Catatan Tentang Buku-Buku yang Ada di Rumah

Semakin kesini rasanya saya semakin males aja baca buku. Bahkan tahun 2022 kemarin saya cuma bisa nyelesein 9 buku aja. Ya, cuma 9 buku. Sebulan baca satu buku aja nggak nyampe. Padahal tahun 2021 saya masih lumayan produktif, bisa nyelesein 32 buku.

Kalau dibilang lagi masa-masanya reading slump (males baca buku). Tapi kok ya lamaaa banget...

Sebenernya kalau dilihat-lihat di rak buku, masih ada banyak banget buku yang belum dibaca. Tapi nggak tahu kenapa, rasanya nggak tertarik aja mau baca buku.

Biasanya kalau saya main ke Rita Mall Tegal terus masuk ke Gramedia, udah jadi kewajiban buat muterin rak novel dan ngecekin judul-judul terbaru, kalau harganya lumayan mahal, catet judulnya nanti belinya lewat online biar dapet diskon.

Sekarang nggak tahu kenapa ngeliat Gramedia jadi biasa aja.

Beberapa tahun yang lalu, saya masih tergila-gila baca komik. Bahkan bisa dibilang, udah masuk ke level kolektor. Saya suka berburu komik-komik jadul yang harganya udah sampe ratusan ribu sampai jutaan. Komik yang saya beli juga harus memenuhi standar tertentu, bukan bekas rental, nggak ada staples di buku, nggak ada coretannya.

Kalau udah gitu, biasanya saya suka berdiri menatap lama-lama koleksi komik yang berjejer di rak buku. Saya udah sampai di level ambisius untuk berburu komik-komik dengan judul yang kebanyakan mewarnai masa kecil saya.

Mulai dari Kungfu Boy, New Kungfuboy, Dragon Ball, Offside, Shoot!, Ninja rantaro, Chibi Maruko Chan, Doraemon, Digimon, Pokemon bahkan komik yang imut-imut kayak Sentaro aja saya punya dengan kondisi yang mulus dan judul jadul lainnya.

Dulu saya betah tiduran sambil baca buku yang saya mau di perpus pribadi.

Sebagian besar waktu saya dihabiskan buat memantau grup jual beli buku di Facebook, tiap ada penjual yang posting buku menarik dikit tangan saya langsung reflek mengetik ‘MAU’ di kotak komentar. Khawatir keduluan sama pemburu buku lainnya.

Saya sampai cemas sendiri sama tangan saya yang bergerak lebih cepat dari otak saya. Liat buku menarik dikit langsung beli.

Dulu rasanya hampir setiap hari ada kurir dateng ke rumah nganterin paketan, yang isinya tentu saja komik dan buku.

Nggak cukup berburu di Facebook, saya juga rajin sweeping ke OLX, cari penjual buku-buku bekas, berharap nemu harta karun ada penjual yang jual buku langka dengan harga murah. Setelah itu, pindah ke Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

Lama-lama minat ngoleksi komik saya jadi pindah ke pengin ngoleksi novel. Saya mulai keranjingan beli novel. Polanya sama, saya mulai scroll-scroll Tokopedia, Shopee sampai menjelajah grup jual beli di Facebook, yang akhirnya jadi  akrab sama penjual-penjual buku.

Saking niatnya ngoleksi buku , saya sampai bikin rak buku baru dan ruangan ‘baru’ khusus buat novel, ruangan ini saya jadikan buat tempat kerja juga. Walaupun sebenernya ya... apa yang mau dikerjain? Palingan ya.. kalau lagi kesambet pengen nulis, nulis bentar.. selebihnya lebih sering buat tiduran dan laptop-an.

Oh iya, waktu itu saya sempet niat banget berburu novel horror, cita-cita saya waktu itu adalah ngoleksi novel horor sebanyak-banyaknya. Walaupun mengkhawatirkannya, cari novel horor yang bener-bener horor itu susah.


Ruangan khusus novel, dan buku-buku lainnya. Ini pas lagi rajin beresin


Itu sebabnya saya rajin buka toko-toko buku online buat berburu buku. Saking niatnya, saya sampai berhasil ngoleksi serial Goosebumps-nya R.L. Stine lengkap sampai ratusan buku ditambah Fear Street puluhan buku.

Waktu itu rasanya puasa banget ngeliat diri sendiri berhasil melengkapi semua buku karya R.L Stine.

Sampai akhirnya, tibalah di masa belakangan ini...

Rasanya saya lagi males banget buat narik buku dari rak terus duduk santai sambil baca-baca. Keinginan buat beli buku pun bener-bener nggak ada. Hidup rasanya nggak produktif banget. Kalau biasanya saya rajin buat beresin buku-buku yang berantakan, sekarang saya sampai lupa kapan terakhir kali beresin rak buku. Bahkan ruangan yang komik, bener-bener udah jarang banget saya tengokin di lantai atas.

Saya sendiri berharap, nantinya saya bisa ngerasa tertarik lagi sama buku-buku yang ada di rumah. Berdiri memandang rak buku, mengambil satu dari rak, lalu duduk santai membaca sambil sesekali menyesap kopi. Itu aja sih, kalau untuk masa-masa rajin memantau grup jual beli buku di Facebook, sweeping OLX cari buku, scroll marketplace belanja buku. Saya rasa udah cukup deh, jangan sampai terulang lagi. 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. Reading slump itu wajar kok, Kak :D nggak apa, Kak Edot sekarang nikmatin hobi lain dulu aja selagi dalam fase reading slump. Take your time!
    Btw, lihat ruangan buku Kakak rapih banget! Senang lihatnya hahaha

    BalasHapus
  2. Salfok sama rak bukunya mas Edot! AAAA RAPI BANGET! Wih kalo kita tetanggaan gitu kayaknya aku bakal bawa buku-buku R.L. Stine pulang wkwkwkwkwk. Sama kayak kata Lia, take your time di saat reading slump ini untuk ngerjain hobi lain. Semangat!

    BalasHapus
  3. Wah keren², jujur keren, salut sih yang seneng baca buku sampai koleksi begini.

    Dulu pernah punya keinginan punya perpustakaan sendiri, tapi pas nyicil buku satu, satu koq harganya mahal, lalu di rumah gak punya tempat penyimpanan sendiri, alhasil melayang sudah mimpinya.

    Satu yang jadi ganjalan itu harga, buat bulanan aja kadang berbagi dengan yang lain, ini harus berbagi dengan buku, belum kalau penyimpanan gak proper, bukunya jadi lembab, rusak, sedih rek. 🥺.

    Tapi seneng liat hobi nya dengan buku² tertata rapih begitu.

    BalasHapus
  4. Lagi mau membiasakan membaca buku sekarang gue, Edotz.. anw apa kabar hehe

    BalasHapus