Setelah Bertahun-Tahun, Akhirnya Kumpulan Dongeng Bobo Ini Lengkap Juga~

12/16/2019 09:19:00 am


Salah satu buku dari sekian banyak yang mendampingi saya dari kecil sampai tumbuh besar adalah edisi Kumpulan Dongeng Bobo. Sebuah buku seri dari Majalah Bobo yang khusus menyajikan dongeng-dongeng yang pernah dimuat sama majalah Bobo dari tahun-tahun terdahulunya ini sukses membuat saya kesengsem saat pertama kali melihat cover dan judulnya muncul di salah satu halaman Majalah Bobo.

Sebelumnya saya juga sudah berhasil melengkapi serial Kumpulan Cerpen Bobo dari nomor 1 sampai 83. Perjalanan usaha melengkapi buku itu juga sudah saya tulis di postingan ini -> SETELAH BERTAHUN-TAHUN, KOLEKSI KUMPULAN CERPEN BOBO INI AKHIRNYA LENGKAP JUGA ~

Di akhir postingan itu, ada paragraf yang menuliskan kalau saya juga sedang berusaha melengkapi seri Kumpulan Dongeng Bobo yang levelnya jauh lebih sulit dan saat itu masih kurang banyak. Saya bahkan pesimis kalau serial kumpulan dongeng itu bisa saya lengkapin karena memang sudah jarang ada yang jual.


Sekarang, di postingan ini, semua keraguan saya ternyata bisa saya patahkan setelah saya berhasil melengkapi nomor terakhir yang masih bolong, yaitu nomor 58.

Judul Lengkap Kumpulan Dongeng Bobo :

Kumpulan Dongeng Bobo



01 - Pohon Makanan

02 - Pesan Sandi Si BulBul

03 - Menantang Setan

04 - Kasih Ibu

05 - Topeng Ajaib

06 - Petuah Ajaib

07 - Peri Negeri Kembaran Bumi

08 - Pohon Bantal

09 - Iblis yang Dungu

10 - Abbesira

11 - Putri Sekar Putih

12 - Lalita dan Buah Cendana

13 - Angsa Putih

14 - Ular Berhati Emas

15 - Intan yang Hilang

16 - Tumenggung yang Kikir

17 - Pangeran dalam Penjara Hijau

18 - Harta di Atas Menara

19 - Pilihan Opi Umbolarage

20 - Sayembara yang Aneh

21 - Sepasang Tangan yang Indag

22 - Calon Ratu Peri Bunga

23 - Bulan Kuning

24 - Cermin Penangkap Hantu

25 - Pangeran Palsu Berambut Merah

26 - Peri Mungil yang Badung

27 - Mesin Pencetak Hantu

28 - Buku Harian Orang Mati

29 - Putri yang Tidak Dikutuk

30 - Tuan Omongkosong

31 - Empat Pangeran Kembar

32 - Pangeran Berjari Enam

33 - Negeri Satu Kali

34 - Surat Wasiat

35 - Lolos Tiga Kali

36 - Hutan Mimpi

37 - Selimut Kunang-Kunang

38 - Lukisan Penyelamat

39 - Pangeran Bertopeng

40 - Permaisuri Pangeran Kembar

41 - Laguna Sihir

42 - Emas di Kaki Pelangi

43 - Bintang Jatuh

44 - Suara-Suara yang Tertukar

45 - Dibayar dengan Senyum

46 - Butir Berlian Keseribu

47 - Sepuluh Cinta untuk Putri Lianel

48 - Peta Menuju Surga

49 - Putri Berambut Kaca

50 - Naga yang Menelan Matahari

51 - Daniel dan Gadis Berkulit Madu

52 - Ererica Peri Pink Mungil

53 - Topi-Topi Selasih

54 - Pangeran Remeh

55 - Upik Abu dan Mantera Tubuh

56 - Negeri Empat Rembulan

57 - Jubah Satu Mutiara

58 - Aura dan Rambut Beningnya

59 - Arina Si Hidung Biru

60 - Sekolah Peri Biru

61 - Bidadari Perak

62 - Zir Penyihir Sisir

63 - Tangga Menuju Kebahagiaan

64 - Bertengkar dengan Bayangan

65 - Putri Perkasa dan Pangeran Manja

66 - Jin Hitam dan Satu Permintaan

67 - Persahabatan Tiga Peri Pelangi

68 - Cring Cring Cring...

