Buku The Not So Amazing Life Of @aMrazing - Kisah Unik dari Balik Konter HP

Jumat, April 16, 2021

Beberapa hari belakangan, hasrat saya untuk membaca buku lagi entah banget. Padahal di rak buku, ada banyak buku yang antri minta dibaca.

Jadi, biasanya saya suka liat-liat rak buku di rumah, mengamati novel-novel mana yang kira-kira menarik buat dibaca dari atas sampai bawah. Terus... udah, melipir, malah main HP.

Terus besoknya diulangin lagi, ngeliatin deretan buku di rak buku, tapi kali ini beda. Tiba-tiba saya tertarik sama judul The Not So Amazing Life Of @aMrazing. Buku yang udah pernah saya baca beberapa tahun yang lalu, tapi ceritanya banyak yang udah mulai lupa. Karena penasaran, iseng-iseng saya coba baca ulang satu bab. Eh, akhirnya keterusan sampai bab terakhir. Walaupun bacanya nggak sekali duduk, tapi nyicil tiap malam satu sampai dua bab.

Buku ini menceritakan pengalaman selebtweet @aMrazing yang waktu itu masih jadi penjual HP di konter sebuah mall, Alex berhadapan dengan orang-orang aneh dan ajaib yang mampir di konternya.

INFO BUKU

Judul: The Not-So-Amazing Life of @aMrazing

Penulis: Alexander Thian

No. ISBN: 9789797805869

Penerbit: GagasMedia 

Tanggal terbit : Agustus - 2012

Jumlah Halaman: 228

Setting cerita ini terjadi sekitar tahun 2008 di mana pasar hp masih dikuasai sama HP-HP merek Nokia. Berikut saya ceritakan secara ringkas cerita per bab, biar kalau suatu saat lupa sama ceritanya, postingan ini bisa jadi pengingat.

MARIA KERE VS SELIN DION

Sebagai konter dengan predikat koleksi lagu yang paling lengkap, konter Alex sering jadi destinasi utama orang-orang yang kepengen ngisi hapenya dengan lagu.

Siang itu, Alex kedatangan seorang bapak-bapak berpenampilan ijo lumut berkalung rante kapal minta diiisin lagu buat hapenya,  lagu yang diminta ini pokoknya lagu yang dinyanyiin sama Maria Kere yang lagunya Yu Jam Ai Jam, Yu Jam Ai Jam.

Meskipun Alex sempat bingung tapi akhirnya Alex tau kalau ini lagunya Ost. Titanic yang dinyanyiin sama Celine Dion.

Alex pun coba jelasin kalau ini lagunya Celine Dion. Nah, masalahnya Bapaknya ini nggak terima, setahu dia pokoknya yang nyanyiin Maria Kere. Alex sama Bapak ini pun sempat debat sampai akhirnya Alex punya 'suatu' solusi buat persoalan ini.

KONDOM ONA SUTRA

Konter Alex kedatangan seorang cewek ABG dengan penampilan sangat seksi yang bikin suasana sekitar jadi semakin hot.

Si ABG ini lalu ngeluarin HP Nokia N73 (yang keren banget pada masanya) dan minta diisi lagu-lagu. Alex yang mengira selera ABG ini bakalan kebarat-baratan ternyata salah, ABG ini mintanya lagu full dangut.

ABG ini minta macem-macem lagu buat dimasukin ke HP-nya. Setelah beres diisi, si ABG ini minta disetelin lagunya Oma Sutra di konter Alex terus tau-tau dia joged di depan konter. Begitu selesai, cewek ini minta digratisin biaya masukin lagunya karena ABG ini tadi udah joged. 

Alex yang nggak merasa terhibur nggak mau tahu, minta tetep dibayar ongkos masukin lagu ke HP Si ABG. Akhirnya ABG ini pun mau nggak mau ngeluarin dompetnya dan ada sesuatu yang jatuh, iya... sebuah kondom, yang bekas dipakai. Sambil malu-malu ABG ini jelasin katanya kondom ini bekas dipakai Ona Sutra dikasih seseorang biar karirnya sebagai pedangdut lebih cerah.

