Pesan Mahasiswa Tua Kepada Mahasiswa Baru

Waaah.. kerasa banget udah masuk bulan September, itu artinya bentar lagi kampus gue bakalan ngadain yang namanya 'Poema' atau bahasa ribetnya Pekan Orientasi Mahasiswa, mungkin kalau di kampus lain bisa dikatakan Poema ini sama persis dengan yang namanya ospek. 

Sampai sekarang, sampai setua ini, gue sendiri enggak tau siapa orang yang pertama kali ngusulin pake nama POEMA ketimbang Ospek di kampus gue. Ini bener-bener kurang elit dan terkesan memaksakan. Cara bacanya yang bener aja gue masih kurang paham, antara PUMA atau PO-E-MA. Ribet, enggak efektif, kurang higienis dan kandungan zat besinya kurang.

Sebelumnya gue udah pernah kali ya, ngomongin ospek. Dibuku gue cancut marut bab pertama juga ada. Jadi, kali ini gue lebih memilih untuk menyoroti perihal 'mahasiswa baru'.






Buat kalian nih, para mahasiswa baru yang lagi pada girang-girangnya dengan status mahasiswa yang baru aja didapet. Iya, iya.. kalian keren kok, beruntung banget bisa ngerasain yang namanya kuliah dan bakalan ngerasain kebebasan sebagai anak kos.

Gue juga tau, kalian mungkin saat ini pada enggak sabar buat buru-buru nyobain almamater kampus kebanggaan dipake ospek ke kampus. Atau mungkin? Ada yang udah poto-poto duluan pake almamater terus diupload ke segala macam jejaring sosial. Yah, namanya juga baru ngerasain, beberapa tahun lagi palingan stres gara-gara masih pake almamater mulu enggak lulus-lulus.
Oh ya, sedikit pengalaman gue jaman dulu, saking bangganya dengan kampus. Hari pertama gue masuk kuliah, gue dan temen gue yang namanya Sidul dengan elegan berangkat ke kampus naik motor pake almamater ke kampus. Iya, gue ngerasa keliatan keren banget pagi itu. Tapi begitu nyampe parkiran, gue celingak-celinguk ngeliat mahasiswa lain dan ternyata gak ada satupun yang pakai almamater.

Ini gaul yang syahdu sekali dan tanpa rencana. Jadilah pagi itu gue seperti mahasiswa semester tua yang lagi mau PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) atau KKN (Kuliah Kerja Nyata). Gue sukses terlihat tua di hari pertama gue kuliah sebagai mahasiswa...

Itu sedikit pelajaran yang enggak berharga dari gue. Pokoknya ingat, kuliah enggak pakai almamater!

Sebagai mahasiswa baru, gue pun yakin. Banyak hal yang belum kalian pahami tentang seluk beluk dunia perkuliahan. Padahal, pelajaran ini sangat perlu kalian ketahui untuk bekal hidup terjamin semasa kuliah sehingga kalian enggak hilang arah dan tersesat parah.

Berikut gue kasih beberapa poin penting yang berhubungan dengan dunia kuliah :

1. Ikut UKM
Bagi gue, ikut UKM itu wajib hukumnya. Karena dengan ikut salah satu UKM kalian akan dapat pelajaran banyak hal. Misal nih, kalian ikut yang namanya UKM Rebana. Disitu nanti kalian akan banyak belajar cara bermain rebana yang baik dan belum tentu benar. Lewat UKM rebana pula kalian akan dapet banyak teman dari jurusan lain, dan tentu saja dengan ikut UKM siapa tau kalian bisa dapet jodoh. Iya, ngarep. Tapi gak ada salahnya. Lebih positifnya lagi, kalau kalian punya obsesi jadi anak band tapi gagal, kalian bisa menghibur diri di UKM Rebana, kalian bisa bikin grup dengan nama 'Rebana Boyz' atau simpelnya 'Band Keplak'. Iya, karena main rebana kan biasanya dengan cara dikeplak-keplak.

Oh iya, gue lupa. Mungkin kalian belum tau apa itu UKM. Kalau di jaman sekolah, UKM ini sama seperti ekstrakurikuler, persis! Jadi kalian pasti paham kan. Nah, itu tadi cuma contoh kecil. Intinya sih, seandainya di bidang akademik kalian enggak terlalu menonjol. Setidaknya kalian punya skill yang bisa digunakan buat bekal suatu saat nanti ketika kalian udah lulus. Serius deh..

2. Jangan Kebanyakan Ikut UKM
Sebagai mahasiswa baru, gue tau. Kalian pasti sedang berusaha mencari jati diri yang sesungguhnya. Kalian mudah tertarik ikut berbagai macam UKM. Seperti futsal, basket, paduan suara, seni tari, drama dan boyband. Gak usah serakah! Belajar dari pengamatan gue selama empat tahun lebih sebagai mahasiswa. Sangat-sangat jarang sekali ada orang yang bisa eksis lebih dari satu UKM. Kalaupun ada, mereka enggak akan bisa jadi mahasiswa yang populer di UKM-nya. Jadi saran gue, mantapkan pilihan kalian buat memilih UKM yang tepat.

3. Hindari Temen yang Ngajak Bisnis
Mahasiswa baru adalah ladang utama para pebisnis MLM. Ini semua terjadi karena mahasiswa baru kebanyakan masih lugu-lugu. Iya, karena dulu gue juga pernah jadi korban MLM di semester satu saat gue masih terlihat lugu.

Jadi, kalau ada teman atau orang tak dikenal yang mengajak kalian berbisnis yang belum jelas, jangan mau. Karena itu hanyalah strategi mengajak kalian ke suatu tempat untuk bertemu dengan seorang leader dari mereka. Setelah itu kalian akan mendapatkan sebuah skema pencucian otak yang sempurna. Kalian akan diperlihatkan bukti-bukti kesuksesan yang mencengangkan dan bikin ngiri. Dalam fase ini, kalian akan berpikir bisnis ini sangat mudah, namun kenyataannya lebih sulit dari sekedar wisuda tepat waktu. Ciyus..

Oh iya, gue lupa ngasih tau, MLM itu istilah simpelnya bisnis Mulut Lewat Mulut, jadi kerjaannya nanti kalian nyari orang yang mau diajak gabung dengan membayar sejumlah uang, nanti orang yang kalian ajak itu bakalan nyari orang lagi. Begitu seterusnya sampai sinetron Tukang Bubur Naik Kursi tamat.

4. Jangan Mikirin Skripsi
Banyak orang yang berpendapat, biar kuliahnya cepat selesai, mulailah memikirikan skripsi dari semester awal. 
Itu salah... Hal.Ini.Justru.Sangat.Fatal.

Coba deh bayangin, misal kalian udah mikirin skripsi dari awal, udah bikin judul, udah nyari referensi, udah mulai bikin proposal skripsi. Tinggal nunggu saatnya skripsi datang..

Beberapa tahun kemudian, saat waktu untuk skripsi telah dimulai, kalian ketemu dosen pembimbing untuk pertama kalinya dan dengan bangganya langsung bimbingan judul. Diluar dugaan, judul kalian dianggap enggak menarik, kurang update, gak efektif. Judul skripsi kalian ditolak, yaaah, nangis.. Nangis deh...

Makanya, jangan pernah mikirin skripsi selama kalian belum benar-benar bertemu skripsi. Biarkan waktu yang menuntun kalian untuk benar-benar berjuang melawan skrispi pada masa yang udah dikehendaki. Jangan pernah mencoba mendahului takdir. Mending nikmati aja masa kuliah kalian.

5. Jangan Terlalu Semangat
Masa kuliah itu lebih panjang dari sekolah SMP atau SMA. Kecuali, kalau kalian pernah enggak naik kelas dimasa itu.

Nah, karena kuliah itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, kalian enggak perlu terlalu semangat ngejalaninnya. Gara-gara terlalu semangat bisa-bisa baru semester empat semangat kalian udah abis, kuliah jadi males. Jadi rajin nitip absen, jadi jarang ganti kancut.

Selain itu permasalahan IPK. Kalau misal ada yang belum tau apa itu IPK, IPK tuh sama seperti raport di jaman sekolah kalian. Bedanya, kalau udah jadi mahasiswa, orang tua gak perlu dateng ke kampus ngambilin kartu hasil studi kalian.

Nah, bagi yang kuliahnya kenceng biasanya hal itu berbanding lurus dengan IPK, sampai semester tujuh IPK-nya masih bisa dikatakan cumlaude. Tapi hal itu gak ada artinya kalau skripsi kalian gak selesai-selesai.

Nasib mahasiswa pada fase 'skripsi' itu hanya Tuhan dan dosen pembimbing yang tahu. Mahasiswa hanya bisa berencana, Tuhan yang mentakdirkan, dosen pembimbing yang menentukan. Jadi saran gue, kuliah gak usah pinter-pinter banget. Kalau kalian punya IPK yang bikin mata silau, kalau bisa sedekahin kepada mereka yang membutuhkan, mereka-mereka yang selalu kekurangan IPK.


Nah, demikian sedikit tip dari gue yang notabene mahasiswa tua buat kalian para mahasiswa baru. Lewat tip ini gue harap kalian bisa semakin mantap menjejakkan kaki di dunia mahasiswa. Dunia yang konon katanya bisa membuat air takjin menjadi sangat berarti. Gue tau, kondisi kampus di daerah masing-masing itu berbeda. Kalau gue baca dengan seksama, penjelasan gue diatas itu cocok diterapkan di kampus yang beriklim tropis. Jadi, silakan lihat-lihat dulu iklim apa yang ada di kampus kalian.

Oh iya, kalau ada mahasiswa tua lainnya yang mau berbagi pengetahuan juga buat mahasiswa baru, share aja di kotak komentar ya..

Sumber gambar: www.ngampusaja.com

54 Upil

ada gitu yang baru kuliah langsung mikirin skripsi. "gue udah mulai kuliah, harus mulai mikirin skripsi, mikirin judul dan lainya" hahaha. emang awal kuliah itu lagi semangat2nya dan bangga2nya. semakin lama kita kuliah tingkat yg gue bilang tadi itu bakal turun.

Reply

Makasih bang atas pencerahannya :)
Saya sedang bingung harus ngambil jurusan apa ketika kuliah nanti :D

Reply

Hahaha... Emang mahasiswa baru tuh sasaran empuk MLM ya, apalagi mahasiswa yang dari kota-kota kecil gitu kan bisanya mereka mana tahu kayak gituan. Udah gitu kalo keuangan mereka seret, pasti gampang tergiur.

Reply

Aku belum ikut satupun UKM.
Ospeknya belum kelar :(

Reply

hahaha nomor dua itu asoy banget...
ikut UKM aja sampai serakah ... ada UKM boyband pulak :D

tulisan lo kerenn dotz banyak perkembangan :3

Reply

kayaknya abang ini baru kuliah langsung mikir skripsi ya? buktinya sekarang lagi galau skripsi*loh

Reply

Aku tambahin yah! *iya aja deh!*

1. Ikut UKM yang mayoritas anggotanya ngga lelet lulusnya.

2. Jangan bergaul sama mahasiswa yang suka bolos.

3. Jangan pikirkan pacaran sebelum wisuda.

4. Buat anak kos, sedia Indomie sekardus pas awal bulan sebelum akhir bulan menjeratmu dengan bermacam hutang di warung!

Sekian!

Reply

hahahahaha petuah yang sangat berharga untuk para maba diluar sana. aku baru merasakannya tahun depan dotz. aku share ah.. ini berguna banget untuk kelangsungan maba yang masih polos polos itu..

Reply

Dari poin diatas, semuanya gue setuju. Emang bener, jadi mahasiswa itu IPK gak usah tinggi2 deh,standar aja. Yg penting standarnya itu bertahan sampe semester akhir. Lagian nilai tinggi itu kan bukan kunci kesuksesan.

Buat maba, kalo disuruh minta tanda tangan senior gak usah diturutin, itu gak penting banget.

Satu lagi, kalo pengin nyari kerja sampingan, bekerja lah sebelom semester 5. Jangan pernah berpikir buat nyari kerja setelah semster 5 ke atas. itu bakal ribet ngatur waktunya. Tergantung pribadi masing2 sih
Itu aja.

Reply

Duh, mahasiswa baru jangan mikirin skripsi dulu deh, mulai menata hidup mandiri aja yang masih belibet haha

Setuju sama poin kelima, semangat di awal malah cenderung bikin mood rusak apalagi udah terlalu serius banget, akhirnya malah down ujung-ujungnya gegara optimis cuman pengen cepet lulus dapet gelar sarjana aja.. terlalu mainsttream deh

Make it fun, don't take too serious ajalah yea. Tipsnya bener semua, gokil Bang! :D

Reply

bener banget apa yg bang edot bilang, banyak emang yg ikut ukm cuma buat cari jodoh *curhat* bener sih ip ga usah tinggi2 yg penting skripsi cepet kelar, tp yg penting ipnya bisa buat ambil 24sks sih biar cpt kelar juga.aku blm pernah mikirin skripsi, skripsi tenggelam bersama tugas kuliah yang terus mengantri tanpa lelah. dan yg penting sih buat para maba jangan pernah berpikir kuliah itu lebih menyenangkan daripada sekolah, kuliah jauh lebih mengerikan *menurutku*

Reply

sebagai mahasiswa baru banyak-banyaklah nyari temen
temen yang bisa di ajak utang piutang
temen yang bisa di ajak contek-contekan
*banyak temen banyak rejeki

Reply

hahaa aku jadi tambah aneh, ane setuju mas bro, kuliah itu ndak usah pinter-pinter amat, ngapain :D hahaa

Reply

ahaa kelupaan, ketimbang mikirin skripsi, mending mikirin jodoh deh..

Reply

hahaha xD masa punya Temen yang Ngajak Bisnis gak boleh sih bang! :D ehh itu kalo mulut lewat mulut berarti salah satunya ada yang maho dong! -_-

Reply

eh gue maba nih bang. haha.
Kalo ikut BEM misalnya gak papa kan bang ?

Reply

ecie yg pernah jadi korban mulut lu macan lu wkwkw... kena berapa lu bang?

ikut ukm? ah, gua ga setuju sama yg ini.. bener ga setuju, mendingan kuliah2 aja, waktu berangkat ya berangkat waktu pulang ya pulang.. soalnya banyak kegiatan diluar kampus yang musti gua jalanin ....

tapi kadang gua juga ngerasa iri sama mahasiswa yg bebas buat ikutan ukm tanpa terbatas waktu (keliatannya)

Reply

wkwk di jurusan gue banyak banget yang kena aliran sesat macam MLM dan itu bener-bener tak layak jadi panutan :D

Reply

Duh edot, itu kok koplak amat yak ada UKM rebana???entar di undang jadi tamu pengajian emak2 lumayan tuh wkwkkw lol.

Maba emang suka gitu ikut2 UKM banyak biar keliatan gaul katanya mah.
terus maba juga kadang sokpengen deket senior hih lagu lamaaa ....

eh gapapa juga kali ada MLM.. kan jaringannya bisa gede ttuh wkwkw .
kalo bisa adain UKM Multilevel marketing.. :D

edot, belom di BW in javas ya??/ sabar ya dooot ... gita juga belom di BW in javas kok,

Reply

dan akhirnya lu stres mikirin skripsi dan milih posting soal beginian. gue tau skripsi itu berat tapi gak usah di tularin lwat sini bang. skripsi lo tanggung aja sendiri, gak usah ngajak2 maba buat mikirin skripsi dari awal.
elo egois, gue tau ini konspirasi. sialan lo -___-

Reply

blum kepikiran mo lanjut kuliah. mo bisnis aja kayaknya. pngn jadi entreperner muda nih... :)

Reply

Hahahhahaha aku udah baca versi ospek di buku Cancut Marutmu Dotzzzz..
aku setuju deh sama yang ikutan UKM, perbanyak ikut UKM aja buat para maba, tapi yg bermanfaat lhooooo
btw aku dlu pernah diajak bisnis MLM juga Dotz wkwkwk

Reply

kalo udah semester atas-atas banget... ya bgini, banyak banget pengalamannya, hehe *ups

Hindari temen yang ngajak bisnis, itu harap di bold ya temen-temen :D

Reply

makasih kakak atas petuahnya hahaha di kampus gue, justru maba yang nawarin MLM :")

Reply

petuahnya saya bungkuss dot..

dah lama gak ksni,si edot mkin bijaksana-bijaksini aja ne..hehe

Reply

Sapa tau ada orang yang baru masuk kuliah udah mikir mau lulus yog ...
Iya, gue juga ngerasain itu -_-

Reply

Bilangnya pencerahan tapi bingung ambil jurusan ..
Iya terserah elunya aja deh~

Reply

Iya..
Apalagi kalo mereka ditawarin impian2 surga yang luar biasa, bakalan pada kepengen deh tuuuh ngikutin MLM

Reply

Pilih aja yang mau nerima elo jadi angggota..
Simple

Reply

Iya, gue pernah gitu soalnya jaman dulu gue masih muda ..

Ah elo bisa aja ..
(ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

Reply

Tuuuh ...
Dengerin ..
Ini pesan dari sesepuh kampus
Lebih tua dari yang kita duga..

Reply

Iya Kuh, tanamkan dalam hati tentang ini untuk persiapan tahun depan..
Ingat, jadi mahasiswa itu pedih sebenarnya.

Sipp siip, thanks ya

Reply

Minta tanda tangan kayaknya MOS deh Rob, di kampus gue gak ada begituan..

Kalo di tempat gue, makin tua semesternya malah banyak yang nyari kerja, ngisi waktu soalnya daripada diem gak ada kuliah..

Reply

Bener, mandiri dulu yang paling penting.

Mending biasa-biasa aja kan yah kuliahnya..
Ahaaaay, siiip deh~

Reply

Pikirkan saja skripsinya nanti, emang yang penting kita tuh menikmati setiap ipk yang nongol di tiap semester..
Enjoooy~

Reply

Nah ini juga bener banget, tapi klao temen yg bisa diajak contek2an itu beda jurusan agak susah juga sih..

Reply

Ketimbang mikirin jodoh mending usaha nyari jodoh aja ya~

Reply

Gpp deh ngajakin bisnis, asalnya bisnis bukan MLM aja..
Urusan maho ato gak itu tergantung selera aja sih~

Reply

Boleh aja sih ikut BEM
Malah bagus, banyak pengalamannya disitu..

Reply

Gue kena 85ribu zim..

Itu kan kegiatan elo zim -__-

Nah makanya elo bisa bagi waktu Zim..

Reply

Tapi jadi korban MLM sebagai mahasiswa rasanya ada sebuah kekerenan tersendiri deh..

Reply

Iya gitu, pangsa pasarnya di ibu2 pengajian gitu hehe

Gue juga dulu pertama kali masuk kampus ikut UKM sampe 4 tapi gagal semua :D

MLM tuh emang aslinya keren, cuma ya lebih banyak yg gagal daripada yg berhasil

Reply

Jadi intinya siapa yang bego?
Elo atau gue?

Kan gue lagi enggak ngajak mahasiswa baru mikirin skripsi..
Baca ulang dulu noh.

Reply

Oh gitu...
Sayangnya gue enggak nanya.

Reply

Haha makasiiih (ʃ⌣ƪ)

Jangan2 banyak2 Mei, malah seteres ntar..

Terus gimana?
Udah bisa beli kapal pesiar sekarang?

Reply

Oke... 'Atas-atas banget'
Ini dibacanya agak gimana gitu -_-

Reply

Emang bener banget kalo siswa/mahasiswa baru itu kayak orang yang baru kehilangan upilnya.. pengen terlhat keren, tapi hasilnya malah bikin.... Asssudahlah.. maaf dotz, gue pake leptop orang. jadi coment pakek Name/url gakpapa kan.. salam dari Djohand23.

Reply

sakti banget mabanya ituuuu...
waaaah

Reply

oke, dua ribu per bungkus ...

ah emangya bijakan becak

Reply

ya begitulah adanya ..
kita enggak bisa berbuat apa-apa

Reply

Post a Comment