November Ajaib

Bagi gue, bulan November adalah bulan terbaik dalam tahun 2013 yang gue jalanin, walaupun Desember tahun ini belum habis dan gue gak tau kejutan apa yang akan datang di depan gue. (Kalo Desember gue dapet pacar, gue ralat bulan terbaiknya.. Sungguh).

Gue sempet ngebayangin tanpa adanya bulan November, pasti saat ini tiap bangun tidur gue masih kena serangan semacam asma di pagi hari. Ya, bangun tidur kepikiran skripsi itu nyesek. Bonusnya, tiap boker gue sering sambil nangis. Klimaksnya gue mandi, keramas sambil nahan hati yang pedih. Juga sambil nikmatin rambut yang rontoknya makin parah gara-gara kepikiran skripsi. Gue semakin susah nyari jodoh rambut gara-gara skripsi.

Di bulan November kemarin, banyak hal keren yang terjadi sama gue. Bukannya gue enggak pernah ngalamin kejadian yang keren. Tapi, bulan November kemarin gue ngalamin hal keren enggak cuma sekali tapi secara berturut-turut. Bukankah itu keren?

November bener-bener udah bikin gue bahagia dan bernafas lega. Tukang batagor depan kampus menyadari itu, satpam kampus menyadari itu, temen-temen juga menyadari itu. Dan dari temen-temen yang menyadari itu kebanyakan enggak terima dengan keajaiban yang gue terima. Iya, gue menyadari itu..

Berikut ini hal-hal indah yang terjadi sama gue selama November, emang sih gue enggak dapet hadiah undian umroh gratis. Yah... namanya juga mahasiswa, gue bukan tukang bubur yang bakalan naik haji gara-gara dapet lotre. Tapi, hal-hal keren ini sanggup bikin gue mendesah pasrah namun bahagia.. Simak deh:


1. Nge-MC-in @Poconggg
Dulu, gue kenal @poconggg pun enggak. Sampai akhirnya bukunya booming gue baru tau dari temennya yang kebetulan saat itu bawa buku 'Poconggg juga Pocong'.

Awal November kemarin, BEM FPBS kampus gue mau ngadain seminar menulis. Dan saat itu, abis nonton malam inagurasi ADA BAND kebetulan ketua panitianya gak sengaja ketemu gue. Dia minta saran sama gue masalah pemateri yang bakal diundang. Aneh-aneh aja nih anak, padahal di depannya dia udah ada penulis buku fenomenal “Cancut Marut”, produk dalam negeri juga. Ngapain masih nyari pemateri lain yang belum jelas rimbanya?

Karena ketua panitianya bukan cewek peka, yang gak bisa liat ada penulis buku gagal gaul. Yaudah... waktu itu gue nyaranin, coba hubungin @shitlicious, @benakribo atau @poconggg aja. Beberapa hari kemudian dengan alasan @shitlicious baru kemarin dateng ke kampus gue, @benakribo belum terlalu populer di kampus gue, akhirnya @poconggg yang diundang. Saat itu gue cuma pesen, gue minta kesempatan buat foto bareng @poconggg. Itu aja... Ya, tapi sebenernya gue juga mau pesen bakso sama es marimas jeruk nipis, cuma gue enggak enak aja.

Setelah masalah pemateri beres, gue sempet lupa dengan permasalahan ini. Gak taunya beberapa hari kemudian, gue ditawarin buat jadi MC di acara seminar @poconggg. Antara gak siap dan sayang kalo dilewatin. Akhirnya gue terima juga tawaran ini. Gue pun jadi enggak sekedar ngeliat @poconggg dan dapet foto bareng, tapi gue bisa duduk bareng @poconggg juga, gratis lagi. Ini momen yang gak semua orang bisa ngerasain.

Walaupun selama beberapa hari gue enggak bisa tidur buat nyari joke-joke yang gue siapin di acara seminar nanti. Sampai-sampai sambil mandi gue hafalin, sambil boker gue ngeden, sambil tidur gue merem. Gue persiapkan semuanya dengan matang. Gue pertaruhkan nama Amira dan Zahira yang sampe gede keduanya masih aja ketuker demi berkelasnya joke-joke gue nanti.

Gantengnya sama rata, ih...