FESBUK, OH FESBUK

Konter Alex pernah kedatangan seorang bapak dengan penampilan lusuh yang mau nyervis HP-nya. HP bapaknya ini juga sebelas dua belas sama bapaknya, lusuh, jelek dan jadul. Melihat perpaduan ini, Alex pun mulai beranggapan kalau bapak ini pasti kere.

Ditambah, setelah bapak tadi mengatakan kerusakan HP-nya karena nggak bisa dipakai fesbukan. Alex yang melihat HP bapaknya ini Nokia tipe 3315, nggak support buat internetan mencoba menjelaskan kalau HP bapaknya ini memang nggak bisa dipakai fesbukan.

Namun, bapak tadi tetap ngeyel kalau HP anaknya aja bisa masa HP bapaknya nggak bisa. Alex dipaksa untuk mengubah HP bapaknya biar bisa internetan buat fesbukan. Dengan penuh kesabaran, Alex tetap berusaha menjelaskan kalau memang tipe HP bapaknya nggak bisa dikasih internet. Akhirnya, bapak tadi malah marah dan pergi dari konter Alex.

Beberapa saat kemudian, bapak tadi malah balik lagi ke konter Alex. Tanya HP apa yang paling mahal di konter Alex dan bisa buat fesbukan. Lalu....

DUMMY SEHARGA DUA JUTA 🌟

Bab ini adalah bab yang paling mengena buat saya sampai sekarang. Dari sekian bab di buku ini, cerita tentang bab ini yang masih teringat dengan jelas. Jadi ceritanya ada seorang bapak datang ke konter Alex mau benerin HP-nya yang rusak karena nggak bisa nyala. Padahal dia baru beli dari seseorang dan rencananya mau buat kado anaknya.

Setelah dicek sama Alex, ternyata HP ini adalah HP Dummy, bukan HP asli. Alex pun mencoba menjelaskan kalau bapak ini sepertinya habis ditipu sama seseorang. Meskipun awalnya sempat nggak percaya, bapak ini akhirnya terduduk lemas niatnya mau ngasih kado ke anaknya yang berkebutuhan khusus gagal.

Alex yang nggak tega, akhirnya mencoba menghibur bapak ini dan meminta bapak buat mengajak anaknya besok ngisi lagu sebanyak-banyaknya di HP anaknya yang N-Gage di konter Alex, gratis.

Di konter Alex bapak ini cerita bagaimana perjuangannya merawat anaknya yang spesial ini. Hebatnya, bapak ini juga memaafkan orang yang sudah menipunya.

NGGAK CANGGIH, NGGAK GAYA? NGGAK GAUL!

Waktu lagi siap-siap mau nutup tokonya dan beberapa lampu sudah dimatiin. Tiba-tiba Alex kedatangan sama seorang anak cewek yang lagi ngerengek sama ibunya minta dibeliin HP baru. Alasannya biar dia juga bisa kembaran sama gengnya di sekolah. Padahal HP cewek ini juga sebenernya masih keren banget. Nokia N95 8 GB (HP sultan pada masanya).

Ibunya yang waktu itu nggak bawa uang banyak mencoba membujuk anaknya buat nunda beli HP baru. Bukannya nurut anak ini malah nangis kejer sampai jadi pusat perhatian sekitarnya. Sang ibu akhirnya ngalah dan minta tukar tambah dengan HP ibunya ditambah uang sekian.

Anak nyebelin ini langsung berhenti nangis. Kampretnya begitu udah dibeliin HP baru, HP nokia anak cewek gendut ini juga nggak mau dikasihkan ke ibunya. Anak ini malah pengen dua-duanya. Ya... mau gimana lagi, hal seperti ini karena ibunya juga terlalu memanjakan anaknya.

AMNESIA MENDADAK

Sebagai konter yang lagunya paling lengkap, tentu saja Alex sering kedatangan banyak orang buat ngisiin lagunya. Kayak waktu itu, ada cewek dengan gaya keren maksimal, tanya lagunya Pinkan Mambo di konter Alex. Lagu yang lagi ngetren banget waktu itu.

Cewek ini mulai tanya macem-macem, salah satunya semua lagu dari album Pinkan Mambo ini apakah bajakan? Obrolan selanjutnya... Alex akhirnya sadar kalau orang di depannya ini adalah...

NAPAS DARI NERAKA

Bab ini ceritanya tentang seorang anak SMP yang niatnya mau ngisi lagu di konter Alex dan napasnya bau banget. Bikin Alex jadi tersiksa. Udah gitu, pas mau bayar anak ini pura-pura nggak bawa uang cash. Alex pun menawarkan solusi nemenin anak ini ke ATM terdekat di dalam mall. Pas lagi jalan ke ATM, tiba-tiba anak ini ....

THE AWKWARD MOMENT

Nyeritain tentang orang yang niatnya beli HP di konter Alex dan mencoba nawar dengan harga termurah. Begitu akhirnya hapenya kebeli, orang ini langsung pada tanpa senyu, sama sekali.

Lima belas menit kemudian datang seorang ibu dan suaminya marah-marah karena tadi ada orang beli HP dan ternyata pakai uang ibunya yang dicuri. Alex diminta balikin uangnya, lalu dengan teknit bersilat lidah, Alex sukses menyadarkan ibu ini kalau Alex sebenernya nggak tahu apa-apa. Bagi Alex, ada orang mau beli HP ya... diladenin. Bodo amat uang asalnya dari mana.

DON’T JUDGE THE HEART BY THE LOOK

Nyeritain tentang salah satu pembeli yang penampilannya lusuh dan jamet banget minta diisiin lagu buat hapenya. Alex yang menilai kalau laki-laki ini paling seleranya dangdut, ternyata salah. Laki-laki ini seleranya berbobot juga, musik-musik barat. Udah gitu, hape orang ini juga hape Nokia N70 Black yang waktu itu harganya ngeri.

Pada akhirnya Alex belajar banyak dari laki-laki yang namanya Bambang ini, mereka juga jadi akrab dan Alex dibikin takjub sama kisah hidup Bambang ini.

 DANGDUT HALITOSIS

Bab ini bercerita di suatu sore yang damai versi Alex, tiba-tiba ada anak SMP datang buru-buru ke konternya sambil nyerocos kalau dia habis ngerusakin HP temennya. Ya, HP-nya nggak bisa dipakai buat nelpon dan dia udah panik banget. Memohon sama Alex bagaimanapun caranya biar HP temennya bisa bener. Setelah dicek Alex, ternyata .....

MANAJER MASTURBASI

Salah satu dukanya punya konter di dalam mall adalah kalau AC ruangannya mati, pasti kebayang gimana panasnya ruangan di seluruh lantai ini. Sama kayak konternya Alex yang panas banget karena AC-nya sering banget nggak nyala. Alex yang udah nggak tahan akhirnya mencoba datang ke kantor manajernya buat komplain masalah AC.

Waktu udah sampai di ruangannya, Alex manggil berkali-kali tapi nggak ada respon. Pas Alex coba buka pintunya ternyata nggak dikunci, Akhirnya Alex coba masuk dan kaget ngeliat manajernya lagi nonton bokep di laptop sambil telinganya dipasangin headset. Alex pun lalu sengaja berbuat usil ke manajernya.

SAYA ANGGOTA DEWAN, YOU KNOW

Konter Alex kedatangan seseorang yang ngakunya anggota DPR, HP-nya pengen diisiin lagu. Tingkahnya arogan dan sok banget. Dia juga pamerin HP-nya yang harganya sampai 35 yuta... iya, sok yes banget -pakai yuta bahasanya.

Setelah HP nya dikasihkan ke Alex, Alex pun mengamati HP-nya dan ternyata HP-nya ini kayak HP tiruan. Bukan HP mahal asli, anggota DPR ini keliatannya malah ditipu. Setelah dijelasin sama Alex, yang tentu saja awalnya nggak terima, bapak ini pun frustasi. Konyolnya lagi, bapak ini malah minta Alex buat bayarin Hpnya 20 juta, biar nggak nyesek-nyesek amat. Yang tentu saja ditolak sama Alex.

JUJUR ITU MAHAL

Bab terakhir di buku ini bercerita tentang sepasang kekasih yang lagi ngisi lagu di konternya Alex. Lagu ini niatnya mau mereka pakai buat mengiringi pernikahan mereka. Yang jadi persoalan adalah, penampilan laki-lakinya agak ngondek. Meskipun ceweknya nggak ada masalah sama kengondekan cowoknya.

Alex yang ngeliat hal ini di depan mata udah ngerasa curiga kalau cowok ini mungkin aja gay, tapi Alex nggak enak kalau mau ngomong ke ceweknya, takut tersinggung. Nggak disangka, beberapa hari kemudian, cewek ini ngirim Yahoo Messenger ke Alex minta pendapat tentang cowoknya karena banyak temennya si cewek yang nggak setuju. Alex yang ngerasa punya kesempatan buat ngasih tahu cewek ini akhirnya ketemuan. Yang sayangnya si cewek juga ngajak cowoknya.

Alex pun coba mancing pembicaraan cowoknya seputar selera musik dan film. Alex juga ngerekomendasiin film (berbau gay) buat mancing cowok ini. Meskipun cowok ini pura-pura nggak tahu tapi dari gerak tubuhnya Alex tahu kalau cowok ini sebenernya tahu film ini.

Beberapa hari kemudian, Alex sama si cewek ngobrol lagi di YM, dan Alex akhirnya ngejelasin lewat telepon biar lebih jelas ngungkapin fakta-fakta ini. Tentu saja awalnya cewek ini nggak mau nerima fakta dari Alex, sampai akhirnya cewek ini ngelakuin sesuatu buat menjebak cowoknya ini dan ternyataaa.......

Salah satu hal yang masih mengganjal di benak saya waktu membaca bab terakhir ini adalah Alex seolah tahu banget seluk beluk tentang gay. Mulai dari film, kebiasaan gay kalau ke gym malah ke saunanya, tatapan cowok gay yang suka ngeliatin cowok lain di mall. Saya jadi kepikiran, apakah sebenernya Alex ini juga...... ya, kalian tahu sendiri lah haha

Saking penasarannya, saya sampai browsing tentang Alex g** di google dan nemu di sebuah forum yang ngebahas Alex ini juga g**. Tapi entahlah itu semua bener apa nggak.

🎫

Secara keseluruhan buku ini masih layak dinikmati meskipun udah bertahun-tahun lalu terbitnya. Buku ini juga keliatan beda karena memang sangat jarang ada buku yang ngebahas dunia perkonteran dengan pengalaman-pengalaman uniknya.

You Might Also Like

10 Upil

  1. pak guru edotz..mbul pun lagi fase begitu juga tuh....melipir ke rak...liat deretan koleksi novel dan komik aku...udah abis itu ga dibaca, malah mainan hape hahahhahaha...

    oyaampun ini konter si alex kenapa dijadiin tempat buat ngisi lagu mulu yak wkwkkwkwwk...

