Ini Kok Kayak Tulisan Gue, Ya?

Gue nulis postingan ini, berawal dari mention ini...


Gue nggak tau sih.. maksudnya temen gue Danny, mention gue ceritanya cuma ngingetin masa-masa kuliah gue bego banget atau karena Danny tau kalau tulisan itu kayak tulisan yang pernah gue buat.

Iya, di artikelnya Brilio.net gue nemu artikel yang tulisannya mirip kayak yang pernah gue tulis. 

Gue emang pernah bikin tulisan ngebahas tipe-tipe mahasiswa yang lagi presentasi di kelas. Waktu itu gue nulis tentang presentasi anak kuliah karena emang selama kuliah gue ngeliat karakter mahasiswa kalau lagi presentasi ya palingan cuma itu-itu aja. 

Gue baca mention dari Danny sekitar pukul 3 pagi gara-gara nggak sengaja kebangun cuma perkara kebelet pipis. Pas ngecek hape bentar, gue baca mention Danny sambil ngantuk lalu iseng ngeklik link yang dikasih sama Danny. 

Disela-sela rasa ngantuk yang udah nyampe ubun-ubun, gue kok ngerasa nggak asing ya sama tulisan ini. Kayaknya gue kayak pernah deh baca tulisan ini. Makin ke bawah, gue mulai mikir.. ini kok kayak gaya tulisan gue ya. Gue kayaknya juga pernah nulis yang beginian.

Ngerasa penasaran, gue langsung buka google dan searching dengan keyword 'tipe mahasiswa saat ada presentasi'. Disitu ada judul tulisan gue yang gue publish di blog. Gue langsung buka blog gue dan baca ulang. Karena nggak mau terlalu pede memvonis tulisan di Brilio.net adalah tulisan gue. Gue mesti bener-bener mastiin dengan seksama. 

Gue buka postingan gue sendiri, lalu gue baca. Terus gue buka postingannya Brilio.net, gue baca. Gue buka postingan gue lagi, gue baca. Gue buka lagi postingannya Brilio.net dan gue baca lagi. 

Gue berharapnya sih ini cuma mirip aja ya. Gue nggak masalah kalau seandainya Brilio juga terinspirasi dari tulisan gue. Jadi nggak masalah kalo nggak nyantumin blog gue sebagai sumber. Tapi pas gue baca berulang-ulang, gue justru nemuin kesamaan antara kalimat yang ada di blog gue dengan Brilio. 

Sama persis. Coba deh kalian liat sendiri.


Poin yang gue sebutin 'Malaikat Pencabut Nyawa'. Di Brilio diganti jadi 'Mahasiswa Pencabut Nyawa'. Deskripsinya di bawahnya juga ada yang sama persis kayak di blog gue.

Lagi-lagi gue nemuin deskripsi yang sama persis dengan postingan di blog gue.
Yang ini 'Cuek Lecek' diganti jadi 'Cuek Bebek'


Kalau gambarnya nggak jelas maklumin aja, ya. Soalnya nanti nggak seru kalau semuanya udah bener-bener jelas. Kalau kalian kepengen kepo, atau baca secara keseluruhan versinya Brilio, kalian bisa baca disini -> 

5 Kelakuan unik mahasiswa Indonesia saat presentasi kelompok

 

Sebenarnya gue sih nggak masalah ya kalau tulisan gue dipinjem sama blog lain atau apa. Tapi kalau ini kayaknya tulisan gue bukan dipinjem tapi diambil nggak bilang-bilang. Iyalah, nggak pake ijin, nyantumin sumbernya juga kagak. Duh... sebenernya gue mau nyalahin pemerintah sambil bilang, "OH... JADI KAYAK GINI NIH YANG NAMANYA REVOLUSI MENTAL?! TULISAN AJA MASIH SUKA COPY PASTE TANPA NYANTUMIN SUMBER!"

Tapi karena gue enggak bego-bego amat, gue jadi tahu. Sejak jamannya SBY pun hal kayak ginian udah ada. Banyak orang yang nggak ngehargain hasil pikiran orang lain. 

