ga adanya sekat antara guru sama murid. Kadang guru ga mau disamain masa murid, merasa yang lebih hebat :)

Semoga PPLnya sukses dotz..

Reply

Wahaha Pak Edo... Ehsalah. Pak Edotz.. Pak Ediot..wahaha..
Sabar..Sabar aja yaa Pak Guru. Semoga bisa lancar beradaptasinya.. wehehe

Reply

waduh malang nian nasibmu bang edotz ,, sering2 main sma anak kecil dong biar akrab gt :)
gue juga pasti tar PPL bang , walaupun masih jauh sih ..
wish you luck :)

Reply

jadi bahan bully anak kecil lebih mulia dan dapet pahala dotz O:) pulang PPL nanti yakin pahala lu nambah bgt XD
semakin dibully semakin berpahala wkwkwk . .

lain kali kalo ada yang melet2 lagi pelan2 ngomong sm dia, deketin, dan bisikin dgn halus "lo belom pernah keselek upil gue ya" . . .yakin dia gak akan ngulang XD

Reply

hahahahha, tapi kaosnya tetap Edotz ya sob...

entar kaos ideot...lagi..

tuh foto lagi senam apa mau jadi kiper..sob

Reply

Cara dekatin anak2 memang harus bisa menjadi teman baik dan menjadi pendengar setia bang. Gue setuju.

Semoga hari-hari selanjutnya bisa mendidik anak2 dengan tetap bikin anak2 betah.
Tetap semangat ya bang.

Reply

buakakakakak kasian banget lo kadotz dipeletin anak kecil gitu hehehe

kalo tips gue sih biar mereka akrab sama lo ajakin sharing, ajakin maen petak umpet atau ajakin maenan masak2an wkwkwk tp jgn ajarin ngupil.. anak2 murid lo pasti gemesin deh gue jadi pengen liat yang meletin lo bocahnya kayak gimana wkwkwk

eh btw gak ada yang langsung lampaikan tangan ke kamera ya saat lo masuk kelas gitu -_-v

eh btw (lagi) samaan dong itu soal jenuh ngeblog -_- gue juga lagi ngalamin huakakaka

Reply

wkwkwkwk sabar ya pak edot, udah ntar kita jeburin ke sumur bareng2 aja >:D

Reply

Ikutan senam ah biar selalu sehat . . . biar mas edotz yg ngajarinnya

Reply

namanya juga anak sd. ngejulurin lidah mah biarin aja. Mending kan. Daripada dikeroyokin. Ye gak? #piss

Reply

sabar ya Pak Edotz, kalau mereka nakal kasih aja upil ke mulutnya :)

Reply

sedangkan tersenyum semanis mungkin aja udah dipeletin, apalagi pasang muka seram dotz...hahaha..yg sabar ya pak idiotz, eh salah , Pak EDO :))

kayaknya seru deh maen sama anak-anak, serasa muda kembali :D

Reply

. . ehhhhhhhhhhh,, ada pak edo-dol bawang. he..86x. pizZz,, pil . .

Reply

haha okeh yog siiipp ...
besok gue culik elu yang eksekusi :D

Reply

iya bay ..
mungkin itu salah satu anak berkebutuhan khusus :D
tapi serius gue gak bisa ngebayangin PPL di SMA ato SMP ...
pasti jauh lebih liar :D


benr banget bay .. mending dibuat santai , lebih asik jadi guru yang disukai sama siswanya daripada guru yang ditakuti

okeh thengs :)

Reply

tuuh kan malah sengaja diplesetin manggilnya -_-

okeh okeh , ini udah mulai lancaar kok .. hehe
mulai menikmati

Reply

haha .. ini baru mulai membiasakan diri kenal sama anak kecil :D

banyak2 belajar aja dulu ..
biar nanti gak grogi buat penguasaan kelas :D

Reply

bener juga kata bayu gimana kalo lo ppl di sma ya -____- pasti pada bejat2 kalo diajar guru muda

Reply

elu udah gak anak kecil lagi

gue gak tertarik "____"

Reply

iya gue mikirinnya aja udh puyeng bang , emang lu kebagian ngajar apa bang ?
semoga sukses aja bang :)

Reply

hahaha ...
nyesegnya bikin produktivitas upil gue berkurang drastis ges :D

itu ide brilian :D
keren juga , besok gue coba deeeh geees haha

ato kalo gak , gue bisikin "kamu nakal nak, ayo nungging bentar"

Reply

gak laah kasonya aman kok

lagi belajar nari balet sebenernya ini sob

Reply

ya begitulaaah :D

oke rob , amiin
thengs yaaah

Reply

mungkin gue ganteng kali yak jadi mereka melet2 ke gue :))

gue malah pengen ngajakin mereka maen jwlangkung , biar akrab gitu ... pasti berkesan banget hehe

gak ada laah , cuma ada yang muntah2 dibelakang begitu liat gue


iyah keliatan dari tulisan elu yang gak apdet2 -_-

Reply

gue yg nyulik elu yg eksekusi yaaah :D

Reply

kalo gue yang ngajarin namanya bukan senam sehat tapi senam sesat ... mau ?

Reply

iyah juga siiih
gue juga nyantai aja
sekarang mereka udah mulai cinta sama gue
ehemb :P

Reply

gue belum berani setega itu sama mereka :D

Reply

makanya gue baca tulisan lo yang PPL di SD aja udah kayak gini, apalagi kalau SMP atau SMA.
ga kebayang deh..
semoga aman-aman aja :)

nah itu.. tapi butuh proses dan pendekatan terlebih dahulu biar jadi gue yang disukai.. Mungkin bisa dengan joget ala cherrybelle..

Reply

kok di belakang? harusnya di deoan dong, ngasih contoh gurunya :D

Reply

mana ganteng mana? *histeris*

apaan? jwlangkung? mending lo ajarin ngupil ketimbang maen gituan.-. berkesan dari hongkong adanya lo langsung dikeluarin dari ppl gara2 bikin bocah sesat wkwk *emang ada-_-*

kasian... gue turut prihati :')
wkwkwk -____-v

Reply

LOL wkwkwkwkk sabar yah bang namanya diplesetin. :)))))
kasi liat dong foto berwibawa pake seragam guru SD dipajang di blog. :D

Reply

Ngaku aja om udah berapa banyak korban dari om edotz, nih pak polisi, tersangkanya ada disini ._.

Reply

wah....Pak Guru ini ceritanya..???hahahaha.....Siiipp....

Reply

parah yog , gue jelas miris ngebayanginnya -__-

baru anak kecil aja udah kayagini apalagi anak SMA apalagi STM , untung gue enggak deh

Reply

hahaha ...
semua tergantung amal dan perbuatan bay ..
moga elu dapet di SMEA yang isinya cewek doank :D
daripada di STM , keselamatan terancam

bener2 ..
gue juga pengen terapin tarian gue yg lagu bilangan itu
tapi gue takut, setelah itu gue bakal gak punya harga diri

Reply

gue ngajar semua mata pelajaran anak SD --_--

okeh thengs yaah
siip :)

Reply

gak ada bukti otentik bang ...
kalo abis ngelubangin biasanya gue semen lagi


#ngomongApa-_-

Reply

jadi PPL di sma gue dong, kita janji akan baik..kita janji akan baik.. #bisikansetan

Reply

wahh jadi guru OR nih ternyata bang edotz ganyangka ckck

Reply

iyaaah itulah okenya gue ... bisa dimeletin kapan aja ..-_-

jangan ikutan salah manggil juga , pliiis :(

emang seru , lucu2 banget deh mereka hehe

Reply

asyik jadi asik jadi ecik ,...
kreativitas yang gaul sekali -_-
hehe

Reply

gue dodol pecak iwak lele
enggak dodol bawang -_-
campur taburan upil mau ?

Reply

hahaha gue aja senamnya lipsing
ga apal sama gerakannya :D

Reply

iyaaah , nyeseg juga sebenernya ..
tapi gue harus tetep cool

ntar yaah kalo udah jadi guru SD beneran ini kan masih praktek ajah hehe

Reply

gue calon guru SD nak ..

gue gak bisa ke tempat sekolahmu

Reply

coba elu liat gue :))

gimana mau ngjarin ngupil ?
kuku gue aja dipotong semua jadi susah mau ngupil -_-

prihatin pada diri sendiri
itu baik :))

Reply

*liat kakdotz* *perhatiin hidungnya* *zoom in zoom out-_-v*

ih lo ngupil pake kuku ya? emang gak tajem ya *eh.-. lagian entar upilnya nyangkut di kuku kan kudu bersihin ,_,

baik cekguuu.. siap laksanakan! *apaini* .-.

Reply

bukankah kita juga pernah mengalami dunia anak-anak...jadi santai sajalah :)

Reply

makanya dandan dulu yang cakepan dikit biar gag dimelet2in lagi :P *peacee :D
ikutan panggil pak ediot ahh :D *eh oopss BD

Reply

ciee yg udh PPL..itu udh resiko menjadi seorg gru,,jdi brusha aj, pasti bisa kq. Asal jgn ngelemparin pkai upil aja kalau lg marah :)

Reply

Hm ... Hm ... Hm ...

Seru sekali PPL SD sepertinya (@,@)

Awalnya tegang, lama-lama akan terbiasa, mungkin sampai bosen lihat Pak Edo.

