Nulis Di Papan Tulis

9/10/2012 10:18:00 pm

Beberapa hari gue ngejalanin yang namanya PPL. Hal yang paling gue khawatirkan adalah ketika gue ngajar dan gue mesti nulis di papan tulis. Ya, nulis di papan tulis. Mungkin bagi temen-temen gue, ini adalah hal yang sepele dan remeh. Apalagi bagi mereka yang diberi anugrah wajah cakep. Tapi bagi gue, ngajar di kelas, nulis di papan tulis dan diliatin sama guru pamong. Hal ini jauh lebih buruk daripada ada anak kelas lima SD ngejulurin lidahnya ke gue.

Gue bener-bener males kalo mesti nulis di papan tulis gara-gara tulisan gue yang lebih mirip kecebong lagi minum paramex. Tulisan gue enggak banget deh pokoknya. Gak ada nilai estetikanya sama sekali. Kemaren-kemaren, waktu pertama kali ngajar gue sempet stres tingkat taman kanak-kanak gara-gara gue waktu itu dapet jatah ngajar mata pelajaran Pkn. 

Sebenernya materinya itu gampang, cuma masalahnya adalah bahwa guru mapelnya kalo ngajar dan nulis di papan tulis itu nulisnya tegak bersambung. Gila banget! gue aja kalo nulis gak bisa tegak gimana mau disambung-sambungin ? gue bener-bener stres.

Gue ngebayangin, kalo gue coba ikutan nulis di papan tulis pake tulisan tegak bersambung. Cuma ada dua kemungkinan yang terjadi setelah itu. 

1 . Gue diketawain seisi kelas sambil dilemparin sepatu.
2. Gue dilemparin sepatu sambil diketawain seisi kelas.


Entah mana yang lebih baik. Kemungkinan yang pertama ato yang kedua.

Gue jadi inget, waktu gue kuliah “praktek pembelajaran terpadu”. Waktu itu gue kebagian praktek ngajar. Gue udah siap bangett waktu itu. Media oke, materi oke, penampilan oke, Cuma muka yang gak oke. Gak papa. Masalah muka emang gak bisa boong.

Awalnya semua begitu indah. Gue ngajar, bla bla bla ... Gue ngejelasin sambil nulis di papan tulis. Begitu gue udah selese, gue baru sadar kalo tulisan gue naik turun kayak permukaan gunung tangkuban perahu. Entah apa kesamaannya.
                        
Sesuai dugaan, Dosen gue pun mengomentari dengan baik tulisan gue di papan tulis. Gue manggut-manggut. Dan cuma gara-gara tulisan gaul gue di papan tulis gue dikasih kesempatan buat mengulang praktek.

Karena gue menganut paham, “kesempatan hanya datang sekali”. Gue pun menolak dengan halus tawaran dosen gue. Gue bilang sama dosen gue.

“nanti saya belajar dirumah aja bu, nulis dipapan tulis.”

Belakangan gue sadar, dirumah gak ada papan tulis. Gak mungkin juga gue nulis-nulis di tembok rumah. Akhirnya gue belajar nulis di punggung temen sekamar gue. Tapi gue malah dijitak. Gue nangis dan gue gak berani-berani lagi nulis di punggung temen gue.

Sekarang, gue nyesel nolak tawaran dari dosen gue buat coba praktek sekali lagi dan nulis di papan tulis dengan baik. Gue nyesel. Nyeseeel bangeeet. Gue jadi sering bengong di kamar, Gue bengong tujuh keliling. Gak tau apa yang harus gue perbuat. Gue gagal. Sebagai calon guru SD gue ngerasa gagal. Gue gak bisa nulis di papan tulis dengan baik gara-gara gue gak pernah belajar nulis di papan tulis. Dan sekarang gue harus nanggung resiko begitu gue mesti praktek ngajar yang sesungguhnya.

Kemarin, dengan langkah riang gue ngajar di kelas tiga (lagi), kali ini gue ngajar IPS dan coba buat nulis di papan tulis. Baru gue nulis satu kalimat, anak-anak pada nyeletuk.

