Show 7 Besar SUCI IX Kompas TV - Ngomongin Musik

Senin, Maret 29, 2021

Salah satu yang saya salut dari acara SUCI IX adalah ternyata acara ini bisa sukses meskipun digelar tanpa penonton dan hanya ada dewan juri. 

Salut banget deh sama KompasTV yang udah berani buat bikin acara seperti ini di tengah pandemi. Sekaligus berkah banget buat banyak orang penikmat Stand Up Comedy yang nggak bisa nonton tur stand up atau show dari para komika.

Show SUCI IX ini udah masuk babak 7 besar. Pada show kali ini temanya adalah musik. Juri bintang tamunya ada Nabilah Eks JKT48, Onadio ‘Killing Me Inside’ dan juga Cak Lontong yang minggu sebelumnya dua kali jadi juri utama karena Pandji berhalangan hadir. Itu artinya, di show kali ini Pandji udah bisa hadir lagi sebagai juri utama bareng Raditya Dika dan Abdel.

Kalau saya lihat komen-komen di Youtube, kehadiran Pandji sebagai juri ini memang sangat dinanti-nanti karena Pandji identik dengan juri yang paling gampang ketawa dan ketawanya juga paling kenceng, bikin rame.

Setelah bela-belain nonton dari jam sepuluh malem, karena memang udah nggak sabar ngeliat penampilan para komika di 7 besar ini. Alhamdulillah sepanjang show ini saya ketawa ngakak meskipun malem-malem karena memang lucu-lucu banget! Sumpah deh!

Berikut ini akan saya ulas penampilan para komika di show 7 kemarin. Tapi buat yang penasaran, bisa langsung saja meluncur ke channel Youtube Stand Up Kompas TV.

ALI AKBAR

Membuka penampilan dengan nge-roasting Pandji yang sempat menghilang selama dua minggu dari kursi juri. Juga membahas film Pandji Partikelir yang nggak laku dan hanya bertahan cuma dua minggu.

Salah satu materinya:

“Bang, bang... udah sih nggak usah ngerap-ngerap. Abang itu stand up aja udah, karena di Indonesia siapa yang nggak tahu gitu Pandji Pragiwaksono. Stand Up Comedian ternama. Setiap tahun selalu bikin tur dan selalu lucu, selain stand up dia juga pernah itu bikin tur rap. Dan selalu lucu.”

Ali Akbar dikomentarin sama juri materinya kurang luas, terlalu sempit karena hanya ngomongin Pandji yang mungkin banyak orang di luar sana nggak bisa nangkep lucunya di mana.

GILANG

Membahas kekesalannya sama orang yang sering bilang kalau musik bisa ngurangin stres. Padahal bagi anak kuli kayak Gilang, kalau stres nggak bisa makan, ya solusinya kerja.

Salah satu materinya:

“Apalagi muncul lagi sekarang itu yang baru, musik relaksasi ya kan. Musik penghantar tidur. INI BUAT APAAAAAA!!! Bapak saya kalau dari proyek ya langsung tidur nggak perlu penghantar gitu! Dia sudah diantarkan realita buat tidur lho!”

Penampilan Gilang pecah banget sih, saya beneran ngakak banget sama Gilang yang bisa menghubungkan tema musik sama dunia perkuliannya.

RIO DUMATUBUN

Awal-awal penampilan show kemarin, saya sempet nebak kalau Rio kayaknya bakalan close mic karena memang materinya kurang greget. Hampir krik krik banget. Apalagi pas bahas Onadio manggung sambil hapus-hapus tato. Nggak jelas banget.

Tapi semua berubah setelah itu. Berawal dari Rio yang cerita sekamar sama Nopek berasa kayak hidup di keraton, lama-lama bisa jadi abdi dalem. Seterusnya bener-bener pecah banget! Saya ngakak kenceng banget sama penampilan Rio kali ini. Padahal biasanya Rio ini menurut saya lucu banget enggak, garing banget juga enggak. Tapi kali ini beda, pecah banget materinya~

Salah satu materinya:

“Walaupun kaya gini-gini gua satpam ini punya mars satpam, bang. Ada marsnya loh. Cuma ada liriknya yang ngebebanin gue. Lagunya gini nih...

Satuan pengaman kita, menjaga keamanan. Masih aman nih...

Lirik keduanya ini bang.

Selalu siap siaga, menumpas segala kejahatan. Ya Allah~~~

*mukul paha*

Satpam suruh menumpas segala kejahatan!!! Buat jaga malam aja ada helm ilang tuduh-tuduhan loh!!!”

Penampilan kali ini Rio sukses bikin juri ketawa ngakak banget. Bahkan Pandji sampai mukul meja dan berdiri saking ngakaknya.

BEN DHANIO

“Gue dituduh punya orang dalam di KompasTV. Dituduh netizen begitu, gara-gara gue sering masuk bottom three tapi nggak keluar-keluar. Ini orang-orang yang komen gini mikir nggak sih, kalau gue punya orang dalem ngapain ikut lomba. Mending bikin acara sendiri, Kompas Xin Wen, enak! Bawain berita nggak harus lucu yang penting cina, beres!”

Ben membuka penampilannya seperti tulisan di atas. Selanjutnya Ben ngebahas pacarnya yang jadi auditor, yang suka nyari-cari kesalahan perusahaan. Profesi yang cocok banget buat cewek. Selanjutnya Ben ngebahas tentang K-Pop mulai dari jualan tampang, plastik dan lain-lain.

