Malam Perpisahan Anak Kelas 6 Yang Syahdu

6/24/2013 05:15:00 pm

Hari Jum’at tanggal 21 Juni kemarin gue dateng di acara malam pelepasan siswa SD Santo Aloysius Semarang. Acara yang dimulai dari pukul 16.00 sampai sekitar pukul 20.30 itu bener-bener meriah banget dan penuh keringat. Bertempat di aula lantai dua yang cukup megah. Anak-anak kelas 6 menampilkan drama dengan diselingi penampilan dari kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya.

Ada kejadian yang bikin nyesek bagi gue sore itu. Yaitu ketika satu per satu anak dipanggil ke panggung didampingi orang tuanya untuk...  wisuda. Asli, ini momen paling nohok banget sore itu. Seketika gue jadi inget skripsi di rumah yang udah lama banget enggak gue belai. Seandainya skripsi itu istri gue. Pasti dia udah minta cerai gara-gara kelakuan gue yang gagal memanjakan sebagai suami.

Gue menggumam, “terus gue sendiri kapan wisudanya? Wisudanya gue terus kapan? Kapan gue terus wisudanya? Kapan?” Gue ngeri dengan pertanyaan gue sendiri barusan.

Beberapa hal yang menarik dari acara sore hari itu adalah kenyataan bahwa anak-anak kelas enam ternyata banyak yang punya skill keren-keren. Ada yang pamer nge-dance, pamer ngedrum, juga ada yang pamer keringat. Maklum aja, suasana sore itu emang panas banget. Gue aja mesti beberapa kali melambaikan tangan ke kamera gara-gara enggak kuat sama panasnya, bahkan gue liat ada beberapa anak yang keringatnya udah segede butiran jagung dan butiran upil. Padahal beberapa buah AC sama kipas angin udah dikerahkan semaksimal mungkin. Tapi gagal.

Gak cuma anak kelas enam yang pamer lifeskill, ada juga anak kelas dua yang udah pinter nyanyi dengan suara emasnya. Beda dengan gue, dulu waktu kelas dua gue udah bisa jongkok dengan ngeluarin e’ek emasnya. Oke, ini abaikan aja. 

Selanjutnya, biarkan foto yang bercerita :




 Anak-anak kelas 6 baris dulu sebelum memulai acara. Iya, itu... diwisuda. DIWISUDA!!!



ini proses wisudanya...No Comment!!!


Yang paling atas, anak-anak kelas 3 sama 4, gak tau nari apaan gue gak ngerti namanya, yang di tengah sama bawah anak-anak kelas 6...  mereka enggak lagi goyang poco-poco kok, beda.


 Ini skip aja, ketiga-tiganya merusak citra guru banget...
Muka udah lusuh gara-gara keringat, masih aja dicupu-cupuin, padahal kan aslinya emang udah cupu..


Katanya sih ini namanya D'GURU... Gaul yak!! Gue di belakang sendiri gak keliatan, lagi main rebana..

Setelah mereka wisuda. Ada satu hal yang harus dipahami ketika mereka akan masuk ke masa-masa SMP. Yaitu, mau gak mau mereka harus menerima takdir untuk menjadi anak alay. Harus  mulai membiasakan diri menjadi penulis chat kreatif yang bisa memodifikasi kata “aku” menjadi berbagai  jenis seperti : Ak, aQ, Q, q, Akuh, AkQuwh, EnYon9. Yang terakhir itu anak alay yang omongannya ngapak.

Gue yakin, nama akun FB mereka juga bakalan dipake buat update status. Iya, nama akun! Dipake update status! Contohnya: akQuwh miLiGh dYa cL4m4nYa. Sayang nama akun itu gak bisa gue like dan dikomentarin. Gue gak bisa nyebutin contoh nama akun lainnya karena gue takut jari tangan gue keseleo, memar dan efek parahnya diamputasi. Emang serem sih, tapi anak alay selalu berani mengabaikan resiko itu.

Masalah transisi itu biarkan waktu yang menuntun mereka untuk memasuki dunia alay dan juga melepaskannya dari dunia alay. Yang terpenting adalah, mereka telah berhasil melewati satu titik penting dalam kehidupan mereka. Fase anak SD telah berhasil mereka lewati. Selanjutnya mereka akan memasuki suasana baru, teman baru, cerita baru, pengalaman baru dan semoga juga prestasi baru. Semoga dengan perjalanan yang akan mereka temui di waktu selanjutnya menuntun mereka untuk menjadi orang yang pantang menyerah. Sampai ketemu lagi!! Karena malam itu juga menjadi malam terakhir gue jadi guru di SD itu....

You Might Also Like

44 Upil

  1. pa guru tugasnya udah selese nih ceritanya, bisa dong selesein skripsinya haha

    yg foto bertiga, yg tengahny itu elu bang, mirip temen gue hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaskripsilagiskripsihahaha :|
      Iya, gue harus selesein skripsi taun ini
      (ง•̀˛•́)ง

      Iya, itu gue, kok muka gue pasaran sih..

