7 Cara Gampang Hemat Listrik Kulkas agar Irit Biaya dan Tidak Mudah Rusak

1/29/2020 07:43:00 pm

cek aja.com

Kulkas menjadi salah satu barang paling penting dalam kebutuhan sehari-hari. Namun, banyak orang berpendapat bahwa kulkas termasuk peralatan elektronik rumah tangga yang boros listrik. Padahal, itu bisa terjadi karena cara perawatan/pemakaiannya yang salah. Selain itu, kulkas yang salah dalam perawatan bisa menyebabkannya mudah rusak dan menghabiskan banyak energi listrik. Simak beberapa cara gampang hemat listrik kulkas bawah ini!

Cara Gampang Hemat Listrik Pada Kulkas

1. Pahami Usia Efektif Kulkas

Cara gampang hemat listrik kulkas agar irit dan awet yang pertama adalah dengan memahami usia efektif kulkas. Pada umumnya, perusahaan kulkas memberi garansi selama 3 – 5 tahun untuk produk mereka. Kebanyakan dari produsen kulkas menganjurkan penggunaan kulkas tak lebih dari sepuluh tahun. Apabila penggunaan lebih dari sepuluh tahun, maka akan muncul tanda-tanda penuaan pada kulkas. Misalnya, es lebih lama membeku, banyak bunga es dan masalah pada karet pintu. Kalau tanda-tanda tersebut terjadi, otomatis pemakaian kulkas pun menjadi tidak efisien. Sebaiknya, segera ganti kulkas lama tersebut dengan kulkas yang baru.

2. Taruh Kulkas di Tempat yang Aman
Sebaiknya jangan taruh kulkas di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, jangan tempatkan kulkas menempel/terlalu dekat dengan dinding. Hal tersebut perlu dilakukan, agar ada ruang untuk sirkulasi udara panas di belakang kulkas tersebut. Jarak ideal antara kulkas dengan dinding dianjurkan sebesar 10 cm – 15 cm. Perhatikan pula jarak dengan langit-langit sebaiknya 30 cm. Terakhir, jauhkan dari kompor, oven dan seluruh barang yang bisa menghasilkan panas lainnya.

3. Atur Suhu dengan Baik
Selanjutnya, cara gampang hemat listrik kulkas adalah dengan mengatur suhu kulkas dengan baik. Sebaiknya, atur kulkas pada suhu ideal yakni pada suhu 2-4 derajat celcius. Sementara, untuk bagian pembeku/freezer, suhu yang disarankan adalah -15 derajat celcius. Jangan mengaturnya pada suhu terlalu rendah. Karena, semakin dingin temperatur kulkas, akan semakin lama pula kompresor bekerja sehingga  pemakaian energi listrik semakin besar. Suhu ideal untuk pemakaian kulkas agar hemat berada di antara 70-80 persen. Apabila tidak terlalu digunakan, upayakan atur suhu minimum.

4. Manfaatkan Fitur Defrost

Fitur defrost merupakan fitur yang berfungsi untuk mencairkan bunga es yang ada pada freezer. Fitur ini akan bekerja mematikan fungsi thermostat dan membuat bunga es mencair. Ketika bunga es mencair, bersihkan freezer untuk membuat aliran udara di dalamnya lebih lancar. Tidak hanya itu, fitur ini akan membuat freezer dapat beristirahat sejenak dan pemakaian listrik otomatis berkurang.

5. Isi Kulkas Sesuai Kapasitas
Ternyata, kulkas dalam keadaan setengah terisi atau bahkan hampir kosong akan memakan energi listrik lebih besar. Namun, jangan biarkan kulkas terlalu penuh juga karena akan mengganggu proses sirkulasi udara di dalam kulkas. Oleh karena itu, cara gampang hemat listrik kulkas yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi kulkas sesuai dengan kapasitasnya. Jangan terlalu kosong tetapi juga jangan sampai terlalu penuh.

6. Bersihkan dan Rawat Kulkas Secara Rutin
Selalu cek sekat karet yang menempel pada pintu kulkas. Biasanya seiring berjalannya waktu, sekat karet ini akan mengendur. Apabila sudah longgar atau rusak, segera ganti seal atau karet pada pinggiran pintu kulkas ini. Seal yang tidak lagi rapat dapat menjadi salah satu penyebab kulkas susah dingin, karena udara dingin justru terbuang keluar sehingga suhu pun tidak terjaga. Akibatnya, kulkas akan bekerja lebih keras mendinginkan isi dalamnya sesuai pada temperatur yang sudah diatur pengguna. Jadi, sebaiknya, segera perbaiki jika ada lubang lain yang bisa mengundang udara luar masuk.

7. Jangan Membuka Kulkas Saat Pemadaman Listrik
Cara gampang hemat listrik kulkas yang terakhir berlaku saat sedang ada pemadaman listrik. Sebaiknya, jangan terlalu sering membuka kulkas di saat pemadaman listrik berlangsung. Karena walaupun listrik padam, kulkas dapat mempertahankan suhunya hingga 24 jam penuh. Jadi, hindari untuk tidak terlalu sering membuka kulkas saat momen ini. Alangkah lebih baiknya lagi kalau membuka kulkas di saat listrik sudah menyala.

Sekian, ulasan beberapa cara gampang hemat listrik kulkas agar tahan lama. Ingin tau cara hemat listrik atau berbagai tips menghemat lainnya? Simak terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

You Might Also Like

0 Upil

FanPage