Nungguin Kejutan Syahdu di Piala Eropa 2016



Sejak kecil, gue emang seneng banget sama hal-hal yang berbau bola. Mulai dari bola basket, bola sepak, sampai bola bekel. 

Zaman SD dulu bahkan beberapa kali gue rela begadang demi nonton tayangan sepakbola di televisi. Liga favorit gue waktu itu liga Italia, tim favorit gue SS Lazio, sementara pemain favorit gue Simone Inzaghi. Gara-gara Ini juga gue jadi ngefans banget sama Timnas Italia.

Gue masih inget banget sampai sekarang, betapa dramatisnya final piala eropa tahun 2000 yang mempertemukan antara Timnas Italia VS Timnas Perancis. Gue yang masih cilik udah doyan nonton bola, momen beginian jelas gak bisa dilewatkan. Gue pun begadang sambil ngemil pahala sepertiga malam.

Bahagianya begadang nonton final piala eropa waktu itu adalah nonton ya nonton aja, nggak perlu sambil ngomentarin jalannya pertandingan lewat livetwit. Emangnya elu mau nonton bola, apa nonton hape?

Perjuangan gue begadang malam itu terasa nggak sia-sia setelah Marco Delvecchio berhasil menjebol gawang Timnas Perancis yang membawa Italia unggul 1-0. 

Disaat gue udah mulai pemanasan buat meluapkan kebahagiaan gue menyambut juaranya Timnas Italia, mendadak beberapa menit sebelum pertandingan berakhir. Timnas Perancis berhasil menyamakan kedudukan lewat Sylvain Wiltord. Gue bener-bener lemes banget. Saking lemesnya buat menghalau budaya Korea masuk ke sekolah-sekolah aja gue nggak sanggup.

Selanjutnya babak perpanjangan waktu, final piala eropa saat itu pake sistem golden goal. Setau gue, golden goal sama aja artinya siapa yang ngegolin dulu ya dia yang menang. Udah gitu aja, nggak perlu nunggu waktu pertandingan selesai.

Pertandingan perpanjangan waktu berjalan penuh ketegangan, ya... namanya juga final piala eropa, bukan final liga tarkam. Sampai akhirnya,  momen kampret itu datang juga di menit ke 103. David Trezeguet, dari Timnas Perancis berhasil menjebol gawang Timnas italia yang artinya, fix! Timnas Perancis keluar sebagai juara.

Sumpah, waktu itu gue berharap gol dari Trezeguet bakalan offside, gue berharap Trezeguet melakukan gol bunuh diri, gue berharap Trezequet cuma bercanda aja, nggak ada niat buat serius. Tapi nyatanya enggak, itu emang beneran gol. Gue mendadak lemes banget. Separuh jiwa gue pergi. Gue bener-bener nggak bisa tidur setelahnya meskipun gue udah baca doa' sebelum tidur.

Ngomongin piala eropa, sebenernya banyak cerita-cerita keren dan unik. Salah satu cerita syahdu sepanjang sejarah piala eropa menurut gue tuh waktu Portugal jadi tuan rumah di piala eropa tahun 2004. Yap, piala eropa waktu itu benar-benar berjalan seperti dongeng yang terlalu indah. 

Siapa yang menyangka, Timnas Yunani, yang nggak populer sama sekali, dipandang sebelah mata, nggak punya reputasi, dan nggak ikut BPJS ternyata berhasil menjadi juara piala eropa. Uniknya lagi, pertandingan pembuka dan penutup dilakukan oleh tim yang sama, Portugal VS Yunani. Bener-bener momen yang sulit diulang. Ibarat mau ngajak balikan mantan, eh... mantan udah move on duluan, udah nggak bisa diulang lagi buat pacaran.

Mundur ke beberapa tahun sebelumnya. Ada juga momen spesial dimana pada gelaran piala eropa tahun 1992, tim yang dilihat sebelah mata berhasil membuktikan diri menjadi juara. Yap, Timnas Denmark disebut dinamit yang meledak karena bisa mengalahkan Jerman di final piala eropa. 

Waktu itu Timnas Denmark emang pemainnya banyak yang keren. Salah satunya, kiper Peter Schmeichel yang berhasil membuat pertahanan Denmark makin kokoh, sampai akhirnya beberapa tahun kemudian Peter Schmeichel pun berhasil nganterin Manchester United dapet gelar treble winner. Hmm... Zadeezz~

Ngomongin momen unik piala eropa dari masa ke masa. Tahun 2016 ini juga akan jadi momen spesial buat kita para pecinta bola karena pagelaran piala eropa akan dimulai sebentar lagi. 

Gue yakin, selalu ada yang unik di setiap pagelaran piala eropa. Mungkin aja, akan ada kejutan seperti pagelaran piala eropa seperti tahun-tahun sebelumnya. Mungkin aja nanti akan ada lagi dongeng yang diciptakan dari timnas antah berantah yang pada akhirnya ternyata jadi juara. Atau akan ada pemain muda bersinar dengan skill-nya yang wow dan nantinya akan jadi rebutan klub-klub besar eropa. Pokoknya terlalu disayangkan banget deh kalo piala eropa 2016 ini kita lewatkan begitu aja.

Kalo ada yang belum tau seputar piala eropa kali ini, saran gue nggak perlu merasa kuper, apalagi baper. Tenang aja, kalian bisa tahu lebih banyak informasi lewat Piala Eropa 2016 Sindonews sebagai sumber berita terpercaya. Semua informasi ter-update tentang piala eropa 2016 bisa kalian temukan di dalamnya. 

Intipin profil timnas favorit kalian, dan bersiap buat jadi saksi seberapa jauh timnas favorit kalian melaju di piala eropa 2016 Ini. Gue tetep jagoin Timnas Italia, kalo kalian siapa jagoannya?

19 Upil

Saya jagoin Jerman, Dot. Btw, tahun 92 saya baru lahir.

Reply

Sindonews bakalan update tentang skor dan jadwal pertandingan kan? Akur lah kalau gitu. Bakal rajin nengokin kesana.

Reply

Kok gue jadi bingung bacanya ya? Ah mungkin karena gue juga ga suka bola ya.
Nitip sendal materi stand up gue aja. http://www.pakepe.com

Reply

Sayang banget bang, dari awal digelarnya Kualifikasi Euro 2016, gue tetap setia dukung Denmark. Eh sempat ga lolos fase grup. Gue kira harapan udah pupus. Ternyata masih ada fase playoff. Gue udah mulai optimis kalo Denmark bisa lolos.

Ternyata dijegal sama Swedia kamfret itu.

Reply

Jagoan saya itali bang
Wah kita sama dong
Kalo kita sama kita kembar dong
Wah ga nyangka y
Prediksi saya yg juara di euro nanti itu bang yg menang di final

Reply

Sip Ris, Nanti kita liat bersama apa yang akan terjadi pada Jerman di piala eropa 2016 ini~

Reply

Wuah ternyata komika ya ... bawa materi rokok syahdu banget :D

Reply

Coba berharap Swedia mendadak males berangkat ikutan piala eropa 2016 ini, terus nyuruh Denmark yang berangkat~

Reply

Sipp .. prediksi gue juga itu yang bakal menang nanti di final~

Reply

Sedari kecil suka nonton bola . . . walaupun tidur bangun pas goal doang gara-gara bapak sama abang teriak teriak kegirangan. Paling suka sih sama Italy yak. Bukan karen team gede, tapi karena suka cara maennya apalagi bertahannya :D
Sampe sekarang kalo maen PS juga strategy counter attack.
Semoga aja si Gufron (Buffon) bisa nyolek tiap bola yang mau masuk gawang xDD

Reply

pertama kali suka bola gara2 nonton piala dunia 2002, ngefans sama timnas inggris sampe sekarang walaupun yah... tiap ikut turnamen inggris selalu jadi timnas overrated. Baca2 cerita soal denmark 92 emang paling dahsyat sih menurut gue, lebih dahsyat daripada yunani 2004 :))

Reply

Tulisan ini mengandung iklan berbayar ya Dotz???

Apa hubungannya itu timnas luar negeri dengan bpjs hahahhaa
Kalau ngomongin bola sih aku gak begitu paham, cuma kalau untuk kejuatan piala dunia yg akan datang aku jagoin Jerman.

Sindonews kayaknya emang cocok buat referensi yg suka2 bola

Reply

Gue si dari dulu inggris bang. Walaupun sampe sekarang belum ada prestasi. Haha

Reply

Bola Dribble gak suka bg? XD

Melihat perjalanan piala Eropa dari tahun ke tahun emang selalu bikin greget ya bg. Apalagi ada moment mantan diajak balikan tapi dianya udah move on duluan. Kan nyesek itu bg. XD

Gue tahun ini jagoin siapa yg menang aja bg. Maklum, dari kecil gue kurang suka Fanatik sama yg berbau bola. Main sih, sering. Tapi, ditanya 'Team favorit lo apa ru?'

Smabil senyum gue jawab 'Yg menang bro.'

Pfttttt. Masih smooth bgt bg. Nice..

Reply

Kalau gue sendiri dukung yang menang aja. Gue pencinta bola. Tiap mlam gue nonton bola. Dari cp ampe GK gue tau. Kalau bola tu yang paling asik dukung tim yang berjuang di zona bawah ama tim bertahan. Gregetnya ampe jantungan. Malam ini ada ATM lawan Muncen, prediksi si ATM hahahaha. :D

Reply

Begadangnya bermanfaat tuh, nonton bola sambil ngemil pahala. Kalau ngemil nasi entar jadi gendut.

Bola mah gitu, bukan berarti yang terkuat yang menang karena bola itu bulat. Tim yang diunggulkan menang bermain dengan beban, dan yang gak diunggulkan mainnya bebas. Ngomong gitu kek lu ngerti bola aja.

Aku dukung tim yang menang aja deh, bisa tolong cari tau nggak kira-kira siapa yang menang nanti.

Reply
This comment has been removed by the author.

Aku ga ngerti sama bola sama sekali, yang aku tau cuma barca, mu udah itu doang. Kudu banyak referensi tentang bola ini mah~

Reply

Kagak ngerti soal bola. Jadi, nyimak aja deh

Reply

Post a Comment