Good Bye, www.edotzherjunot.com

Entah ini cerita sedih atau cerita misteri...

Blog yang dari dulu selalu gue belai penuh kelembutan dan kasih sayang sekarang udah berubah, enggak seperti dulu lagi. Itu semua terjadi karena domain blog gue udah gak seoriginal dulu lagi. Blog gue udah pindah alamat karena terpaksa.

Dulu, blog gue melesat dengan sangat gemilang, alexa rank-nya pernah menembus angka 700 ribuan, sebelum akhirnya terjun bebas di angka 1 jutaan. Page rank-nya juga menyentuh angka 2. Ibarat sekolah, gue ngerasa gak sia-sia nyekolahin blog gue karena blog gue cukup berprestasi di google. Tapi hal itu akan menjadi berbeda ceritanya kalau blog gue diibaratkan kuliah, blog gue bisa dikatakan bego karena IP-nya cuma 2. Jadi, biar lebih enak dan keren, gue ambil pilihan untuk mengibaratkan blog gue dengan sekolah aja, bukan kuliah.

Selain catatan karir yang gue sebutin tadi, jejak blog gue di google search enginee juga cukup mendominasi jika ada orang yang search dengan kata, “Cherrybelle” dan juga “tetek”. Setiap gue liat di ‘telusuri kata kunci’, dua keyword yang gue sebutin tadi selalu berdiri di jajaran teratas, Blog gue sanggup menahan gempuran keyword negatif tentang “tetek”, padahal blog gue enggak cabul. Hanya saja, yang punya mukanya emang agak cabul. 

Optimasi SEO gue sebenernya enggak seekstrem para master blogger, tapi blog gue bisa dikatakan lumayan, itu semua terjadi karena gue yang gak pernah berhenti memberi asupan nutrizi dan gizi terhadap blog gue. Gue selalu disiplin ngepost, minimal sebulan tiga kali dan juga rajin blogwalking buat ninggalin komentar di blog lain, jadilah blog gue menjadi semakin akrab, entah akrab sama siapa juga gue sebenernya bingung.

Sekarang, disaaat semuanya udah terlihat begitu menyenangkan dan membahagiakan. Datanglah sebuah masalah yang baru pertama kali ini gue temukan. Domain blog gue, www.edotzherjunot.com masa baktinya selama setahun udah abis, atau bahasa gaulnya expired. Blog gue telah kembali ke tanah kelahirannya, ada embel-embelnya blogspot.com. Tololnya, gue baru tau kalo domain itu harus diperpanjangan sebelum jatuh tempo.
Awalnya gue memang terlalu santai menghadapi semua itu, sampai suatu ketika gue dapet mention dari @kurniawankukuh.

“Dotz,blog elo kok gue buka gak bisa, domain elo udah expired deh kayaknya?”

“HAHAHA, iya Kuh... habis lebaran sih niatnya mau gue urus, ini gue lagi gak ada waktu soalnya.” Gue menjawab santai sambil  ngupil pake mie lidi.

“Setau gue domain yang udah expired gak bisa diperpanjang deh Dotz, bla... bla.. beha...”

DEG!!! MAMPUS!!!


Seperti umumnya yang terjadi di sinetron-sinetron tak berujung di RCTI. Gue pun terlambat menyadari dan akhirnya menyesali kebodohan gue.  Gue mulai panik dan cemas mendengar siraman rohani dari Kukuh tadi. Gak butuh waktu lama, gue pun searching di google tentang domain yang udah expired.

Gue pun menemukan fakta baru.... ternyata, apa yang dikatakan Kukuh benar.  Itu artinya, gue bakal kehilangan alamat blog gue terdahulu.

Gue nyesel banget, seandainya waktu itu gue enggak males buat perpanjang domain gue, seandainya waktu itu gue tau kalau domain harus diperpanjang sebelum expired, dan... seandainya waktu itu gue ada duit buat perpanjang domain. ‘Seandainya’ yang terakhir itu emang paling bikin nyesek.