Sebenernya gue sendiri juga pernah sih copy paste tulisan orang lain. Tapi palingan gue copy paste cuma ditunjukin ke dosen gue. Nggak sampe dipublikasikan sampai siapa aja bisa baca. Iya, gue copy paste jawaban temen palingan pas lagi ulangan. Nggak mungkin juga kan, gue nyalin jawaban temen terus bawahnya gue tulis, sumber: Andika Fajri M., FIP PGSD (0912014)

Setau gue,  @yogaesce yang nulis buku Senior High Stress tulisan di bukunya pernah dicopas di blog orang dan dia enggak terima terus minta ketemuan sama orangnya. Misal sampe nggak mau ketemu urusannya bakalan panjang, pada akhirnya orangnya disuruh minta maaf di tempat openmic (kalau nggak salah).

Setau gue juga, selebtweet yang tweetnya dicopas aja beberapa ada yang ngeluh. Mereka udah niat mikir, orang lain tinggal copas nggak nyantumin sumber. Ada sih akun sosial media yang sukanya cuma copas aja tapi followersnya wow. Salah satunya akun @dage*an.

Mungkin bagi orang-orang yang kerjanya di balik layar akun @dage*an mereka mikirnya hal-hal kayak gini itu sah-sah aja. Ya, karena mereka dapet duitnya cuma ngambil dari karya orang lain. Setau gue, walaupun @dage*an sering nyantumin sumber, tapi ya sering juga akun @dage*an enggak nyantumin sumbernya. Nah kan~


Brilio ngambil tulisan gue lalu dimodifikasi ulang tapi nggak sepenuhnya dan langsung dapet share 400-an lebih dan ribuan like. Tulisan gue udah dua tahun yang lalu nongol, dapet like 50 biji aja mesti nginbox temen satu-satu ngemis like. 

Gue bikin postingan ini cuma biar lega aja sih ngeluarin uneg-uneg gue. Nggak ada niat buat terus-terusan heboh sendiri sama hal beginian. Gue sebenernya agak ngerasa keren, tulisan gue sampe ada yang copas, tapi ya kesel juga kalo yang copas nggak nyantumin sumbernya. 

Padahal kalo yang nulis di Brilio bisa cerdas dikit, ambil aja poinnya dari tulisan gue, deskripsinya diganti semua kan nggak masalah. Tapi ini kan nanggung, ngedit tapi nggak tuntas. Tapi yaudahlah...mau gimana lagi? Tulisan gue dicopas juga enggak bikin gue ganteng kan. Gue protes mulu juga tetep aja enggak ganteng, yaudah.

33 Upil

Gak modal ya web-web gede gitu. Usut aja terus, Dot. Saya dukung.

Reply

Wah nyakit bener. Betul tuh haris mas, walau kadang suka koplak sih. Usut terus mas. usut! Tak dukung wes \m/

Reply

gue bukan cuman tulisan yg di copas. ampe desain blog di copas, kurang gaul apa hahahaha.

brarti kita keren bang, udah gitu aja

Reply

Haha, sabar bang Edotz, mungkin tulisan bang Edotz keren, jadi di colong.
Emang kalo dilaporin juga hasilnya ngga ngaruh, ngga bakal kapok, ngga bikin ganteng, kan.

Reply

wah ini yang suka bikin kesel

tapi ya klau udah jadi korban copas entah bagaimana tuh nanggepinnya. mau protes kyaknya nggak di gubris ya

Reply

Mention aja ngadiminnya brilio.. Demi dollar bro rela copas.

Reply

Saya jugapernah jadi korban copas mas Edotz

Reply

yang sabar mas edotz. hitng2 pahala deh!! yang penting followersnya mas edotz tahu kalau itu tulisannya mas edotz, smangat mas! emang ngeselin banget kalau orang copy paste ngak nyantumin sumber.

dianexploredaily.blogspot.com

Reply

tenyata web besar juga suka copas artikel orang lain

Reply

mengcopas karya orang lain itu gak kreatif !!!!

Reply

dari atas gue udah nyesek mbacanya. itu sih bukan terinspirasi.. tapi COPY PASTE!!
klo gue pribadi pasti bakal heboh bgt tuh gue do. gak terima guee...
apalagi pas liat di bawah, tambah nyesekk gue (ditambah nyesek karena asap riau) liat like nya sampe ribuan gitu... gilak apaah...

itu lah yg paling gue benci dari copas mengopas. ketika mereka post ulang, mereka like nya lebih banyak, yang nge RT lebih rame, yang ngebagiin link lebih heboh. sedangkan tulisan kita yg aslinya boro-boro ribuan like. dua puluh like aja udah sukur. kalo mau lebih udah ngemis2 di inbox sprt yg lo bilang.

huaaahh... dunia internet memang kejaaaammmmm

Reply

Untung bukan muka lu bang yang dicopas. Meskipun nggak mungkin juga ada yang copas muka yang beginian. yang sabar aja bang, ambil hikmahnya, kalo ada.

Reply

Huffff apalah jadinya negeri ini, tulisan di web besar pun copy paste. Apa mereka udah kehabisan orang-orang kreatif ya sampe copas tulisan Bang Edotz yang padahal sih, tulisannya biasa-biasa aja hahaha canda deng.

Sebenernya ya hal sepele, sih. Tapi menurutku harus ditindak serius Bang. Masalah besarnya itu bukan cuma tulisan yang dicopas orang. Tapi mental orang yang nyuri tulisan orang lain. Ini sama aja aja kayak pemerintah yang diem-diem nyuri uang rakyat. Menurutku sih gitu haha.

Oh ya btw soal akun besar suka copas itu, aku sempet kesel banget Bang. Dulu beberapa gambar yang mereka ambil, sumbernya dicrop. Jadi seolah mereka yang buat sendiri. Duh, miris ya. Mau dihargai tapi menghargai karya sederhana aja nggak bisa.

Reply

Gue juga pernah, tapi cuma dicopas sebagian. Selanjutnya ngelink ke blog gue. Seneng sih, dapet tambahan trafik.

Reply

wah sakit bro itu mh... sakitnya tuh di sini.

Reply

gue gak paham sih, kalo udah dikopas kalo pake dmca atau creative commons bisa dilaporin.
mending kontak aja yang bikin artikelnya suruh ngasih credit. lagian kalo ditambahin kreditnya kan "like"-nya lumayan pengaruh tuh, siapa tahu yang ngunjungin sana pindah kesini,

Reply

duh sedih banget.. yang bikin sedih ketika blogger gak viral dikopas web gede, terus kita koar2 itu gak dianggap. giliran dianggap, eh dikira lo yang ngopas, Mas. cedihh..

tapi keren mas, bisa dikopas. berarti ketika mereka ngetik keyword mahasiswa presentasi, yang nongol blog mu.

Reply

gue kira brilio itu blog profesional, udah ngiklanin pake fb adloh, ternya tulisanya copas

Reply

gak nyangka web sekaliber brilio adminnya males mikir. tapi kayaknya kejadian copy-paste macem ini semacam lumrah.
Ya, nyesek juga sih bang, siapa yang mikir, siapa yang dapet like dan share banyak.
semoga brilio cepet tobat.

Reply

wah pengambilan hak cipta nih,mana lagi gak sebutin sumbernya. asli nih yang dibelakang layar brilio gak bisa ngehargain karya orang

Reply

wah bro hal kayak gini kejadian sama gw juga, kalau gw foto gw dibajak, tapi sama blogger lain, ya gw juga bikin "surat terbuka" ke doi.
kalau yang mau kepo, bisa cek artikel blog pencurian foto gw disini ya =>
http://ardikapercha.com/blog/pembajakan-muhd-ikhsan-wieharto/

Anyway bukan hal aneh kalau media besar macam gitu bisa aja copas kalau emang copyrwiter or content or editornya lagi mandeg or males nulis :D

oia ngomong-ngomong, sorry nih kalau ada yang miss, ente sudah kontak secara resmikah? via media sosial or via email japri gitu ke redaksinya?

Reply

Komen gue di postingannya aja dihapus Ris..
Kampret banget emang tuh brilio

Reply

Iya nylekit.. ntar gue hubungin CPnya deh, dapet respon kagak ntar~

Reply

Ah mau lapor kemana...
rakyat pinggiran dekil kayak gue mah apa atuh -_-

Reply

Hahaha... keren tuh Yam, tapi lo nggak usah ketawa.. lo dulu desain blog dicopas juga sempet heboh haha

Reply

Iya, emang ... hidupnya dari browsing2 artikel2 orang lain. Ya, semoga kerjaan mereka berkah deh~

Reply

Iya, kebanyakan mereka suka pura2 nggak tau..
Biarinlah.. semoga mereka berkah hidupnya~

Reply

komentar gue di postingannya juga dihapus~
Ah syusyah~

Reply

Iya, gue sih nyantai aja,,,, mau digimanain juga susah kalo urusan yang beginian. Yang kayak gini emang ngeselin, tapi ya sudahlah~

Reply

Saya like deh edo itung-itung nambah hehe...

Reply

Post a Comment