69 - Mika, Peri Periting

70 - Tas Isi Hati

71 - Puteri Bau Kambing

72 - Pangeran Katak yang Palsu

73 - Topi-Topi Kelelawar

74 - Impian Cissy

75 - Makhluk Berkedip

76 - Betty Gajah dan Perayaan Madu

77 - Manuru dan Peri Mangrario

78 - Tiga Penari Pagi

79 - Si Kembar dan Makhluk Mineractus

80 - Mimpi Besar Si Mungli Azka dan Kaise

81 - Seratus Berlian

82 - Pohon Ketiga Belas

83 - Keajaiban Malam Bulan Biru


Oh iya, kalau kalian belum tahu seperti apa sih Kumpulan Dongeng Bobo itu. Ukurannya sama seperti majalah bobo dan semua halamannya berwarna. Setiap buku ada 13-17 dongeng diambil dari dongeng yang pernah dimuat di Majalah Bobo mulai dari tahun jadul.

Alasan kenapa saya bisa tertarik sama Kumpulan Dongeng Bobo ini berawal dari hobi saya baca majalah Bobo dan saya suka banget sama cerpen dan dongeng di majalah ini. Waktu itu di dalam majalah Bobo ini ada iklan tentang buku ini, seketika saya langsung berharap banget bisa punya judul-judul yang ditampilin di iklan majalah Bobo.

Judul dan ilustrasi setiap bukunya memang bikin kesengsem banget dan selalu bikin penasaran. Sayang, karena hidup di kota kecil saya jadi nggak bisa punya buku-buku ini karena nggak ada yang jual. Beberapa edisi saya lewatin hanya dengan melihat iklan cover di dalam majalah Bobo.

Sampai akhirnya, suatu hari ketika saya beli majalah Bobo di salah satu loper koran, saya melihat ada buku Kumpulan Dongeng Bobo yang dijual, judulnya saya masih ingat banget yaitu Intan yang Hilang edisi nomor 15.

Waktu itu saya nggak langsung beli karena nggak punya uang, maklum masih SD. Uang jajan cuma seadanya. Butuh beberapa hari dari ngumpulin duit sendiri buat bisa beli Kumpulan Dongeng Bobo Pertama yang saya punya karena saya mesti menyisihkan uang saku.

Awalnya saya nggak ada pikiran buat mengumpulkan buku ini sampai lengkap. Niat itu baru muncul setelah era jual beli online dan toko-toko online mulai muncul semakin banyak. Setelah melihat tumpukan Kumpulan Dongeng Bobo yang nggak seberapa jumlahnya, yang saya dapetin hasil dari jalan-jalan di toko buku bekas di Semarang waktu masih kuliah dulu. Saya mulai iseng cari judul-judul ini di berbagai toko online dan hasilnya lumayan banyak yang jual.


Aroma nostalgia pun menyeruak tajam pada diri saya. Buku yang waktu kecil cuma bisa saya lihatin iklannya di dalam majalah Bobo, jadi ada kesempatan buat saya dapatkan. Saya pun mulai nyicil beli buku ini satu per satu, berharap bisa menuntaskan hutang keinginan saya waktu kecil dulu yang nggak kesampaian buat menyentuh buku-buku ini.

Perjalanan ngumpulin Kumpulan Dongeng Bobo ini pun nggak mudah, karena saya bener-bener ngumpulinnya satu per satu, yang sampai saat ini setahu saya ada 83 edisi yang sudah dikeluarkan sama majalah Bobo.

Dari mulai saya masuk kuliah sampai lulus kuliah, setengahnya aja saya belum lengkap. Saya terus berusaha cari judul-judul yang saya belum dapet lewat toko online. Sampai bertahun-tahun kemudian, jumlah yang saya kumpulin baru kelihatan hasilnya. Dari jumlah 83, sudah sekitar 60-an edisi yang saya punya.

Anehnya di tengah rasa pesimis, saya masih tetap rajin setiap hari ‘keliling’ Bukalapak, Tokopedia, Shopee sampai OLX buat cari buku ini dengan bermacam-macam kemungkinan kata kunci yang bisa muncul. Mulai dari yang paling standar ‘Kumpulan Dongeng Bobo’, ‘Pustaka Bobo’, ‘Pustaka Ola’ sampai ‘Dongeng Anak’, ‘Dongeng Sebelum Bobo’ dan kata kunci yang berhubungan dengan dongeng lainnya berharap ada kata kunci yang bisa cocok dengan seri yang belum saya punya.

