Show 6 Besar SUCI IX Kompas TV - Ngomongin Transportasi dan Bebas

Senin, April 05, 2021


SUCI IX Kompas TV udah masuk babak 6 besar. Persaingan semakin ketat, dan sepertinya udah mulai kelihatan kira-kira siapa yang bakal masuk tiga besar. Saya sendiri ikutan memprediksi sepertinya Egi Haw, Nopek dan Ali Akbar yang bakalan masuk tiga besar.

Tapi, yang namanya prediksi emang belum tentu bener-bener kejadian. Bisa saja ada salah satu komika yang tiba-tiba perform di bawah standar dan akhirnya tergeser sama komika yang lain yang sebenernya nggak pernah diunggulkan.

Seperti kejadian di SUCI IX show 6 besar kemarin. Enam komika tampil dua kali dengan durasi 3 menit dengan tema transportasi dan satunya bebas. Mungkin karena mesti tampil dua kali, ada komika yang ngerasa terbebani dan akhirnya tampil terburu-buru.

Nah.. untuk juri bintang tamu di show 6 ini adalah Keanu. Sementara juri tetapnya ada Raditya Dika, Pandji dan Abdel.

Kali ini saya akan mengulas penampilan keenam komika dan menyelipkan satu materinya yang menurut saya lucu.

GILANG

Gilang menjadi komika pertama yang tampil dengam menceritakan bapaknya yang kuli, berangkat kerja naik motor. Terus ngomongin bapaknya yang mau modif motor. Modifnya cuma tuas rem, dari warna hitam diganti kuning.

Salah satu materinya:

“Karena bapak saya ya punya motor. Yamaha. Mio. 2008. STNK atas nama mandor loh bang. BPKB digadain ibu saya ini, makanya sampai sekarang nih belum saya tebus nih. Pajaknya mati, eh ibu saya ngikut, ya kan.”

Sungguh materi yang sangat dark joke~

Bisa dibilang Gilang tampil ngeboom malam kemarin. Saya benar-benar nggak ketawa sama sekali. Bener-bener penampilan yang mengagetkan, karena minggu-minggu sebelumnya Gilang selalu pecah dengan materinya bahkan pernah dapat reward sebagai komika tnilai tertinggi di salah satu show SUCI.

EGI HAW

Egi ngomongin kesamaan profesi sama bokapnya. Egi ojek online, bokapnya ojek pangkalan. Tapi walaupun saingan, mereka santai bahkan nongkrong di tempat yang sama.

Salah satu materinya:

“Gue aja males sekarang ngojek bang, iya kan... soalnya disuruh apa? Disuruh kerja di rumah, kerja di rumah ya Allah.. kalo kerja kantoran masih enak. Kerja di rumah, ojeeeek onleeeen.... kerja di rumah gimanaaaa? Masa iya kita ngojek dalam rumah, yang ada penumpangnya bingung, ‘mas saya duduknya di jok apa di ruang tamu yaaa?’ Di kamar saya saja bu, nyalain kipas.”

NOPEK

Nopek ngomongin kebingungannya sama tema transportasi karena selama ini dirinya masih dikarantina di hotel, makanya salah satu transportasi yang paling dekat sama dia, ya... kakinya.

Salah satu materinya:

“Jadi bang, di desa saya cewek masih ngeliat cowok dari sepeda motornya bang. Seganteng-gantengnya cowok kalau motornya butut buat ndapetin cewek susah banget loh bang. Tapi kalau motornya keren buat ndapetin cewek mudah banget. Meskipun itu cowok mukanya ari-ari semua.”

ATE

Ate ngomongin transportasi itu penting banget dalam sebuah hubungan. Kayak misal Raditya Dika yang tiap pacaran naik mobil, itu kan enak. Beda sama Ate yang pacaran naik motor, banyak banget keresahannya.

