Ternyata, Banyak Buku Menggiurkan di Facebook!

12/03/2018 07:35:00 am



Akhir-akhir ini saya jarang banget beli buku baru di gramedia, alasannya tentu saja karena harga buku yang makin kesini makin mahal. Baik komik maupun novel harganya bikin mikir-mikir buat dibawa ke kasir. Mungkin beda kalau yang masuk gramedia keluarga Crazy Rich, mau beli buku satu biji yang dibeli sekalian sama gramedianya.

Kalau sekitar lima tahun yang lalu harga novel masih di sekitaran 30-40 ribu. Sekarang, harga novel rata-rata sudah sampai sekitar tujuh puluh ribuan, bahkan hampir seratus ribuan. Kalau bukan penulis yang udah bener-bener dikenal, kayaknya sayang banget buat ngeluarin uang segitu yang belum tentu bukunya memuaskan buat dibaca.

Untuk menyiasati harga buku yang semakin mahal. Saya lebih suka berburu buku bekas lewat online. Ya, buku bekas yang harganya masih terjangkau dan layak baca entah itu komik atau novel. Dulu, saya hobi banget cari buku di Tokopedia dan Bukalapak. Disitu banyak ‘harta karun’ yang bikin mata berbinar saking menggairahkannya.

Ibarat dunia One Piece yang luas, dimana setelah grand line ternyata masih ada dunia yang lebih luas lagi yaitu new world atau dunia baru. Begitu juga dengan internet, ternyata mencari buku bekas berkualitas dan menggiurkan tidak sebatas di marketplace Tokopedia dan Bukalapak. Masih ada tempat lain yang juga menyimpan potensi harta karun berkualitas yaitu Facebook.

Iya, Facebook. Tempat yang sering banget dikunjungi ternyata di dalamnya banyak penjual buku yang ramah kantong dan tentu saja berkualitas. Ada banyak grup jual beli buku komik dan novel di Facebook. Kalau beruntung kita bisa nemu buku murah banget dari para swing seller. Ya, ini semacam seller yang suka jual buku koleksi pribadinya karena dianggap menuhin ruangan atau sudah pensiun.

Kalau suka memantau grup jual beli biasanya kita bisa nemu buku bagus yang sebenernya nggak ada niatan buat kita beli. Cuma perkara ngeliat, kayaknya bagus, harganya murah, tahu-tahu sudah kebeli. Nanti liat buku dijual lainnya, terulang lagi hal yang sama. Akhirnya khilaf belanja buku banyak.

Selain grup jual beli buku yang sering jual buku-buku bagus dan murah. Di Facebook banyak juga penjual buku yang terpercaya dan tentunya saja harga bukunya lumayan bersahabat. Setelah sering scroll grup jual beli buku, saya jadi punya beberapa penjual buku yang perlu dijadikan teman, diintipin lapak jualannya sampai ditunggu upload jualannya. Bahkan beberapa penjual buku di Facebook ini mesti saya setting ke mode ‘lihat dahulu’ karena memang harus sering bersaing sama pembeli lainnya di Facebook.

Nah, kali ini saya mau kasih rekomendasi beberapa penjual buku di Facebook yang layak buat diklik tambahkan teman buat yang kalian yang suka belanja buku online.  

ALI UMAR
Buat yang suka banget sama komik, Ali Umar ini wajib banget buat dikepoin. Sejauh ini, Ali Umar adalah seller paling konsisten jual harga komiknya dengan harga empat ribu rupiah per komik. Lebih afdol lagi di tempat Ali ini semua komik harganya sama. Entah itu komik langka, komik segel, atau komik set yang harga jualnya sebenarnya masih lumayan semua tetap dihargai empat ribu per komik.

Selain itu, di waktu tertentu Ali Umar ini juga suka upload jualannya secara borongan. Komik yang diupload langsung banyak banget dan tentu saja langsung jadi rebutan. Kebanyakan yang rebutan juga para seller buku untuk dijual lagi :D

Nggak cuma komik aja yang dijual sama Ali, tapi novel juga ada dan harganya tetap bersahabat. Jadi, kalau kalian suka cari buat sekedar dibeli dan ditumpuk yang akhirnya nggak pernah dibaca. Ali Umar ini recommended banget buat dikunjungi.

RADEN SIBINTANG KOMIK
Seller yang satu ini dari Surabaya. Lagi-lagi buat para pecinta komik, Seller yang satu ini recommended buat diklik pertemanan. Barang jualannya mantap, banyak banget. Banyak komik set bagus yang terjangkau harganya. Semisal kalian mau beli komik borongan dalam jumlah banyak, mungkin bisa jadi harganya dimurahin lagi.

Nggak cuma komik yang dijual disini ya. Buku lainnya juga ada mulai dari anak-anak sampai novel. Yang jelas, di tempat Raden SiBintang Komik ini, ada banyak komik set yang memanjakan pecinta komik. Nah, biar nggak keduluan beli komik sama yang lainnya, kalian perlu banget klik pertemanan dan klik lihat dahulu biar kalau buka Facebook bisa langsung lihat upload jualan terbarunya.

MILORI SHOP
Saya sudah tahu akun Milori Shop ini sejak dari Tokopedia. Bahkan dulu saya sering rajin kepoin jualannya di Tokopedia dan sudah pasti juga klik favorit. Setahu saya, kondisi barang jualannya selalu bagus, kebanyakan rata-rata koleksi pribadi yang masih mulus. Harganya juga terjangkau, jarang ada komik yang harganya sampai sepuluh ribuan.

Dulu, saya lumayan sering beli buku di Milori Shop lewat Tokopedia. Lalu, pas lagi asyik-asyik liat grup jualan buku di Facebook, kebetulan saya lihat akun Milori Shop. Ternyata, jualannya di Facebook juga nggak kalah membahagiakan. Bahkan kadang ada obral komik harganya 2.500 per buku, novel teenlit lima ribuan, buku cerita anak mulai tiga ribuan.

Milori Shop ini suka ngasih tahu duluan kalau hari tertentu dia mau upload buku dengan harga sekian. Nah, jadi kalau mau kebagian kita harus siap pantengin Facebooknya, karena sudah jelas.. peminatnya pasti banyak.

KRIS BANG BIRINGNA
Saya masih ingat dulu pertama beli komik disini yang judulnya Let’s & Go dan Yoichi. Per komik harganya lima ribuan. Selanjutnya, saya jadi sering kepoin jualannya. Saya juga pernah dapet komik Captain Tsubasa World Youth Version, New Kungfu Boy lengkap dengan harga terjangkau. Yang paling membahagiakan adalah tanpa sengaja saya juga dapat majalah Bobo tahun 1990-an dengan harga sangat terjangkau dan setelah dicek di rumah edisinya ada yang urut dari nomor 1-52. Wooow.. harta karun versi saya benar-benar sederhana sekali. 

Belakangan ini, Om Kris ini lebih sering upload jualan buku anak. Buku umum juga ada, yang jelas Om Kris ini juga patut untuk di klik pertemanan buat pecinta buku.

JARWO CHIAN
Om Jarwo ini suka jual komik dengan harga murah, biasanya sekitar lima ribuan. Kadang komik set yang seharusnya harganya bisa lebih mahal Om Jarwo ini tetap jual dengan harga lima ribuan sampai delapan ribuan, jarang ada komik dijual dengan harga sepuluh ribuan.

Om Jarwo ini juga banyak jualan buku anak-anak mulai dari majalah, buku cerita dan buku kreativitas. Selain itu, juga ada buku umum, novel dan lainnya yang menurut saya harganya tergolong terjangkau juga. Jadi, kalau kalian suka belanja buku, klik pertemanan ke Om Jarwo ini jnggak ada salahnya. 

***

Salah satu hal penting yang harus diwaspadai beli di Facebook adalah karena disini masih rawan sama penipuan. Saya juga pernah kena tipu waktu mau beli novel set Dilan. Karena ngebet banget pengen baca novelnya setelah lihat filmnya, saya jadi berburu ke grup-grup Facebook cari novel set Dilan ori yang terjangkau. Nah, kebetulan waktu itu ada yang jual novel bekas Dilan set ori dengan harga cuma delapan puluh ribu rupiah. Saya yang cari nggak nemu-nemu akhirnya langsung tergiur dan transfer hari itu juga. Berhari-hari ditanyain muter-muter masalah pengiriman, akhirnya saya sadar kalau saya kena tipu~~~~ seller palsu~~~

Setahun sebelumnya saya juga hampir kena tipu dengan nominal yang lumayan. Seller ini meyakinkan banget karena reputasinya sudah terkenal dan banyak yang belanja disini juga. Namanya Butet Nasution, buku yang saya pesan berbulan-bulan nggak dikirim. Tiap ditanyain kapan dikirim selalu banyak alasan. Saya yang mulai ragu, akhirnya ngotot nagih buat dikembalikan saja uangnya, nggak jadi beli. Setelah melalui proses yang melelahkan, alhamdulillah... uang saya akhirnya dikembalikan diiringi nada menggerutu dari Butet ini.

Berbulan-bulan setelahnya, ternyata heboh banyak yang ketipu sama Butet Nasution. Bahkan para korbannya sampai bikin grup WA untuk membahas kasus ini. Nominalnya juga lumayan karena yang ketipu biasanya pada beli borongan. Entah bagaimana kelanjutannya saya nggak ngikutin.

Nah.. sebagai orang yang hobi baca buku dan suka kalap kalau belanja buku. Ada baiknya kita tetap harus hati-hati dan nggak terburu-buru kalau lihat buku murah. Lihat akun penjualnya, apakah akun baru atau lama. Lihat interaksi di akun tersebut, memang banyak interaksinya atau jarang interaksi.

Untuk akun-akun yang saya sebutkan di atas, Insya Allah semuanya terpercaya dan recommended. Oh iya, seller lain yang terpercaya di Facebook juga banyak ya. Ini cuma versi saya saja, karena saya juga belum muter-muter semuanya. Yang jelas bagi para pecinta buku, banyak hal menarik di Facebook yang bisa kita jelajahi. Pokoknya hati-hati, awas khilaf.

You Might Also Like

7 Upil

  1. Semuanya masih asing. Terakhir beli buku di Facebook itu di Dojo Komik. Itu udah lama sih. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau DOjo KOmik saya tahu, punya toko juga di Tokopedia dan Bukalapak. Reputasinya juga udah mentereng :D

      Delete
  2. Haduh gue ga begitu demen baca buku sih, paling yang terkenal2 aja yang gue baca itu pun bukunya paling minjem gapernah sampe beli. Gatau kenapa gue kalo untuk cerita fiksi atau novel kurang begitu minat walaupun harga bukunya murah :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setiap orang punya selera buku masing-masing :D

      Delete
  3. Wah lumayan referensinyaaa.. makassii bang

    ReplyDelete
  4. Be conscious consequently that in case you actually need to fly you will need to spend exceedingly big quantities of cash ProHomeworkHelp.com in your life. It would be naive to suppose that you will purchase an aircraft in time and then you will most effective fly for fuel.

    ReplyDelete