#FridayTalk Cancut Marut With Grasindo

Jadi orang ganteng itu mudah, tapi tetep aja pipisnya bau pesing.

Yak, sebuah kalimat pembuka dari gue yang enggak bermakna sama sekali,  bagaimanapun juga ganteng emang bukan spesies gue dan gue sama sekali enggak tertarik buat ngomongin soal kegantengan laki-laki. Ngapain ganteng kalo toh mereka tidak pantai menyusui? Iyuuuh~

Kali ini gue mau ngomongin tentang #FridayTalk, apaan tuh? Gue juga awalnya enggak terlalu ngeh ini acara apaan, gue baru paham banget sama makna #FridayTalk ketika gue dapet DM begini :



Yups, ini acara bikinan grasindo, intinya sih semacam livetwit gitu ngobrol bareng penulis-penulis buku dari grasindo. Dan setelah berminggu-minggu, gue akhirnya dapet kesempatan di minggu ketujuh buat livetwit. Sumpah, gue grogi!!!

Ngejawab soal-soal sederhana yang dilontarkan oleh grasindo itu enggak sesederhana bilang, “Pak, ada upil!” ke dosen pembimbing skripsi orang lain. Iya, gak mungkin kan kalo gue blak-blakan gitu ke dosen pembimbing sendiri. Dosen pembimbing skripsi gue kan tipe dosen yang perfeksionis, cinta kebersihan, dan tidak sombong.
 #tibatibakeyboardlaptopberatbangetdipencet-pencet


Soal-soal dari grasindo yang dikasih buat gue emang enggak ada itung-itungannya, gue gak perlu ngejawab pake rumus phytagoras atau karung beras. Tapi bagimanapun juga, gue mesti mikir cukup lama buat ngejawab satu pertanyaan. Ternyata mitos kalo gue ini sebenernya anak idiot ada benernya juga.


Livetwit malam itu berjalan cukup tersendat-sendat. Gak tau kenapa, tiba-tiba hape gue jadi lemot di tengah livetwit, ngetwit gagal mulu! Gue panik! Kalo hape gue direstart, loading di tulisan ‘blackberry’-nya pasti sampe  subuh. Akhirnya, gue lari ke kamar temen gue, Surya. Gue pinjem modemnya dan stay tune di depan laptop. Kemudian, twitter di hape gue normal seperti sedia kala. Anjirrr...

Gue nervous... Ngetik keypad hape aja mesti pake jempol kaki gara-gara jempol tangan gue gemeteran hebat, rambut di kepala gue satu per satu berguguran, temen-temen gue berak tanda tak mampu. Apaini!

Oke, gue tau. Kalian pasti gak ada yang tahu acara livetwit waktu itu. Itulah tujuan utama postingan ini dibuat. Jadi, kali ini gue bakalan share apa aja pertanyaan dari @grasindo_id dan jawaban dari gue. Garing sih, tapi gue rela bagi-bagi...
Nih... Cuzzz..

1. Hai @Edotzherjunotz, lagi sibuk apa akhir – akhir ini ?
Hai juga.. akhir-akhir ini gue lagi sibuk bernafas aja sama mikirin skripsi. Iya.. baru mikirin aja sih belum sampe tahap ngerjainnya. Hehe

2. Gimana sih buku #CancutMarut dimata @Edotzherjunotz ?
Buku #CancutMarut itu seperti anak gue sendiri. Gue bapaknya, blog gue istrinya, editor gue @aninptrajuangga bidan yang membantu melahirkan anak gue dan @grasindo_id jadi rumah sakit tempat anak gue lahir :)

#CancutMarut lebih dari sekedar buku buat gue, karena ini adalah mimpi gue yang jadi kenyataan, bikin buku.

3. Apa alasan buku @Edotzherjunotz diberi judul #CancutMarut?
Alasannya karena beberapa kali ngajuin judul ditolak mulu sama editor, hehe.. Mulai dari judul yang keindosiar-indosiaran seperti : 'kuliah tak seindalam dongeng', terus juga ada 'cat go may', sampai 'the cagurz kuperz'
Tapi akhirnya gue dapet inspirasi gara2 ngeliat kamar sendiri yang carut marut dan coba2 dipelesetin dikit, jadinya cancut marut. 'Catatan Kecut Mahasiswa Calon Guru' dan judul ini emang paling unyu dibanding judul2 sebelumnya. :))

4. Menurut @edotzherjunotz sebagai calon guru, guru yg profesional itu seperti apa sih?
Guru yg profesional itu simpel, enggak pernah bolos ngajar, enggak pedofil dan selalu dikangenin sama siswanya. Kalo lebih lengkapnya sih bisa baca langsung di buku #CancutMarut bab 'Kalo udah jadi guru SD, gue...'

