Suka-Suka Ngomongin Toko Komik Online

Waktu kecil, gue hobi banget main ke persewaan buku dan komik buat nyewa komik bareng temen-temen. Bahkan saking seringnya baca komik, Bapak gue di rumah sampai marah-marah kalo ngeliat gue baca komik. Alasannya, daripada baca komik mending baca buku pelajaran.  Komik bikin males belajar. Komik bikin Bapak ingat mantan.  

Walaupun sering ditentang orangtua, gue tetep hobi baca komik diem-diem. Kadang baca di kamar,  kadang baca pas Bapak lagi pergi, kadang baca pas Bapak lagi nggak ingat mantan. 

Dulu waktu masih anak SD, gue emang cuma bisa nyewa komik aja, nggak mampu dan nggak tau caranya beli komik. Sekarang setelah jadi guru SD, gue lebih leluasa buat beli komik sekalian buat koleksi. Mengingat komik baru harganya mahal, gue lebih milih nyari komik bekas yang harganya manusiawi buat dikoleksi.

Masalahnya nyari komik bekas di kota gue nggak semudah ninggalin cewek yang lagi sayang-sayangnya, jadi gue kalo beli komik lebih sering lewat online. Karena keseringan mengamati para penjual komik yang ada,  gue pun jadi tau mana toko yang asik dan mana toko yang kurang bisa direkomendasikan.

Sebelum gue lanjut, apa yang gue tulis ini cuma berdasarkan pendapat gue pribadi ya. Namanya pendapat pribadi, nggak bisa dijadikan pembenaran secara mutlak. Setidaknya apa yang gue bahas bisa jadi masukan buat kalian yang mau beli komik juga. 

Nih,  gue komentarin toko komik online yang udah gue amati.

Nb : link toko update menyusul


Toko ini ada di Tokopedia. Pertama kesasar ke toko ini, gue lumayan shock. Harga komik-komiknya kebanyakan di atas sepuluh ribu semua. Bahkan gue nemu komik Si Botak Hagemaru 10 volume dijual lima ratus ribu, dan.... laku terjual.  

Mungkin karena toko ini udah punya reputasi mentereng dan langganan gold merchant harga mahal tetep banyak yang beli.

Btw, belakangan ini harga komik dibawah sepuluh ribuan juga lumayan banyak di toko ini. Sayangnya kurir pengirimannya terbatas.

Sepakbola Mania & Komik Mania

Dua toko ini ada di Tokopedia, pemiliknya adalah orang yang sama. Ini bisa dilihat dari foto produk yang dipakai, sama persis. Lokasi kotanya juga sama, di Cirebon. Toko ini punya poin cukup tinggi di Tokopedia, makanya jual komik harga mahal pun banyak yang mau. 

Emang sih stok komik di tempat ini melimpah. Komik yang susah dicari kebanyakan ada disini, kondisinya gue lihat juga kayaknya masih mulus-mulus. Tapi, gue pribadi menghindari transaksi di toko ini karena harganya nggak ramah buat gue. Liat-liat aja deh etalasenya, banyak komik pasaran yang masih gampang dicari terbitan Level Comics mereka banderol 35 ribu per komik. Wow! 

Luna Comic

Gue udah dua kali beli komik disini, emang penjualnya ramah. Tapi harganya nggak terlalu ramah. Walaupun nggak mahal-mahal banget sih. Luna Comic ini bisa nyariin komik cabutan yang susah dicari. Kemarin gue nyari komik Shoot! volume 12 nemu disini, harganya dua puluh ribu. Tapi wajar, soalnya gue cari dimana-mana nggak nemu. 

Karena sayang kalo ongkos pengiriman buat satu kilo cuma diisi satu komik. Gue pun sekalian beli komik lain, nah... komik lain yang gue beli ini harganya di atas sepuluh ribu. Termasuk kurang ramah buat beli borongan. 

Btw, link-nya nyusul, gue nyari alamat tokonya nggak ketemu.

Myhobbysportstore

Kalo mau nyari komik yang harganya sepuluh ribuan kesini aja,  tapi kebanyakan nggak lengkap volumenya. Jadi mesti kudu selektif nyari komik yang emang diperlukan. Gue beberapa kali order di tempat ini, salah satunya buat ngelengkapin komik Samurai Deeper Kyo, Sentaro, City Hunter dll

Kadang komik yang biasa-biasa aja pun dijual harga sepuluh ribu,  kebanyakan dijual harga rata.  Buat komik nggak fullset, yang volumenya bolong-bolong harga segitu termasuk mahal. Tapi kalo boleh dibeli nomer yang dibutuhkan aja bisa jadi ikutnya murah, karena nyari komik buat ngelengkapin nomer komik yang kita punya biasanya rada susah.

Komik Novel Bandung

Toko ini koleksinya banyak yang bikin ngiler. Komik-komik langka banyak yang tersedia di etalasenya. Sayangnya, harganya bikin menelan ludah. Komik-komik lainnya juga sama, harganya bisa di atas sepuluh ribuan. Bahkan untuk komik dengan kualitas bekas rental yang ada staples pinggir dan cap stempel rental, harganya tetap di atas sepuluh ribuan.

Novel anak kayak Goosebumps aja per bijinya 19 ribu,  Lupus 15 ribuan. Banyak deh komik lainnya yang harganya mencengangkan.

Jambusari Komik

Gue perlu berterima jasih sama Jambusari Komik, karenanya gue jadi bisa ngelengkapin volume komik Gash Bell yang susah banget nyarinya. Berbulan-bulan lamanya gue udah ubek-ubek kemana-mana tapi nggak nemu-nemu.

Walaupun begitu, Jambusari tergolong mahal karena harga komiknya rata-rata sepuluh ribuan ke atas dengan kualitas eks. rental. Gue sempet liat juga, ada orang yang tanya berapa harga komik Kungfu Komang,  tapi malah dijawab,  "Yang ini mahal Kak, buat kolektor yang minat.", seolah-olah yang nanya kayak nggak mampu beli. 

Butet Nasution

Toko ini biasa jualan di Facebook dan dia juga punya toko buku beneran di Jakarta. Dia juga banyak resellernya. Nah, akhir-ini gue lagi suka baca novel Enid Blyton sama Agatha Christie. Mengingat ongkos kirim pakai JTR / JNE Trucking cuma lima puluh ribu dengan minimal berat 10 kilo, akhirnya gue borong novel disini. 

Gue udah niat mau langganan disini,  sayangnya gue harus di PHP in berkali-kali. Pesenan gue nggak dikirim-kirim. Pertama bilangnya, nunggu dijemput kurir wahana. Beberapa hari kemudian, bilang nunggu kurir JNE dateng. Besoknya bilang kalo pake JTR mesti nunggu 10 dus dulu baru kurirnya ngambil biar kurirnya nggak rugi bensin. Padahal setau gue, orang kalo mau kirim ya tinggal kirim aja. Bayangin aja nunggu 10 dus baru kirim,  kalo gak ada 10 dus.. bisa-bisa paket gue gak pernah dikirim. Tapi gue coba santai toh nggak terlalu buru-buru mau baca.

Masalahnya, lama kelamaan, ini orang mundur mulu bilangnya. Akhirnya setelah gue ngotot minta segera dikirim kalo gak terpaksa refund. Akhirnya gue dikasih resi pengiriman juga, tapi cuma alamat gue yang difoto, nomer resinya enggak. Dan begitu gue mengamati, ternyata kirimnya pake JNE OKE bukan JTR.  Kan ngeselin, jadi apa artinya mesti nunggu 10 dus coba.

Lebih ngeselinnya lagi, buku yang dateng ke rumah ternyata kurang. Lima puluh novel Agatha Christie gue belum sampe. Karena males di-PHP-in gue bilang mending refund aja, mundur-mundur mulu. Sampai sekarang udah sebulan, gue masih nagih mulu novelnya buat dikirim. 

Karena penasaran, gue puncoba kepoin Facebooknya. Dan ternyata ada beberapa juga yang nasibnya kayak gue. Diputer-puter mulu masalah resi. Jadi nggak cuma gue yang ngalamin kekampretan ini. Fix, gue nggak akan belanja disini lagi. 

Alphacomicshop

Gue kenal Alphacomicshop sejak awal-awal buka toko di Tokopedia dengan reputasi bintang perunggu masih dua biji. Waktu itu harganya lumayan murah, bahkan ada komik yang dijual lima ribuan.  

Makin kesini makin tinggi reputasinya, harga komik di Alphacomicshop ini nggak semurah awal-awalnya. Bahkan mulai ngasih harga jauh dari kata standar. Bagaimanapun juga, toko ini emang koleksinya banyak banget. Bahkan nggak cuma di Tokopedia, tapi toko ini juga buka cabang di  Bukalapak,  Kaskus,  Shopee sampai web sendiri juga punya. Pokoknya niat banget jualan komik.

Sayangnya, kadang harga nggak sesuai sama kualitas, komik kondisi eks. Rental, penuh staples, cover lusuh dijual sepuluhribuan ke atas. Tapi kalo kalian ngerasa nggak ada masalah sama kondisinya sih nggak apa-apa. Sekarang sih kayaknya malah lagi ngadain diskon nih toko.

Btw, gue pernah punya pengalaman nggak enak sama Alphacomicshop. Ceritanya gue beli banyak komik di toko ini, beratnya sampai enam kiloan. Mengingat toko ini ada di luar pulau Jawa, jadi yang harus gue hadapi adalah ongkir yang terjangkau. Akhirnya gue milih buat pake layanan paket pos biasa. Murah tapi sampenya lama. Gue hanya harus sabar. 

Masalahnya adalah gue udah sabar banget nunggu dua minggu karena gue percaya aja sama toko ini, tapi dipikir-pikir kok ini komik nggak nyampe-nyampe padahal udah lumayan lama juga. Akhirnya gue pun coba inbox buat minta resi, dan dibalesin muter-muter. 

