Ribetnya Milih Kurir di Shopee

Minggu, April 11, 2021

Sebagai guru SD ala kadarnya yang tiap belanja online cari barang selalu setting filter dengan harga termurah dan ongkos kirim yang termurah juga. Ngeliat perubahan kebijakan pengiriman yang ada di shopee saya jadi pengen misuh-misuh sendiri.

Jadi, shopee telah memperbarui kebijakan terkait pilihan ekspedisi pengiriman bagi pembeli di mana pilihannya cuma ada reguler, hemat, kargo dan instan. Kalau sebelumnya semua jenis ekspedisi bisa muncul dan saya bisa ngeliat tarif masing-masing ekspedisi, lalu tinggal pilih mana yang sesuai sama jiwa kemiskinan saya setelah dibantu voucher gratis ongkir.

Sekarang. Tidak.

Dengan alasan ceritanya paling mengerti kebutuhan para pembeli. Shopee ngakunya mengubah kebijakan ini demi meningkatkan kualitas pelayanan mereka, demi menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih cepat, demi kenyamanan semua pengguna shopee. Demi~ kian pernyataan shopee yang nggak relate sama kondisi yang sesungguhnya.

Pengalaman berbelanja yang lebih cepat apanya? Wahai Shopee~~~ kami tidak butuh belanja barang cepat sampai ke rumah. Kami lebih butuh, belanja dengan ongkos kirim yang paling murah. Karena cepat atau lambatnya kurir pengiriman semua relatif. Orang kalau lagi apes udah milih J&T aja jatuhnya bisa muter-muter dulu paketnya. Milih Anteraja yang sering diplesetin netizen jadi Entaraja, saking lemotnya. Kalau lagi rezeki ya  bisa lebih cepet juga datengnya.

Ya... jadi sekarang kalau belanja online di Shopee. Seringnya kita cuma bisa pilih ekspedisi reguler dan hanya tertera satu tarif ongkos kirim disitu. Biasanya sih yang dijadikan patokan adalah ongkos kirim dari ekspedisi yang paling mahal.

Shopee sendiri sok-sokan ngadem-ngademi para pembeli dengan sabdanya, “para pembeli masih bisa memilih jasa kurir pengiriman maksimal satu jam setelah melakukan pembayaran.”

Wahai Shopee~~ BUKAN ITU MASALAHNYA~~~

Masalahnya adalah..... ekspedisi apapun yang kami pilih itu tidak berpengaruh apa-apa terhadap tarif ongkir yang telah kami bayar~

Mau pakai J&T, Sicepat, ID Express, Ninja atau Anteraja. Ongkos kirimnya tetap sama. Terus ini maksudnya apaan menghadirkan pengiriman yang lebih cepat. Kalau cara mainnya gini tentu saja orang-orang lebih sreg pakai J&T yang selalu lebih update tracking resi pengiriman.

Hampir nggak mungkin juga pembeli milih Anteraja, yang banyak keluhan paket lama sampainya.

Cuma masalahnya, masih banyak pembeli shopee di luar sana yang nggak paham sama beginian. Mereka nggak paham gimana cara mengubah jasa pengiriman sesuai keinginan setelah mereka checkout  pemesanan dan melakukan pembayaran.

Jadi, karena pembeli tahunya cuma ada pengiriman reguler. Bisa jadi, udah bayar ongkir termahal standar reguler. Eh dapetnya malah Anteraja. Lebih apesnya lagi malah Shopee Express. Karena ya itu, kalau kita nggak mengubah secara manual jasa pengirimannya. Maka kurir regulernya bakalan dipilihin sama Shopee.

Wahai Shopee.... masyarakat Indonesia banyak yang belum secerdas itu. Apakah pihak Shopee nggak tahu kalau ada orang yang jual case HP di foto produknya sudah nempel sama HP. Terus ada yang beli dan ngasih ulasan bintang satu karena mereka merasa tertipu, mau beli HP dapatnya cuma case?

Apakah pihak Shopee nggak tahu kalau budaya literasi membaca rakyat Indonesia juga masih rendah. Jangankan disuruh baca kebijakan perubahan aturan yang shopee berikan. Baca deskripsi produk waktu belanja saja mereka masih sering males.

Apakah Shopee tahu? Pernah ada pengguna Shopee yang beli Iphone Dummy dengan harga sekian ratus ribu terus ngerasa ditipu karena barang yang datang ternyata Iphone-nya nggak bisa nyala dan ngasih ulasan bintang satu. Yaaaa..... padahal judulnya sudah jelas Dummy, lagian mana ada Iphone beneran dijual sekian ratus ribu.


Satu lagi, gimana caranya shopee menjelaskan kebijakannya terkait perubahan ongkos kirim. Sementara banyak pengguna Shopee yang sudah dikasih tahu dengan jelas jangan berikan kode OTP anda kepada siapapun. RAHASIA! Tapi masih saja dikasih tahu ke orang nggak dikenal yang ngaku-ngaku dari pihak Shopee.