Gue pun harus menerima kenyataan bahwa domain yang selama ini begitu perkasa dan unyu harus gue ikhlaskan. Ini sama seperti kisah kasih yang tak direstui oleh orang tua. Gue masih pengen banget bisa pake domain www.edotzherjunot.com dan gue yakin www.edotzherjunot.com juga tetep mau sama gue, tapi sayang untuk bisa menyatukan kembali hubungan gue dan domain itu rasanya sulit banget. Gue harus menuju tempat pelelangan domain yang harganya udah naik berkali-kali lipat dan itungannya udah pake dollar, nyesek... karena gue gak paham sama sekali birokrasinya. Akhirnya, lebih baik gue emang harus belajar mengikhlaskan dan mencoba untuk move on.

Sebenernya yang paling bikin sedih dari insiden ini adalah karena alamat blog gue udah terpampang nyata di halaman belakang buku gue cancut marut. Jadi sekarang, kalau misal ada yang pengen buka blog gue lewat informasi di belakang buku gue, itu udah gak mungkin terjadi lagi. Sedih deh gue :I

Sekarang, setelah semuanya terjadi. Gue sadar, harus menatap ke depan. Gak ada gunanya meratapi keadaan yang enggak berpihak sama gue. Berhari-hari gue pun mulai memikirkan alamat blog terbaru buat blog gue. Dari berhari-hari itu, gue hanya kepikiran dua opsi aja, entah ini guenya yang enggak kreatif atau emang guenya yang terlalu selektif, pilihan gue ini diantaranya :

www.cancutmarut.com hal ini sempat kepikiran karena itu adalah judul buku pertama gue, tapi pilihan itu gue eliminasi karena siapa tahu gue nanti bikin lagi buku kedua dan judulnya beda, jadi gak update kan.
www.gagalgaul.com ini seperti nickname di twitter gue, tapi entah kenapa gue ngerasa enggak sreg dengan nama ini, yang namanya ‘entah kenapa’ jadi gue enggak bisa cerita panjang lebar lagi. Pilihan ini pun gue eliminasi.

Setelah melalui perdebatan batin yang cukup menguras hati dan tenaga. Gue pun kepikiran nama akun twitter gue @edotzherjunotz. Akun twitter gue emang beda dikit dengan nama blog gue terdahulu, soalnya dulu nama @edotzherjunot udah ada yang make dan itu gue sendiri, masalah klasiknya adalah gue lupa password dan berakhirlah karir gue dengan akun @edotzherjunot.

Beberapa bulan kemudian, gue bikin lagi twitter dengan tambahan Z dibelakanganya untuk bisa tetap mepertahankan unsur “edotz herjunot” yang terkandung didalamnya.

Berawal dari itu, gue pun kepikiran hal yang sama dengan alamat blog gue. Kenapa belakanganya enggak gue tambahin Z aja? Jadi unsur “edotz herjunot” yang udah enggak bisa gue miliki masih bisa gue kenang. Yap, terkadang kenangan memang terlalu berat untuk dilupakan.

Setelah sepuluh detik berpikir, gue pun mantap dengan pilihan www.edotzherjunotz.com untuk alamat blog gue. Sekarang dibelakang huruf “T” semuanya ada tambahan ‘Z’-nya, EdotZ dan HerjunotZ.

Gue jamin, beberapa tahun kemudian blog gue enggak akan ada tambahan “GT”-nya karena ini bukan seri Dragon Ball.

Setelah alamat blog gue resmi pindah dari www.edotzherjunot.com ke www.edotzherjunotz.com, gue rasa gue juga harus mendesain ulang tampilan blog gue biar lebih fresh. Yap, gue pengen beneran move on walaupun nama blog gue sekarang enggak beda jauh sama nama mantan blog gue sebelumnya. Jadi, tunggu aja nanti tampilan baru blog gue, yang jelas gue bukan master desain. Jadi tampilannya gak beda jauh sama yang sekarang, cuma ada beberapa perubahan kecil aja. Palinga juga headernya doank, hehehe...

Terakhir, gue juga harus memulai lagi dari nol. Alexa, page rank, ranking di google, semuanya telah hilang direnggut entah oleh siapa. Gue bener-bener harus kembali berjuang mengeksiskan blog gue di google untuk kembali mendapatkan semuanya dan yang terpenting gue pengen blog gue cepet-cepet di-indeks lagi sama google.

Sekarang gue gak ada bedanya ama newbie. Keuntungan yang gue dapetin dari ini sih, paling kalo nanti ada anak yang komplain sama blog gue, gue bisa dengan enteng bilang. “Maklum, Newbie gan”

Gue mohon bimbingannya ya kakak-kakak semua. Semoga alamat blog ini adalah yang terakhir buat gue dan gue enggak akan lagi khilaf membiarkan domain gue expired.

