Demi Gash Bell Vol. 28


Selain hobi baca novel, gue juga suka banget yang namanya baca komik. Bahkan waktu kecil, komik apa aja, entah itu serial misteri atau serial cantik, semuanya gue baca sampe ludes hasil dari gue minjem komik sepulang sekolah di persewaan komik,  setelah cuma jajan es limun di sekolah.

Iya, dari dulu sampe sekarang, gue nggak pernah bosen baca komik. Bahkan di rumah nih, masih banyak puluhan komik dalam antrian buat gue baca. Kebiasaan gue baca novel pun untuk sementara agak dipinggirkan.

Dari sekian banyak komik yang pernah gue baca, komik yang paling bikin gue kesengsem adalah Gash Bell karya Makoto Raiku. Gue masih inget gimana awalnya gue bisa kenal sama Gash Bell. Waktu itu abis lebaran, gue masih SMP, tapi lupa kelas berapa, yang jelas gue lagi jomlo. 
 
Setelah dapet amplop THR dari sodara yang jumlahnya nggak seberapa, gue segera pergi ke loper koran yang juga jualan beberapa komik terbitan M&C. Yap, di kota gue, komik terbitan Elex Media nggak akan pernah bisa ditemukan karena keterbatasan tingkat kegaulan.

Gue sengaja nyari komik oneshot, komik yang langsung tamat, biar nggak ribet nungguin volume selanjutnya yang terbit nggak tentu waktu, iya.. lagian di kota gue komik bersambung kebanyakan udah nyampe volume banyak juga, nyari volume sebelumnya pasti bakalan susah.

Pas lagi liat-liat, nggak sengaja gue nemu komik Gash Bell dan gue langsung tertarik. Bukan karena kovernya keren atau blurb-nya yang bikin penasaran, tapi karena Gash Bell baru vol. 1, ini kalo gue ngikutin volume selanjutnya kayaknya nggak akan jadi masalah karena baru terbit pertama. Dugaan gue juga kayaknya ini komik nggak bakal sampe banyak juga volumenya, jadi nggak masalah kalo beli komik ini.

Selanjutnya, gue bisa bertahan ngikutin sampe vol. 8 dan gue nyerah karena jadwal terbit yang nggak tentu. Akhirnya hobi gue baca komik Gash Bell pun terbengkalai dan benar-benar terlupakan.

Sampai kemudian gue lulus SMA dan akhirnya kuliah, gue baru CLBK sama komik Gash Bell gara-gara nemu tumpukan komik Gash Bell di pameran buku Semarang. Waktu itu ada 23 volume urut dari yang pertama. 

Gue mupeng parah, kalo gue beli.. nanti gue punya  dobel beberapa komik Gash Bell. kalo nggak beli, gue mendadak penasaran sama kelanjutan ceritanya pas baca  jaman dulu. Nyarinya lagi bakalan susah.

Gue sebenernya juga penasaran, ini komik udah tamat atau belum. Tapi karena hape gue hape cina dan gak bisa dipake browsing. Akhirnya gue nekat aja beli. Nggak peduli di rumah ada komik ini. Nggak peduli juga sampai volume 23 udah tamat apa belum.

Gue segera baca ulang dari awal dan gue dibikin terlena sama jalan ceritanya. Jadi, komik Gash Bell ini nyeritain tentang pertempuran seratus anak iblis di dunia manusia untuk memperebutkan kursi raja selanjutnya. Anak iblis harus mencari manusia yang mau menjadi partnernya dalam bertarung. Setiap anak iblis, diberi satu buku yang berisi mantra-mantra yang dipakai dalam setiap pertempuran. Anak iblis akan saling mencari keberadaan iblis lain untuk bertarung, dan yang kalah akan kembali ke dunia iblis setelah bukunya dibakar anak iblis yang menang.