Salah satu materinya:

“Maksud gua gini, lu nggak pernah naik motor dong, berarti lu nggak pernah ya merasakan pacaran di motor, panas-panasan, siang-siang kepala lu kringetan, gatel, lu nggak sadar yang lu garuk helm lu.”

ALI AKBAR

Ali Akbar, ngomongin dirinya yang selama beberapa bulan ini naik transportasi cuma mobil Kompas. Dan yang jadi masalah adalah driver KompasTV tiap minggu suka gonta-ganti terus.

Salah satu materinya:

“Cuma yang jadi masalah driver kompas ini tiap minggu ganti-ganti terus. Saya belum sempat akrab sama Pak rahmat, minggu depan sudah ganti Pak Indra. Sama Pak Indra saya belum banyak ngobrol sudah ganti Pak Tarmidzi. Maksud saya kenapa diganti terus sih? Bangun chemistry itu susah loh.”

RIO

Rio ngomongin profesi sampingannya sebagai ojek online yang punya kesamaan dengan seragamanya sebagai satpam. Yaitu sama-sama malu dengan seragamnya.

Salah satu materinya:

“Tapi yang ngeselin ya bang, gua baru tiga hari ngojek, masih malu-malunya pakai jaketnya. Mangkal di mall diusir satpam. Sakit hati loh gua bang. DIUSIR SATPAM SAKIT HATI GUA! Maksud gua, gua juga kan satpaaam gitu. SENIOR LAGI! YA KAN!”

 💋💋

Ulasan yang saya tulis di atas adalah ulasan dari penampilan yang pertama dari para komika. Niatnya mau nulis juga penampilan yang kedua tapi nanti malah jadi kepanjangan dan makan waktu juga harus nulis cuplikan materi dua belas kali. 😁

Jadi, satu penampilan di atas anggap saja buat mewakili gambaran suasana show 6 di SUCI IX kemarin. Mungkin di show selanjutnya, kalau saya tiba-tiba ada niat, bisa aja saya nulis ulasan semua penampilan komika.

Nah... kalau digabungin sama penampilan yang kedua juga, penampilan para komika semalem semuanya menghibur banget, tapi kalau diperhatiin emang udah jelas siapa yang bakalan close mic karena penampilannya standar banget sementara komika lainnya sukses bikin juri ketawa.

Ya, setelah sempat mendapatkan predikat komika dengan nilai paling tinggi di salah satu show sebelumnya dan pernah juga dapat komentar ‘no comment’ dari Raditya Dika karena materinya yang bagus banget. Gilang akhirnya harus close mic karena sempat belibet ngomongnya di penampilan kedua dan berusaha marah-marah biar terlihat lucu tapi ya.... emang gagal.

Dengan personanya sebagai anak kuli yang durhaka, semoga Gilang bisa sukses dengan karirnya di luar sana.

You Might Also Like

4 Upil

  1. Sedih banget Gilang close mic. Udah durhaka, nggak juara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali kepeleseet langsung nggak ada maaf ya Ris. Haha
      Sama kayak Arif Brata, Dodit, Pras Teguh... mereka lucu banget, tapi sekali aja ngeboom langsung close mic

      Hapus
  2. Udh kelewat lama aku ga nonton Suci ini :D. Jd jujur udh ga ngikutin bangett mas. Tp kdg suka denger kalo suami LG dengerin. Walopun, maaf, aku banyak ngerasa ga lucu yg skr. Nth kenapa jokes nya banyak yg ga bisa bikin aku ketawa .. tp mungkin itu selera sih yaa. Semoga aja bakal ada lagi komedian yg selucu Ernest, Raditya bahkan kiky Saputri aku juga suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fanny, persoalannya emang kadang kalau nggak ngikutin atau nggak kenal sama komikanya sering nggak lucu karena nggak ngerti personanya ...

      Emang yang udah jaminan lucu itu kayak Raditya Dika gitu ya, selalu bikin ngakak haha

      Hapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe