Blogger Energy dan Angka Empat

Hari ini, komunitas blogger kesayangan gue ulang tahun yang keempat. Wuah... rasanya bahagia banget ngeliat komunitas blogger yang satu ini masih bisa bertahan menghadapi kerasnya dunia perbloggeran sampai usia yang keempat ini.

Gambarnya +tofik dwi pandu 

Boleh dibilang udah banyak banget hal yang gue lalui bersama Blogger Energy. Sejak gue alay, sampai gue ngerasa malu pernah jadi anak alay, Blogger Energy udah setia jadi tempat gue naruh link tulisan blog gue. Dari tulisan yang sangat gaje sekali, sampai tulisan yang sok-sokan serius Blogger Energy udah pernah nyicipin semua rasa dari link yang gue titipin.

Gue nggak kebayang aja sih, dari grup sesederhana Blogger Energy, gue bisa dapet banyak banget temen yang punya hobi di bidang yang sama. Nggak cuma sekedar saling mengunjungi dan komen di blog, tapi sampai saling follow Twitter, berteman di Facebook, tukeran pin BBM, sampai di whats app juga. Ya, semuanya karena adanya Blogger Energy di negara yang penuh konspirasi ini.

Empat tahun bukan waktu yang sebentar. Karena itu, gue udah ngalamin banyak hal di Blogger Energy mulai dari yang bikin gue geleng-geleng sampai manggut-manggut. Gue hampir ngeliat semua tipe blogger personal di dalam Blogger Energy.

Blogger yang maunya buang link tapi males blogwalking, ada.
Blogger yang punya idealisme tinggi sehingga nggak cocok sama aturan BE terus milih keluar, ada.
Blogger yang cuma semangat ngeramein grup pas awalnya doang, ada.
Blogger yang setelah gabung nggak pernah ngeramein grup sama sekali, ada.
Blogger yang nongol di BE cuma pas mau promo postingan doang, ada.
Blogger yang udah jadi member BE tapi nggak pasang banner BE, ada.
Blogger yang udah bertahun-tahun tetep konsisten update postingan, ada.
Blogger yang akhirnya nggak pernah ngeblog lagi, banyak.
Blogger yang.... (tambahin sendiri, ya...)

Ngeliat usianya yang semakinmatang, Blogger Energy juga udah melahirkan beberapa blogger yang sukses dengan karyanya. Gue yakin sih, banyak blogger senior yang makin matang ngeblognya juga karena mereka pernah ada di Blogger Energy. Yang dulu nulisnya berantakan, sekarang tambah rapi. Yang dulu tampilannya  alay, sekarang makin kalem. Semua karena sama-sama belajar dan tanpa sadar saling mengamati di Blogger Energy.

Sayangnya... makin kesini, makin banyak hal yang udah berubah dari Blogger Energy. Mulai dari membernya sampai rangernya. Kalo dulu member Blogger Energy suka banyak ngomong, sekarang member Blogger Energy suka banyak nyimak. Kalo dulu ranger Blogger Energy ada empat, sekarang gue pengennya rangernya kayak dulu.

Sebenernya makin kesini Blogger Energy makin kewalahan, dulu sempat ada beberapa Tebe yang ikut memberi energi buat BE. Untuk menyambut mereka bahkan sampai ada postingan khusus untuk mengenalkan mereka. Sayangnya, beberapa diantaranya pada akhirnya mulai kehilangan energi, dan udah nggak pernah keliatan lagi. Ya, nggak apa-apa... gue juga belakangan ini udah mulai loyo, kerjaan di dunia nyata membuat prioritas ngeblog bukan lagi jadi yang pertama. Beruntung, beberapa Tebe masih terus aktif menambah nafas Blogger Energy semakin panjang sebagai grup para personal blogger. Asli, gue salut sama Tebe yang masih terus bertahan!

Hal yang paling ironis dari semakin matangnya usia Blogger Energy adalah ketika gue dan Tebe, yang lebih sering dibantu Heru, akhirnya kesulitan buat mencari blogger yang aktif tiap bulannya. Bayangin aja, dari ratusan member, nyari dua blogger yang aktif tiap bulannya aja kami udah kewalahan. Nggak ada bayangan sama sekali. Akhirnya, award bulanan yang jadi ciri khas Blogger Energy terpaksa harus diistirahatkan, harapannya biar ada yang kangen dan pas dimunculin bakalan menghentak lagi.

Sayangnya, award Blogger Energy masih tetap sulit diberikan pada orang yang tepat. Bahkan, meski formatnya udah diganti ‘hanya’ tiga bulan sekali, kami tetap kewalahan. Dan daripada memaksakan memberikan award pada orang yang seadanya. Lebih baik award Blogger Energy disimpan lagi dulu aja, nggak tahu kapan lagi bakalan dimunculkan.

Ulang tahun keempat ini, harapan gue adalah Blogger Energy bisa tetap menjadi rumah yang nyaman buat para personal blogger. Bukan rumah yang ada maunya aja baru didatengin, pas mau nitip link aja misalnya.

Gue juga berharap semoga Tebe yang tersisa masih bisa terus memberikan kontribusinya buat Blogger Energy. Sumpah deh, tanpa mereka, Blogger Energy mungkin udah bernasib sama kayak kebanyakan grup blogger lainnya, sepi dan nggak ada interaksi.

Lalu, semoga di bulan-bulan selanjutnya award Blogger Energy bisa hadir lagi dan bisa diperebutkan secara sengit. Anak-anak banyak yang aktif demi mendapatkan award, dan setelah dapet award bukan berarti semangatnya selesai sampai disitu aja.

Terakhir, semoga semakin banyak anak Blogger Energy bisa menghasilkan karya yang dapat dibanggakan. Jadi penulis buku, penulis skrip, banyak orderan vector, jadi komikus, jadi master pokemon dan jadi, jadi  keren lainnya lah. Yang jelas kalo udah populer, gue berharap kalian nggak pernah lupa sama Blogger Energy ya.

12 Upil

Wah! Menulisnya dari lubuk hati yang luang dalam banget kayaknya. Semoga kedepan BE makin dan makin lagi ya, tentunya makin keren, makin kece dan makin sukses untuk semuanya.

Gue ngerasain perubahan pas gabung. Tentunya ke arah yg baik. So semoga makin kece aja ah...

Reply

duh Dot, aku baca ini jadi pingin ketemu kamu. hahahaha....kayaknya kita udah berteman lama banget berkat BE tapi sekejab pun belum pernah bertatap muka..kayak dulu ada Miftah juga, Mba Ina, dan banyk lainnya. sedih juga karena semakin lama gue semakin disibukkan oleh kehidupan nyata ini, Dotz. Hidup semakin sulit dan gue harus semakin kerja keras. hahahaha *malahcurhat
Tapi ya gitu Dotz, gue akan terus bersama BE kaena BE yang menjadikan gue blogger yang sekarang ini dan gue nggak akan lupain itu semua. hehehehe..Sampai ntar gue nikah juga bakalan gue share cerita seru gue ke BE. Jadi, BE ada sejak gue masih kuliah, lalu kerja, nikah, punya anak..semoga BE selalu adaaaaaa dan nggak pernah bubar kayak SMASH. Aamiin...

Reply

Ha-ha-ha, aku termasuk ke dalam blogger yang udah mulai ngilang. Tapi di WA aku masih ada kok Bang *gak ada yang nanya*.

Aku sedih liat BE sekarang, tapi aku sendiri nggak tau harus gimana. Toh aku termasuk ke dalam gyerz yang ikutan hilang juga. Tapi semoga dengan umur segini, di tahun ini, cukup tahun ini, adalah tahun terberat BE. Semoga di tahun ini masalah hilangnya gyerz bisa jadi suntikan buat gyerz yang masih ada biar bisa membangkitkan BE lagi.

Semoga aku juga bisa berkontribusi lagi. Meskipun nggak kayak dulu.

Semoga Bang Edot juga nggak lupa dan menghilang dan tetap peduli sama BE.

We all care to you, BE. Stay alive. Stay exsist, stay strong. Keep going on!

We love youuuuuuu!!!

Reply

Kenapa harus SMASH sih Kakak Meykke :(

Aamiin, semoga aku jugaaa!

Reply

Wah typo, stay exist yak harusnya haha. Ini peduli amat sih Wiiii

Reply

Fiuh, 4 tahun. Udah 4 tahun. Jujur gue udah lupa kapan pertama kali gue kenal komunitas ini dan gue juga udah lupa dari mana gue nemu komunitas. Tapi gue gak akan pernah lupa bagaimana komunitas ini telah mempertemukan gue dengan orang-orang yang passionate, mempertemukan gue dengan orang-orang keren, online maupun offline.

