Hal-Hal yang Gue Lakuin Kalo Lagi Males Nulis di Blog

Gue yakin setiap blogger pasti pernah ngerasain yang namanya nggak ada ide buat nulis. Pengen update tulisan di blog tapi gak tau apa yang mau ditulis. Kayak gue, akhir-akhir ini gue lagi ngalamin sesuatu yang rasanya monoton. Gak ada hal seru yang kayaknya bisa gue ceritain di blog.

Hidup gue terlalu standar, mau nyeritain tentang pesona wajah gue, tapi enggak jadi. Iya, soalnya wajah gue justru jauh dari standar laki-laki pada umumnya. Ganteng, enggak. Cakep, enggak. Tampan, enggak. Sama aja sih. Intinya, gak ada yang menarik kalo nyeritain wajah gue. Bisa-bisa yang komen di blog gue nantinya obat ganteng alami atau obat penerima kenyataan.

Selama gue enggak nulis di blog, gue tetep ngejalanin hidup ini dengan bahagia. Bukan cuma diam nunggu maghrib, bukan.. lah wong ini bukan bulan puasa. Kegiatan nungguin maghrib bukan jadi prioritas utama hidup  gue. 

Jadi, biar enggak jadi fitnah dibilang blogger murtad gara-gara enggak nulis. Mungkin kali ini gue perlu kasih tahu hal-hal yang gue lakuin kalo gak ada ide buat nulis. Nih...

Baca Buku
Diantara sekian banyak buku yang ada dalam lemari, masih ada tumpukan buku yang belum gue kelarin bacanya. Selain waktu buat baca yang mulai sedikit, gue juga harus melawan perasaan males baca buku karena bukunya ternyata enggak menarik.

Entah kenapa gue sekarang terlalu pilih-pilih buku. Waktu belinya sih gue sering ngandelin insting aja setelah mengamati cover sama blurb-nya. Tapi ternyata, kadang buat selesaiin baca bukunya bener-bener butuh perjuangan.

Beda sama dulu waktu gue masih jadi anak sekolahan, di kota gue jarang ada toko buku. Jadi buku apa aja yang ada, yang penting novel atau komik, sering gue beli dan gue baca sampai abis. Sekarang, karena beli buku cukup mudah karena ada toko buku online, gue jadi sering beli dan belum kelar bacanya, udah beli lagi. Gitu terus.

Jadi kalo akhir-akhir ini gue lagi gak ada ide buat nulis, gue lebih memilih buat nyicil nyelesein buku-buku yang belum gue selesein bacanya, dengan sedikit dipaksa tentunya.

Ngelanjutin Naskah
Gak ada ide buat nulis di blog bukan berarti gak ada ide buat nulis naskah. Harusnya sih gitu... gue gak nulis di blog tapi gue nyelesein naskah. Gue nyicil tulisan sedikit demi sedikit. Lalu tiga bulan kemudian jadi naskah utuh. Tinggal dibaca ulang sambil ngedit terus-menerus. Setelah mantap, kirim penerbit, lalu bikin naskah baru lagi.

Kedengerannya gampang banget kan? Iya, gampang... lah wong cuma wacana aja. Terus realisasinya? Payah. Ngelarin satu bab aja bisa sampe dua minggu. Nulis lima menit, istirahat bentar nonton anime, keterusan.

Nonton Anime
Sebenarnya kebiasaan yang ini punya pengaruh besar sama tingkat kemalesan gue bikin postingan di blog. Akhir-akhir ini gue lagi betah banget nonton One Piece. Kalo anime lovers yang lain tinggal nungguin update-an tiap minggu, gue lagi ngejar ketertinggalan. Makanya gue betah nongkrong depan laptop. Sebenernya gue agak bimbang juga sih, denger-denger One Piece ini baru nyampe sepertiga aja sampai cerita akhirnya. Tamatnya masih sekitar sepuluh tahun lagi. Subhanallah...

Selain One Piece, gue juga betah nontonUshio To Tora, ini karena masih baru, episodenya belum banyak, gue download animenya sebiji-sebiji tiap minggu. Yang paling menguras waktu itu kalo gue nonton Detective Conan.. karena udah enggak tayang di tivi dan gue kangen, jadi gue nyari dvd-nya dan akhirnya dapet juga yangg full episode 1-793 (ini aja masih belum kelar). Makanya banyak waktu gue terbuang sia-sia depan laptop buat nonton ini.

Berpikir Keras
Kalo gak ada ide buat nulis emang enggak enak banget. Orang lain mah gak ada ide jalan-jalan. Nongkrong sama temen. Gue? Enggak. Kalo gak ada ide gue jadi sering berpikir keras.. memaksa ingatan gue buat nyari momen yang kayaknya perlu ditulis. Kadang gue memaksa ingatan gue untuk mencari hal-hal di sekitar yang kayaknya bisa dijadiin tulisan.

Masalahnya, udah berusaha mikir keras. Tetep aja gak nemu, bingung mau bikin tulisan kayak gimana. Sensitivitas gue akan hal-hal di sekitar udah menurun.  Mungkin ini efek kebanyakan makan mie instant waktu jaman kuliah dulu.

Bikin postingan ‘Hal-hal yang gue lakuin kalo lagi males nulis di blog’
Udah berpikir keras dan tetep aja gak ada ide buat nulis, yaudah... ujung-ujungnya memaksakan diri aja bikin postingan ini. Biar akhirnya ada tulisan baru di blog, biar guenya bisa update blog, biar ujung-ujungnya jadi terkesan ada ide buat nulis.

Gue sih gak mau sesumbar pake ngomong ‘kasian sama pembaca setia blog gue kalo lama gak update’. Iya, sapa tau aja blog ini gak punya pembaca setia, adanya pembaca nyasar. Gara-gara ngetik sesuatu di google terus diarahin ke blog gue, kan jadinya mereka nyasar. Gak selalu setia nungguin postingan di blog gue. Gue akhir-akhir ini gak posting juga gak ada yang nyariin.

Jadi kalo gue ngomong, demi pembaca setia blog gue, gue akan menulis terus. Ah... itu berlebihan, gue belum pantes ngomong begituan. Gue masih blogger newbie yang update tulisan di blog aja belum bisa konsisten. Itu sebabnya sampai saat ini gue belum berani bikin postingan terjadwal tiap minggu.

Ngomong-ngomong masalah males nulis di blog, kalian sendiri kalo lagi males nulis di blog biasanya ngapain aja?

Posting Komentar

40 Komentar

  1. kalau lagi males nulis di blog ya pastinya bw :)

    BalasHapus
  2. biasanya blogwalking, silent reader maupun ninggalin jejak, baca buku, gambar, atau tidur. hehe

    BalasHapus
  3. Entah, ini pengaruh asap Aceh atao apaan, gue suka banget dengan gaya nulis bang Edotz.
    Gue adalah tipikal pembaca yang selalu nyari tulisan yang pas dengan gue terus gue akan nunggu terus update-anya, kayak blog bang Edotz ini~

    BalasHapus
  4. Kalo lagi gak ada ide nulis blog, biasanya ngelakuin sesuatu biar bisa diceritain di blog. Hidup gue datar juga, nih. Padahal ada yang bilang, kehidupan manusia seperti roda yang berputar. Kayaknya roda kehidupan gue lagi macet.

    Kayaknya gue gak punya pembaca setia. Soalnya kebanyakan pembaca berasal dari mesin pencari. Eh, tapi mudah-mudahan ada, ding. Jadi pas baca komentar ini gak jadi gimana-gimana. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bannya perlu diganti, vulkanisirannya udah tipis banget Nggo..

      Ya, sesekali biar gimana-gimana gpplah~

      Hapus
  5. Hmmm... kalo lagi males nulis blog, gue sih cuma bisa ngerjain PR. Oke, kedengerannya emang aneh.
    Ah iya juga sih, pake sumpah2an gitu gue rada takut juga. Gue bikin sumpah, tapi gak punya pembaca setia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, agak aneh.. gak males ngeblog juga tetep ngerjain PR endingnya.. daripada dikeplak sama gurunya..

      Gpp lah biar keliatan kerenan dikit~

      Hapus
  6. One piece mah sampai lu kawin, ehh bentar, lu ada niat buat kawin kan bang? Ayo tebak, siapa kru ke 10 kru topi jerami?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas gue gak kawin sama ayam San.. yang kesembilan aja belum nongol, itu Luffy-nya gak dihitung loh, kan dia kapten~

      Hapus
  7. ngga ada nonton bokep bang? wah, keren nih cowo syariah ente bang (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah nggak mungkin. Minimal kalau nggak suka X-art atau Jav idol, itu anime juga bukan full anime lah. ganti hentai kadang2. :P
      Udah ngaku aja dotz, biar bisa tukeran koleksi sama gue nih :'D

      Hapus
    2. Gue paling cuma punya High School DxD :|

      Hapus
    3. teman-kelasku-main-di-angkot.3gp :DD

      Hapus
    4. *kemudian yang merasa senasib sepenanggungan pada ikutan curhat disini untuk berbagi cerita perihal kegemarannya masing-masing*

      -___-

      Hapus
  8. penulis asli kalau lagi nggak nulis ya baca buku, beda banget sama saya yang malah nonton dan males-malesan

    One piece, iya bang,.. sekitar 3 tahun kemarin pas ultah ke 15 tahun terbit, editornya bilang one piece udah separuh jalan. melihat butuh waktu 15 tahun untuk separuh jalancerita makan akan butuh waktu cukup lama untuk sampai akhirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sebenernya gue baca bukunya juga sambil males2an sih ..