Penampilan Ben di show 7 kemarin memang nggak pecah sama sekali. Saya mau coba ikutan ketawa tapi nggak bisa. Paling cuma senyum meringis aja, keliatan banget Ben kayaknya memang beneran udah pasrah sih. Sudah mulai frustasi mikir cari materi.

NOPEK

Nopek membahas keresahan tentang sulitnya jadi komika SUCI IX yang harus bikin materi yang ‘dekat’ dengan dirinya oleh Raditya Dika. Padahal kalau di SUCI-SUCI sebelumnya komika bebas bikin materi yang absurd-absurd, kayak Rigen yang ngebahas Meggy Z jadi Dragon Ball Z. Terus Indra Jegel liburan ke Mars.

Salah satu materinya:

“Saya juga pengen bang stand up disini masuk panggung, weeeh temanya musik. Saya pernah kesurupan angklung. Tapi saya takuuuuttt.... kalau dikomen Bang Radit, terlalu nyari-nyari, masa ada orang jalannya kluntang klung kluntang klung. TAKUT SAYA BAAAANG!!”

ATE

Ate ngomongin dirinya yang ngga bisa jauh dari musik karena Ate memang sering kerja jadi MC. Yang sering disalahin sama penonton karena MCnya biasanya kebanyakan ngomong.

Salah satu materinya:

“Paling berat tuh jadi MC tuh ketika penonton rusuh. Adduuh... Ya Allah itu tugas MC jadi nambah tuh. Nenangin penonton. Wiih.. kadang-kadang kalau udah lemparan botol sampai panggung itu botol bang. Jadi MC konser itu selain harus pinter ngomong pinter ngeles juga tuh.”

Penampilan Ate biasa saja sih, nggak terlalu lucu tapi juga nggak garing-garing banget. Pada penampilan sebelumnya Ate juga tampilnya sering standar gini. Jadi, semakin kesini Ate harus bener-bener berusaha bikin materi yang 'No debat' dari Cing Abdel biar bisa terus bertahan. Soalnya komika lain bener-bener keren juga penampilannya.

EGI HAW

Egi Haw tampil ngomongin salah satu musisi favoritnya yang dijuluki Lord Of Music. Ya... Aldi Taher. Mulai dari Aldi Taher yang bikin lagu macem-macem mulai dari Nissa Sabyan, Brother Kesang, Dedy Corbuzier. Hebatnya, nadanya semua sama. hahaha

Salah satu materinya:

“Tapi banyak yang nyerang Aldi Taher, bang. Bener gua. Gua sedih gitu. Banyak yang nyerang Aldi Taher ada yang bilang, waaah.. lagunya jelek, lagunya nggak enak, liriknya gampang semua orang juga bisa bikin. HEEIII!! Semua orang memang bisa bikin tapi yang berani upload cuma Aldi Taheer~~”

Egi ngelanjutin dengan persepsi negatif orang sama anak reggae yang katanya suka narkoba. Padahal menurut survei, Cuma dua puluh persen anak reggae yang narkoba. Sisanya delapan puluh persen belum disurvey. 😂

♯♯♯

Hadirnya Pandji sebagai juri utama kembali membawa berkah bagi para komika dan penonton lainnya. Tentu saja karena Pandji salah satu juri yang paling mudah ketawa dan paling kenceng ketawanya. Suasana jadi kelihatan lebih hidup.

Setelah semua komika tampil, saya udah bisa nebak sih siapa yang bakalan close mic. Soalnya memang kelihatan banget paling ‘beda’ sama komika lainnya yang rata-rata bisa bikin ketawa ngakak.

Ada empat komika yang dipanggil karena mendapat nilai paling sedikit dibanding komika lainnya. Ali Akbar, Ben Dhanio, Ate dan Nopek.

Ya... setelah berkali-kali masuk bottom three dan selamat terus sampai dikira punya orang dalem. Show 7 kali ini Ben Dhanio nggak bisa selamat dan akhirnya harus Close Mic.

You Might Also Like

6 Upil

  1. ya Alloh ya rob gilang bikin ngakak bang dotz....kenapa bapaknya tertidur diantarkan realita? petjah...deh petjah wkwkkwkw...baca dari ulasan ini aja si mbul ketawa...

    udahannya yang sekamar ama egi dikarantina lama lama kayak di keraton huahhahahah...aslikkk...ada aja yang bikin ku senam muka.
    yang dimaksud si nopek apakah lemper putih ya bang alias candy ghost?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbul, Gilang emang pecah banget 😁

      Itu si Rio yang kayak di keraton, emang penampilannya juga keren banget bikin ngakak 😆

      Hapus
  2. Ben Dhanio kenapa harus keluar? Wkwkwk. Padahal baru panas itu mesinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dibandingin yang lain, emang kemarin Ben kalah jauh sih ya... Keliatan banget LPMnya dikit 😁

      Hapus
  3. waduh, saya gak pernah nonton acara yg beginian mas, jd bingung gak bisa komen... ini acaranya di TV ya mas? sedih, tipiku rusak, udh gak pernah nonton tipi lagi... hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, di YouTube juga ada sih .. semoga cepet sehat lagi TV-nya ya mas 😁

      Hapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe