Terbang ke Yogyakarta Bersama Pesawat Sriwijaya, Jelajahi Serunya Desa Wisata

Berwisata ke tempat-tempat yang menyajikan pemandangan alam atau situs-situs bersejarah saat berkunjung ke kota gudeg rasanya sudah terlalu mainstream. Lalu, kenapa nggak nyoba ngabisin waktu untuk menelusuri desa-desa wisata di kota yang juga dikenal dengan sebutan kota budaya ini dengan Pesawat Sriwijaya aja?

Desa wisata bisa memberikan kesempatan bagi para wisatawan selain menikmati keindahan alamnya, juga untuk mengenal dan mempelajari tradisi, budaya serta struktur masyarakat pedesaan tersebut secara langsung.

Upaya pengembangan wisata desa sedang giat-giatnya dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk memberikan kenyamanan serta fasilitas yang lebih memadai bagi para wisatawan, tanpa mengesampingkan keutuhan dan kelestarian lingkungan tentunya. So, tidak perlu lagi ngebayangin kehidupan merana di pedesaan. Apalagi melalui perjalanan udara dengan Pesawat Sriwijaya, kalian bisa kembali ke kota asal dalam sekejap. Nah... berikut desa-desa wisata di Yogyakarta yang patut untuk dikunjungi

Desa Wisata Tembi
Desa wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Anda-anda bisa memilih untuk menginap di rumah-rumah penduduk maupun di cottage. Tinggal menyesuaikan isi kantong.

Sumber: indonesiatraveles.net

Di sini terdapat Rumah Budaya Tembi, Museum, serta galeri-galeri yang memamerkan berbagai macam benda seni tradisional. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar membatik atau membuat kerajinan anyaman.

Desa Wisata Rumah Domes

 Sumber: optidaily.com

Area yang terletak di kawasan Kec. Prambanan, Sleman ini memberikan anda kesempatan untuk merasakan pengalaman tinggal di rumah setengah lingkaran ala Teletubbies. Terdapat 80 rumah dome yang difungsikan sebagai tempat tinggal, tempat ibadah, klinik, aula, toilet dan lainnya. 

Desa Wisata Kasongan

Sumber: santapjogja.com

Berwisata tentunya tidak lupa membeli cenderamata. Nah, di tempat yang terletak di Desa Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul ini, kalian dapat membeli atau sekedar menikmati keindahan gerabah karya orang Kundi, sekaligus sekaligus belajar cara membuatnya secara langsung.

Desa Wisata Manding

Sumber: inditourist.com

Berlokasi di pinggir jalan Parangtritis. Tempat ini merupakan surga bagi para pecinta belanja. Menyajikan berbagai macam kerajinan kulit. Selain itu Anda juga dapat melihat proses produksinya secara langsung. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan masih bisa ditawar.

Desa Wisata Nglinggo

Keindahan perkebunan teh tidak hanya dinikmati di Bogor dan Bandung, Anda juga bisa menemukannya di Desa Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kulonprogo.

Sumber: instagram.com @dutawisata

Selain perkebunan teh, terdapat juga hutan pinus serta air terjun setinggi 60m yang disebut Grojogan Watu Jonggol oleh masyarakat sekitar.

Desa Wisata Tanjung

 Sumber: sportourism.id

Hanya 30 menit dari pusat kota. Desa wisata ini menyuguhkan nuansa pedesaan yang asri karena lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Merapi. Aktifitas yang ditawarkan antara lain, belajar membatik, karawitan dan kesenian jathilan. Atraksi Cicibung tentunya akan sangat menarik bagi anak-anak, mereka nantinya akan diajar bermain nada sambil mandi di sungai. And, jangan kuatir, airnya dijamin bersih!

Desa Wisata Pentingsari

Sumber: pamitranrentalmotor.com

Kalau yang ini nih populer di kalangan wisatawan asing. Menawarkan pengalaman kehidupan pedesaan tradisional seperti memasak menggunakan kayu. Terdapat tracking area berupa persawahan dan hutan. Selain itu, tempat ini juga berdekatan dengan objek wisata lain seperti, Pancuran Suci Sendangsari, Luweng, Rumah Joglo dan Batu Dakon.

Desa Wisata Candran

Sumber: slemanjogja.com

Desa ini mendapat julukan Kampung Tani Internasional. Selain menyuguhkan kehidupan pertanian yang natural, terdapat juga Museum Tani Jawa Indonesia yang memamerkan berbagai hal mengenai pertanian. Khusus pada bulan September, wisatawan dapat menyaksikan festival orang-orangan sawah.

Selain yang disebut diatas, masih banyak lagi desa-desa wisata di kota gudek yang bisa dijelajah. Lepaskan kepenatan kota dan segera jadwalkan liburan dengan Pesawat Sriwijaya! Keasrian pedesaan Yogyakarta benar-benar patut dirasakan.

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Wah enak tuh Om suasananya ijo2
    Sejuk
    Bosen tinggal di kota penuh gedung
    Hadeh
    Sawah j di sini dah jadi perumahan

    BalasHapus
  2. gue kemaren ke kulon progo enggak tau sih klo ada desa wisata kayak gitu. harusnya nyempetin ke situ.
    tapi yg kurang enak, klo kesana enggak bawa kendaraan. kayaknya jadi salah satu kendala juga sih buat bisa mengunjungi desa-desa wisata.
    lebih enak liat sawah'' ijo gini sih, ketimbang liat kemacetan terus''an

    BalasHapus
  3. jadi pengen mampir ke jogja... luar biasa... pasti asyik,,,
    Keuntungan Mayora

    BalasHapus
  4. Thank you for the nice travel guide. If you have not had Hotmail account, it will be easier to start with hotmail com login

    BalasHapus