“pak, ini bukan pelajaran bahasa jawa kan pak ? kok bapak nulisnya pake aksara jawa”

Tiba-tiba angin berdesir menerpa gue dalam keheningan. Fiyuuuuuuuuh ... begitu suaranya.

Gue Cuma bisa senyum. Senyum kecut karena gue senyum sambil garuk-garuk ketek.

Tulisan gue dibilang kayak aksara jawa. Padahal gue cuma nulis biasa. Biasa banget. Gue gak tau, tu anak ngomentarin tulisan gue tulus dari hati yang terdalam ato memang dia punya selera humor yang cukup baik.

Karena gue tipikal orang yang gak mau nyerah. Gue coba lagi buat nulis di papan tulis. Gue nulis pelan. Pelaan bangeeet. Tulisan gue mulai keliatan agak lumayan, mulai keliatan ada sedikit keindahan yang terpancar dalam tulisan gue. Tulisan gue seolah-olah memancarkan sinar. Sinar yang cukup terang. Walopun masih naik turun gak jelas. Gue puas banget. Dan Gue tersenyum terus liat ke belakang dan anak-anak kelas gue yang cowok udah pada jenggotan semua. Yang cewek giginya udah pada ompong. Rambut mereka mulai memutih. Mereka jadi tua gara-gara kelamaan nunggu gue nulis di papan tulis.

Kepercayaan diri gue turun 100 %. Gue ngerasa shock banget, dan mungkin di mata anak-anak kelas tiga gue cuma seonggok upil yang gak ada artinya sama sekali.

Sebagai guru yang gaul. Gue pun segera memutar otak. Jadi otak gue, gue keluarin dulu lewat pantat. Ternyata cuma segede kacang atom. Gue pun putar-putar otak gue, begitu udah dapet ide, gue masukin lagi otak gue yang berukuran mini itu.

Biar gak terulang kesalahan yang sama. Gue dikte aja mereka. Jadi gue ngomong mereka nyatet. Gak perlu nulis di papan tulis. Gak perlu gue pamer keahlian nulis di papan tulis. Buat kedepannya gue bakalan sering-sering pake metode dikte.

Sekarang gue mau memperdalam bakat gue dalam hal akting. Kalo nanti pada akhirnya keadaan memaksa gue buat nulis di papan tulis. Gue bisa pura-pura akting kalo tangan gue abis terkilir gara-gara semalem ngupil terlalu semangat. Alasan yang masuk akal, tinggal ekspresinya yang harus ditekankan lagi.

#SeekorYunus 

You Might Also Like

70 Upil

  1. wAHAHAHA... aduuh pak Gulu upil kasian amet yaa tulisannya naik turun. wehehe
    Tapi, bagus dah, lebih baik pake metode dikte, daripada di bully murid sendiri ya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaah , kayaknya masalah ini gak bakal bisa diselametin :D

      haha , iyah .. selain itu muridnya kan jadi pda diem ..
      gak rame :D

      Delete
    2. Tapi kalau di dikte gitu gurunya jadi malas, mending nulis aja. Masih muda kok males2an :P hehehe

      Delete
    3. gue bukan males bang ..
      udah gue jelasin dipostingan alesannya kenapa -_-

      Delete
  2. wkwkwk...
    sepele banget masalahnya bahkan mungkin dianggap remeh, wong cuma nulis dipapan tulis, tapi harusnya ada juga pelajaran nulis biar ga turun naik :)

    melihat kondisi kayak lo sekarang, gue harus mulai sekarang belajar nulis dipapan tulis, biar kejadiaannya ga kayak lo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bay ... harusnya ada mata kuliah "penulisan papan tulis" biar mahasiswanya punya keahlian lebih dalam hal menulis di papan tulis ...

      bener , ati2 loh ..
      sepele tapi bisa bikin elu gak punya kemaluan lagi :D

      Delete
  3. Lebih baik ngomong mereka catet. Mungkin itu yg dimaksud dosen gue Bang "Guru itu tidak mesti pintar tapi harus cerdas" dan lo udah buktiin itu. Keren.

    Gue bisa nulis dipapan gak yah? Semoga murid gue nantinya gak ngejek tulisan gue :)
    Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahaha ... bisa aja elu rob ..
      yang penting bisa berpikir cepat bagaimana mengatasi keadaan ...

      mulailah belajar sebelum terlambat nak ..

      Delete
    2. Ok deh Bang,
      Semoga benar adanya :)

      Delete
  4. ngenes amat kakdotz nasib elu huahahah-_-
    udah pertama mau ngajar dieletin sama anak kecil sekarang malah di bilang tulisan lu kayak aksara jawa... gue gak mau dah jadi guru sd -_- ngenes amat kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. guru SD masih mending looh daripada jadi guru SMP ato SMA ..
      tekanannya lebih besar ... salah dikit bisa dilemparin upil sama siswa ..
      upil anak beranjak dewasa biasanya kandungan proteinnya tinggi tapi bahaya ...

      elu jgn jadi guru SD , jadi anak SD seterusnya lebih bagus :P

      Delete
    2. wkwkwk iye tekanan batin tuh wkwkwk
      widih.. upil mengandung protein yak? :o *baru tau* ada kandungan apalagi pak guru didalem upil? *wajah polos*

      *jleb jleb jleb* -_____- jahat banget lu kak T___T

      Delete
    3. iyah upil itu kaya akan protein tapi kadang ada juga yang mengandung formalin ..
      ati2 aja , kalo upil elu pucet , jangan dimakan deeeh ...

      haha ... jadi anak SD terus asik kan ?
      keliatan paling gaul sendiri ntar :D

      Delete
  5. wih bang gue jadi panik deh , gue paling gabisa nulis di papan tulis ..
    kalo gue nulis di papan tulis itu tar malah kaya anak2 lg naek perosotan .
    kalo kata bang bay sih absurd badai ..
    tapi gue salut loh bang, lu bisa ngakalin semuanya .
    smoga sukses aja ya pak upil *nahlo

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar

      itu kuncinya nak , kalo gak ada papan tulis coba nulis di tembok tetangga .. kalo nanti ada yang marah2
      cobalah berpikir untuk menjadi bisa kadang banyak rintangan
      hadapi dengan positif , dan jangan kapok

      Delete
  6. pake layar proyektor aja dotz, jadi gak usah ribet mau nulis-nulis, kan lu PPL nya di sekolhan keren tuh, masa gak ada proyektornya, huuu capayy detchhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya kan kondisinya mendadak yam ..
      masa iya tiba2 gue pake LCD , gue kan juga butuh persiapan kalo mau pake LCD -__

      Delete
  7. jhahahahaha....alasan yang sangat masuk akal bang..pertahanin deh,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga gue bisa bertahan dalam keadaan yang tak pasti ini :P

      Delete
    2. hehe,,hati2 bang,,tar bukannya nulis pelajaran malah gambar UPIl..hehehe

      Delete
    3. wiiih gambar upil .. sesuatu banget
      tar gue suruh anak2 gambar upil aja deh kalo pas pelajaran nggambar hehe

      Delete
  8. gue gak bisa nulis di papan tulis.

    gue kan kemaren disuruh maju ke depan buat nulis di papan tulis. eh pas udah selese temen temen gue ketawain gue, gue cuma nyengir aja. gue liatin tulisan gue. gue kaget tulisan gue itu ancur banget miring miring kayak pohon di terpa angin tornado udah gitu kecil amat lagi. #curcol

    bener bener gak berani kalo disuruh maju ke depan apalagi nulis di papan tulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. seorang cewek ancur banget nulis di papan tulis ?
      bener2 perlu dipertanyakan ke'cewe'anmu naaak ...

      keliatan sepele banget nulis di papan tulis tapi dampaknya bisa bikin malu sepanjang hari -_-

      Delete
    2. wkwkwkw.
      namanya juga cewe rada rada...

      nulis dipapan tulis itu lebih susah daripada move on... wkwkwk xD

      Delete
    3. hahaha ...
      parahnya , , , -_-

      sampe2 lebih susah daripada move on ..
      tapi mungkin ada benarnya juga yaaah hehe

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, calon guru SD tidak baik tuh -_-".

      Saya dari SD sampe S5 tidak begitu suka dengan cara guru mendikte. Karena terkesan kurang keguruannya hehe ... =D .