Semoga berkah.

53 Upil

berkat kejadian ini gue jadi tau kalo memperpanjang harus sebelum masa bakti selesai :D
gue bisa ngerasain pasti berat banget ganti namablog :))
entah gue nimbang pake apa bisa bilang berat.
yang pasti kita (member BE), apapun nama blog lo tapi lo tetep masih tersimpan disini *tunjuk hidung*

Reply

hoooo gue baru nyadar ini postingan baru .__.
kirain td komentar 0 karna pake moderasi :))

PERTAMAX GAN!

Reply

ribet ya kalo pake domain, mana mahal lagi,aku setia sama blogspot aja deh *ga mau ribet* semangat kembali berjuang untuk dapat terindeks di google ya bang, semangat mencari pundi2 viewer juga, cemunguuudh. eh ini ga ada acara potong kambing??kan ganti nama jadi ada Znya :p

Reply

Jujur bang kalo jadi lo gue agak nyesek yaaa :') seperti udah bertahun-tahun pacaran, terus gara-gara masalah sepele tiba-tiba ditinggalin sama pacar, tanpa kabar sedikit pun. Iya, begitu.

Reply

padahal kan edotzherjunotz tercetus dari kesalahan header yang gue buat bang, hahaha hayoo ngaku lo. ngaku gakkk. kalo gak gue pindahin nih titit lo ke idung wkwkw

Reply

nah emang bagian nyeseknya krna dibuku lo udah terlanjur make domain yg lama. Untungnya lo udah bisa move on. Gak keliatan beda. Malah gue pikir domain lo udah diperpanjang. Eh trnyata ada tambahan z dibelakangnya. Inget catet expirednya dot

Reply

Iya ges, diinget2 tuh domain blog elo kapan expirednya...

Iyalah elo bisa ngerasain, kan elo baru kemarin ganti juga... :D

Aaaah elo bisa aja, sini gue kasih upil warna pink (ɔ˘з˘)ɔ♥

Reply

Enggak kok, murah..
Cuma 84.500 setahun

Iya moga blog gue bisa segera move on lagi..
Gak ada potong kambing, pengennya sih potong kelamin, sunatan gitu.. Eh baru inget gue udah sunat.

Reply

Iya, nyesek,...
Tapi.. Bagaimana mungkin? Buat sekolah aja susah..

Reply

Iya.. Gara2 elo typo dan gak nyangka banget.. Dari ke-typo-an elo itu, semuanya menjadi kenyataan..
Apakah elo bisa membaca masa depan kisanak?

Reply

Iya, disitulah letak kenyesekan yang sebenernya yog.. Yang baca buku gue, pengen main ke blog gue, bingung deh...

Haha, tanggal brp ya kemarin...
Gue udah lupa lagi -___-

Reply

Gue juga pengen pake domain, masalah alamat mungkin udah oke.
Tapi ya itu, harus mulai baru lagi. Tapi mumpung masih cetek mau dirubah, bakal susah lagi nanti kalo udah punya nama.
Masalah desain juga bikin bingung -_-

Reply

gue nangis baca ini hiks hiks -_,- jadi inget akun twitter lama gue

Reply

ralat dotz, aku twitter ku namanya kebalik. harusnya @kurniawankukuh hehehe.
yah, namanya juga takdir dotz. semua ini ada hikmahnya pasti. kayak misalnya hikmah ramadhan (?)

Reply

anak mudaaaaaa, itu lah kelebihan saya. lahir sebuah nama dari hal yang tidak sengaja red:typo huahahahaah

Reply

Wahhh... Gue juga mau pake domain ah. Tapi gak mau teledor kek lo Dotz, Hahahaha...

Trus kalo lo mau ganti header, gue saranin kalo yg biasanya ada lelaki stengah Banci memakai payung, coba skrng lelaki stengah banci memakai Daster. Pasti keren tuhh... Wahahaha... °\(^▿^)/°

Reply

Aku juga ngira ini domain yang lama, ternyata ada Z di belakangnya...

Tapi emang kalo alamatnya ganti, page rank sama Alexa langsung nge-drop semua ya? Kirain gitu itu tergantung konten blognya, bukan domainnya...