Dengan budaya literasi yang masih menyedihkan seperti ini, lalu Shopee membuat pernyataan panjang lebar kebijakan barunya terkait perubahan jasa pengiriman. Lalu masyarakat Indonesia diminta untuk memahami?

Waah... tentu tidak semudah itu~

Gosipnya sih, Shopee bikin kebijakan pengiriman satu tarif ini awalnya biar merata pembagian pengiriman. Semua ekspedisi bisa kebagian jasa pengiriman, salah satunya jasa pengiriman milik Shopee sendiri. Shopee Express.

Tapi kalau pada akhirnya pembeli bisa milih, tentu mereka nggak bakal milih Shopee Express, lha tarifnya semua sama. Mending milih yang lebih meyakinkan saja sekalian. Ya, kecuali orang-orang yang nggak tahu kalau setelah pembayaran mereka masih bisa ubah jasa pengiriman.

Akhir-akhir ini juga lagi heboh juga berita kurir shopee express yang lagi pada demo, mogok kerja gara-gara mereka nggak dapat gaji pokok, tapi hitungannya per paket antara 1.500-2.000 rupiah. Bayangin, kalau sehari mereka mau dapat duit seratus lima puluh ribu. Itu artinya mereka harus ngirim seratus paket sehari.


baca berita lengkapnya ---> KLIK

Gilaaaaa~~~

Apakah Shopee nggak belajar dari Bukalapak yang sekarang sudah sepi banget? Padahal dulu Bukalapak ini marketplace yang jadi saingan ketat Tokopedia. Dan sekarang jadi sepi, menurut saya karena salah satu faktornya adalah Bukalapak sok-sokan naikin ongkos kirim seenaknya.

Jadi, misal nih... Ongkos kirim dari Pemalang ke Jakarta pakai J&T tarifnya lima belas ribu. Di bukalapak ongkos kirimnya jadi lebih mahal, tahu-tahu jadi tujuh belas ribuan. Walaupun selisihnya nggak seberapa, Bukalapak perlu tahu, pengguna marketplace di Indonesia ongkir selisih seribu saja sama toko sebelah bisa bikin batal beli.

Balik lagi ke kasusnya Shopee, saya rasa sudah banyak masalah komplain dari sekian banyak pengguna Shopee terkait kebijakan aturan penggunaan jasa kirim yang baru ini. Saran saya nih, ya... udah deh mendingan nggak usah pakai jargon macem-macem demi menghadirkan pengalaman belanja online yang lebih baik, beneran deh.. ini nggak perlu banget.

Bagi rakyat jelata seperti saya yang kalau mau checkout saja mesti nyari 'voucher gratis ongkir' dan 'cashback Xtra'. Yang saya butuhkan adalah bisa ‘merdeka’ memilih ekspedisi pengiriman sesuka saya dengan tarif sesuai ekspedisinya. Nggak usah repot-repot milihin ekspedisi yang terbaik tapi jatuhnya tarif ongkos kirimnya jadi nggak bisa milih.

You Might Also Like

16 Upil

  1. Hahaha setuju sama Kak Edot. Kalau ada yang lebih murah, tentu aku pilih yang lebih murah. Kalau ada gratis ongkir, tentu pilih yang itu. Aku pribadi juga lebih senang kalau kita bisa milih jasa kurir dari awal sebelum checkout seperti sediakala soalnya kalau sistem yang sekarang malah bikin ribet 😅. Checkout cepat tapi udahannya harus ubah-ubah jasa kirim lagi, sama aja 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selalu pilih mana yang paling hemat ya 😁

      Naah itu, udah checkout disuruh balik lagi milih kurir , emang ribet banget 😅

      Hapus
  2. Akhirnya ada yang menuliskan ini, terima kasih Mas Edot.

    Pengen misuh-misuh dari kemarin 😂

    Semoga makin banyak yang menyuarakan ini dan jadi perhatian shopee. Sebelum banyak yang pindah ke toko sebelah.

    Izin share tulisannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Pipit, sama2 😁

      Tapi kayaknya Shopee tetep keukeuh sama masalah ini 😁

      Siaap

      Hapus
  3. Aku baca ini sambil angguk angguk sendiri.. Owh begitu toh di shopee.. Aku selama ini pakenya tokped soalnya. Skrng banyak toko yg free ongkir juga di tokped kok. Dan suka ada cashback gitu. Dikit2 dikumpulin cashbacknya lumayan ntr klo udah kekumpul biasanya bisa buat jajan buku. hehehe..
    Akuu malah baru tau ternyata kebijakan pengiriman di shoppee ga bs milih kaya gini. Cuma sempet tau kmren pada demo aja krna pembayaran mereka dikurangin. Biasanya aku pake shoppe buat belanja dari temen yg ga punya tokped aja soalny, ga pernh langsung nyari barang sendiri. Ngomong2 soal literasi yg rendah, itu ia banget sih mas. Sama waktu itu aku baca ada yg ngomel2 dpt rak kecil bgd, pdhal di keterangn udah jelas2 itu rak miniatur. Pengen ngakak tapi gimana.. Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Thessa, di Tokped biasanya minim free ongkir 50ribu, Shopee 30ribu.
      Dengan segala keribetannya emang lebih praktis di Tokped sih akhirnya

