Gue Mau Cerita

9/02/2012 08:54:00 pm

Belakangan ini gue mulai ngerasain jenuh buat ngeblog. Baru mulai aja sih, belum bener-bener ngerasain jenuh. Dan dampak dari mulai ngerasain jenuh itu mood gue buat nulis juga mulai loyo. Andai aja on clinic juga bisa dipake buat nambah semangat nulis. Gue pasti gak bakal malu-malu lagi buat nyebut diri gue sebagai pria on clinic.

Belakangan ini gue lagi sibuk PPL. Mungkin gara-gara itu juga semangat ngeblog gue mulai loyo. Waktu gue buat nongkrong depan laptop udah berkurang jauh. Berangkat setengah tujuh pulang setengah dua. Buat gue itu kaya didikan militer yang cukup banyak merampas waktu gue buat ngupil dikontrakan. Tangan gue serasa gatel dan akhirnya gue cuma bisa berfantasi aja. Telunjuk gue, gue angkat ke udara dan gue puter-puter seolah-olah gue lagi ngupil.

Sedikit cerita dari PPL gue selama beberapa hari kemarin. Hari pertama, gue dan temen-temen diajak buat keliling sekolah dulu. Liat-liat kondisi sekolah dan kondisi kelas serta diajak ke ruang guru juga. Karena nanti juga muter-muter kelas dari kelas 1-6 gue pun coba buat tersenyum semanis mungkin. Namanya juga mau ketemu sama anak kecil jadi gue harus keliatan selalu ceria.

Baru aja mulai keliling. Gue lewat depan kelas lima yang ada jendelanya. Gila !! anak-anak kelas lima udah julurin lidah ato melet-melet ke gue. Jleb banget. Belom apa-apa gue udah dimelet-meletin. Padahal gue kan cuma lewat, belom masuk kelas, belum ngajar, belum nunjukin keahlian ngupil. Sebegitu hinakah gue ? belom apa-apa udah digituin sama anak kecil.

Gue merasa tindakan anak kecil tadi adalah suatu bentuk ketidakadilan antara guru SD cakep dan gak cakep. Dan gue, karena enggak cakep belom apa-apa udah diperlakukan tidak guruniawi. Dihari pertama gue masuk ke dunia SD yang sesungguhnya. Gue udah shock. Gue pengen nangis.

Adegan gue dimelet-meletin sama anak kelas lima tadi terus terbayang-terbayang dipikiran gue. Dengan gerakan slow motion, pelan sekali. Gue lewat depan jendela pelan ... Gue nengok pelan ke dalem kelas ... dan gue liat anak SD ... mata kita saling bertemu ... lalu dia menjulurkan lidah pelan ... sekali...dua kali...tiga kali... dan gue pun berlalu, simpel tapi udah cukup bikin ati gue nyungsep.

Selanjutnya, disaat temen-temen gue mencoba mengakrabkan diri sama anak-anak SD. Gue cuma tersenyum kecut. Gak berani ikutan deket-deket, cuma jaga jarak. Asik banget keliatannya temen gue becanda sama anak-anak kecil. Gue pengen ikutan, tapi gue masih trauma sama kejadian tadi. Dan gue takut kalo nanti anak-anak malah pada nangis gara-gara gue deketin.
#suaraHatiCalonGuruSDenggakCakep

Hari pertama pun berlalu. . .

Di hari selanjutnya, mau gak mau gue coba buat masuk ke dunia mereka. Okelah, gue harus coba deketin anak-anak. Gue masuk kelas empat, liat cara guru kelas ngajar duluan. Gue duduk dibelakang. Coba buat senyum semanis mungkin dan nanya-nanya sedikit sama anak-anak dibelakang. Ternyata, muka gue gak seseram yang gue bayangkan. Mereka enggak nangis. Mereka enggak takut sama gue. Mereka gak julurin lidah ke gue dan  ... mereka lucu-lucu. Ehemb, "gue gak pedofil ... gue gak pedofil ... gue gak pedofil" Gue ngucapin kata-kata itu berulang kali dalam hati.

Satu hal yang gue sukurin ditempatin di SD ini adalah bahwa orangtua gue cukup gaul ngasih nama gue. Apa hubungannya sama nama gue ? Gue emang dekil tapi untungnya nama gue gak ikutan dekil. Disini semua anaknya punya nama yang keren-keren banget. ada Christian, Margaretha, Abigail, Michelle, Paul, Angel, dan nama-nama gaul lainnya. Siswanya aja keren-keren namanya, gurunya juga gak boleh kalah keren. Kaya gue getolah. Pak Edo.

Bisa dibayangin, kalo orangtua gue dulu ngasih nama gue "Kamto" ato "Kusworo" dan mungkin nama-nama edisi taun tujuhpuluhan lainnya. Gue yakin, rasa minder gue bakalan dikuadratin. Misal gue ngajar dikelas dan ngajar, "selamat pagi anak-anak, nama bapak Kusworo, kalian bisa panggil bapak, Pak Kus" kemudian ada salah satu anak yang nyeletuk, "selamat pagi pak kus, kusuttt sama kayak mukanya", T nya ada tiga, sengaja ditekankan. Seisi kelas tertawa dan hancur sudah wibawanya.

Beruntung gue, Kalo kenalan sama anak-anak gue bisa bilang "selamat pagi, nama bapak Pak Edo. Bapak memang kusut tapi nama bapak cukup gaul". Seluruh kelas memaklumi. Selamatlah gue.

Sebenernya gue pengen dipanggil "Edotz" disini. Tapi gue urungkan karena pasti bakalan diplesetin jadi pak "idiot". Jangan sampe deh, muka udah idiot masa iya nama juga ikutan idiot. Kaya pengalaman hari sabtu kemarin pas gue dapet tugas buat mendampingi anak-anak yang ikut pengembangan diri futsal.

Gue pake kaos futsal gue dengan nama EDOTZ dan pas gue lagi mengkondisikan anak-anak di lapangan. Mereka lari-lari kesana kemari liat nama punggung kaos gue tiba-tiba mereka tereak "pak edotz...ediot..ediot." diselingi dengan tawa biadab mereka "wahahahaha". Sumpah, parah abis deh. Mereka begitu bahagia. Gue bisa liat dari cara ketawanya.
Senam Pagi sebelum kegiatan pengembangan Diri
Gue cuma bisa senyum dan tetep sok cool, biar gak semakin menjadi-jadi. Gue takut mereka ambil toa lalu teriakin nama gue "idiot...idiot" berulang kali. Gue giring segera mereka ke lapangan futsal. Bareng temen gue satunya, Adhy. 

Namanya anak-anak ,mereka emang beneran gak bisa diem. Lari kesana lari kemana-mana. Cukup susah, akhirnya mereka mau juga diem buat dengerin sedikit penjelasan dari gue sama Adhy dan bagi mereka jadi empat tim. Sukur deh, hari itu mereka langsung jatuh cinta. Mereka malah minta jadwal latihan tambhan diluar jam sekolah. 

Sebelumnya mereka begitu menakutkan dan begitu liar. Ternyata setelah diajarin latihan maen futsal pake metode gue dan temen gue Adhy. Mereka jadi mulai bisa dikendalikan dan gue mulai nyaman sama mereka. 

Dunia anak-anak sebenernya absurd juga. Tapi cara memahami keabsurd'an mereka sebenernya gak susah. Cukup jadi "temen yang baik" buat mereka dan bisa jadi pendengar yang baik. Mereka juga bisa diatur. Walopun ada juga beberapa yang emang gak bisa diem.

You Might Also Like

90 Upil

  1. dot, anak yg julurin lidah ke elo, tunggu aja didepan sekolah, ntar bareng2 kita sikat wkwkw XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha okeh yog siiipp ...
      besok gue culik elu yang eksekusi :D

      Delete
    2. bener juga kata bayu gimana kalo lo ppl di sma ya -____- pasti pada bejat2 kalo diajar guru muda

      Delete
    3. parah yog , gue jelas miris ngebayanginnya -__-

      baru anak kecil aja udah kayagini apalagi anak SMA apalagi STM , untung gue enggak deh

      Delete
  2. beneran lo dotz lewat depan kelas aja udah dimeletin sama anak kelas 5? ga kebayang gue kalau entar PPL, gue PPLnya kalau ga SMP atau SMA..

    setuju banget, pendekatan yang real ke siswa dengan cara menjadi teman baik, dan ga adanya sekat antara guru sama murid. Kadang guru ga mau disamain masa murid, merasa yang lebih hebat :)

    Semoga PPLnya sukses dotz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bay ..
      mungkin itu salah satu anak berkebutuhan khusus :D
      tapi serius gue gak bisa ngebayangin PPL di SMA ato SMP ...
      pasti jauh lebih liar :D


      benr banget bay .. mending dibuat santai , lebih asik jadi guru yang disukai sama siswanya daripada guru yang ditakuti

      okeh thengs :)

      Delete
    2. makanya gue baca tulisan lo yang PPL di SD aja udah kayak gini, apalagi kalau SMP atau SMA.
      ga kebayang deh..
      semoga aman-aman aja :)

      nah itu.. tapi butuh proses dan pendekatan terlebih dahulu biar jadi gue yang disukai.. Mungkin bisa dengan joget ala cherrybelle..

      Delete
    3. hahaha ...
      semua tergantung amal dan perbuatan bay ..
      moga elu dapet di SMEA yang isinya cewek doank :D
      daripada di STM , keselamatan terancam

      bener2 ..
      gue juga pengen terapin tarian gue yg lagu bilangan itu
      tapi gue takut, setelah itu gue bakal gak punya harga diri

      Delete
  3. Wahaha Pak Edo... Ehsalah. Pak Edotz.. Pak Ediot..wahaha..
    Sabar..Sabar aja yaa Pak Guru. Semoga bisa lancar beradaptasinya.. wehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuuh kan malah sengaja diplesetin manggilnya -_-

      okeh okeh , ini udah mulai lancaar kok .. hehe
      mulai menikmati

      Delete
  4. waduh malang nian nasibmu bang edotz ,, sering2 main sma anak kecil dong biar akrab gt :)
    gue juga pasti tar PPL bang , walaupun masih jauh sih ..
    wish you luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha .. ini baru mulai membiasakan diri kenal sama anak kecil :D

      banyak2 belajar aja dulu ..
      biar nanti gak grogi buat penguasaan kelas :D

      Delete
    2. iya gue mikirinnya aja udh puyeng bang , emang lu kebagian ngajar apa bang ?
      semoga sukses aja bang :)

      Delete
    3. gue ngajar semua mata pelajaran anak SD --_--

      okeh thengs yaah
      siip :)

      Delete
  5. Replies
    1. elu udah gak anak kecil lagi

      gue gak tertarik "____"

      Delete
    2. Ngaku aja om udah berapa banyak korban dari om edotz, nih pak polisi, tersangkanya ada disini ._.

      Delete
    3. gak ada bukti otentik bang ...
      kalo abis ngelubangin biasanya gue semen lagi


      #ngomongApa-_-

      Delete
  6. jadi bahan bully anak kecil lebih mulia dan dapet pahala dotz O:) pulang PPL nanti yakin pahala lu nambah bgt XD
    semakin dibully semakin berpahala wkwkwk . .

    lain kali kalo ada yang melet2 lagi pelan2 ngomong sm dia, deketin, dan bisikin dgn halus "lo belom pernah keselek upil gue ya" . . .yakin dia gak akan ngulang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ...
      nyesegnya bikin produktivitas upil gue berkurang drastis ges :D

      itu ide brilian :D
      keren juga , besok gue coba deeeh geees haha

      ato kalo gak , gue bisikin "kamu nakal nak, ayo nungging bentar"

      Delete
  7. hahahahha, tapi kaosnya tetap Edotz ya sob...

    entar kaos ideot...lagi..

    tuh foto lagi senam apa mau jadi kiper..sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak laah kasonya aman kok

      lagi belajar nari balet sebenernya ini sob

      Delete
  8. Cara dekatin anak2 memang harus bisa menjadi teman baik dan menjadi pendengar setia bang. Gue setuju.

    Semoga hari-hari selanjutnya bisa mendidik anak2 dengan tetap bikin anak2 betah.
    Tetap semangat ya bang.

    ReplyDelete
  9. buakakakakak kasian banget lo kadotz dipeletin anak kecil gitu hehehe

    kalo tips gue sih biar mereka akrab sama lo ajakin sharing, ajakin maen petak umpet atau ajakin maenan masak2an wkwkwk tp jgn ajarin ngupil.. anak2 murid lo pasti gemesin deh gue jadi pengen liat yang meletin lo bocahnya kayak gimana wkwkwk

    eh btw gak ada yang langsung lampaikan tangan ke kamera ya saat lo masuk kelas gitu -_-v

    eh btw (lagi) samaan dong itu soal jenuh ngeblog -_- gue juga lagi ngalamin huakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin gue ganteng kali yak jadi mereka melet2 ke gue :))

      gue malah pengen ngajakin mereka maen jwlangkung , biar akrab gitu ... pasti berkesan banget hehe

      gak ada laah , cuma ada yang muntah2 dibelakang begitu liat gue


      iyah keliatan dari tulisan elu yang gak apdet2 -_-

      Delete
    2. mana ganteng mana? *histeris*

      apaan? jwlangkung? mending lo ajarin ngupil ketimbang maen gituan.-. berkesan dari hongkong adanya lo langsung dikeluarin dari ppl gara2 bikin bocah sesat wkwk *emang ada-_-*

      kasian... gue turut prihati :')
      wkwkwk -____-v

      Delete
    3. coba elu liat gue :))

      gimana mau ngjarin ngupil ?
      kuku gue aja dipotong semua jadi susah mau ngupil -_-

      prihatin pada diri sendiri
      itu baik :))

      Delete
    4. *liat kakdotz* *perhatiin hidungnya* *zoom in zoom out-_-v*

      ih lo ngupil pake kuku ya? emang gak tajem ya *eh.-. lagian entar upilnya nyangkut di kuku kan kudu bersihin ,_,

      baik cekguuu.. siap laksanakan! *apaini* .-.

      Delete
    5. stop stop stop ! gak usah pake zoom in zoom out , apalagi didaerah sensitip gueh -_-

      justru kuku itu penunjang utama kesuksesan gue dalam hal mengupil ..

      haha , random yaaah ..
      gak tau juga apanya yang random

      Delete
    6. gak di zoom in zoom out aja udah keliatan banget kalo....

      dih kan entar bisa sakit gitu kak kalo kukunya kena kulit idung gitu... *tampang polos*

      Delete
  10. wkwkwkwk sabar ya pak edot, udah ntar kita jeburin ke sumur bareng2 aja >:D

    ReplyDelete
  11. Ikutan senam ah biar selalu sehat . . . biar mas edotz yg ngajarinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue yang ngajarin namanya bukan senam sehat tapi senam sesat ... mau ?

      Delete
  12. namanya juga anak sd. ngejulurin lidah mah biarin aja. Mending kan. Daripada dikeroyokin. Ye gak? #piss

    ReplyDelete
  13. sabar ya Pak Edotz, kalau mereka nakal kasih aja upil ke mulutnya :)

    ReplyDelete
  14. sedangkan tersenyum semanis mungkin aja udah dipeletin, apalagi pasang muka seram dotz...hahaha..yg sabar ya pak idiotz, eh salah , Pak EDO :))

    kayaknya seru deh maen sama anak-anak, serasa muda kembali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah itulah okenya gue ... bisa dimeletin kapan aja ..-_-

      jangan ikutan salah manggil juga , pliiis :(

      emang seru , lucu2 banget deh mereka hehe

      Delete
  15. . . ehhhhhhhhhhh,, ada pak edo-dol bawang. he..86x. pizZz,, pil . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue dodol pecak iwak lele
      enggak dodol bawang -_-
      campur taburan upil mau ?

      Delete
    2. . . wha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . ha. . upil koplak. he..86x . .

      Delete
    3. ketawa elu kejam banget pie ...
      gue shock >.<

      Delete
    4. . . hadachhhhhhhhhhhh,, shock to ayam. he..86x. kayak nya enak tuch pil. he..86x . .

      Delete
  16. kok di belakang? harusnya di deoan dong, ngasih contoh gurunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha gue aja senamnya lipsing
      ga apal sama gerakannya :D

      Delete
  17. LOL wkwkwkwkk sabar yah bang namanya diplesetin. :)))))
    kasi liat dong foto berwibawa pake seragam guru SD dipajang di blog. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah , nyeseg juga sebenernya ..
      tapi gue harus tetep cool

      ntar yaah kalo udah jadi guru SD beneran ini kan masih praktek ajah hehe

      Delete
  18. wah....Pak Guru ini ceritanya..???hahahaha.....Siiipp....

    ReplyDelete
  19. jadi PPL di sma gue dong, kita janji akan baik..kita janji akan baik.. #bisikansetan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue calon guru SD nak ..

      gue gak bisa ke tempat sekolahmu

      Delete
  20. wahh jadi guru OR nih ternyata bang edotz ganyangka ckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. perasaan gue gak ngomong jadi guru olahraga deh -_-

      Delete
  21. bukankah kita juga pernah mengalami dunia anak-anak...jadi santai sajalah :)

    ReplyDelete
  22. makanya dandan dulu yang cakepan dikit biar gag dimelet2in lagi :P *peacee :D
    ikutan panggil pak ediot ahh :D *eh oopss BD

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue udah gak bisa cakep deh kayaknya -_-

      pliis jangan panggil gue pak ediot :(

      Delete
  23. ciee yg udh PPL..itu udh resiko menjadi seorg gru,,jdi brusha aj, pasti bisa kq. Asal jgn ngelemparin pkai upil aja kalau lg marah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang nglempar upil gak boleh yaah ?
      padahal kan seruuu -_-

      Delete
  24. Hm ... Hm ... Hm ...

    Seru sekali PPL SD sepertinya (@,@)

    Awalnya tegang, lama-lama akan terbiasa, mungkin sampai bosen lihat Pak Edo.

    Tambahin dong namanya Edo Herjunot biar keyen ... (@.@)

    Oh, ya, saban sobo ning SD sampun salaman sama Guru SDnya ?. Biar terlihat sopan dan itu nilai plus juga Mas Edo.

    Jadi mau tahu saat ngajar anak2 SD Futsalan ala Mas Edo. Upload dong pideonya hehe ... =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah emang seru banget dan menguras tenaga -_-

      mungkin nanti gue bakal kangen sama suasana PPL ini , hehe

      pengennya sih gue kasih nama herjunot tapi gue takut dilemapr upil sama pak kepala sekolah

      sudaah ... senyum juga , gue kan dari kecil dididik dengan benar hehe

      haha , ngelatih futsal gak perlu di video ..
      lagian siapa yang mau pidio"in gue -_-

      Delete
    2. Menguras tenaga makanya minum STMU (Susu, Telor, Madu, Upile) biar kuat *sip, sip* =D

      Setiap moment bersama anak-anak pasti ngangenin. Apalagi klo sudah dianggap keluarga Mas Edo (@,@)

      Sebegitu kah kepala sekolah (>.<). Siapa tahu bisa buat koleksi tuh Upil muehehehe =D

      Cieeee ... #pukpukpukSmpeGemuk . Smoga gue seperti loe =D

      #Kepala Sekolah or #GuruBagianKesiswaan buat koleksi klo ada moment-moment terindah Mas Edo di SD tsb =D

      BTW senamnya pke lagu yg ngebeat seperti lagu Trio Macan. Nanti jadinya kan aerobik modern ala Mas Edo for siswa SD (^_^)+++++

      Delete
  25. Pengalaman asyik tuhh,,,
    nama'nya anak-anak,, pasti mereka ngmong yg blak-blakan...
    Jadi patut dimaklumii saja yaa bang....
    Yang sabaarr,,, smua bakal indah pada waktunya..
    heeee,,,
    slam knal... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaah kalo sama anak2 gue gak bisa marah :))
      paling gue yang dimarahin sama anak2 , hehe

      iyah , ini cuma proses menuju terbiasa aja ..
      malah sapa tau nanti jadi kangen..

      salam kenal juga :)

      Delete
  26. kunjungan perdana sobat :)
    salam kenal

    ReplyDelete
  27. selamat menemouh hidup baru dengan status baru lu ini dotz, kalo hari ni ada yg melet-meletin lidahnya, mungkin besok ada yang pamer bokong ama lu, lu harus tahan, ingat lu bukan pedofil ingattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaah itu yaam
      gue takut gue lepas kontrol kalo gue ngeliat ada anak yang pelorotin celana -_-

      tahaan tahaan tahaan

      Delete
  28. wah lagi PPL juga.. sama..

    awal masuk kelas aku di suruh gantiin. ngajar PPKN. lha bingung gue.. anak-anak pada ribut.
    nah aku ajak aja main game. baru deh pada antusias.. padahal game nya geje banget. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ...

      anak kecil emang pada gampang kalo diboongin yaaah :D
      besok coba disuruh senam ngupil ajah pasti langsung pada serius :))

      Delete
  29. namanya juga anak-anak!
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga calon guru SD ...

      salam kenal juga :)

      Delete
  30. manteb ceritanya masbro...dibwa'in mas dot jadi asikkk

    ReplyDelete
  31. oh ya sob, ada awrd ni silahkan di ambil...

    ReplyDelete
  32. yoooow broo edotz
    salam dari planet upil :D

    ReplyDelete
  33. adil atau gag adilnya si anak melet itu apa bukannya masalah persepsi belaka?!??! *halah... :p

    ReplyDelete
  34. beri anak2 itu tendangan sosis upil bro versi madun
    pasti langsung pingsan :D

    salam upil yang terhormat

    ReplyDelete
  35. emang elu ditakdirkan buat mendidik anak-anak ya hahaha semangat briw

    ReplyDelete