Ramadan 2023

Ramadan kali ini diawal dengan libur awal puasa yang ‘cuma’ sehari. Padahal di puasa edisi-edisi sebelumnya libur awal puasa bisa lebih lama dikit. 

Kegiatan sekolah pun terlihat seperti hari-hari biasa, bedanya masuk sekolah lebih santai setengah jam, pulangnya lebih cepet setengah jam. Itu buat siswanya, kalau buat guru pulangnya tetep seperti hari-hari biasa, jam dua siang.

Ngajar pas bulan puasa tuh rasanya bener-bener dijauhkan dari kata semangat. Apalagi ngeliat anak-anaknya, agak siangan dikit bibir udah pada kering, agak siangan lagi kepala udah pada nyender di meja. Pas sudah bener-bener siang kadang sudah nggak mau pelajaran, pengennya cepet-cepet pulang. Ah... kalau itu sih, saya juga aslinya pengen.

Sebagai guru yang pengertian, sejam sebelum pulang saya ngasih kesempatan buat anak-anak tiduran di kelas. Saya juga ikutan, nyari posisi yang pas di pojokan kelas ikut tiduran juga. Kebetulan kelasnya sudah dikeramik, kondisinya yang fifty-fifty, keliatan bersih tapi ya nggak yakin juga. Tapi yang penting lumayanlah bisa buat rebahan.

Puasa kali ini, waktu lagi scroll-scroll Twitter saya nemu twit dari dokter @sdenta yang viral banget. Biar nggak terlalu haus pas puasa, Si Dokter nge-cheat pakai oralit, buat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Saya yang mudah terhasut, langsung buru-buru checkout puluhan oralit di Shopee buat stok selama puasa. Tiap sahur langsung saya praktekkan, minum oralit sebelum imsak. Dan emang sih, rasanya nggak terlalu haus selama puasa.

Beda banget sama puasa hari pertama saya pas nemenin istri ke pasar jam sepuluh siang nyari buah nanas yang rencananya mau buat selai nastar. Berhubung baru pertama kali ke pasar buah yang baru, saya sama istri jadi muter-muter nyari penjual nanas, yang akibatnya jadi haus kebangetan.

Beberapa hari kemudian, saya mempertahankan metode minum oralit setiap sahur karena ngerasanya oralit ini emang segitunya ngurangin haus pas puasa. Sampai akhirnya suatu hari karena sering tidur malem banget, saya kebablasan nggak bangun pas sahur.

Bangun-bangun pas adzan subuh, saya sempet mikir... duh kuat nggak ini ngejalanin puasa tapi nggak sahur. Tapi pas inget usia, saya jadi sadar sudah bukan masanya memikirkan hal-hal remeh begitu.

Akhirnya yaudah, tetep lanjut puasa, dan setelah dijalanin, ternyata ya… nggak haus-haus banget juga. Padahal saya nggak sahur pakai oralit.

Saya jadi mulai mikir, puasa nggak nge-cheat pakai oralit ternyata bisa-bisa aja. Padahal ya emang harusnya bisa, soalnya puasa tahun ini kan udah puasa kesekian kali yang saya rasain dari saya masih SD. 

Akhirnya saya pun memilih berhenti sahur pakai oralit karena dipikir-pikir tanpa oralit pun, puasa saya juga fine-fine aja. Walaupun ya emang masalah utamanya mulut rasanya kering banget (hal ini juga berlaku pas sahur pakai oralit)

Ramadan kali ini, saya lebih banyak buka puasa di rumah sama istri dan anak. Males aja rasanya kalau mau bukber di luar. Ngebayangin tempat makannya pasti penuh, mesti antri, habis makan kekenyangan nggak bisa selonjoran. Saya udah nggak minat duluan bukber di luar.

Palingan tiap sore saya sama istri dan anak muter nyari lauk buat buka puasa, beli es, terus pulang… dudukan tak berdaya sambil nunggu buka puasa.

Satu-satunya bukber di luar yang saya jalani palingan bukber bareng temen-temen komplotan ghibah. itu pun personilnya nggak lengkap, cuma lima orang. 

Kami bukber di kota sebelah, batalin puasa bentar di Indomaret pinggir jalan, sholat di pom bensin terus lanjut ke Solaria di Transmart Tegal. Hampir semuanya pesan nasi goreng yang harganya sampai 40 ribuan. 

Nasi gorengnya emang enak banget, awalnya kita makan berjamaah dengan riang tapi dibikin putus asa di tengah jalan karena porsinya yang gila…. banyak banget! Jadilah bukber kali itu kami makan nasi goreng sambil ber-istighfar karena nggak habis-habis.

Nggak dihabisin sayang, nasi gorengnya mahal. Mau dihabisin tapi perut rasanya udah penuh banget.

Lebaran tahun ini juga rasanya semakin biasa, kalau biasanya saya dan keluarga muter ke rumah saudara. Lebaran kali ini kami muternya ke makam bapak dan beberapa makam saudara.

Posting Komentar

0 Komentar