      Delete
    2. semangat!

      muka lu emang pasaran bang, banyak di jual di toko sebelah kok :D haha pis

      Delete
  2. Pada akhirnya seseorang yang telah beredar pada orbit 4L4y mereka akan bertaubat dan menyesali semua kesia-siaan Di3ahH cElamHa inIe. Namun ada juga yg sampee tua nggak tobat2. Miris bener hidup mereka -__- :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka akan merasakan malu yang sangat ketika udah insyaf nantinya ..
      Yang udah tua gak tobat-tobat, itu namanya telat gaul hahaha

      Delete
  3. gue tau perasaan elo bang, walopun kalian beda kasta. tapi tetap aja namanya di wisuda kan. nah elo kapan wisudanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue lagi sibuk, balesin komentar dari elo ini entar aja ya.. Babaay

      Delete
  4. Itu band-nya guru-guru? Keren ya. Terus kamu wisudanya kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren ya guru-gurunya..
      Duh perut gue mules, bentar ya, entar gue lanjut lagi balesin komen ini

      Delete
  5. Bang, skripsi lo butuh belaian ksih syang dri lo. Ga mau kan, ntar dia selingkuh sma kertas polio ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biarin deh skripsi gue selingkuh .. Biar kertas polio selesein urusan skripsi, kalo udah selesai, baru gue rebut paksa skripsi daari polio.

      Delete
    2. kejam banget lo ya, bang. tapi bisa di tiru juga sih. huehuehue.....

      Delete
  6. Wisuda oh wisuda, datanglah kemari, nak. Hehehehe. Sekarang anak SD pake ada acara kayak gini ya, keren jadinya. Kalo dulu, gue lulus SD ya lulus aja kayak dibuang :D hahaha. Di tunggu buku selanjutnya kawan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, jaman gue SD gak ada acara begituan .. Lulus ya lulus gak pake wisuda..

      Hahah, iya yuh siap deeh .

      Delete
  7. tapi anak anak SDnya kayaknya uda kek gede gede gitu yaa??? @.@ dan keren bangetlah punya ku dulu paling cuman duduk ada yang pidato mewakili anak anak kelas 6 (yaitu aku) ehem...terus udah deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya meyk, mereka emang kelebihan gizi semua.. Anak gaul sih.

      Elo dulu yang pidato? Pake gayanya SBY gak?

      Delete
    2. laaah..pake gayanya pak Gusdur dulu Dotz @.@

      Delete
  8. loh dotz.. kok perpisahan lagi. bukannya udah selesai jadi guru PPL ya? masa 2 kali sih -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kuh, setelah PPL kan gue sementara ngajar disitu gantiin guru olahraganya :D

      Delete
    2. wah selamat yaaaa. bagi bagi sticker angry birds lagi nggak dots? kan kamu orangnya suka nggak tegaan gitu hahaha

      Delete
  9. selain menjadi anak alay mungkin dari perpisahan itu juga ada dari mereka yang bakal bikin boyband/girlband lagi kedepannya bang :')
    bang kok komentar diatas bnyk yg nanya 'wisuda lo kapan?' :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga mereka enggak bikin boyband atau girlband versi rebana ya :')

      Gue lagi makan ntar gue lanjut balesin komennya

      Delete
    2. iya semoga bang :')

      eh udah blm lo makannya? :))

      Delete
  10. Coba suara emasnya ditampung aja terus dijual kilo aja. Emas mahal lho.
    Foto kedua itu bocah sepuluh tahun lagi cakep tuh, bibit unggul :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brilian! Ntar gue coba ..

      Elo suka anak SD?
      Mau ditungguin? Keburu tua elonya .. -__-

      Delete
  11. lo gak ikut prosesi wisudanya dot?
    wah sayang banget seharusnya itu bisa jadi kesempatan untuk latihan
    biar pas wisuda beneran nanti udah gak keringetan gak deg2an

    skripsi lo gak pernah dibelai?
    belum selesai? ingin selesai cepat? berkualitas?
    MINAT? PM !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gue gak kepikiran ikutan prosesinya ya ges? Bener juga lo ..

      Gue minat gue minat gue minat
      Ntar gue PM (´⌣`ʃƪ)

      Delete
  12. hehe, sama nasib kita mas edot
    skripsi gue juga uda jarang di belai

    ReplyDelete
  13. Wisudanya kayak salim gitu dots, keren yah. Coba skripsi kayak gitu, tinggal cium tangan aja, dapet nilai A. Keren banget.

    Acaranya seru, kelihatan dari foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren, coba itu kampus punya gue lebih keren lagi

      Iya rob, tapi penuh keringat

      Delete
  14. aaa...wisudaaa...jd ingat skripsi yg terbengkalai...

    ReplyDelete
  15. Banyak sekali yang tanya Skripsi -___-"

    Gue tanya kapan di wisuda saja lah ???.

    Eh, Edotz kapan loe di wisuda terus Kahwin ? #NahLOH

    Waktu SD gak pernah tuh ada acara di wisuda. Wisuda baru-baru ini ngetren untuk TK, SD dan SMA, untuk apa mengadakan acara itu yak ? (@,@)

    Bukannya hanya untuk lulusan kuliah yang di wisuda :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wisudanya nanti..

      Sama sih, gue dulu gak ada
      Jaman sekarang ngerasain wisuda gak perlu sampe kuliah segala

      Delete
  16. perpisahan kelas 6 sd.. :D wahhh dulu saya jg tuh..

    ReplyDelete
  17. Dan inilah waktunya, bagimu Dotz. Menyelesaikan skripsi yang sudah lama menganggur tanpa kejelasan. Smoga anak anaknya jadi bagian generasi yang mencerdaskan bangsa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smoga masih ada waktu buat gue (ง•̀˛•́)ง

      Iya, semoga mereka semua jadi anak sukses!

      Delete
  18. Wah... para penerus bngsa di wisuda neh....

    Tu foto yg bukan anak band keren...
    Gak tega liatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue aja sebenernya gak tega mau masukinnya ke blog :(

      Delete
  19. kelas enam aja udah kelihatan besar-besar gitu -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi kelas satu pasti kecil-kecil gitu

      Delete