Ini ga cuma kejadian di grup BE doang. Apakah ini pertanda bahwa sebenarnya dunia blogging emang udah semakin tergeser popularitasnya? Atau ini pertanda bahwa euforia BE udah semakin padam?

Mungkin belum. Kalau boleh membandingkan, blogging sebagai aktifitas di dunia internet sudah melewati berbagai macam era. Dari era jaya Friendster pindah ke facebook, facebook pindah ke twitter, twitter pindah ke instagram, begitu seterusnya.

Yah, meski pertumbuhannya ga besar-besar amat, aktifitas blogging itu menurut gue masih ada dan masih akan terus ada. Sekarang tugas kita sebagai blogger adalah menghidupi kembali aktifitas blogging itu. Jujur gue kangen banget menuliskan apa aja di blog gue. Selama tahun 2016 ini gue baru bikin postingan sebanyak 4 biji. Gue malu. Gue sedih. Gue kok malah curhat?

Orang-orang di BE bakal terus datang dan pergi, Dot. Seperti kata Dwi di atas, BE still need you, we need you.

Dalam komentar gue yang kayaknya lebih panjang daripada rata-rata postingan gue di blog ini, gue ingin mendoakan yang terbaik buat komunitas kita yang keren ini. Jangan larut dalam kesedihan ini dan move on menyalakan euforia BE sekali lagi.

Reply

Kalo aku sih tipe blogger yang nongol cuma pas promo tulisan aja.

Karena ngeblog memang jarang, dan buka laptop juga untuk ngerjakan tugas kuliah dan hal lain. Dari tahun kemaren juga ngeblog mulai loyo, gak bergairah, dan males. Dunia nyata menjadi prioritas tentunya.

Semoga aja di umur 4 tahun BE, member balik lagi nyempetin untuk sekedar meramaikan promo tulisan.

Reply

Tulisannya mantap bang. Rasanya saya ingin blogwalking lagi di BE. Blogwalking yang bukan cuma komentar singkat, tapi mesti tau isi tulisannya. Kadang ketemu tulisan yang bikin pusing, sampe harus dibaca lagi, kadang ketemu tulisan nggak jelas, ketemu tulisan yang mantap. BE memberikan perubahan dari yang tulisan saya yang kacau, berantakan, jadi lebih kalem, nggak seberantakan dulu. BE komunitas blogger terbaik. Jadi pengen taruh link di grup lagi, tapi udah lama juga nggak nongol. Saya jadi merasa aneh.

Reply

Bang Edotz, lu ingat gak ketika gue pertama kali baca novel lo? Gue ingat lo mencantumkan nama Blogger Energy dibagian Pendahuluan buku lo, dan itu pula yang membuat gue penasaran tentang dunia tulis-menulis, dan akhirnya gue bergabung di Blogger Energy.

Memang komunitas Blogger seperti Blogger Energy ini mungkin komuntas terbaik yang pernah ada aku didalamnya, karena peraturan didalamnya saling menguntungkan dan memberi semangat sama gyerz yang lainnya. Happy Birthday, Blogger Energy!

Btw bang, gue termasuk didalam kategori

Blogger yang nongol di BE cuma pas mau promo postingan doang, ada.

Maaf kalo gue bersifat begitu, tapi gue akan berusaha lebih baik lagi.

Reply

Gue juga awalnya blogger personal dan ketika gue kehilangan energy untuk berubah menjadi power ranger SPD akhirnya gue ngerasa cocok dengan blog otomotif yang sepertinya lebih kena ke gw. Dan Blog personal gue sekarang tinggal 30 hari sebelum tewas domain expired.

BTW selamat buat BE ya, semoga makin solid? then kalo gue mau nyumbang tulisan gimana?
http://www.indoblazer.com/2016/08/promo-gratis-7-toyota-sienta-ini-asli.html

Reply

Hoaaaah selamat ulang tahun! Semoga ke depannya bis akembali rame dan seru-seruaan yaa. Senaang pernah main-main ke dalam sanaa. Salam buat temen-temen lain ya dot. Hehehe. \:D/

Reply

Kalo w tipe yang kayak gimana ya...
lah orng w aja baru bisa nge-blog...

Reply

Post a Comment