Waktu acara mulai. Gue deg-degan, gue grogi, tapi enggak keringetan karena ruangannya ber-AC. Gak ada hal yang bikin gue apes, gue sangat menikmati duduk bersama @pocongg di atas panggung. Gue sempet kentut di deket @poconggg, tapi kayaknya gak ada respon berlebihan dari @poconggg. Gue ngambil kesimpulan, hidung @poconggg udah mati rasa. Yap, sesimpel itu.

2. Juara Stand Up
November masih memberikan surprise-nya buat gue. Saat gue ikutan acara ‘Open Mouth Stand Up Comedy’ yang diadakan di kampus, gak nyangka gue akhirnya dapet juara satu dari 17 peserta. Waktu itu jurinya langsung dari ketua Stand Up Indo Semarang, gue udah sukses bikin jurinya khilaf. Padahal awalnya gue gak pede sama materi yang gue bawain. Tapi yah.. lumayan banget, gak sia-sia tiap hari gue latihan stand up di kamar mandi sambil ngeden-ngeden. Untuk yang satu ini, kalian bisa baca lengkap disini.

3. Masuk Suara Kampus
Sebenernya ini enggak penting-penting amat ya. Iya. Gue masuk koran Suara Kampus. Kalo namanya suara kampus, berarti levelnya cuma tingkat kampus. Tapi bagaimanapun juga, enggak semua orang bisa masuk di profil suara kampus. Secara mahasiswa kampus gue populasinya sampai puluhan ribu. Menjelang karir gue disemester akhir, akhirnya gue dapet juga kesempatan masuk di suara kampus.
 
Waktu masih setting lay-out

Di profil suara kampus, gue ngobrolin lebih banyak tentang blog. Gimana awalnya dari hobi gue ngeblog, gue bisa bikin buku, juga bikin masalah. Tapi untung aja di profil gue itu, enggak ngebahas yang namanya skripsi. Bisa-bisa gue jadi keliatan tua dan dijauhi dedek-dedek mahasiswa baru gara-gara takut kena radiasi skripsi gue.

Koran ini terbit sebulan sekali di kampus gue. Dan secara kebetulan, profil gue terbit di bulan November. Padahal wawancaranya udah cukup lama. Jadi seharusnya bisa terbit sebelum bulan November.

Tapi, setelah dipikir-pikir. Munculnya profil gue di koran suara kampus edisi November. Ternyata memang ini adalah momen yang paling tepat. Iya, karena kebetulan suasana gue abis juara stand up comedy masih terasa di kampus gue, ditambah munculnya profil gue. Sekarang banyak mahasiswa kampus yang mulai nyariin buku gue 'Cancut Marut'. (berarti sebelumnya pada enggak pada nyariiin). Kebanyakan sih mahasiswa baru yang pada berburu buku gue. Dan yang perlu digarisbawahi buku cancut marut stoknya udah nol di gramedia kota Semarang. Percuma juga kalo dicariin.. Ah.


Endingnya malah masuk tempat hina. (baca: tempat sampah)

4. Skripsi
Menurut gue, seandainya bulan November ini enggak ada dalam hidup gue. Mungkin saat ini gue masih sibuk berkutat dengan yang namanya Skripsi. Serem abis... Nyesek abis.. Nyiksa abis. Abis-abis deh.

November memang bulan yang luar biasa buat gue. Disaat gue menyerah mengejar wisuda bulan Desember nanti. Disaat gue hanya bisa diem ketika temen-temen seangkatan mem-bully nasib gue gara-gara skripsi yang enggak selesai-selesai. Keajaiban itu datang di bulan November.

Waktu untuk mengejar wisuda yang ditutup tanggal 5 November tiba-tiba diperpanjang sampai tanggal 20 November. Dan gue yang saat itu tidak berharap banyak dengan skripsi gue, tiba-tiba diberi acc sama dosen pembimbing gue dengan kilat.

Mungkin gue adalah satu-satunya mahasiswa yang diberi acc kilat oleh dosen pembimbing 1 gue. Banyak temen-temen yang enggak percaya mengingat track record dosen pembimbing 1 yang biasanya "lama" ngasih acc. Bahkan beberapa temen gue harus menjalani masa bimbingan selama 15X lebih tatap muka. Dan apa yang gue alamin, bener-bener enggak seperti itu. Saking kerennya, temen-temen sampai memberi gue julukan, "Mahasiswa ajaib", "Bocah ajaib", "Homo ajaib". Yang terakhir itu, gue difitnah. Sama diri gue sendiri.

Intinya sih gitu, sepanjang perjalanan gue nyusun skripsi, banyak kegelisahan yang gue alamin. Dan selama itu gue sengaja gak pernah nulis perjalanan skripsi gue di blog. Iya, karena suatu saat gue pengen nyeritain perjuangan skripsi gue ke dalam sebuah buku. Semoga...



 Bisa dikatakan ini buku kedua gue. Bikinnya penuh siksaan.

November telah menunjukkan keajaibannya buat gue. Bukan berarti bulan yang lain enggak ada artinya sama sekali dalam hidup gue. Bukan... Bulan lain tetep punya arti penting buat gue, bulan lain juga bulan yang baik. Tapi, ada yang terbaik diantara yang terbaik. November paling berkesan buat gue.

Gue ngerasa beruntung...
Seandainya saat itu gue lebih memilih hibernasi atau tidur panjang selama bulan November, gue akan kehilangan banyak momen ajaib. Dan mungkin, sekarang gak akan pernah ada tulisan ini dalam blog gue.

48 Upil

gue spicles yang buku warna ijo itu. harusnya warnanya kuning campur merah. biar menambah gairah makan para dosen bang. jadi skripsi lo bukanya di baca, malah di lahap secara brutallll..

Reply

Memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, maka hasilnya akan baik juga :)

Reply

aaaaaak pocong, pengen banget gue ketemu pocong, alitt, sama bena, belum kesampean sampe sekarang hahaha

Reply

Bener-bener unyu Novembernya. Skripsinya kelar lagi. Keren dot. Gue gak sabar nunggu buku lo yang ketiga :)

Reply

wih ketemu pocong eh, Poconggg.... keren!
wih cancut marut laris manis. berarti setelah kelar skripsi nya akan ada buku buku selanjutnya dong yah,,,

Reply

nah itu diakhirnya buku ke-dua lo bang... haha judulnya "betapa humorisnya skripsi gue" bwahahaha.... ayo bang cepet lulussss yang mulussss

Reply

semoga beneran ada buku yang terbit nyeritain skripsi nak. sekarang lanjutkan perjuanganmu di dunia pendidikan, dan jadilah guru yang gagal gaul. siapaun yang membuang koran kampus itu di tempat sampah saya mengucapkan banyak terima kasih *Plakkk...!!!

foto edotz sama pocong kayak pasangan homo. hahaha...

Reply

November ceriaaa, november ceriaa #nyanyi ga salah ada lagu yang liriknya kaya gitu bang .__.
gue kira itu foro pacar barunya Poconggg eh ternyata hehe
keren deh bang, banyak hal-hal ajaib yang terjadi di bulan november buat lo, termasuk buku keduanya yang bentar lagi terbit #eh Semoga sukses terus jadi guru deh hehe

Reply

Jadi ceritanya november ceria nih. Oiya Bang, skripsinya buat gue yaaaaa..

Reply

ciee bang edotz...akhirnya si ijo2 bisa nampang dengan gagah setelah perjuangan berat... *gue paham gimana beratnya...
yah nggak apa2lah telat2 dikit.. yang penting bisa dapet kesempatan sama pocongg, juara stand up, masuk suara kampus..nggak semua orang yang nyekripsi bisa dapet kesempatan itu loh...bener2 november ceria...congratsss...

Reply

gue ngiri sama lu bang -_- rambut lo makin tipis tapi prestasi lo makin banyak!! hidup ini tidak adil!! #curcol

Reply

aaaaaa poconggg ganteng ya bang :3 November lo bener-bener ceria ya bang, ya meskipun lo sepet melihat pemandangan yg kurang enak ditempat sampah. ciee yg skripsinya kelar ciee, cie yang mau wisuda cieee, selamat ya bang :)

Reply

memang ajaib bin ajaib novembermu bro!!

juaran stand up sampai masuk suara kampus... gitu..
wah.. kalau tahu aku di kampusmu pasti aku masukkan kamu ke lembaga pers kampus... * itupun kalau aku juga pengurus LPM.

