#NGOMIK : Montage


Mengingat hobi baca komik gue yang nggak pernah ada ujungnya. Mulai sekarang niatnya gue mau buat rubrik baru di blog. Namanya #NGOMIK, yang artinya Ngomongin Komik. Iya, nggak kreatif banget emang ngasih namanya, tapi ya biar praktis aja sih. Toh ngasih nama unik dan keren juga nggak bikin langsug diangkat jadi PNS.

Rubrik Ngomik ini nantinya nggak melulu nge-review komik dalam arti yang sebenarnya, tapi sekedar ngomongin komik-komik yang udah gue baca. Tujuannya buat apa? Buat sekedar ringkasan cerita aja biar gue nggak bener-bener lupa sama jalan ceritanya suatu saat nanti dan siapa tau tulisan gue bisa jadi referensi buat para pecinta komik yang butuh pencerahan kalau lagi bingung milih komik.

Sebenernya udah banyak banget komik yang gue baca dan memang nggak pernah kepikiran mau dibahas di blog. Mungkin mulai sekarang, satu per satu bakalan gue ungkit lagi biar bisa dibahas di blog ini. Dengan catatan, kalau gue masih semangat buat nulisnya.

Komik pertama yang akan gue tulis di rubrik #NGOMIK ini adalah komik berjudul MONTAGE karya Jun Watanabe yang diterbitkan oleh Level Comics. Nah, karena ini yang nerbitin Level Comics, jadi udah jelas sasaran pembacanya adalah usia remaja sampai dewasa, ya. Pertama, karena di dalam komik ini ada beberapa adegan yang syur. Kedua, jalan ceritanya memang cukup kompleks dan rumit.

Sebelumnya, gue memang sudah beberapa kali melihat judul komik ini bersliweran dalam hidup gue, sempat baca sinopsisnya dan gue cukup tertarik. Tapi mengingat waktu itu komik ini masih belum tamat, gue males buat ngikutin ceritanya. Khawatir kalau nggak tamat-tamat sampai bertahun-tahun lamanya seperti Detektif Conan, One Piece, Fight Ippo! Dan lain-lain.

Pertimbangan selanjutnya adalah karena ini komik baru terbit, sudah pasti harganya tidak akan ramah di kantong. Harga komik baru waktu itu sudah menyentuh angka 22.000 rupiah dan sekarang sudah sekitar 25.000, bahkan lebih mahal. Bayangin kalau jumlah volumenya bisa sampai dua puluh ke atas.

Lalu kenapa gue akhirnya bisa dapat komik Montage ini? Semuanya serba nggak sengaja. Awalnya gue biasa ‘search’ di OLX liat-liat komik sapa tahu ada yang murah dan menggugah selera. Walaupun ya, harus hati-hati kalau liat komik murah di OLX karena biasanya itu penipuan.

Nah.. nggak sengaja gue liat iklan ada yang jual komik Montage ini. Harganya Rp 250.000, begitu gue bandingkan di Bukalapak dan Tokopedia. Ternyata, komik ini harganya masih di angka empat ratus ribuan untuk yang masih segel. Gue juga baru tahu kalau ternyata komik ini udah tamat.

Akhirnya, gue pun memantapkan untuk beli komik ini karena memang gue orang yang tidak pandai menahan diri kalau udah urusan sama komik. Walaupun komik ini second, tapi kondisinya masih bagus banget, jadi kalau ada yang bekas dan harganya terjangkau nggak perlu sampai harus beli yang baru, kan ya?

Pas gue sudah chat pembelinya di OLX, ternyata komik ini uudah mau dibeli sama orang. Tapi yang namanya rejeki emang nggak kemana. Penjualnya ngabarin lagi, kalau orang yang mau beli minta dipending karena mau keluar kota. Komiknya ditawarin ke gue.

Udah gitu, penjual nawarin belanjanya pakai Tokopedia aja kalau mau. Fix, gue yakin ini bukan penipuan. Akhirnya, komik ini pun sampai dengan tenang di hadapan gue.

Sebelum gue bahas sedikit komik Montage ini. Gue kasih sinopsisnya dulu komik ini bercerita tentang apa..
Kasus perampokan terbesar senilai 300 juta Yen yang terjadi pada 10 Desember 1968 yang belum terpecahkan mencapai masa kadaluarsa. Lalu pada tahun 2004, seorang anak laki-laki menemukan seorang polisi tua dalam keadaan sekarat, yang memberitahunya bahwa ayahnya adalah sang pelaku perampokan! Anak tersebut pun tumbuh dewasa dan terlibat dalam pusaran misteri bernilai 300 juta Yen tersebut...
Sesuai sinopsisnya, cerita ini berawal dari seorang anak bernama Yamato dan Miku yang memilih pulang sekolah lewat lorong-lorong sempit di daerah pertokoan, kemudian tanpa sengaja mereka melihat ada orang sekarat dengan keadaan perutnya berdarah.