Gash, salah satu anak iblis yang lemah dan sempat hilang ingatan harus ikut bertarung, namun dia benci dengan cara perebutan kursi raja seperti ini yang membuatnya harus bertarung dengan teman sendiri dan kehilangan teman akibat pertempuran ini. Gash pun berjuang agar bisa memenangkan pertempuran ini agar bisa menjadi raja selanjutnya dan menghentikan cara pemilihan raja selanjutnya dengan pertarungan semacam ini suatu saat nanti. 

Dan konflik-konflik keren pun bermunculan. Lucu, sedih, merinding semuanya jadi satu di komik ini. 

Sampai akhirnya gue sadar kalo ternyata komiknya belum tamat. Anjrit! Nanggung banget nih jadinya! Lalu terpaksa gue pun berburu komik selanjutnya mulai dari stadion sampai Pasar Johar di Semarang. Butuh kesabaran tingkat tinggi dan waktu berhari-hari agar bisa nemu lanjutan komik ini.

Alhamdulillah, satu per satu gue bisa ngedapetin komik cabutan edisi selanjutnya sampai tamat di nomor 33. Sayangnya, masih ada satu volume yang susah banget gue dapetin yaitu volume 28.

Gue udah muter-muter sampai ke pasar malem segala tiap malam minggu berharap ada stok nyempil, tapi hasilnya nihil. Gue pun mulai berburu ke toko online buat nyari volume yang satu ini. Bukalapak, Kaskus, Tokopedia. Semuanya gue ubek-ubek dan hasilnya nihil.

Padahal sebenernya gue udah kelar baca komik ini setelah dengan sangat terpaksa langsung loncat ke volume 29 setelah baca volume 27.

Tapi yang namanya udah kesengsem sama komik ini, gue pengen melengkapi satu volume yang nyempil ini, entah gimana caranya. Sayangnya, nyari komik Gash Bell volume 28 ini susahnya kayak ngedapetin lagi mantan yang udah pernah disakitin.

Sampai gue kelar kuliah, kerja jadi penyiar radio, jadi guru SD, bahkan sampai SD gue mau ditutup gara-gara kekurangan murid, gue masih aja nggak bisa nemu komik volume ini.

Saking pengennya punya koleksi Gash Bell yang lengkap. Gue sampai jual komik Gash Bell gue di Tokopedia dengan harga murah, terus rencananya gue beli komik Gash Bell yang fullset walopun harganya mahal.

Sementara itu usaha gue mulai dari browsing google, nyari di web tukang biasa jualan komik, semuanya nihil. Hati gue bener-bener nggak tenang kalo belum dapetin komik volume ini. Gue jadi sering bengong di dalem kulkas, seolah ada sesuatu yang mengganjal dalam benak gue.

Sampai akhirnya, suatu malam gue dapet mention nyepam dari tukang jualan komik. Iseng-iseng, gue liatin TL-nya, isinya mention orang-orang dengan kalimat yang sama. Berhubung gue emang suka baca komik, gue pun penasaran ngintipin fanpage-nya.


Gue nyimak dengan seksama, kesan awal di fanpage ini komiknya biasa-biasa aja dan agak mahal untuk ukuran komik bekas. Namun mendadak pantat gue deg-degan ngeliat kenyataan ini.

Ada postingan tentang komik Gash Bell cabutan, dan volume 28 ada!

Untuk memastikan rasa penasaran gue, gue segera ninggalin komen di fanpagenya berharap komiknya masih ada.

Dan jawaban yang gue terima sungguh melegakan.. ternyata volume 28 masih ada! Akhirnya.... setelah ngubek-ngubek google, ngubek-ngubek toko online, ngubek-ubek airnya diubek-ubek ada ikannya kecil-kecil pada mati, hasilnya nihil. Pencarian gue selama ini pun berakhir di tempat komik ini. 