Semakin susah saya nemuin judul yang belum saya punya. Saya jadi semakin nggak yakin buat bisa melengkapi semua nomor yang ada. Beberapa nomor udah bener-bener langka banget. Pernah juga waktu itu saya liat di Facebook ada penjual buku yang jual salah satu Kumpulan Dongen Bobo yang saya belum punya. Sayangnya, sebelum saya sempat komentar mau beli, saya udah keduluan sama orang lain.

Saya sempet menguatkan diri sendiri kalau buku itu bukan rejeki saya, tapi saya ngerasa sayang juga buku yang selama ini dicari-cari dan muncul di depan mata ternyata malah jadi milik orang lain. Saya pun akhirnya nekat buat inbox pembeli tadi dengan menawarkan buku Kumpulan Dongeng Bobo lain sebanyak dua buku Kumpulan Dongeng Bobo buat ditukar dengan judul tadi.


Dua buah Kumpulan Dongeng Bobo yang saya tawarkan niatnya nanti mau saya belikan di toko online yang masih tersedia. Untungnya setelah beberapa kali obrolan, pembeli tadi justru mengikhlaskan buku Kumpulan Dongeng Bobo tanpa ada imbalan sama sekali. Saya lega banget....

Pernah juga saya nemu langsung sebelas nomor yang saya belum punya di Facebook, saya masih inget nama penjualnya Mbak Mahardika. Sebelas buku itu harganya terjangkau banget cuma sepuluh ribuan. Dan yang lebih bikin lega lagi adalah Mbak Mahardika ini baik banget. Bukunya sampai dikirim duluan padahal saya belum sempat transfer, padahal itu adalah transaksi pertama saya dengan penjualnya. Sepercaya itu Mbak Mahardika sama saya.

Sebenernya buku-buku untuk nomer empat puluh ke atas juga bukan termasuk buku-buku yang jadul banget, yang nggak terlalu berasa nostalgia sama masa kecil saya. Tapi karena memang saya suka baca dongeng, jadi tetap nggak masalah.

Sekarang, melihat delapan puluh tiga judul buku itu bisa terkumpul dengan syahdu. Saya bener-bener ngerasa bahagia banget. Salah satu persoalan hidup saya telah selesai dengan mengesankan. Memang sih, Kumpulan Dongeng Bobo ini satu sama lain isi ceritanya nggak nyambung, satu buku nggak berhubungan dengan seri buku lainnya. Tapi entah kenapa, saya rasanya niat banget buat bisa ngumpulin Kumpulan Dongeng Bobo ini walapun menghabiskan waktu sampai bertahun-tahun lamanya.

You Might Also Like

1 Upil

  1. Hi Selina



    i am Montoya Jazhel from the philiphines ,i was in a big problem in my marital life so i read your testimony on how Dr Ikhide help you get your husband back and i said i will give it a try and i contacted the Dr Ikhide to help me and he promised to help me get my problem solved. now am so happy with my life because all my problems are over. Thanks to the great Dr Ikhide for the help and Thanks to you Selina.

    You can reach him with this email:- dr.ikhide@gmail.com and i promise he will not disappoint you.



    I AM SO HAPPY…… remember here is his email:- dr.ikhide@gmail.com or whatsapp :- +2349058825081








































    Kumusta Selina



    ako si Montoya Jazhel mula sa pilipinas, ako ay nasa malaking problema sa aking buhay sa pag-aasawa kaya nabasa ko ang iyong patotoo sa kung paano tulungan si Dr Ikhide na maibalik ang iyong asawa at sinabi kong susubukan ko ito at makipag-ugnay sa Dr Ikhide upang matulungan ako at nangako siyang tulungan ako na malulutas ang aking problema. ngayon masaya ako sa aking buhay dahil ang lahat ng aking mga problema ay tapos na. Salamat sa mahusay na Dr Ikhide para sa tulong at Salamat sa iyo Selina.

    Maabot mo siya sa email na ito: - dr.ikhide@gmail.com at ipinapangako ko na hindi ka niya bibiguin.



    AKO KAYA NAKAKITA …… tandaan dito ay ang kanyang email: - dr.ikhide@gmail.com or whatsapp :- +2349058825081

    ReplyDelete

FanPage