Sebuah Pesan yang Seketika Bikin Lemes

Malam itu, sehabis maghrib, ditemani dengan segelas kopi sachetan yang rasanya sedikit hambar karena airnya kebanyakan, tumben-tumbennya saya udah duduk di depan laptop. Asik nulis buat stok postingan blog. 

Namun baru nulis sekitar tiga paragraf, smartphone saya bergetar, ada sebuah pesan WhatsApp yang masuk di grup Komplotan Ghibah. 

Meskipun saya tahu presentase pentingnya chat tersebut hanya sekitar 1%, selebihnya hanya kegabutan yang diciptakan oleh bapak-bapak di dalamnya. Nyatanya, saya tetap berhenti nulis sebentar dan memilih membuka chat tersebut.

Sebuah pesan dari Didi, yang ketika saya baca ternyata sanggup membuat tubuh serasa nggak bertulang. Badan mendadak lemas nggak bertenaga.

Malam itu ada kabar duka, salah seorang teman yang bareng di grup CPNS dikabarkan meninggal dunia. Saya langsung merespon cepat membalas pesan tersebut.

“Kue temenan ora ndesss?” (itu beneran nggak, Ndesss?)

“Mbuh.. makane aku takon namane bener ora, kue aku entuk kading grup operator sekolah” (Nggak tahu, makanya akau nanya namanya bener nggak? Itu aku dapet dari grup operator sekolah)

Untuk memastikan namanya bener apa nggak, saya langsung cek website BKD kota Pemalang dan men-download kembali pengumuman seleksi CPNS tahun 2019. Begitu selesai, langsung saya search nama yang dimaksud dan ternyata nama lengkapnya sama. Saya semakin lemes.

Berikutnya, chat dari Pak Azhar masuk menambahkan informasi kalau nama yang dimaksud ini udah keluar dari berbagai grup CPNS yang diikuti. Ini semakin mempertegas kalau nama tersebut memang benar-benar meninggal dan pihak keluarga mengeluarkan dirinya dari berbagai grup di WhatsApp.

Mood nulis saya seketika hilang. Membayangkan betapa yang namanya umur beneran nggak ada yang tahu. Sebut saja Pak Norman. Pada usia yang tergolong masih muda, masih menjalani masa-masa CPNS-nya, harus meninggalkan dunia selamanya.

Saya langsung mengingat segala kebaikan Pak Norman selama mengenal beliau. Waktu masih jamannya berjuang di tes CPNS dulu. Pak Norman adalah orang yang paling rajin nge-share soal latihan CPNS. Paling antusias ngajakin kumpul-kumpul belajar bareng, walaupun kenyatannya... pada akhirnya hanya satu dua orang yang datang.

Selama menunggu proses tes Seleksi Kompetensi Bidang, tes yang dilaksanakan setelah lulus dari tes Seleksi Kompetensi Dasar. Lagi-lagi Pak Norman membuat grup WhatsApp untuk mempermudah komunikasi. Rajin memberi motivasi setiap hari yang kalau dipikir-pikir, kata-kata motivasinya tidak menambah semangat hidup sama sekali. 

Membayangkan Pak Norman yang begitu cepat harus meninggalkan dunia. Dalam hati saya berkata, “Ya Allah.. padahal bentar lagi udah mau setahun, udah mau 100% jadi PNS. Kalau masih CPNS gini berarti Pak Norman nggak dapat uang pensiun dong nantinya. Pak Norman kan juga belum nikah.” 

Masih dalam hati, saya melanjutkan, “Padahal Pak Norman juga udah selesai ikutan Pendidikan Profesi Guru. Tinggal nunggu 100% PNS, ngurus jabatan fungsional, Pak Norman harusnya udah bisa dapat sertifikasi. Gajinya udah dobel. Sayang banget.. Padahal Pak Norman ini termasuk guru yang juga aktif dan semangat.”

Sambil nunggu konfirmasi lebih jelas dari Didi di grup operator sekolah terkait penyebab meninggalnya Pak Norman. Saya mendadak muhasabah terhadap diri sendiri.

Membayangkan kalau selama ini saya masih banyak lalai, masih banyak dosa, ibadahnya kurang kenceng juga harus ngurangin ghibah yang tidak berguna.