    *baru engeh lagu ai jem yu jem ini punyae celine dion ost titanic....ternyata dialoge, tiwas aku tadi nginget nginget judul my heart will go on wkwkwkkw

    *tuh abg sexy kenapa selera musiknya kayak si mbul ya? dangdut wkwkwkkw...

    oh tapi apa itu ona sutra #ku masih polos

    #yang ter-nyes bagian bapak-bapak yang merawat puteranya yang berkebutuhan khusus kena tipu karena dikasih jual hape dummy dan ga tau sebagai bentuk empatinya sama si alex bakal diisiin lagu pake hape lain gratis #maybe bab ini mengandung bawang

    #itu yang nanya lagu Pingkan mambo siapa yaa...kok titik titik ga diterusin

    #terus anak yang digiring ke atm tiba-tiba kenapa ya Alloh...kok titik titik lagi..jangan jangan cepirit..atau malah atmnya ga dibawa hahhahah

    #ya Alloh ngakak bagian orang yang ngaku anggota dewan beli hp dikibulin 35 yuta hahahha

    #yang terakhir kok ngegantung sih bang hahhahahahhah pikiranku jadi penuh tanda tanya gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking gabutnya akhirnya bingung sendiri ya Mbul ;-D

      Iya jaman dulu kan kalau punya HP, ngisi lagunya di konter, soalnya HP masih jarang banget ada kuota yang sampai bergiga-giga, kecepatan downloadnya juga masih menyedihkan. :-D

      Yang nggak tak terusin sengaja mbul, biar nggak spoiler jadinya hahaha
      Pokoknya ceritanya emang unik-unik :-D

      Hapus
  2. Aku punya bukunya koh Alex iniiii. Dan sampe skr msh aja sukaaa baca isinya.

    Salut banget Ama koh Alex yg dari dulu memang udh generous banget Ama orang2. Bahkan sampe skr. Aku suka terharu kalo baca orang2 yg udh di tolong. Semoga Rezekinya ngaliiir trus utk koh Alex sekeluarga :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus kan mbak bukunya, beda sama tema lain kebanyakan :-D

      Iya bener mbak, Koh Alex ini emang baiknya kebangetan. Dulu pernah juga sih, waktu Koh ALex nyari buku, iseng saya tawarin di twitter dan Koh Alex langsung aja oke mau bayarin, harganya sampai jutaan padahal...

      Hapus
  3. gue kayaknya belum pernah baca buku ini deh

    cuma liat dia sering sliweran di twitter aja

    tapi, itu kenapa random banget anjir anak abg yang tiba-tiba joget depan konter. padahal zaman itu belum ada prank. eh, bukan prank juga kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal ini buku udah lumayan lama loh Zi :-D

      Konyol banget ya Zi sebenernya pake acara joged dadakan haha

      Hapus
  4. Baca resensi tipe-tipe hp nokia di tulisan ini aku kebayang semua bentuk, harga, dan kengetrenan pada masanya🤣🤣🤣 langsung keinget temen-temenku siapa aja yang pada saat itu udah punya hp yang tipe mana dan anak dari ortu yang seperti apa wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang, jaman dulu saya juga suka banget baca tipe-tipe HP nokia di koran, cuma bisa liat-liat tanpa mampu buat beli :-D

      Hapus
  5. Oemji kok bukunya lucu sih 🤣🤣 aku udah sering lihat ini tapi aku kira isinya bakalan kayak datar datar aja gitu, eh ternyata kocak kayak bukunya Radit ya 🤣. Barusan nyari gratisannya di iPusnas sama Gramedia Digital tapi nggak ada 😂
    Btw, Kak Edot juga punya buku terbarunya Alex yang tentang zodiak nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini kocak kayak bukunya Radit :-D
      Haha, cari yang bekas di tokped atau shopee kayaknya masih ada dan murah tuh, Lia :-D
      Yang buku itu nggak punya, soalnya bukan personal literatur sih ya genrenya haha

      Hapus

Tanya Aja, Sini...

Nama

Email *

Pesan *

Like us on Facebook

Subscribe