Karena kaget, mereka berdua pun hendak lari, namun mendadak orang tersebut memanggil mereka yang kebetulan mengenali Yamato. Lalu, dia menyampaikan kalau sebenarnya ayah Yamato adalah pelaku perampokan 300 juta yen! Pesan terakhir yang disampaikan orang itu sebelum meninggal adalah ‘Jangan percaya pada siapa pun!’

Tidak lama kemudian, Ayah Yamato ditemukan tewas di sebuah pantai yang diduga karena kecelakaan saat memancing. Padahal Yamato tahu kalau ayahnya tidak suka memancing. Yamato pun menjadi yatim piatu dan akhirnya dibesarkan oleh orangtua Miku.

Begitu Yamato dan Miku dewasa, suatu hari secara tiba-tiba orangtua Miku menghilang tanpa sebab. Orangtua Miku tak kunjung ditemukan meski sudah dicari kemana-mana. Yamato pun mulai curiga kalau ini ada hubungannya dengan kasus perampokan 300 juta yen, juga dengan kasus meninggalnya Ayah Yamato waktu kecil dulu.

Yamato sepakat bersama Miku untuk mencari orangtua Miku ke Pulau Gunkanjima di tengah laut yang sudah tidak lagi berpenghuni. Mereka pergi dengan menyewa perahu setelah menemukan petunjuk di rumahnya.

Begitu sampai di pulau itu, dan mengikuti petunjuk di kertas yang ditinggalkan Ayah Miku. Tanpa diduga mereka berhasil menemukan uang hasil perampokan kasus 300 juta yen itu. Mereka berniat membawa pulang uang itu untuk diselidiki.

Namun begitu sampai di daratan, mereka bertemu dengan seorang polisi bernama Sekiguchi yang juga mengincar tas itu. Sekiguchi juga dengan sengaja membunuh pemilik perahu dan melimpahkan kesalahannya pada Yamato dan Miku yang membuat mereka menjadi buronan tersangka kasus pembunuhan.

Sejak hari itu Yamato dan Miku hidup sebagai buronan sambil terus berusaha mencari dimana keberadaan orangtua Miku dan mencari kebenaran dari kasus 300 juta yen yang belum terpecahkan.

###

Untuk gue sendiri, komik ini mempunyai jalan cerita yang sangat menarik. Dengan memadukan kisah nyata tentang perampokan 300 juta yen yang memang pernah terjadi di Jepang dilanjut menjadi cerita fiksi. Komik ini mampu membuat gue ingin terus membuka halaman selanjutnya dan selanjutnya.

Hidup sebagai buronan dan terus lari dari kejaran polisi sambil terus berusahan memecahkan misteri yang ada. Komik ini memang benar-benar penuh kejutan dan mengaduk-aduk emosi pembaca. Bahkan bikin gue ikutan jengkel dan geregetan sama tokoh-tokoh di dalamnya. Untuk art dalam komik ini juga bagus dan halus banget.

Komik Montage ini, tentu saja semakin lama ceritanya akan semakin panjang dan meluas. Jadi harus bener-bener cermat bacanya biar paham sama inti ceritanya. Yang jadi masalah buat gue adalah karena gue bacanya secara maraton, langsung beberapa komik dalam sehari, gue malah jadi susah buat menghafal nama-nama tokohnya, hahaha....

Nah.. sekian dulu pembahasan komik Montage di edisi perdana #NGOMIK kali ini. Semoga rubrik ini nggak cuma panas di awal saja dan akhirnya melempem jadi nggak pernah dipeduliin lagi.

3 Upil

Lama nggak main sini wkwkwk.

Curhat dikit, dulu aku juga pengen nulis tentang review setelah baca komik. Tapi aku aku bingung, kan bervolume-volume tuh, takutnya ntar spoiler wkwkwk. Tapi bisa juga sih.

Tapi sekarang aku nggak ngikutin komik lagi, karena harganya sekarang semakin mahal :') tapi bisa tuh beli yang bekas-bekas.

Reply

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

Reply

Post a Comment