Tapi kayaknya yang terakhir saya sebutkan tadi memang jadi sesuatu yang sepertinya paling sulit untuk diubah.

Bagaimanapun juga, berghibah memang udah menjadi sifat dasar manusia. Saking nikmatnya berghibah, bahkan kalau kita makan nasi putih lauknya ‘ghibah sama temen-temen’ mungkin rasanya jauh lebih nikmat dari lauk 4 sehat 5 sempurna.

Sebuah pesan dari Pak Zaka di komplotan ghibah masuk, isinya ‘innalilahi wa innalilahi rojiun.’

Saya pun membalas, “innalilahine simpen ndisit, Jek. Ngenteni kabari fix, angger wes ngko dewek innalilahi bareng-bareng” (innalilahinya simpan dulu, Jek. nunggu kabarnya fix. Kalau nanti udah fix, kita innalilahi bareng-bareng)

Yang kemudian dibalas, “ya.. arane palanga rah,” (Ya.. namanya juga jaga jaga-jaga)

Saking penasarannya dengan berita kematian ini, akhirnya saya langsung nelfon Pak Norman berharap dapat kejelasan. Kalau misal nggak diangkat ya wajar... Pak Norman kan udah meninggal. Tapi sapa tau, ada anggota keluarga yang bisa mengkonfirmasi berita ini. Meskipun saya agak ragu bakalan diangkat atau nggak karena pihak keluarga pasti masih dalam suasana berduka.

Kemudian Pak Azhar berinisiatif untuk menanyakan berita ini di grup CPNS kecamatan Pemalang. Berharap ada kejelasan perihal berita Pak Norman ini. Dan, nggak butuh waktu lama, ada sedikit titik terang dari Pak Dedi, teman CPNS satu sekolahnya Pak Azhar kalau katanya sebenarnya ini cuma ngerjain.

Bentar.. bentar.. ngerjain? Ngerjain siapa dong?

Simpang siur informasi ini akhirnya tercerahkan oleh kiriman foto dari Bu Hermin, salah satu anggota grup yang mengatakan kalau udah ada yang datang ke rumah Pak Norman langsung dan Pak Norman ‘ternyata’ masih hidup.

ASDFGHJKL@#$%&($($=×^

GILAAAAAA... BACANYA CAMPUR ADUK ANTARA KESEL SAMA LEGA.

Kesel karena ‘Kampreeet... ngapain sih bercanda pakai innalilahi-innalilahi segala?’

Lega karena, ‘untung deh ternyata orangnya masih hidup’

Walaupun saya jadi mikir, ‘Yah besok nggak jadi ijin keluar dari sekolah lebih cepet dengan alasan mau takziah dong’ 😄

Setelah diusut, jadi ternyata, Pak Norman ini niatnya mau ngerjain ayang bebnya dengan mengirim pesan yang mengabarkan kalau dirinya meninggal dunia. Entah gimana ceritanya, mungkin ayang bebnya ini terlalu shock sampai akhirnya menyebarkan berita duka tadi ke grup yang lain. 

Terciptalah kehebohan seperti cerita di atas..

Walaupun lega, tapi malam itu saya banyakan keselnya sih.. karena ya, kalau niatnya ngerjain pun, itu nggak lucu banget. 

Mesti pakai drama ngabarin dirinya meninggal segala. Padahal masih banyak bercandaan yang lebih pantas lainnya. Pak Norman tiba-tiba diculik alien, Pak Norman tiba-tiba kehilangan ingatan, atau Pak Norman ternyata selama ini adalah Power Rangers Biru misalnya.

Sebenernya yang lebih ngeselin adalah saya udah lemes-lemes denger berita duka, sampai mood nulis langsung anjlok, eh ternyata cuma kerjaan orang bucin. Padahal buat bisa dapat mood nulis yang bagus itu nggak gampang. Bahkan bisa dibilang ini termasuk fenomena alam yang jarang terjadi.

Beberapa hari kemudian, Pak Norman ngirim pesan ke salah satu admin grup CPNS minta dimasukin lagi ke grup tanpa merasa bersalah sama sekali. Yah, kan… sok-sokan keluar sendiri ujung-ujungnya minta dimasukin lagi. 

Intinya sih, apapun alasannya, seusil apapun niatnya, sebucin apapun hidupnya… bercanda dengan kematian itu bener-bener hal yang nggak lucu sih. Karena emang yang namanya umur itu bener-bener nggak ada yang tahu.  

Posting Komentar

7 Komentar

  1. Ada-ada saja bercandaannya, nanti kalau terjadi betulan, orang-orang sudah nggak percaya, kawatir tetap dikira bercanda. Bisa berabe, kan 🙈

    By the way, saya kalau jadi mas Edot pasti rasanya KZL juga mas, mana kitanya sudah sampai hilang mood terus panik, eh, ternyata cuma korban prank. Wk. Tapi mungkin mood menulis mas Edot yang hilang waktu itu kembali hari ini dengan isi cerita yang menarik seperti di atas 😂

    Kalau nggak ada prank itu, mungkin post ini pun nggak ada 😁 *dijitak*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak, akhirnya udah meninggal jadi mandi sendiri sama ke liang lahat sendiri 😄

      Nah itu Mbak, akhirnya tak jadiin postingan blog aja buat mengganti mood yang hilang waktu itu, lumayan buat ngisi2 blog haha

      Hapus
  2. Udah lemes banget dan shock, lha kok endingnya ternyata kerjaan orang lagi bucin.😂😂😂

    Memang benar kok, seusil apapun niat, becanda dengan kematian itu ngga lucu. Soalnya awal baca aku juga sudah ikutan sedih.

    Tapi mood menulis mas Edo sepertinya sudah balik lagi ya, buktinya ada tulisan ini.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ngeselin banget emang Om 😄

      Iya sengaja nulis ini buat postingan blog buat bayar mood yang hilang waktu itu haha

      Hapus
  3. becandanya ngeri deh Pak
    aku jadi ingat ada prank ke pasangan kalau dia bunuh diri
    tapi bucinnya emang jadi kelihatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang ngeri bercandanya, dan nggak lucu juga 😅

      Hapus
  4. Setuju mas. Bercanda boleh, tapi ga pantes kalo menyangkut kematian gitu. Dikabulin aja Ama Tuhan, udah siap belum bekalnya 😔.. kayak ga ada tema lain buat nge prank yaaaa...

    Beberapa Minggu lalu, suamiku sempet bikinnpa ik 1 rumah mas. Tapi dia ga maksud prank sih. Cuma nyebelin juga 😅. Jadi diakan biasa pingpong tiap Jumat malam. Biasa selalu bawa kunci sendiri. Dan pulangnya jam 1 malam kadang2, soalnya itu komunitas pingpong memang aktif dan rame kalo latihan.

    Naah Jumat waktu itu aku tidur duluan Krn dia bawa kunci sendiri. Tapi subuh aku mau solat, trus ngeliat kok dia ga ada, sepatunya ga ada, tasnya ga ada, berarti kan blm pulang. Udh kuatir tapi msh positif thinking Krn mikirnya abis naro motor di garasi rumah mama nya yg d eket Ama rumah kami, dia capek trus tidur sana mungkin. Aku wa pending doang. Jam 7 pagi ga ada kabar. Aku liat ke garasi rumah mama, motor dia ga ada dong. Langsung paniiik. Aku udh nangis2, nanyain semua temen2 dia, dan kakak iparku. Udh jelek aja pikiran, takut kena begal , kecelakaan atau apalah 😤😭. Ternyata jam 8 dia pulang, bilang kalo kunci pintu yg dia pegang,ga bisa masuk, Krn kunciku masih gantung di lubangnya 🤣🤣. Pak suami udh manggil2 ga ada yg denger. Telp mati lowbat. Akhirnya dia nginep di hotel 🤣🤣🤣🤣.

    Dan di situ aku nangis depan dia saking kuatirnya hahahahahahah. Sial... Bikin kuatir aja 😂. Mau aku geprek pas pulang hahahaha. Tapi lega sih yg penting ga kenapa2. cuma udah bikin orang serumah Ama temen2nya panik 😅

    BalasHapus