      Berharapnya sih semoga eiichiro oda-nya masih sehat sampe one piece tamat ya~

      Hapus
  9. Komen Janjan bangke juga. Haha

    Gue dulunya juga gitu pas ngejar ketinggalan One Piece, blog terlantar. Itu serius baru sepertiga? Buseh daaahhh. Tapi udah mulai pecah jalan ceritanya. Luffy udah jadi bos di antara beberapa bajak laut haha.

    Kalo buku-bukunya nggak sempet dibaca, pinjemin ke gue dulu. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yah, bikin betah nonton :D
      Bener tuh, Luffy aliansinya udah gede sekarang..

      Bolehlah, baca di rumah gue aja ya tapi :D

      Hapus
  10. kalau gue males gak update blog yah paling mentok blogwalking aja sama ngupil depan layar monitor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu perbuatan yang mulia dan inspiratif banget broh~

      Hapus
  11. Kenapa lo ga tulis soal nongkrong di toilet buat nyari inspirasi? hahaha
    Kalo gue sih blog update terus tergantung bahan yang gue temui di facebook, sumber dari facebook ternyata kalau kreatif bisa jadi tulisan blog kita bang. Misalnya aja ada postingan di facebook mengenai masalah soal anaknya sakit, terus komentarnya ngasi saran gini-gini, harus gitu. Nah bisa kita jadiin bahan tulisan misalnya "Cara cebokin anak yang lagi cacar air" gue yakin juga tuh bakalan heboh juga.
    BTW nih komentar gue bisa kebaca sama google soal nyebokin anak yang kena cacar loh. lol
    Masalah dan Penyelesain Mobil Blazer

    BalasHapus
    Balasan
    1. DUh iya ya, gak kepikiran :D

      Keren tuh, emang jadi blogger juga sebenernya kud peka sama hal2 di sekitar ya ..

      haha, iya.. kadang komen sering gak sengaja jadi keyword juga di google :D

      Hapus
  12. hahaha.. well at least you've got 1 loyal reader here, ga cm pembaca nyasar :P

    BalasHapus
  13. kalau nggak ada ide gue sih cari ide bang. sense of writing something lo harus diaktifin bang haha, soalnya banyak hal yang bisa kita tulis.

    mungkin gue rasa rutinitas baru lo skrang (nonton anime) mulai menggeser kebiasaan ngeblog lo bang. tapi dari anime itu kan bsa juga bang dijadiin tulisan hehehe

    BalasHapus
  14. jadi, bisa ditarik kesimpulan kalau lo lagi males nulis di blog ya waktu nulis postingan ini? oke. ya tuh, true story. kalau males nulis di blog bukan berarti naskah juga ikut males. malah, kadang bisa lebih superior. kalau nonton anime, gu elebih memilih nonton yang live action. maklum, bukan penggila anime

    BalasHapus
  15. wah kita samaan bang...
    skrg aja gue lagi males2nya nulis blog tapi krna ingin banget ngupdate tulisan terkadang harus berfikir keras biar ada ide untuk tulisannya.

    BTW bang edotz gue udah dapet buku Lelaki Gagal Gaul. Belum baca sih tapi lagi bersiap untuk membacanya. :)

    BalasHapus
  16. kalo males nulis biasanya BW atau Nonton film :D

    BalasHapus
  17. nonton onepiece suka banget, apalagi liat naminya uh gue palinmg suka

    BalasHapus
  18. buset. gini doang bisa jadi bahan tulisan blog. keren dan super peka sampean mas.

    BalasHapus
  19. biasanya kalau lagi males ya pasti buka-buka youtube :D

    BalasHapus
  20. aku juga gitu kalau lagi males suka baca buku

    BalasHapus
  21. Kalo lagi nggak ada ide, enaknya jalan jalan.. wisata kuliner..
    Nanti idenya akan muncuul biasanya dengan sendirinya
    :D
    "Biasanya"...

    BalasHapus
  22. keren tulisannya om edotz..
    salam kenal dari saya.. biasanya cuma baca2 doang disini, baru kali ini berani koment karna tulisannya ga terlalu berat dicerna.. haha
    saya kalo lagi males nulis ya blognya tak tinggalin gitu aja.. baliknya lagi kalo pas lagi pingin curhat.. :-D

    BalasHapus