Alasannya resi di toko dan dia lagi pulang kampung, beberapa hari nggak ada kabar dia alasan lagi toko lagi tutup dianya nggak enak badan. Sampai akhirnya dia jujur kalo barangnya ternyata belum dikirim karena kesalahan pegawainya. Oke, dua minggu yang sia-sia. Cukup tau buat Alphacomicshop. Kalo ternyata ada pegawai di toko kenapa gue dia mesti alesan pulang kampung dan lain sebagainya coba.

kinantikomik

Kinanti Komik ini harganya standar. Terlalu mahal enggak,  terlalu murah juga enggak. Di toko ini,  kita masih bisa nemuin komik dengan harga tujuh ribu lima ratus sampai sepuluh ribuan. 

Kinanti komik ini ada dimana-mana. Ada webnya, ada juga di Bukalapak,  Tokopedia, sampai Shopee.

Haki Toko

Kebanyakan komik yang ada disini dihargai sepuluh ribuan, menurut gue ini wajar sih.. kenapa? Karena komik yang dijual kebanyak fullset, volumenya sampai tamat. Jadi menurut gue itu wajar.  Bahkan kadang ada komik langka yang harganya tetep sepuluh ribuan.

Sayangnya, gue lihat di ulasan para pembeli banyak yang ngeluh sama kualitas komiknya. Bahkan yang dikirim ada yang nggak sesuai. Bilangnya komik lengkap, ternyata ada volume yang bolong. Bukannya apa-apa, nyari komik cabutan (volume tertentu) kadang nggak gampang loh. Sama aja mesti ngubek-ngubek toko online lagi, dan ongkos kirim lagi. 

Gue pernah beli komik Zenki di Haki Toko, alhamdulillah lumayan. Komik langka tapi harganya sepuluh ribuan. Padahal di tempat lain harganya udah nyampe empat ratus ribuan.

Milori Shop & Interest Shop

Kedua toko ini pemiliknya sama, walopun produk yang dijual nggak sama. Tapi yang jelas harganya sama-sama terjangkau. Gue pernah beli komik Kenji vol 1-21 di Milori Shop per komiknya cuma tujuh ribu rupiah. The Law Of Ueki 1-16 di Interest Shop harga per komiknya tujuh ribu lima ratus ribu rupiah. Buat gue ini terjangkau banget. Bahkan komik Kotaro yang di tempat lain harganya udah jutaan di toko ini harganya nggak sampe lima ratus ribu.

Harga komik, novel dan majalah lainnya juga terjangkau banget. Yang bikin gue suka lagi adalah dukungan pengirimannya lengkap. Ada JNE,  wahana sampai pos. Gue jadi bisa milih mana yang paling murah sampai kota gue. 

Ocean Book Store

Ocean Book Store ini ada di Facebok. Sebenernya harga komiknya standar, ada yang mahal ada yang murah, tapi kadang suka bikin ngiler kalo lagi ngasih promo. Contohnya bulan Desember kemarin, toko ini ngasih diskon 50% untuk semua komik. Gara-gara promo ini gue bisa dapetin komik yang tadinya pengen dibeli tapi nggak kesampaian. 

Kalo diitung-itung, kayaknya udah ribuan komik yang gue beli di tempat ini. Mulai dari serial misteri, komik oneshot, shonen star, shonen magz, sampai komik fullset. Kayaknya cuma disini gue nemuin komik yang harganya cuma dua ribu lima ratus, lima ribuan tapi judulnya oke banget.  Makanya gue khilaf. 

Masalah ongkos kirim juga nggak terlalu jadi masalah karena bisa pakai ekspedisi Cobra yang puluhan kilo ongkirnya cuma kena seratus ribu.  Karena keseringan beli,  kalo ada komik murah yang punya toko langsung nawarin ke gue.  

Terakhir,  kenapa Ocean Book Store bener-bener toko komik yang asik? Cuma disini gue bisa nemu novel Agatha Christie,  Sherrylin Kenyon,  Raditya Dika dan puluhan novel lainnya dengan harga cuma delapan ribu rupiah. Dan yang bikin geleng-geleng kepala, gue ditawarin novel Harry Potter original set 1-7 dengan harga per novel 25 ribu rupiah belum diskon 50%.

Asli deh,  bener-bener toko ini murahnya kebangetan. Btw, biasanya toko ini ngadain promo harga murah setiap akhir tahun. Tapi kayaknya Ocean Book Store udah gak aktif jualan lagi. Mungkin karena terakhirnya semua bukunya dipasrahin ke gue buat diborong.

***

Belakangan ini gue emang lagi betah banget baca komik. Itu sebabnya akhir-akhir ini gue jarang banget baca novel. Palingan sesekali buat selingan aja. Karena banyaknya komik di rumah gue, banyak yang sekali baca langsung gue jual lagi. Duitnya gue pake lagi buat beli komik lainnya.

Btw, kalian sendiri punya rekomendasi tempat jualan komik atau punya pengalaman unik beli komik? Share ya...

2 Upil

Hi gan, terima kasih sudah mengulas toko Om Botak :)

Reply

Terima kasih ya atas kritik nya untuk Alphacomicshop. Ini jd evaluasi buat saya ke depan nya untuk memastikan pengiriman di percepat lg dan kondisi buku jgn sampe lusuh :)

Reply

Post a Comment