      Saran = Mungkin dengan metode gambar di Papan Tulis terus menjelaskannya apa arti simbol itu.

      Misalnya = Mengajar Bhineka Tunggal Ika gambar saja simbol <3 Love melingkar seperti roda. Terus dijelaskan makasudnya.

      Mengajar untuk saling menyeimbangkan Hak dan Kewajiban Gambar saja timbangan terus Mas Edo nulis HAK dan KEWAJIBAN tulisan besar semua, isi dari timbangan tersebut.

      Pokoknya gambar + sedikit buat anak-anak tersenyum dengan gambarnya Mas Edo dengan begitu anak-anak akan tertarik Mas Edo mau menjelaskan apa ?.

      #Pengalaman wkt SMP saya diajar guru PKn yang suka gambar dan menjelaskan gambarnya.

      Saya malah mudeng maksutnya dan lebih memeriahkan suasana kelas krn gambarnya <3 Love, terus ada lingkaran mirip maaf *BH* dll. Pokoknya yang lucu-lucu ada juga yang absurd. Tapi ngena beud sama Materi Pelajaran yg ingin disampaikan =O

      Tapi pejelaskan guru saya wkt SMP tak sedikit pun mengarahkan ke hal-hal di luar materi pelajaran =D

      Delete
    2. itu namanya strategi mas rayen ..
      gpp lah dikte sekali2 haha

      waah pake gambar yaaah , masalahnya gue gak pinter nggambar .. dan nggambar pun pastinya di papan tulis kan ?

      nulis aja gak bisa apalagi nggambar
      apa kata dunia ?

      btw, guru pkn nya keren juga , bisa ngejelasin bener2 sesuai materi gak melebar kemana2
      wiiih :))

      Delete
  10. untung ngajar kelas 3 dot untung ya gak kls 5 atau 6 wkwk
    wkwk ide lo cermelang dot. bagusan gitu, di dikte trus tinggal nyatet. lbih simple :) semangat trus bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue ngajaar kelas 4,5,6 mungkin nasib gue berakhir di upil anak2 ...

      iyah gitu deeh ...
      sip yog, thanks :)

      Delete
  11. saya juga punya guru yang kaya bang edotz,
    mungkin guru saya yang suka dikte itu tulisannya jelek juga kali y

    kalo saya jadi PPL nanti gimana y? masalahnya tulisan saya juga jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu cepat menghakimi itu namanya , dikte = tulisannya jelek hehe

      belajarlah nak , selagi masih ada waktu :)

      Delete
  12. ahahaha pengalaman anda sama seperti yang saya rasakan...

    ReplyDelete
  13. . . udahlah pil jangan patah smangat kayak gitu. coba dech km tulisnya jangan pake kapur, melainkan pake upil. lalu gak usah pake papan, tapi pake tembok aja. pasti lebih indah. he..86x . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa2 idung gue selebar lapangan futsal kalo gue tulis pake upil

      lagian upil gue lebih cocok buat hadiah ....:D

      Delete
    2. . . jiachhhhhh,, hadiah apa nich?!? huhh . .

      Delete
    3. hadiah buat anak2 pie biar tambah semangat belajar :D

      Delete
  14. meninjau dari potensi lo nulis bang, kayanya lo gak cocok deh ngajar IPS atau Pkn harusnya ngajar bahasa daerah aja (re: bahasa jawa) .__.v *kabur*
    ntah kenapa ya bang kalo gue ndenger kata dikte berasa tersambar gledek penuh upil :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiaaach -_- jleb banget ...hiyeeek

      gue pengen nyobain donk gledek penuh upil rasanya gimana :))

      Delete
  15. Emang gak bisa pake LCD Projector Yah dot? Saya pernah ngajar di depan anak SD.. tepatnya di daerah pedalaman... saya combine materi dengan presentasi multimedia.. pada nyimak dan antusias.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa rul , tapi kan harus persiapan dulu ...
      lha gue kan emang niatnya gak pake LCD , nasibnya gini

      bener siih kalo pake LCD pasti lebih antusias ... :)

      Delete
    2. Saya punya banyak koleksi Animasi pelajaran dalam format flash.. tinggal make.. dari biologi, fisika, geografi, dll.. kalo mau kesini aja ambil.. hehe

      Delete
    3. jiaaach -_-
      aku disini engkau disana
      terbentang luasa samudra biru .. memisahkan kita

      kayaknya malah lebih praktis gue nulis di papan tulis aja deh , jelek gpp -__-

      Delete
  16. mestinya elo bangga bang edotz, elo bisa nulis kayak gitu,
    kata orang tuh tulisan yang sulit di baca itu tulisan dokter...
    nah gunain aja alesan itu sebagai alibi :3
    "Anak-anak...bapak ini dulu adalah seorang dokter, tapi beberapa tahun ini ubah haluan jadi guru"

    kalo ada yang ngomen, langsung elo sempel mulutnya pake upil bang gmana ? brilian nggak tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue bilang gitu pasti anak2 langsung ngata2 in gue dokter cabul ngga ... ato munngkin mereka ngira gue ini dokter yang ditukar
      absurd -_-

      gue udah ada rencana gitu , brilian banget ... kalo gak gue lempar upil aja biar mimisan tu anak :D

      Delete
  17. Javas gantiin aja, bang. Tulisan Javas bagus lho... guruku aja sering nyuruh aku nulis di papan tulis gara-gara tulisanku bagus.
    tapi gak gratis ya.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah javas bagus yah tulisannya ...
      dibayar pake upil mau ? huumb ?

      Delete
  18. haha :D
    yaudah bang, kalau ada yang protes sama tulisannya kasi hadiah upil aja, kalau masih ngomel juga kasi cake upil rainbow..hihi *sesat*

    makanya jgn disepelekan yaaa :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ntar yaaah ngasih upilnya kalo pelajarannya udah selese ..
      tak cekokin aja mereka satu2 :D

      semua sudah trlmbat -_-

      Delete
  19. Makanya jangan jadi guru SD *eh*
    Guru PPL gue waktu SD dulu aja sering gue bully

    ReplyDelete
    Replies
    1. contoh siswa yang matang sebelum waktunya -___-
      waktu SD aja udah suka nyiksa gurunya .. wiiih serem

      Delete
    2. Makanya gue gamau jadi guru SD. Takut dibully murid gue ._.

      Delete
    3. alasaN yang sungguh sangat mulia -___-
      mending elu jadi siswa aja terus , bagus tuuuh

      Delete
    4. Mulia baget dah -_____-
      Yah kok jadi siswa terus >,< maunya kan jadi dosen ._.

      Delete
  20. hahhahaa.... gitu ya rasanya jadi guru.. napa gak ngajar anak SMA aja sob.. kan asik tuh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue mending gak usah jadi guru aja daripada mesti ngajar anak SMA ... mereka udah freak semua , hiiih serem

      Delete
  21. wkwkwk...seharusnya di photo dotz tulisan lo, penasaran nih :D
    kalau sering latihan pasti bisa tuh, tapi kayaknya gue setuju dengan metode dikte, cuma jangan keseringan aja dotz...sukses deh buat PPL nya...semoga makin disayang anak-anak..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe .. memalukan yan klo dipoto
      masalahnya gue gak pernah latihan -_-

      okeh thengs deeh ,,, siiip

      Delete
  22. Aku juga sob..kemaren di suruh nulis sama dosen di papan tulis. pas selesai nulis kox teman2 pada senyum semua yang ngx jelas geto, sekali lihat papan tulis pas que duduk , tilisan que gede2 abis trus mendaki....

    ampun deh,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ...
      masalah klasik kayak gini ternyata juga menimpa elu juga :D

      Delete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. wah ente kudu beli papan tulis sendiri dotz..trus belajar nulis biar klo praktek di kelas tulisanlu jadi bagus dan kagak diketawain..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue buat makan aja pas2 an bang ...
      masa mesti beli papan tulis juga -___-

      Delete
  25. hahahaha....Luar Biasa Pak Guru ini...heheheh

    ReplyDelete
  26. jujur sob gue juga punya tulisan jelek..tapi itu semua tertutupi dengan muka ganteng gue ..:)))

    lu udah tulisan jelek,muka lu jeleknya juga gk ketulungan
    aduh #life oh life

    hahahaha *just kidd

    ReplyDelete