Beruntung komik yang gue jual murah masih belum laku. Lalu, gue dapet komik Gash Bell volume 28 ini dengan harga 10ribu, dan gue juga dapet komik Animal Kingdom 11 volume karya Makoto Raiku lainya dengan harga lumayan mahal, tapi nggak masalah... itu gue anggap harga terimakasih karena udah ngasih gue Gash Bell volume 28.

Bagi sebagian orang, mungkin apa yang gue lakuin kurang kerjaan banget, cuma komik aja sampe segitunya. Tapi ya... mau gimana lagi, yang namanya udah kesengsem pasti mau aja ngelakuin segala cara buat ngedapetin barang yang dipengen.

Dengan ini koleksi komik Gash Bell gue pun fix! Lengkap. Gue jadi nggak perlu jual komik gue yang hampir fullset buat sekedar beli komik sejenis yang fullset.
 
Pelajaran yang bisa diambil dari kisah gue kali ini adalah mention nyepam dari orang lain, kadang tak selamanya ngeselin. Tapi siapa tau, ternyata itu bisa jadi jalan pembuka buat menunjukkan jalan kepada apa yang selama ini kita cari.

31 Upil

Dot, perasaan yang sama yang saya rasain ketika komik Kungfu Komang saya akhirnya lengkap. Fullset! Selamat, Dot. Rencana, mau koleksi komik apa lagi nih?

Saya sendiri mau mulai nyicil beli komik bekas Dragon Ball sama One Piece. Terus Gash Bell juga sepertinya menarik untuk diikuti. :D

Reply

Selamat, bang! Gue malah cuma sekali doang baca komik. tepatnya komik Doraemon Kerajaan Langit. Huhuhu. Iya ya, gue juga lagi agak minggir baca novel. Kayak kurang ada selera. Akhirnya baca-baca buku pelajaran deh. Hehehe, tetep positif kan.

Reply

Emang kadang letak keseruan ngoleksi bubu buku seri di situ. Harga pun komiknya kadanggak seerapa, tapi penasaragugup takut, senengdaharu itu suka bikin candu. Selamat ya bang, :)

Reply

Wahhh perjuangan Bang Editz untuk berhasil ngoleksi komik Gash Bell dari jaman SMP sampai akhirnya lengkap, keren banget.

Btw Bang Edotz, abang beneran pernah suka baca serial cantik? Wuaaa jarang lho cowok yang baca serial cantik, menurutku. :)

Reply

Susah ya Dotz kalau udah kesengsem sama komik, sampai cari-cari gak nemu. Eh malah nemu volume 28 gara2 ada yg nyepam twit, rejekimu tuuuuh. emang gak enak kalau meski ngelompati 1 volume aja, gak greget hehehe

Kotamu emang gak gaul ya, masa terbitan Elex media aja susah carinya

Eh beneran SD tempat kamu mau ditutup? hahahaha

Reply

Pak Edotz!! aku juga baca gash bell lho pas SMA sampe tamat. tapi aku agak lupa cerita lengkapnya dan nama2 tokohnya, hahahahaha..
kalau pak edotz bela-belain beli aku mah nyewa aja pak, soalnya duit gaji buat beli liptiks ama polesan muka biar cantik kayak syahrini :p
pas liat cover no.28 itu aku agak inget dikit, itu kalau g salah anak iblis yang mirip gash cuman pas awal kemunculan dia, dia tuh salah 1 kandidat yang kuat banget ampe bikin kualahan, bener g pak edotz? seinget aku gitu sih

Reply

Widiiihhh akhirnya fullset ya Bang haha. Gila aku pun kalo jadi kamu pasti bakal ngubek-ngubek loh Baaang. Habisnya kan nanggung banget 1 volume lagi. Kayaknya kita bukan cuma suka baca, tapi juga suka koleksi. Ya nggak sih? :D

Ceritanya di komik itu gimana sih Bang kok bisa sampe volume puluhan gitu? Aku kadang penasaran, tapi berkali-kali baca komik tetep aja males. Nggak niat gitu baru 2 halaman juga haha.

Aku sendiri siiih masih kebayang boxset-nya Harpot gilaaa. Tapi harganya bikin ngecekek. Apalagi sekarang udah ada yang baru. Rasanya jadi pengin bobol ATM aja deh *astgafirullah...

Reply

komik lawas ya. baru dengar judulnya..
i know how you feel dotz.
gw jg lgi koleksi, bukan koleklsi komik tpi buku, tetralogi tepatnya dan kurng buku no 3nya, gw Udah nyari ke gramed dll tpi blm nemu juga. dan akhirnya blm gw baca sama skli tu tetralogi hahaha

Reply

wah wah waaah, bg edotz perjuangannya luar biasa sekaliiii buat dapetin volume 28. mantap dah! (y)

Komik aja diperjuangin smpai sgtunyaa, apalagi si dia, iya kan bg? haha!

slamat y bg gash ball nya udh lngkap. suka kata kata penutupnyaa (y)

Reply

Yaarabb Bang ini perjuangan banget! Cuma karena pengen baca Gash Bell vol. 28 nyampe nyari keras itu.
Untungnya dapet. Beruntung banget.
Eh bentar... Rajanya iblis juga atau gimana sih?
Aku kurang suka komik. Pengen tau ceritanya aja ;( :v

Reply

Bang, kalo dari ceritanya, keknya Komik ini udah ada Animenya bang. Kemaren gue sempet nonton soalnya.

Kalo Anime yg gue tonton itu, ceritanya gini : Ada anak raja iblis kecil yang dateng ke dunia manusia. Terus, dia nyari satu orang yang kuat untuk jagain si anak iblis itu. Nah, akhirnya anak kecil ini ketemu sama manusia yang terkuat dan ikutlah anak kecil ini sama Manusia paling kuat ini.

Trs, intinya kenapa si anak kecil ini nyari yg kuat, karena anak kecil itu kalo nangis ngeluarkan listrik Volume besar. Jadi, kalo nggak kuat, bisa mati manusianya.

Ada kesamaan atau beda ya bg? Hehehe. Soalnya gue lihat dari Covernyapun, samaan karakternya. :D Kalo beda, ya mungkin yg gue tonton Versi lainnya.

Btw, selamat ya bg. Buat Vol ke 28-nya. Semoga langgeng. (apaan ini??). Udah, deh gitu aja. :D

Reply

darisekian banyak anak desain di muka bumi ini mungkin cuman gue yang nggek begitu 'freak' sama komik. Nggak tau kenapa, gue nggak dapat aja feelnya kalo baca komik, entah mungkin imajinasi gue yang lemah atau...ah sudahlah.

namanya perjuangan bang, se-enggak-penting-apapun-itu kalo tercapai pasti menyenagkan.
i know that feel bro

Reply

Wuah lebih sakti lagi tuh Ris kalo Kungfu Komang :D
Masuk komik langka itu haha

Sekarang lagi fokus sama Kindaichi, alhamdulilah udah hampir lengkap mulai dari : Detektif Kindaichi 1-27, Kindaichi File, Kindaichi Case, Kindaichi Special Case, Kindaichi 20th Anniversary, yang terbaru ada Kindachi Returns tapi masih nyantai, komik baru dicari masih gampang :D

Reply

Selera juga sih ya Rob..

positif banget kalo itu Mah, larinya ke buku pelajaran :D

Reply

Iya bener... puluhan tahun loh komik ini baru kelar rasanya seneng aja kalo akhirnya bisa ngelengkapin komiknya ~

Reply

Uhuy lah...

Iya tuh, dulu komik masih jarang di Pemalang, jadi kalo ada komik yang langsung tamat apapun itu, gue baca sampe kelar..

Reply

Iya Mei, rejeki emang datangnya sering tak terduga~
Emang ada yang ngeganjel kalo komik berseri terus volumenya bolong ...

kotaku emang enggak gaul banget.. apalagi SD-ku haha

Reply

Waah.. itu baca sampai selesai? :D

haha cewek prioritasnya lebih ke hal begituan yaaa ...

Iya bener, itu yang pemilik bukunya juga super jenius ... kekuatannya juga ngeri banget.. tapi akhirnya, jadi temen ngelawan iblis yang terakhir ..

Reply

Iya itu Wi, makanya... hati gak tenang kalo gak nemu2 .. nah bener banget, kayak komik Conan, itu kan juga udah tau ceritanya yg pernah ditonton di tipi.. tetep aja ngebet pengen punya komiknya, dan alhamdulillah udah fullset juga 1 sampai terbaru

Namanya teks-nya dikit, gambarnya banyak jadi sering berlarut2 gitu Wi..

Ah kalo udah kesengsem sih nabung sampai dapet laah :D

Reply

Iya, komik jaman SMP ini ..

hahahaha kurang satu jadi nggak dibaca ya :D
coba cari online aja biasanya ketemu

Reply

Iya, kalo udah kesengsem mah, perjuangin terus~

Uhuk :P

Yosh! AKhirnya!

Reply

Iya, dapetnya nggak terduga lagi caranya ..

iya rajanya iblis, nah seratus anak iblis itu yang nanti bertarung , untuk berebut jadi anak iblis selanjutnya

Reply

Emang ada animenya Her, tapi gue sengaja nggak nonton.. soalnya animenya kayaknya nggak sampe kelar yang subtitle Indonesia, nyarinya agak susah...

Kalo di komik, Gash ini dapet partner manusia bernama Kiyomaro karena Bapaknya... atau mungkin yang lo liat itu Zeon, saudara kembarnya Gash..

Hahay siip Her~

Reply

Iya San, itu emang masalah imajinasi lo yang lemah itu ..

Sip, itu dia.. perjuangan kalo sukses akan berakhir indah, gue setuju

Reply

Aku ga suka baca komik, bingung bacanya dan males ngumpulinnya. Soalnya kalau komik itu sampe bervolume-volume banyak banget hehe :D

Sampe sekarang komik yg aku tau cuman doraemon sama naruto doang..

Reply

Wah, akhirnya lega bgt ya udah lengkap. Selama bang!

Eh iya, komik naruto, one piece jadi salah satu yang di cari juga gak nih. Tau kan komiknya banyak banget. Hehe

Memang yang namanya hobi itu apapun akan diperjuangkan. Tapi pacar lo gak marah2 kan bang, lo nyampe perhatian bgt sama komik dibandingkan pacar lo. Hhehe

Reply

Walaupun gue gak ada ngoleksi komik, tapi gue taulah sedikit gimana rasanya baca komik tapi nanggung.

Gue tau karena nonton naruto aja. Semester 6 kemarenlah tepatnya, nyoba nonton ulang naruto dari episode satu. Sampe harus tanya - tanya teman yang suka nonton anime karena episodenya nanggung banget. Bahkan sampe ngeliatin di website untuk download episode naruto selanjutnya.

Gue jarang sih dapat mention nyepam, wong gak aktif banget di twitter.

Reply

namanya jug aselera, semacam passion baca komik nggak sih ini jatuhnya? huhuhu. komik pertma gue itu.. kungfu boy, gue nggak tau volume berapa. gue asal beli soalnya. selanjutnya gue ngikutin naruto di komik, sampe episode 42 gue berhenti. emang nggak terlalu hobi yang ke anime-animean sih.. ibarat hobi ngoleksi action figure sih ya hobi ngoleksi komik kayak gini.. tapi, ya lebih murah daripada action figure sih :")

Reply

Wanjirrr itu cuman 33 udah tamat ya? Emang nanggung sih kalo udah kekumpul banyak tapi ada yang nyempil gitu. Apalagi bener-bener kurang satu. :))

Reply

Post a Comment