Silaturahmi Ke Xiaomi Service Center

Beberapa waktu lalu, Pak Ujang, yang sampai saat ini masih jadi guru di sebuah SDIT, tiba-tiba ngechat WA mau minta tolong beliin HP lewat online. Memang, bagi sebagian orang membeli HP secara online masih menjadi sebuah ke-was-was-an tersendiri. Khawatir kena tipu yang dateng sabun batangan, khawatir kena drama seller abal-abal sampai emang beneran nggak tahu gimana caranya belanja online yang baik dan benar, apalagi barang yang harganya jutaan seperti HP. Pak Ujang termasuk kategori yang terakhir tadi.

Waktu masih di SDIT, saya emang biasa jadi ‘joki’ beli HP online. Beberapa kali saya bantuin bapak komplotan ghibah beli HP. Mulai dari Pak Didi, juga Pak Ujang beberapa tahun yang lalu. Dan sekarang, ketika HP yang dipakai keadaannya sudah mulai memprihatinkan, Pak Ujang berencana ganti HP lagi dengan budget sekitar 2,5 jutaan.

Setelah mendengar beberapa masukan dari bapak komplotan ghibah lainnya dan nonton Youtube sana-sini, Pak Ujang udah memutuskan kalau Poco M4 Pro adalah smartphone pilihannya dari sekian smartphone yang ada. 

Jadilah saya mulai menyusuri seller smartphone di Shopee satu per satu untuk mencari seller yang ready warna hitam atau biru sesuai pilihan Pak Ujang. Karena untuk Poco M4 Pro ini kebanyakan yang ready warna kuning. Selain itu, saya juga mencari seller yang harganya paling murah dan cashback maksimal.

Setelah berjam-jam ngecek sana ngecek sini, saya ketemu sama salah satu seller yang harganya paling terjangkau, cashback juga maksimal sama seperti seller lain yang harganya lebih maksimal. Saya pun memastikan stok unitnya dan menanyakan garansinya terjamin apa enggak, yang tentu saja dijawab dengan sangat meyakinkan sama sellernya kalau semua produk yang dijual garansi resmi.

Saya pun memantapkan diri untuk checkout dan melakukan pembayaran untuk sebuah smartphone Poco M4 Pro yang estimasi sampainya 2-3 hari. Dari pilihan kurir yang ada, saya menjatuhkan pilihan ke Sicepat, padahal Shopee Express juga sebenernya bisa dibilang cepet juga pengirimannya.

Dan ya… ternyata Sicepat nggak cepat-cepat amat karena butuh waktu beneran 3 hari buat barangnya sampai. Saya coba videoin paketannya buat mastiin barang yang dateng sesuai sama yang di-checkout. Di depan saya terlihat kotak kuning bersegel plastik tertulis POCO M4 Pro. 
 
Pak Ujang yang udah nggak sabar pengen buru-buru makai HP barunya, jam 9 malam rela mampir ke rumah saya yang kebetulan dirinya baru pulang dari piknik sekolah.

Sebelum unboxing HP-nya di rumah, saya ngasih nasihat dulu, kalau udah dicobain HP-nya jangan lupa ngabarin, soalnya emang belum tak konfirmasi penerimaan di Shopee, sengaja nunggu perkembangan HP-nya beneran aman apa enggak. walaupun kemungkinan besar harusnya sih aman karena HP datang dalam keadaan tersegel dan ada stiker garansi TAM.

Besoknya Pak Ujang ngabarin pagi-pagi banget, kalau sejauh ini HP-nya aman. Saya sih curiganya dia nggak tidur semaleman saking senengnya punya HP baru.

Karena semuanya terlihat baik-baik saja dan tidak ada masalah, saya pun mantap untuk klik konfirmasi penerimaan dan meneruskan dana ke penjual. 

Besoknya, Pak Ujang WA saya lagi, ngerasa ragu kalau buat liat IG sama Tiktok katanya kadang ada beberapa gambar yang pecah. Saya menanggapi hal ini dengan santai karena mikir palingan ini jaringannya. Kalau sinyalnya kenceng pasti gambarnya jelas.

Untuk menjawab kegelisahan ini Pak Ujang bela-belain mampir ke rumah saya sepulang sekolah. Atau lebih tepatnya, rela nungguin saya pulang dari sekolah, lalu Pak Ujang pulang dari sekolahnya mampir ke rumah saya.

Di rumah, saya nyoba ngecek seburik apa kualitas video yang katanya gambarnya sampai pecah-pecah, saya sampai membandingkan dengan HP saya sendiri. Saya bukan akun tiktok yang sama, lalu diputer bareng sama HP-nya Pak Ujang, hingga keluar kesimpulan--kalau ini terjadi emang karena sinyal atau karena emang kualitas video dari akun yang upload. Karena di beberapa akun lain, gambarnya ada yang emang tajem banget.

Masalah selesai, sisa waktu hingga pukul lima sore kami lanjutkan dengan ngobrol banyak hal yang nggak penting-penting amat bareng Pak Azhar juga yang sengaja ikutan dateng ke rumah. 

Hari pun berganti, namun belum ada empat hari, Pak Ujang WA saya lagi di sebuah jam sekolah. Pak Ujang ngadu kalau HP-nya flashnya nggak nyala… bahkan Pak Ujang dengan gigihnya ngirim video HP-nya yang di-klik tombol senter atau foto flash emang nggak keluar cahayanya.

Di sini saya udah mulai ngerasa nggak enak, niatnya mau bantuin beliin HP, malah HP yang dateng semakin bermasalah. saya coba nunjukin tutorial di Youtube cara benerin flash HP yang nggak nyala, namun dijawab sama Pak Ujang kalau lebih dari sepuluh tutorial udah dicoba semua dan hasilnya nihil.

Pak Ujang juga menambahkan, kalau dia was-was karena di belakang HP-nya nggak ada stiker IMEI kayak HP-HP pada umumnya. Karena nggak enak, saya pun nawarin buat nganterin Pak Ujang ke Xiaomi Service Center di kota sebelah yang jaraknya sekitar 45 menit perjalanan.

Jadilah hari Jum’at kemarin, saya dan Pak Ujang dengan mengajak Pak Ivan dan Pak Azhar, berangkat berempat sehabis jumatan ke kota Tegal mencari Xiaomi Service Center. Setelah muter-muter dan nanya kesana kemari, padahal tinggal nyari alamatnya lewat Google Maps. Akhirnya kami pun nemu lokasi Xiaomi Service Center ini.



Ketika Pak Ujang langsung antri ke CS-nya, saya dan Pak Azhar langsung nyari di mana letak toilet. Setelah itu, kami melihat-lihat beberapa produk Xiaomi yang ada di display, nyobain satu per satu walaupun enggak beli. 

Tatapan Pak Azhar akan HP-HP yang ada di display dan bisa dicobain itu tampak suram. Sejak HP-nya hilang di bulan November, sampai saat ini Pak Azhar belum kesampaian buat beli HP baru. Sejauh ini Pak Azhar masih betah pakai HP anak ceweknya yang kalo lagi dipake lalu meleng dikit, baterainya langsung tinggal 15 persen.




Setelah menunggu Pak Ujang sekitar 15 menitan, kami udah duduk di dalam mobil sambil jalan santai mendengarkan penjelasan dari Pak Ujang, katanya penyebab senter dan flash kameranya nggak nyala ternyata karena ada satu part yang hilang di dalamnya. 

Lalu, setelah dicek masa garansinya, ada indikasi kalau IMEI-nya pernah diaktifkan sekitar tahun 2022 yang lalu, yang membuat garansinya udah nggak bisa diklaim lagi. Jadi, ketika Pak Ujang harus menambah part biar senternya bisa dinyalain, Pak Ujang harus membayar 180 ribu rupiah dan harus rela menunggu selama 3 harian.

Saya jadi ngerasa nggak enak banget sama Pak Ujang yang niatnya minta tolong beliin HP lewat online, malah jadi langsung silaturahmi ke Xiaomi Service Center dan ditolak klaim garansinya. Padahal waktu nerima barangnya saya yakin banget kalau HP-nya datang dalam keadaan masih segel.

Meskipun Pak Ujang mencoba tegar, tetep aja terlihat suaranya bergetar ketika bilang, “Udah santai aja, nggak apa-apa.”

Sepulang dari Xiaomi Service Center kami udah niat mau nongkrong nyari kafe di sekitaran Tegal yang enak buat dipake ghibah dengan berbekal pengetahuan yang minim. Kami pun muter-muter kota Tegal nyari tempat yang keliatannya logis buat dipake nongkrong, tapi sampai 45 menit berlalu kami masih aja muter-muter di jalan nggak nemu tempat yang pas. Setiap ngeliat kafe di pinggir jalan, selalu aja muncul rasa tidak sreg dari salah satu di antara kami.

Hingga pada akhirnya, keputusan konyol yang keluar sore itu adalah… kami pulang ke kota Pemalang dan nongkrong di kota sendiri. Setidaknya, dalam perjalanan pulang, kami tetep bisa ngeghibah.. cuma belum ada kopinya aja.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Berarti hape refurbish atau bekas pakai lalu sepertinya kemas baru ya pak guru. Soalnya IMEI nya sudah pernah daftar sejak zaman Firaun, eh 2022.😂

    Jadi informasi buat ku, harus lebih hati-hati beli hape secara online, mendingan beli di shopeemall atau langsung ke konter ya pak. Bisa klaim garansi kalo ada masalah, bisa lihatin Cici yang jualan juga.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga mas.. ngeselin banget sellernya, jualannya nggak jujur.
      Kayaknya habis ini beneran bakal lebih selektif lagi beli HP secara online😁

      Hapus
  2. Agak ngeri"juga ya kalo beli lewat online,apalagi kalo belom pernah sama sekali,ya takutnya penipuan barang gak sesuai dengan spek atau ada masalah lainnya,jadi susah juga ya mas, emang lebih nyaman beli dan liat langsung sih kalo buat saya yg agak kurang paham,biar bisa di jelasin sekalian ,bisa klaim juga kalo kenapa".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih nggak papa mbak, ini emang apes aja ketemu sama seller yang ngeselin kayak gini haha

      Hapus
  3. Menurut saya, beli barang harga jutaan rupiah, enaknya beli ofline saja. Kalau konmplen tinggal konfirmasi ke asal barang.

    BalasHapus
  4. Dulu.. aku pernah beli hape xiomi redmi secara online. itu pengalaman pertama banget beli hp online. Jujurly was-was juga karena takutnya kurir bawa kabur barangnya. Hahaha. Tapi alhamdulillah, HP sampai dengan tepat dan cepat tanpa keluhan apapun dan bisa di gunakan kurlep 3 tahun. Kalau sekarang hpnya udah wafat, bahkan dikanibalkan jadi ganjel pintu.

    Sekrang beli hp yang kadang di official storenya aja juga bsa kena tipu mas, apalagi yang toko2 biasa. Huhuhu, jadi trust issue beli barang elektronik di e-com.

    Cara ceritanya mas Edot juga bikin was-was dong, aku ikut bertanya-tanya. Apa ya kalimat selanjutnya yang ditulis. Bikin miris apa meringis. Gitu siih. eh ternyata kok di ingatkan lagi sama Pak Ahzar yang kehilangan handphonenya. Hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya sih aman-aman aja mbak beli HP online, saya juga selama ini tiap beli HP selalu online karena selisih harga sama offline sampai 200ribuan. Mbak Dian juga aman kan itu Xiaominya😄

      Iya kebetulan Pak Azhar juga ikut dan sepertinya tatapannya seperti ingin memiliki HP--HP displaynya di Xiaomi center😁

      Hapus
  5. Dari pengalaman ini sepertinya beli hp secara on-line mesti lebih hati-hati ya Mas.
    Itu kesimpulannya hp-nya yang dikemas seperti baru ya Mas. IMEI nya pernah diaktifkan tahun 2022. Jadi garansinya sudah hangus. Nyesek banget ya...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak, jangan terlalu tergiur sama HP dengan harga di bawah pasaran. Selisih cuma beberapa tapi malah nggak dapet garansi.

      Hapus