Reply

duh bang edotz bisa se"lucky" dan se"famous" itu gimana caranya sih ????? kasih tau donggg -_-

tapi alhamdulillah aja buat mu bang '-' skripsinya bisa di acc kilat (jangan-jangan dosennya naksir lagi -_-)

Reply

wiiih, keren dotz. bulan November ku juga spesial loh..
kok kita bisa samaan sih. ciyeee ahahahaha

Reply

kenapa gu kalo baca tulisan lo nggak pengen berenti bang, kaya masakan padang, enak. sedikit gak nyambung, yudah lah

bulan november juga, bulan yg spesial buat gue bang, cuma ternodai oleh kejmbloan gue. -_-
.oiyah buku yg ijo itu, kaka gue juga punya tapi warnanya biru, disitulah banyak kekerasan dalam hal metafisik... mental dan fisik hahaha

Reply

Wuih! Keren amat lu bang bisa ngemsi-in @pconggg & juara lomba SUC :o
Smoga bulan ini bakal lebih banyak kejutan2 lainnya.. :v

Reply

november barokah!!! harusnya itu judulnya Dotz..lah lo keren dah. dalam sebulan, pendidikan lo akhirnya akan tamat, juga karir lo akhirnya berkembang pesat. Lo keren dah pokoknya...

tapi bukannya lo punya pacar kok act as if you are single??

jangan jangaaaaaan....ekekekekeke

Reply

mantep mas. prestasine keren. iri sung.

Reply

poconggg tu yang bikin gue terjun ke dunia blog :D


dan gue tau kok men, gimana perasaan ngerjain skripsi :D ... selamat ya udah berhasil keluar dari jeratan skripsi :D

Reply

waahhhj novembernya bang Edotz benar-benar indaah yaaakkk...udah jadi MC n duduk bareng @pocong... menang stand up... masuk suara kmpus sampai masuk tong sampah juga hihi sampai terbitlah buku hijaunya wkwkwk... selamat yuaa bang Edotz ... semoga bulan Desember ini dapet calon istri.. aamiin:D

Reply

Wah hebat nih bang bisa poto bareng @poconggg dan juara stand up (gue kapan yaa :|)

Btw buku lo bisa beli dimana bang? gramedia ada nih?

Reply

makan aja traffic light.
iya suka-suka elo deh mau ngomong apaan. gak penting juga.

Reply

iya, temuin aja sana semuanya. suka-suka elo aja deh.

Reply

iya bay, muka gue juga unyu. bener2 deh..
sip bay, moga cepetan nongol buku gue.

Reply

iya donk. semoga buku selanjutnya lancar prosesnya~

Reply

hadeeeh -___-
iya, gue udah mau lulus ini, santai gak usah cepet2

Reply

iyaa amin. hahaha kampret lu bang!

yang penting sama-sama gantenglah~

Reply

adanya september kali. iyaaa emang keren2 ya,amiiiiin~

Reply

Iya, ambil aja gpp...
gue ikhlas kok.

Reply

ciyee yang paham gimana beratnya bikin ijo-ijo ciyeee~

hahaha bener... thanks banget, tuh!

Reply

gimana kalo sekali-kali kita tukar nasib aja?

Reply

iya gue juga ganteng. Ciyeeee gue mau wisuda ciyeee~

Reply

iya bro, November gue emang keren.

gue dulunya juga masuk pers kampus kok broh hehe

Reply

maaf broh.. gueh gak bisa ngasih tau.

iyaaa, alhamdulilah. kayaknya dosennya emang naksir. tapi sayang dia cowok.

Reply

tapi jangan bilang kita jodoh ya.
sori, gue gak naksir elo Kuh.

Reply

oke, yaudah bye..

ya.. kapan2 kita tukeran buku.

Reply

hahaha elo bisa aja deh. tapi gue masih kalah sama elo... elo udah berani ke Jaakrta sendirian, sedangkan gue belum

sssst....

Reply

aaaah Tomi, bisa saja..
sinii aku peluk.

Reply

hahahahahamasuktonsampahhahaha..

iyaaah AMIN!

Reply

ahahahah bisa aja lo.

buku gue... semoga di gramedia masih ada ... heheh
uudah lama sih, setahun yang llalu

Reply

Post a Comment