Tambahin dong namanya Edo Herjunot biar keyen ... (@.@)

Oh, ya, saban sobo ning SD sampun salaman sama Guru SDnya ?. Biar terlihat sopan dan itu nilai plus juga Mas Edo.

Jadi mau tahu saat ngajar anak2 SD Futsalan ala Mas Edo. Upload dong pideonya hehe ... =D

Reply

Pengalaman asyik tuhh,,,
nama'nya anak-anak,, pasti mereka ngmong yg blak-blakan...
Jadi patut dimaklumii saja yaa bang....
Yang sabaarr,,, smua bakal indah pada waktunya..
heeee,,,
slam knal... :)

Reply

kunjungan perdana sobat :)
salam kenal

Reply

. . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . upil koplak. he..86x . .

Reply

selamat menemouh hidup baru dengan status baru lu ini dotz, kalo hari ni ada yg melet-meletin lidahnya, mungkin besok ada yang pamer bokong ama lu, lu harus tahan, ingat lu bukan pedofil ingattt

Reply

wah lagi PPL juga.. sama..

awal masuk kelas aku di suruh gantiin. ngajar PPKN. lha bingung gue.. anak-anak pada ribut.
nah aku ajak aja main game. baru deh pada antusias.. padahal game nya geje banget. hehe

Reply

namanya juga anak-anak!
salam kenal :)

Reply

manteb ceritanya masbro...dibwa'in mas dot jadi asikkk

Reply

oh ya sob, ada awrd ni silahkan di ambil...

Reply

yoooow broo edotz
salam dari planet upil :D

Reply

stop stop stop ! gak usah pake zoom in zoom out , apalagi didaerah sensitip gueh -_-

justru kuku itu penunjang utama kesuksesan gue dalam hal mengupil ..

haha , random yaaah ..
gak tau juga apanya yang random

Reply

ketawa elu kejam banget pie ...
gue shock >.<

Reply

perasaan gue gak ngomong jadi guru olahraga deh -_-

Reply

gue udah gak bisa cakep deh kayaknya -_-

pliis jangan panggil gue pak ediot :(

Reply

emang nglempar upil gak boleh yaah ?
padahal kan seruuu -_-

Reply

iyah emang seru banget dan menguras tenaga -_-

mungkin nanti gue bakal kangen sama suasana PPL ini , hehe

pengennya sih gue kasih nama herjunot tapi gue takut dilemapr upil sama pak kepala sekolah

sudaah ... senyum juga , gue kan dari kecil dididik dengan benar hehe

haha , ngelatih futsal gak perlu di video ..
lagian siapa yang mau pidio"in gue -_-

Reply

iyaah kalo sama anak2 gue gak bisa marah :))
paling gue yang dimarahin sama anak2 , hehe

iyah , ini cuma proses menuju terbiasa aja ..
malah sapa tau nanti jadi kangen..

salam kenal juga :)

Reply

naaah itu yaam
gue takut gue lepas kontrol kalo gue ngeliat ada anak yang pelorotin celana -_-

tahaan tahaan tahaan

Reply

hahaha ...

anak kecil emang pada gampang kalo diboongin yaaah :D
besok coba disuruh senam ngupil ajah pasti langsung pada serius :))

Reply

namanya juga calon guru SD ...

salam kenal juga :)

Reply

okeh sob , thengs bangett yaaah :)

Reply

adil atau gag adilnya si anak melet itu apa bukannya masalah persepsi belaka?!??! *halah... :p

Reply

Menguras tenaga makanya minum STMU (Susu, Telor, Madu, Upile) biar kuat *sip, sip* =D

Setiap moment bersama anak-anak pasti ngangenin. Apalagi klo sudah dianggap keluarga Mas Edo (@,@)

Sebegitu kah kepala sekolah (>.<). Siapa tahu bisa buat koleksi tuh Upil muehehehe =D

Cieeee ... #pukpukpukSmpeGemuk . Smoga gue seperti loe =D

#Kepala Sekolah or #GuruBagianKesiswaan buat koleksi klo ada moment-moment terindah Mas Edo di SD tsb =D

BTW senamnya pke lagu yg ngebeat seperti lagu Trio Macan. Nanti jadinya kan aerobik modern ala Mas Edo for siswa SD (^_^)+++++

Reply

. . hadachhhhhhhhhhhh,, shock to ayam. he..86x. kayak nya enak tuch pil. he..86x . .

Reply

beri anak2 itu tendangan sosis upil bro versi madun
pasti langsung pingsan :D

salam upil yang terhormat

Reply

gak di zoom in zoom out aja udah keliatan banget kalo....

dih kan entar bisa sakit gitu kak kalo kukunya kena kulit idung gitu... *tampang polos*

Reply

emang elu ditakdirkan buat mendidik anak-anak ya hahaha semangat briw

Reply

Post a Comment