Reply

Perjuanganmu lebih besar daripada guru TK. Iya, kan elo guru SD bang haha.
Semangat! X))

Reply

yaaahh,, miris sekali kenyataan yg harus kau hadapi bang, sabar yaa *pukpuk* :D

Reply

Yasalaaaammm......
Gue sedih banget bang, atas lenyapnya domain blog lo. Tisuu, tisuu manaaa tisuuu wooiiii ??!!
Bner tuh kta si yoga, lo kan udeh bkin buku. Nah, ntar klo pembaca lo tiba" ksmbet upiil lo trus mao bca blog lo yg udah tertera di buku lo kemaren gmne, bang ??? Sia" upiil lo udah msuk ke diri org. Ini apaaan sih ?
Wkakak, gue ngakak, yg pas lo bilang blog lo bkan lnjutannye dragon ball. Ya emang sejak kpan, pemain dragon ball naek upiil kinton??
Klo lo ngerubah header kyaknya itu bkan ngerubah tampilan blog deh, bang. Gue kirain lo bkalan mao gnti tmpilan kyak gimnaaa gitu.... Tpi klo lo mao ngerubah tmpilan, jgan bnyakin upiil ye. Bang.

Reply

loh bukannya sekitar 100 ya bang??masa ganti nama ga ada acara akikah :p

Reply

Sama ama nisa, sempet mikir kalo namanya tetep.. ahahahaha
bang beli domain dimana sih? kalo murah asik kayaknya beli..

btw semoga segera move on bersama domain yang baru dan bayang2 kenangan dengan domain lama segera terlupakan. *puk puk*

Reply

yaaahh sayang banget musti move on dari domain tercinta ,puk puk puk gak papa kan bang Edotz baru tahu ceritanyee, yang www.cancutmarut.com itu juga keren kok bang.tapi baguslah move onnya ternyata gak jauh-jauh hanya nambain huruf z doang. Selamat bang buat domain barunya^^

Reply

Semoga blog baru memberi ilmu baru, pencerahan baru, pemasukan baru, istri baru... *eh belum punya ya^___^V


Semangat ngeblog terus dah :D

Reply

Perjalanan blog zuppeer lo emang sedih dan tak berujung bang, tapi gue salut, lo tuh selektif dan pemikir yang cemerlang! Argh, calon mantu idaman nih! #erkh

Reply

ini kok nyesss banget yah bang. turut berduka yah bang -__-v kamu harus move on! harusss! :')

make domain itu rempong yaaah ternyata. aku masih setia pada blogspot dulu aja deh.

selamat atas domain barunya btw. dijaga baik2 bang. jangan sampe terjadi kesalahan kedua kek lagunya kerispatih u,u

Reply

padahal gak ngalamin, cuma baca doang tapi kok ikutan nyesek gini yaa :""
dari sini aku baru tau kalo bikin domain itu ga segampang yg dipikir, dan ternyata ada tanggal expirednya juga. huaaa pukpuk bang edot. sabar yak. abis ini musti inget inget tuh bang tanggal expirednya, jangan sampe keulang lagi.
yaa semoga aja para reader bukunya mikir kalo editornya yang typo bukan penulisnya :D

Reply

Iya tuh Nu, dimantepin aja buruan ganti,, abis itu elo bisa lebih setia sama blog elo. Lebih elegan juga juga kalo pakenya dotcom aja, hehe
Masalah desain elo kan masternya siiih... Sok gitu deh sukanya.

Reply

Yaelah sampe nangis (⌣.⌣')\('́⌣'̀ )
Harus bisa move on...
Cmungudh.

Reply

Hahaha iya Kuh, udah dibenerin tuh :D

Iyasih, ini namanya Hikmah, hikmah yang tertukar

Reply

Pake aja rik, iya jangan kayak gue, gue udah gagal.. :(

Iyatuh lelaki pake payung itu maksudnya apaan coba, hih banget!

Ntar lelakinya mau pake mukena aja biar lebih sejuk kalo diliatnya :)

Reply

Hahaha kalo seo-nya udah keren, gak bakal beda jauh deh sama blog gue dulu..
Jadi kan nanti klo search di gugel tulisannya begini : mungkin yang anda maksud edotzherjunotz.com

Iya, ngedrop semua..
Harus membangun semuanya dari awal lagi :)

Reply

Yaelah gue dipukpuk sama Dian (‾ʃƪ‾)

Reply

Gue gak punya tisu Zi, tapi gue punya pundak yang bisa elo pake buat nangis...
Sini, Zi :)

Bahasa kerennya ngerubah tampilan Zi haha
Biar agak mendramatisir gitu deh..
Ah gue tetep mesti produksi banyak upil di blog gue (´⌣`ʃƪ)

Reply

Gue beli di domainesia.com, murah tuh..
Setahun cuma 84.500

Kenangan itu terlalu indah buat gue lupakan, tapi sedih kalo inget :(

Reply

Iya yah, kereeen.. Tapi enggak deh biarin aja, gue sukanyayg ada Edotzherjunot-nya hehe

Iya.. Makasiiih :)

Reply

masyaallah bang edotz....
domain bang..domain..secara gitu lho bang...domain dot com....

tapi dari sini bang edotz bisa mengambil hikmahnya....

paling enggak bisa menikmati kaidah kehidupan yang mengatakan...

-tak berhenti tangan mendayung
napas tilas sisakan kenangan

----nggak nyambung ya????

Reply

Iyaaa, amiiin...
Istrinya nyusul yaaah..

Siap Lin, (ง•̀˛•́)ง

Reply

Bener2 kisah tak berujung ya, kaya Glen Fredly aja deh gue :|

Ah elo bisa aja deh (ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

Reply

Iyaah.. Gue harush emoph onh :)

Enggak rempong sih, guenya aja yang rempong hehe

Iyaa, makasih..
Gue akan menjaga sepenuh hati DOYMAIN ini, kayak lagunya kangen band (´⌣`ʃƪ)

Reply

at least dari kegagalan mu mempertahankan hubungan sama edotzherjunot gue jadi tahu apa yang harus gue lakukan kelak saat blog gue udah tanpa blogspot. makasih lho Dotz, ilmunya...nggak punya duit itu emang nyesek sampe ke perut sih Dotz, sabar yaa....ntar kalo ini juga expired dan lagi nggak punya duit, bisa bisa jadi edotzzherjunotzz...

Reply

Gue malah gak paham sama sekali masalah kayak gini Dotz. Duh, mesti hati2 nih, takutnya ngalamin yang lo alami.
Pokoknya yang baru entar harus gak beda jauh sama blog yang lama. Siapa tau rejeki masih tersangkut disana. Percaya deh sama gue.

Pantes gue cek didasbor kok gak muncul nama blog elu, ternyata udah gak bisa dipake.

Reply

Awalnya gue nggak nyadar blognya ganti domain setelah baca ini. Ditambahin huruf "z" doang. Gue juga pernah, tapi lebih parah. Domain belom abis, udah gue putusin duluan. + lupa password akun yang buat konekin antara domain dan blogger.

Reply

sama seperti komentar di atas saya, awalnya gak sadar kalo ganti domain, soalnya perubahannya ada dibelakang :D

Reply

huwaw...
pantesan brasa ada yang aneh, setiap buka dashboard blog.
Nih penulis kemane gitu. Ternyata...

turut bebehasungkawa ya dotz :')

Reply

Coba tarik nafas pelan2, tahan... Keluarkan.. Lewat hidung..

Iya, gue udah sabar kok, kata guru agama.. Memang kesabaran adalah pondasi kita dalam kehidupan yang fana ini..

Aduuuh, janganlah, kasian editornya disalahin, biar gue aja yang disalahin..

Btw, gue bilang gitu keliatan keren gak?

Reply

Ya ampun, Mot!
Gila.. Gue spechless ngebaca komentar elo..
Gue terharu..

Komentar elo udah nyambung pake banget..
\(º̩̩́⌣º̩̩̀)/

Reply

Hahaha, kampret..
Bener apa kata elo, Meyk..
Semakin lama Z nya bisa-bisa semakin nambah :D

Reply

Iya Rob, inilah hidup...
Segalanya bisa terjadi

Tapi kayaknya blog gue tetep nongol di dasbor elu, harusnya siih..
Mungkin waktunya aja enggak tepat.

Reply

Ternyata sebagai cowok elo tega Vin..
Kenapa harus putus?
Apa gak bisa dibicarain baik2 dulu?

Reply

Namanya hidup pasti ada yang berubah..
Besar atau kecil..
Contohnya blog ini..

Reply

Haha elo Ngga...
Mau donk dipakein beha sama kamu (´⌣`ʃƪ)

Reply

Post a Comment