      Hahaha padahal udah jelas miniatur tapi masih komplen ya Mbak 😆😆
      Malu-maluin diri sendiri aja 😁

      Hapus
  4. Aku kemarin beli komik di shopee terus kagok kok ini jadi gini ya jasa pengirimannya😅 terakhir checkout duluuuu belum berubah kebijakan soalnya. Dapat yang murah kemarin cuman ya itu nggak familiar dengan ekspedisinya tapi tetep aja dipilih😅 nyampenya masih normal, belum ada kendala apa-apa. Semoga yang suka kena kendala ekspedisi begini ke depannya nggak ada kendala lagi karena pihak jasa pengirimannya berbenah diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ekspedisinya sih normal, sekarang tarifnya yang flat.. . Mau pakai id express atau Sicepat atau J&T harga sama ,😁

      Hapus
  5. Atuh lah aku nggak pernah belanja di shopee

    Pernah sih nebeng si Kakak. Tapi dia yg pilih dan beliin dari HP nya hihi

    Semoga para e-commerce lebih memikirkan persepsi dan experience konsumennya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa betul, tapi sekarang karena mikirnya udah rame, jadi bisa bikin kebijakan sendiri , yang sebenernya belum tentu jadi lebih baik

      Hapus
  6. Asyik, akhirnya ada ulasan tentang perubahan jasa kurir di shopee, biar belanja lebih cepat, biar belanja nyaman, biar duit juga lebih banyak yang keluar eh ~

    Dulu aku sering belanja di Semarang bahkan Surabaya kirim ke Banten cuma pakai voucher gratis ongkir karena pakai id express dibawah 20ribu, kalo ngga salah 18 ribu. Tapi sekarang jadinya 28 ribu.

    Daripada nombok 8000 mendingan ngga usah belanja deh, duit lebih ngirit jadinya. 😁

    Kita lihat saja, apakah si Oren akan bernasib sama dengan bukasalak karena perubahan kurirnya.😄

    BalasHapus
  7. ehmmmm...#baiklah...ternyata sekarang artinya sama mahalnya dengan e commerce sebelah karena jasa ekspedisi naik ke minimalnya jadi reguler wahaa

    sesungguhnya bang dotz..mbul juga tiyep belanja online tuh selalu dan selalu lamanya pas mau check out alias pembayaran...ya biasalah oengen yang termyrah juga hihi..kalau pakai reguler pas belanjanya barang harga murah pas ditotal kok ya malah ongkir ekspedisinya hampur mwnyerupai harga item belanjaannya..bhahahaha...jadilah biasanya senengku ya gitu ga cepet sampe ga papa asal barang sampai tujuan dengan selamat (kalau pas bukan casenya barang ga tahan lama ya)...masalah durasi tekane kapan bisa ditunggu dengan sabar asal ongkire ga mahal hihi

    BalasHapus
  8. Ya ampun bener banget ini, orang Indonesia masih banyak yang minim literasi, males baca dan males cari tau. Dikasih sistem kayak gini mah wassalam 😔 Dan bener yang Mas Edot bilang, pengiriman itu tergantung hoki-hokian juga wkwkwk aku aja pernah pake JNE eh sampainya seminggu lebih, ga ngerti deh itu nyangkut ke mana, padahal cuma dari Cimahi ke Bandung, literally bisa disamperin aja ke tokonya langsung kalau mau 😌

    BalasHapus
  9. Hahahahahaha akhirnya aku jadi tahu cerita lengkap si shoppee ini mas :p.

    Jujurnya shoppee ini bukan favoritku kalo mau belanja. Aku lebih setia Ama Tokped dari dulu :D. Yg pertama Krn tampilannya juga LBH user friendly tokped. Nth Napa si shoppee ini tampilannya bikin puyeng.

    Cm ada bbrp barang yg mau ga mau aku hrs beli dr sana, karena sellernya cm jual di shoppee. Trutama barang2 yg lgs dari Korea tuh. Mungkin Krn shoppee di sana juga ada yaa.

    Dan betuuuuuul sekali, onkir itu sangat ngaruh buatku. Beda 1000 aja bisa bikin aku cancel hahahahaha.

    BalasHapus
  10. Wah, aku pribadi adalah orang yang suka belanja online tiap bulannya. Tapi, sekarang udah gak lagi sih semenjak hidup freelance. Lebih ingin menahan nafsu belanja dan menuh-menuhin barang pribadi yang gk kepake ujung-ujungnya.

    Baru tau sekarang kebijakan shopee sebegitunya. Padahal dulu salah satu pengguna shopee yang pastinya kalau mau pilih barang, yang menyediakan ongkir gratis atau paling gak "paling murah" dibandingkan produk lainnya.

    BalasHapus
  11. selama ini saya masih suka sama sicepat, buat saya pribadi masih yang terbaik. dan untuk anter*ja maaf saya tidak merekomendasikan. sicepat untuk jabodetabek bener-bener cepat, sehari pasti nyampe, pasti.

    BalasHapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe