Review & Giveaway Buku "Student Guidebook For Dummies"

Ini adalah pertama kalinya blog gue nge-review sebuah buku. Jelas ini jadi momen yang sangat bersejarah dalam kehidupan berbangsa dan bersenggama. Keren... Banget. Udah deh, kalian jangan tanya apa artinya bersenggama sama gue. Cukup gue aja yang enggak tau.

Blog gue emang pernah ngereview sebuah buku yang judulnya Cancut Marut. Tapi, entah kenapa gue agak males mengakui kalau tulisan itu bisa dikatakan sebagai sebuah review. Jadi, buku itu enggak masuk hitungan, kasian ya cancut marut. Dan untuk kali ini, sebuah buku yang akan gue review adalah... adalah... Mmmm.. Mau tau aja apa mau tau banget nih? Kasih tau gak ya? 

"Gak usah dikasih tau juga udah pada tau lewat judulnya, bego!"

Oh, iya dink..


Jadi, buku beruntung yang akan gue review adalah buku dari @kevinchoc yang berjudul "Student Guidebook For Dummies". Sebenarnya, gue gak pernah ngerasa sangat harus me-review buku sekeren apapun dalam blog gue. Contohnya aja : Benabook, Skripshit, 5 cm, Hidayah, Ranjang Yang Ternoda. Semua itu buku-buku keren yang bikin gue merem melek ngebacanya. Tapi, gue tetap biasa aja menikmati kekaguman gue dalam diam tanpa harus nulis diblog.

Sekarang, lihatlah betapa beruntungnya @kevinchoc menjadi buku pertama yang gue review diblog, dan yang jadi pertanyaan adalah, sekeren apa sih bukunya @kevinchoc sampai gue harus ngereviewnya diblog?

Jawabannya sederhana...

"Sederhana"

Iya, jawabannya sederhana.

Oke, ada yang mau ngajak berantem? Gue gak berani.

Langsung aja, Student Guidebook For Dummies. Ngeliat covernya aja, gue yakin kalian udah dibikin langsung penasaran sama isinya. Selain warnanya ngejreng, hal itu pasti sering ngingetin kalian dengan hal-hal yang sering kita jumpai sehari-hari, e'ek. Iya, kecuali kalau kalian sembelit, terus warna e'eknya berubah. Jadi e'ek pelangi, mungkin? Itu sih keren.. Gue juga pengen.

Buku SGFD punya tagline, "Panduan Ngaco Pelajar Keren." Maka buku ini enggak akan banyak bercerita tentang pengalaman Kevin selama masa sekolah. Buku ini, lebih berisi ke pengamatan-pengamatan Kevin tentang hal-hal yang berhubungan dengan sekolah. Ceritanya, Kevin akan memandu kalian biar kalian jadi pelajar, keren. Dari sini keliatan banget Kevin berbakat jadi tour guide.

Pertama kali megang buku Kevin, gue sempat takjub dengan ketebalan bukunya, gue khawatir otak gue buru-buru ejakulasi dini ngebaca halaman demi halaman dibukunya. Tapi setelah gue buka dan gue lihat isinya. Buku Kevin lebih didominasi dengan ilustrasi-ilustrasi yang bikin mata jadi seger. Iya, ilustrasi di tiap halamannya bener-bener unyu. Gue aja sampai geleng-geleng kenceng ngeliatnya. Maklum, ngeliatnya sambil dengerin lagu dangdut.

Ngomongin isi buku, sebenernya gue gak perlu banyak ngomong lagi. Soalnya semua buku terbitan bukune itu dijamin pasti keren. Mungkin, bukune udah dapet sertifikat bebas garing dari MUI kalau beneran ada, Majelis Unyu  Indonesia.

Ya.. Tapi kalau gue harus nyeritain atau ngasih gambaran isinya. Oke deh, gue kasih tau. Tapi dikit aja ya, jangan banyak-banyak. Gue masih agak enggak rela buat bagi-bagi.

Sedikit contoh dari isi buku, didalamnya ada bab tentang ‘MOS Siapa Takut?!”, dimana untuk pelajar baru pasti akan dihadapkan dengan momen MOS yang seringnya kampret-able. Mulai dari disuruh bawa macem-macem yang namanya aneh sampai tipe-tipe sifat kakak kelas yang sering hadir dalam kehidupan pelajar baru semasa MOS. Ada kakak kelas tipe Si Baik, Si Populer dan Si Amang. Yang terakhir, itu bisa-bisanya gue improvisasi aja.

Kemudian ada beberapa tulisan yang gue suka ada tentang 'tip menghindari kebosanan di kelas' juga ada 'hubungan antara pelajaran dengan kepribadian pelajar'.. Emang sih, iya banget! Absurdnya...

Dibuku SGFD juga ada tulisan-tulisan singkat dan ringan yang renyah banget, beneran! Gue udah nyobain gigit, dikit. Tulisan tentang "alasan ampuh untuk tidak masuk sekolah", kemudian "bukan peribahasa" dan yang paling kampret "bukan soal biasa", itu semua bener-bener bikin gue manggut-manggut dengan ikhlas.

Buat yang butuh panduan untuk menjalani kisah kasih di sekolah ada gak? Tenang... Kevin juga udah nyiapin itu semua di bab berjudul, “Lanjut Baca, Dong!” didalam bab ini kalian akan menemui “9 Langkah Pedekate” yang sederhana dan mudah diterapkan oleh segala jenis pelajar. Baik itu ganteng, gaul, cupu dan cupu abis. Mudah banget! Hanya saja menurut gue tingkat keberhasilannya aja yang beda, bagaimanapun juga kualitas wajah akan berbicara. Selain itu, kalau kalian udah sukses dengan tips dari “9 langkah pedekate”, kalian pacaran dan akhirnya bosen. Kevin juga udah nyiapin “8 Langkah Putus. Kayak apa aja sih Dotz, langkah-langkahnya?

Baca aja sendiri dibukunya.

Udah ah, segitu aja. Kan gue udah bilang kalau gue cuma mau bagi-bagi tapi dikit. Kalau gue jabarin semua, ntar kalian jadi enggak penasaran lagi sama bukunya. Kalian enggak pengen beli bukunya Kevin, terus Kevin jadi sedih, Kevin nangis, gue yang disalahin, gue yang disuruh puk-pukin Kevin. Hih! Ogah deh gue. Tapi, kalau puk-pukinnya gantian gue mau deh.

Intinya sih, buku SGFD ini harus gue akui, keren! Karena gaya tulisannya yang ringan dan mudah dipahami (soalnya buku Kevin bukan kumpulan rumus matematika dan fisika). Kevin bisa menunjukkan sesuatu yang kita sering melihatnya tapi jarang menyadarinya. Jadi, selama baca buku ini hal yang akan sering kalian ucapin adalah, "Wah..ini gue banget." atau "Kampret! Gue juga pernah ngelakuin itu!"

Iya, begitulah..

Btw, gue punya dua buah bukunya @kevinchoc, karena gue baik hati dan enggak serakah. Gue bakalan ngasih satu buku SGFD buat kalian. Ya, karena berbagi itu indah. Gimana? Minat? Kalau masih belum minat, gue kasih tau, dibuku ini ada tanda tangannya Kevin juga loh..


Hah? Pengen yang enggak ada tanda tangannya Kevin? Lebih keren ya? Oke deh, ntar kalian hapus aja sendiri. Jangan dibikin ribet ya, bro..

Nah, permasalahannya adalah gue masih agak-agak enggak rela buat ngebagiin bukunya secara cuma-cuma. Sayang banget, soalnya bukunya bagus. Ada halaman-halamannya. Mmm.. Tapi kalau diantara kalian ada yang bisa ngeyakinin gue buat ngasih bukunya ke kalian. Gue kasih deh bukunya. Nah, terus gimana caranya ngeyakinin gue? Ada syaratnya, nih gue kasih tau:

1. Follow akun twitter : @edotzherjunotz dan @kevinchoc
2. Follow blog gue, dibawah tulisan "edotzLoverz" terus klik aja "Join this site". Kalian bisa follow blog gue dengan akun Google+, Twitter, maupun Yahoo. Asal bukan akun Mahoo.
3. Kalian adalah manusia biasa.
4. Warga Negara Indonesia.
5. Mempunyai jenis kelamin yang bisa dibanggakan.

Nah terus kalau udah lulus uji syaratnya, ini yang mesti kalian lakukan :

Gue curhat bentar.. Ehm, sejak kecil, sejak gue hidup dalam kebisingan. Gue jarang banget dapet gombalan dari yang namanya cewek. Iya, gue tau. Emang gue gak pantes digombalin. Makanya gue sering ngiri sama cowok-cowok atletis dan kekar semacam Rafael, Rangga, Bisma..lem, bisikan gaib, dan bisikan nafsu.

Jadi kuis ini, gue beri nama ini #GombalGagalGaul, cara mainnya:

1. Kalian berikan rayuan gombal yang paling maut buat gue biar gue ngasih bukunya ke elo, maut bukan berarti bikin gue mati ya. Gue harap kalian bisa bedain mana yang bercanda mana yang serius.
2. Rayuannya enggak usah panjang-panjang. Ntar malah jadi kesannya gue lagi baca surat wasiat. Dan kalian cuma punya satu kesempatan aja buat ikutan, jadi buat deh gombalan yang paling keren menurut elo.
3. Kalau udah ikutan jangan lupa mention gue di @edotzherjunotz 
4. Deadline 30 Agustus pukul 06.00 WIB
5. Untuk gombalannya, kalian share aja di kotak komentar postingan ini, dengan format (anjrit! Kaya mau sms ngedukung Fatin di X-Factor aja pake format segala) berikut:

#Twitter : @edotzherjunotz

#GombalGagalGaul:
Bla.. bla.. bla.. bla.. bla.., beha.. beha.. beha.. beha.. *terus sampai dirasa cukup...
Formatnya sedehana banget ya. Iya, gue emang gak kreatif.

Nah, yang gak punya blog gimana cara komentarnya? Tenang aja. Kalian bisa pakai di pilihan "Name/URL" 

Name, isi nama kalian, URL isi dengan twitter kalian.
Nih gue contohin:
Name : Edotz SiiLelaKiGaGaLgaUwL
URL : https://twitter.com/edotzherjunotz

Eh, terus yang cowok gimana Dotz? Ngerayu lo juga? Geli tau nggak!

Iya, gue juga geli, bego! Tapi demi memberi kesempatan yang sama kepada kaum cowok. Cuek aja deh. Tetep rayu gue! Lagian gue orangnya gak pernah liat latar belakang seseorang, bagi gue semua sama. Entah itu cowok, entah itu cewek yang penting bisa bikin gue nyaman. Gue suka kok. Iya, gue juga geli, bego! Tapi demi memberi kesempatan yang sama kepada kaum cowok.

Buat yang ngerasa enggak pede sama mukanya sendiri, gak usah khawatir. Gue gak akan memasukkan unsur tingkat kegantengan/kecantikan dalam aspek penilaian. Soalnya gue tau, gimana nyeseknya bersaing ngedapetin sesuatu dan akhirnya harus kalah gara-gara urusan wajah. Itu semua cukup gue aja yang  ngerasain, kalian gak usah.

Gimana? Udah jelas kan? Gue harap udah..
Kalau masalah beginian aja kalian enggak jelas, gimana kalian mau sekolah dan belajar pelajaran yang memilukan semacam matematika dan fisika?

Pengumuman pemenabg bakal gue umumkan tanggal 30 Agustus di postingan ini, jamnya suka-suka gue. Jadi nanti bakal gue update tulisan ini.

Keputusan pemenang ada ditangan gue dan tidak dapat diganggu gugat. Emangnya mau cerai pake gugat-menggugat segala? Hah?

So, silakan pikirkan gombalan ter-wow dan ter-ter.. Gue tunggu ya.

UPDATE PEMENANG

Judul Spoiler:
Sebelumnya gue minta maaf karena waktu pengumumannya harus mundur dari ketentuan awal, iya soalnya gue harus ngurus pindahan kos dari kontrakan yang lama. barang gue banyak banget! Seharian enggak selesai ngurusnya! Gue capek banget seharian ngangkatin kancut dan toples kosong.

Oh ya makasih banget buat yang udah ikutan giveaway ini. Gue udah nyangka sih bakalan banyak yang ikut, feeling gue bener dimana ada gratisan disitulah blogger berkumpul, iya gitu kali..

Jujur gue bingung nentuin siapa yang layak buat jadi pemenangnya. Bukan karena gombalannya maut semua, tapi karena kebanyakan yang ikut justru cowok! Gue jadi kepikiran, semenarik itukah gue dimata para lelaki? oh...

Karena gak mau pusing, gue nentuin sistem pemenangnya pake sistem undian. Iya, semacama arisan gitu.. nama kalian gue tulis dikertas, gue kocok perlahan... makin kenceng... makin kenceng, dan... kertasnya gak keluar, kampret.

Pada akhirnya gue berhasil mendapatkan satu pemenang setelah gue melakukan gerakan mengocok dengan sangat dinamis...

DAN.... ORANG GAK BERUNTUNG YANG NGEDAPETIN BUKU STUDENT GUIDEBOOK FOR DUMMIES DARI BUKUNE ADALAH.... @LYPOETZ
SELAMAT, NTAR GUE HUBUNGIN VIA DM YAK..

Sekian.. cium mesra :*



50 Upil

gue mau banget gombalin lo, tapi tak monyet di ragunan marah trs ngeroyok gw dipesawat. jd gmna donk?

Reply

#twitter : @danniiiiL
#gombalGagalGaul:
Ehrem.. Mau banget dong bukunya bang (´▽`ʃƪ)
"Bapaknya bang edotz anggota densus 88 yah ??"
.
"Emang kenapa?" *anggep aja loe tnya balik ke gue bang*
.
"Karena bang edotz telah menjinakkan hatiku, ~(˘▾˘~) eaakkk (~˘▾˘)~ " *anggep aja densus88 lagi jinakin bom macam hati abang (ʃ⌣ƪ) "

Reply

#twitter : @lypoetz
#GombalGagalGaul :
Mas aku mau banget bukunya deh, :*
Mas edotz tau ga bedanya mas edotz sama Trans tv ??
Kalau trans tv kan 'milik kita bersama' kalau mas edotz itu 'Milikku seorang" ~(‾▿‾~) ~(‾▿‾)~ (~‾▿‾)~
:* :* :* :*

Reply

#twitter: @kevinchoc

#GombalGagalGaul

Bapaknya polwan, ya? *digeplak*

Thanks ya reviewnya :D

Reply

Bang edotz, gue punya twitter, tapi twitternya lagi eror, gak bisa sign in ._. Boleh tetep ikutan apa enggak?

Reply

#Twitter: @dadangpratama

#GombalGagalGaul: Abang edotz sayang, aku menyimpan khayalan masa depan dlm pikiranku.
Di sana ada kamu, ada aku juga. Ada kita yg saling mencintai hingga tua *hueeek*

Reply
This comment has been removed by the author.

#twitter : @Robianussupardi

#GombalGagalGaul :

Tau gak bedanya tulisan Edotz sama Chairil Anwar?
Kalo tulisan Chairil Anwar kan bisa bikin semangat belajar, kalo tulisan edotz bisa bikin nahan lapar.

Gak sabar nunggu buku dari orang yang mukanya sangar.

Reply

#Twitter : @EkiEnglandMuse

#GombalGagalGaul :

Bang Edotz,kamu pake Indosat ya? "Nanya serius"

Kok Tau ? "bang.edotz tanya balik ke aku"

Karena sinyal-sinyal cintamu sangat kuat sampai ke hatiku. "Sambil kedipin mata"

"Bang.Edotz meleleh"

Reply

#Twitter: @Jesika_Y

#GombalGagalGaul

duh mohon maaf nih bang edotz, itu muka apa kolang kaling, habisnya bikin aku susah berpaling. *ahaide*

Reply

twitternya udah benerrrrrr XD

#twitter: @NilammSari
#GombalGagalGaul:
Aku : "abang, abang, mamahnya abang ustadzah ya?" *pasang senyum paling manis*
Bang edotz : "eh, kok kamu tau?" *mangap cantik*
Aku : "Iya, aku tau, habis, abang udah berhasil meng-asyhadu-an-laa-ilaa-ha-illallah-wa-asyhadu-an-laa-muhammadan-rasulullah-kan hatikuh :3"
Bang edotz : "....." (silakan isi sendiri :D)

Reply

#Twitter: @Ichsanrmdhni

#GombalGagalGaul

Gue : Bang Edotz punya flashdisk ngak..???
Edotz : Engak... buat apa emang ???
Gue : Buat transferin data-data cinta aku ke hatimu...*ehem**muntah**tawaf**maditanah*

Garing ya, yaudah gue emang garing. bang edotz yang lucu, cieeeeeee

Reply

#Twitter: @kurniawankukuh

#GombalGagalGaul

dotz, kamu ganteng ya, buktinya udah pernah punya mantan pacar, aku aja belum, selamat ya dotz kamu sudah lebih unggul dalam masalah percintaan.... eh, tapi tetep gantengan aku loh. -____- #IniApaaanCoba

Reply

#Twitter : @RianHW
#GombalGagalGaul:

Edotz tahu kan lagunya CherryBelle yang I Will Be There For You.
I always very sad to listen listen this a song.
Because I always will be in your heart Edotz (´⌣`ʃƪ)♥ #Muntah

~ ~ \(!!˚☐˚)/

(o・_・)ノ[hope win 'n sent free his book] (˘ʃƪ˘)

Reply

#twitter : @TofikDwi
#GombalGagalGaul :

dotz kalo seandainya kita pergi ke kutub utara BERDUA, di saat lu kedinginan gue mau kok kasih lu selimut yang gue pake, buat lo hangat secara fisik maupun hati. #adaww #mimisan #muntahpaku

.
keterangan : bila sakit berlanjut hubungi dukun beranak

Reply

yaaah, knapa harus gombal siih.. ak paling gak bisa kalo disuruh nggombalin orang ehehhee -,-

Reply

#Twitter: @Errgghh_
#GombalGagalGaul:

Dotz, tau gak tadi tuh pas aku buka fesbuk, Fesbuk nanya "what's on your mind?" Terus Aku jawab "kamu" (ʃ⌣ƪ) #ciee


*apapun demi buku gratis (ง!`⌣´)ง

Reply

#twitter: @Matthiday
#GombalGagalGaul:

Gue: Bang? Ibarat guru, kamu emang paling cocok deh jadi guru SD.
Edotz: Kenapa? gue penyayang anak ya? :')
Gue: Bukan bang, soalnya otak kamu cuma belom nyampe dipelajaran SMP. wkwkwkwk #kabuuuuur :))

Maaf ya bang, lagian hastagnya gagal gombal sih, jadinya tepaksa :p

Reply

#twitter : @elangdrum

#GombalGagalGaul:

Dotz, aku diam diam suka kamu...

*nyanyi lagunya cheribel*
*demi bukunya kevin*

Reply

saingannya kebanyakan cuwwoook -___------- hahahaha
tapi demi buku bagus yg gratis u,u)9 tsaaah. hahaha entar deh ngirim gombalannya. masih mikir /,\

Reply

semakin bertebaran ya Dotz novel novel absurd kek gitu, hehehehe...
walah Dotz, yak samaa..gue juga udah lama nggak digombalin dan emang nggak pernah nggombalin orng mana bisa gue mana mampu Dotzzzz..hahahaha..
harganya berapa Dotz?? pake recehan bisa beli nggak ya Dotz, khan gue baru aja mulai melakukan aksi "Save Recehan" tapi di the power of recehan nggak ada yang buat beli buku gitu ya Dotz..

Reply

waduh kirain ini postingan review bukunya kevin aja ternyata bange Edotz buat GA toh,, pengen ikut juga sih tapi masih mikir-mikir dulu abis kurang tau ngegombal sih haha apalagi gombalin cowok wkwkwk hmm deadlinenya kapan tuuuhh?

Reply

#Twitter : @GANDIFAUZI
#GombalGagalGaul

DOtz, gue kan sobat blogger terbaik lo. Jadi mendingan lo ngupil yang fokus, gue yang baca bukunya aja, ya yaa..

Reply

nah lo.. nah lo.. ini kenapa pada cowok2 yg banyak ikutan... apakah itu pertandaa..............


twitter : @risa_chiamix

#gombalGagalGaul :

do edo, gue suka sama elo semenjak gua tau lu mhs PGSD. gue ngerasa senasib, apa yg lo tulis kayaknya isi hati gue banget, kadang gue kesel juga. padahal pengen gue tulis dah lu tulis duluan. gue jadi tambah ngefans sama lo sejak cancut marut lahir, emang gue nggak belik, gue minjem ama iva. sebenarnya gue nggak berhenti2 kagum sama lo do..

#ini malah curhaattt

Reply

wkwkkw banyak yg ikutan gombalin makhluk seganteng *hueekk* edotz ternyata...

alasan buat bolos sekolah, salah satunya karena #akuwhMikirDuluh

Reply

suka baca kevin anggara blognya dia seriing menang lomba blog

Reply

#twitter : @ZackiaEfron
#GombalGagalGaul :
Bang, aku tanpamu tuh bagai blog tanpa domain.
:(
Jangan tinggalin aku bang.

:D

Reply

#twitter : @abortusjahilius
#GombalGagalGaul:
Meskipun gue mahasiswa gagal gaul, tapi gue yakin pantat gue yang unyu ini gak pernah gagal menangin hati lo.

Reply

keren banget dot tulisan lo. Bikin gue ngakak mulu, hampir tiap paragraf. apalagi pas bagian eek eek itu. Lumayan vulgar lah review lo, tapi tetep pake gaya lo yang cerdas abis. gue banyak belajar dari tulisan lo ini

Reply

dotz ane ggak bisa gombal T_T jadi ane nyerah duluan ah~~ entar ane beli aja bukunya T_T... ..hehhehe

Reply

#twitter : @Djanuarief_
#GombalGagalGaul

edotz kalo gue jadi belalang lo mau gak jadi kupu-kupunya?
biar kalo siang kita makan nasi kalo malem mimik susu (?)

*KemudianAmnesia*

Reply

wah masa sih, kamu bisa aja deh.. tapi eag bener gantengan aku kan? hahahaha

Reply

Hahahaha...reviewnya bikin ngakak, Dotz. Betewe, yang ngikut kok banyakan cowok sih? Kenapah? *ah, sudahlah...


#twitter: @auisyah)_lsety
#GombalgagalGaul

Dotz, tahu nggak ternyata kita punya hobi sama, nulis buku sambil ngupil. Tapi, kayanya ngupilnya banyakan kamu deh. So, buku buku yang kamu tulis dan kamu punya buat aku aja yah. Kan, jadinya LDR an kita tetap harmonis. ya nggak sih? Nggak boleh bohong loh kalau kita saling suka? bener loh, Dotz. *Aku tanpamu...butiran...upillll

#MarukSumpah #NgakakGilagilaan:D

Reply

Sebenernya aku nggak terlalu suka baca buku tipe kayak gitu, review-mu persuasif banget, Dotz.

Reply

makasih banyak buat infonya...

Reply

oke gue gak tau mau komentar apa tapi gue coba saja.

twitter : @triyanarief
#GombalGagalGaul

dotz, lo tau gak gue harus buat gombalan kek gimana? ajarin dong.

Reply

Dari komentar elo ada 3 kemungkinan yang gue tangkap..

1. Elo lagi ada di pesawat khusus penerbangan binatang

2. Elo lagi ada di pesawat seperti biasa tapi penumpangnya pada bawa monyet

3. Penumpangnya mirip monyet

Gue penasaran banget...

Reply

Habis komentar mau mikir terus enggak kesini lagi, PHP! Kehfain!

Reply

Iya, namanya juga hidup..
Selalu ada yang datang dan pergi..

Lupain masalah gombal, gue ngerti dan gak mau buat elo sedih..

Gak ada, soalnya lebih afdol recehan dipake buat naik haji..

Reply

Iya, soalnya gue dapet dua buku sih...

Kurang tau ngegombal?
Selama ini hidup di dunia bernafasnya pake insang ya?

Reply

Brooo brooooo yang ditulis apa yang dikomentarin apa~

Reply

aaah elo gitu Bay..
dari dulu sukanya nyanjung gue mulu,, udah gue bilang gue gak bisa sama elo..
kelamin kita sama BAy.. sori

Reply

harus pake banget ya?
kayaknya gue punya bakat jadi sales ya

Reply

Post a Comment