5. @Edotzherjunotz Boleh cerita sedikit tentang bukunya #CancutMarut ?
#CancutMarut ini nyeritain tentang pengalaman gue sebagai mahasiswa calon guru SD yang belum pernah ngerasain ganteng dari lahir sampe sekarang.

Juga berisi pengalaman2 absurd, seperti kancut yang nempel di plat nomer, kegelisahan gue tentang... Botak. Seperti yang ada di cover buku gue. Juga suka duka jadi calon guru yang.. Enggak ganteng :|

6. Menurut @Edotzherjunotz,  hal yang paling lucu dan berkesan sekali di dalam buku #CancutMarut itu yg mana?
Hal yang paling lucu di #CancutMarut gue suka bab 'surat kecil untuk cherrybelle'.. Asli, ini nulisnya pake perasaan banget. Iya, karena gue ini twiboy. Walopun muka sesangar koboy.
Selain itu ada bab 'gue guru gaul' ini juga asli asik banget. Karena bab ini nyeritain tentang pengalaman gue ngajar anak SD beneran, dan jadinya... Malah absurd.

7. Kalo boleh tahu, @edotzherjunotz ke depannya mau tetap jadi guru atau tidak? Alasannya?
Pasti, jadi guru itu keren. Apalagi kalo udah PNS, hehe.. Piss. Tapi beneran kok, jadi guru SD itu asik, bisa liat tingkah anak2 yang masih unyu, berasa kembali ke masalalu waktu jaman skolah :))

8. Boleh share sedikit suka dukanya @Edotzherjunotz menyelesaikan buku #CancutMarut ?
Sukanya adalah karena buku #CancutMarut ini adalah buku pertama gue, ini jadi pengalaman baru bagi gue gimana gaulnya berkolaborasi sama editor, dapet ilmu baru, dan juga latihan revisi buat menghadapi skripsi nanti. Hehe

Dukanya sih, waktu berkali-kali harus revisi naskah mulu, bahkan sampe proses cover pun lima kali sketsa belum di acc. Hehe...
Nulis buku itu mudah, tapi susah ngejalaninnya. (Kaya iklan aja jadinya) yang penting asal ada niat sih, pasti bisa deh!

9. Pesan apa yg ingin disampaikan @Edotzherjunotz lewat buku #CancutMarut?
Intinya, kehidupan mahasiswa itu enggak selalu asik dan bebas. Tapi ada saat dimana kita harus ngerasain penderitaan akhir bulan, jeratan tugas, pedihnya UAS, juga masalah gebetan yang susah dicari.

Sebagai mahasiswa calon guru SD, banyak pengalaman gila yang gue alamin selama kuliah, percayalah.. Kuliah tak seindah dalam dongeng. 
  
10. @Edotzherjunotz sebagai orang yg aktif “ngeblog” . Bisa bercerita sekilas tentang blognya?
Kalo di pokemon gue jadi Ash, blog gue jadi pikachunya. Enggak bisa dipisahin deh kami berdua.. ngeblog itu jaminan asik, mau curhat apa aja bebas, semacam diary online gitu, yg paling penting jd tempat buat latihan nulis. 
 
Dari hobi ngeblog juga, gue bisa kenal dengan temen2 yang gaul di komunitas blogger personal @BloggerEnergy.

Yang mau main ke blog gue bisa klik aja www.edotzherjunot.com, cuma harus ati2. Banyak upil berserakan soalnya hehe (nb:jaman blog gue belum expired domainnya T_T)

Nah, begitulah livetwit gue malam itu. Lumayan seru juga sih. Alhamdulilah gue berhasil melewati semua ini dengan baik karena bimbingan admin grasindo yang gue sendiri enggak tau siapa orangnya. Mhahaha...

Siapapun itu, “Min.. kamu sangat berbakat jadi dosen pembimbing skripsi, serius.. kamu sangat sabar, pasti juga sangat penyayang”. 



Ketika "CANCUT"menjadi "MANCUT"
Di akhir livetwit, grasindo bagi-bagi 3 buku gue gratis. Gaulnyah... dan enggak cuma gue loh, yang livetwit. Tiap jum’at grasindo rutin ngadain program ini bareng penulis-penulisnya dan tentunya bakalan bagi-bagi buku gratis juga. Kalo kalian suka tuh sama yang gratisan, follow aja twitternya @grasindo_id dan pantengin TL-nya tiap hari Jum’at.

Oh iya, kalo kalian mau liat versi livetwitnya, kalian boleh cek favorit di twitter gue @edotzherjunotz, iya. Itu. Udah. Ya. Bye.

42 Upil

wuiihhhhh, yang udah jadi penulis sekarang, lama deh gak mampir kesini, ternyata upilnya uda segunung -_____-
mana sih live twitnya? aku search twitter kok gak keliyatan yah? :O

Reply

Widih, akhirnya lo gak berjalan sendirian lagi promosiin buku lo dot.hehe kali ini gue akui lo sedikit agak ganteng. Sedikit ya...

Pasti berasa keren banget ya, gue aja gitu ngerasanya, bangga bisa kenal sama lo, lo mau gak jadi gebetan gue? Sorry sorry, ke bawa suasana.

Reply

si abang makin keliatan unyunya kalo udah nyeritain cerybele, hahaha gue salut bang sama lo udah bikin buku, next gue nyusul lah, gue bikin buku catatan belanja hehe..

buku yang kedua di tunggu bang, yg judulnya udah pada tau. haha :D

Reply

gue baru tau, kata2 yg "blabla itu gampang, tp susah dijalanin" ternyata iklan. Iklan apaan dot? .___.

gue mau nambahin pertanyaan.
11. @Edotzherjunotz bagaimana kabar skripsi anda?

Reply

ditz, aku tau loh pas kamu ngetweet. aku ini #EdotzLovers loh.. apa nih nama fanbasenya? Edotz Lovers, Edotz mania, atau Edotzboys? hahhahaha

Reply

Jadi Cancut Marut itu ada kepanjangannya. Tadinya aku kira "cancut" dibaca pake spelling Inggris jadi "kancut". Salah ya? Ahaha...

Anyway, bener banget kalo guru itu nggak boleh pedofil.

Reply
R Anonymouse Wedi Karo Edotz ... mod

Edotz Celalu Unyu Fanz Club Kuh nama Fansnya haha ... XD

Reply

gaul maksimal!!! sukses selalu ya bang. ditunggu buku-buku selanjutnya. gue juga berencana bikin buku sih. hm... mungkin pertama-tama gue pngen bkin buku gambar sama buku bergaris dulu kali yak.

Reply

Wih keren sudah jadi penulis beneran ya Bang Edotz ?.

Ah lo dot gak kasih tahu gue. gue kan ingin gratisan buku loe haha ... :D

Pada bagian ini ...
Gimana sih buku #CancutMarut dimata @Edotzherjunotz ?
Sumpah gue langsung feel moved (T_T). Ternyata Edotz bisa #sensor blognya sampe mengandung dan hamil (@,@)

Reply

kayaknya cancut marut udah mulai bersinar lagi nih,, giveaway part 2 nya bang ditunggu :D

Reply

sumpeh, bang. iri banget gue sama lo.......... _ _"

doain aja dah yak, biar gue bisa jadi penulis kayak lo. amin.....

emang bener sih kta lo, bang. kepengen banget nulis tapi susah ye kalo udeh dpan word _ _". itu domain lo ga diperpanjang, bang ???

buku lo yg paling kocak menurut gue, ketika lo ngjak cewe lo makan di luar tapi nggak ada budget buat bayar pengamennya. hahahah.....

*hening*

oke, bagian itu lewatin aje, bang

Reply

waaahhh nanti giliran gue deh pasti
iya kapan kapan
kapan? -___- haha

Reply

Eh iya.. Lama gak ketemu haha

Coba searchnya pake perasaan dan hati yang tulus, ntar pasti ketemu..

Reply

Hahaha bisa aja lo bay..

Anjiiir..
Kalopun gue mau jadi gebetan elo, elo harus mau bayarin perawatan rambut biar enggak semakin abis, mau?

Reply

Gue tunggu buku catatan belanja elo pik, ada belanja behanya gak? Kalo ada kayaknya seru tuh..

Iya, buku kedua gue..
Lagi proses editing di tangan dosen pembimbing -___-

Reply

Itu iklan kartu tri gue plesetin dikit yog -___-

Nomer 11 ntar gue jawab, gue selesein makan dulu..

Reply

@kuh : ciyus kuh elo tau? Aaaahh~
Jadi malu (ʃ⌣ƪ)
Edotzloverz nama fans club gue, membernya murid-murid gue, semuanya gue paksa... :D

@anonim : itu nama fesbuknya :D

Reply

Bebas kok, cancut mau diartikan bahasa zimbabwe juga boleh..
Ahaha

Iya, guru gaul jadinya

Reply

Waaah makasih ga..
Amiiin..

Sip, gue bakal beli kalo buku-buku bergaris elo udah terbit.. (ง•̀˛•́)ง

Reply

Emangnya dari kemarin belum ya?
(ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

Elo aja boker sukanya nyari toilet yang gratisan, gue sengaja enggak ngasih tau..

Udah gak usah gitu, elo pengen kan ?
Ehm

Reply

Giveaway pertama aja elo gak ikut deh kayaknya (¬˛ ¬ ”)

Reply

Ah elo zi, bisa aja (ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

Gue doain deh, moga elo cepet nyusul.. (‾ʃƪ‾)
Abis lebaran blog gue akan tampil dengan muka baru..

Hahahanjirrr.. Iya, itu -___- kampret!

Reply

Iyaa...
Kapan-kapan kapan ya ges haha -___-

Reply

Keren...
Eh, kenapa gak pake domain lagi dot ?

Reply

Edotzfreakz wkwk
enak ya bisa interpiew di twitter

Reply

Wah, kemarin itu saya juga nyimak loh livetweetnya. Berasa di dunia antah berantah lihat jawaban2nya yang kocak dan kadangngasal gitu. Betewe. Semoga skripsimu cepat kelar,secepat terbitnya buku Cancut Marut ini yak^__^V

Reply

aku juga mauuuu :3
aku juga nyimak livetweetnya loh LD kocak abeessss XD

Reply

Aduk Kakak Edotz cakit kok di cubit (╥_╥)
Kakak belum jadi penulis coalnya belum lulus ACC Buku Kedua :P

Selama ada yang gratis Why not hehe ... X3

Pengen ... pengen ... pengen ... *Hening*

Reply

itu skripsi jangan cuma dipikirin dot, kerjaaiin donk.
kalo butuh tips dan saran-saran, sini mampir ke blog gue :p

Reply

iya, ketemu-ketemu si kak edotznya udah terkenal . :P

hadeuuhhhh -.-"
masak search aja musti segala twitter di elus-elus sih? >.<

Reply

kebetulan banget dotz, pas lo lagi Fridaytalk gue itu lagi livetwit. tapi menurut gue fridaytalk lo itu gak kayak OVJ, tapi kayak Cesar yang lagi joget dan perlahan bikin gue kebelet boker...!! Hehehe

Reply

Keren Dotz bisa punya karya yg bisa dibanggain.

Oiya, bener tuh guru sd gabole pedofil. Hahaha

Reply

makin kesininya lo makin mateng aja sebagai penulis :D awas jangan sampai gosong aja.

satu kata aja deh buat lo, KEREN GOKIL GILAK, BTW SKRIPSINYA UDAH?! (oke emang bukan satu kata)

Reply

maaf bang baru sempat meninggalkan jejak wuihh kerennn yahh .. apalagi yang jawaban dari pertanyaan cancut marut dimata @edotzherjunot.. hehe di tunggu deh adeknya cancut marut hehehe sayang gak sempet mantengin livetweetnya, coba d kabari sebelumnya... skripnya juga harus kelarr doonnk bang!!

Reply

Aaah Lina bisa aja deh..

Iyaa, makaaasiih ya , amiiin (‾ʃƪ‾)

Reply

Iya.. Iya.. Gue kerjain :|

Oke deh yang blognya udah bikin tips begituan, -____-

Reply

Jadi... Tiap liat Cesar joged elo kebelet boker?
Sebagai lelaki, Pantat elo lemah banget Djo..

Reply

Hahaha gue lagi nungguin karya elo nih..
(´⌣`ʃƪ)

Aaaah -___-

Reply

Iyadehiyadehiyadeh -__-
Semuanya pada fokus ke skripsi..
Gue pasti kerjain kok (ง•̀˛•́)ง

Reply

Post a Comment