Selamat Ulang Tahun ke-3, Blogger Energy~


Hari ini, tiga tahun yang lalu, komunitas blogger personal yang beda telah lahir.

Kalau diingat-ingat, Blogger Energy udah membawa banyak hal manis dalam hidup gue. Gue yang dulu awalnya cuma seonggok blogger labil yang ngikutin hampir semua grup blogger yang ada di FB. Mendadak jadi ngerasa semangat ngeblog setelah gue masuk Blogger Energy.

Dulu, gue pengen banget bisa nemu komunitas blogger yang disiplin blogwalking dan khusus buat personal blogger. Tapi sayangnya, tiap komunitas yang gue temuin kebanyakan jadi ajang buang link aja. Tiap masuk grup, banyak link blog bertebaran, yang mirisnya enggak ada diskusi lain selain nyampah link.

Dari keresehan gue akan grup blogger yang cuma jadi tempat nyampah. Semesta seolah menunjukkan jalan terang buat gue untuk ketemu Blogger Energy. Gue nggak perlu ceritain ulang gimana perjalanan gue nemu BE, kalian bisa baca aja disini.

***

Usia tiga tahun bukanlah waktu yang sebentar. Dalam waktu tiga tahun, gue telah bertemu dengan banyak blogger dari berbagai penjuru Indonesia.

Blogger Energy seolah jadi tempat yang nyaman buat gue dan mereka waktu itu. Hampir setiap hari notif FB serasa jebol gara-gara interaksi yang nggak pernah sepi. Gue merasa telah menemukan komunitas blogger impian gue.

Di Blogger Energy gue ketemu dengan blogger personal dari berbagai genre tulisan, berbagai karakter, juga dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Mereka datang dan pergi dalam hidup gue selama tiga tahun ke belakang ini. Ada yang ninggalin kesan, juga ada yang nggak berkesan sama sekali.

Selama tiga tahun ini juga gue belajar untuk tidak menilai orang dari kesan awalnya aja. Di Blogger Energy ada blogger yang awalnya begitu menjanjikan, begitu rame, dan beberapa bulan kemudian langsung ilang.

Gue masih ingat gimana mereka dulu begitu bersemangat buat Blogger Energy. Ada yang sampai bikinin video buat BE, ada yang ngasih motivasi ke temen-temen lain biar semangat ngeblog. Sampai ada yang semangat kopdar sebelum merantau, begitu udah jadi orang yang cukup populer di ibukota jadi nggak ingat BE sama sekali. Bahkan banner Blogger Energy di blognya gue cek udah ilang. HAHA.

Di Blogger Energy gue juga ketemu sama orang yang awalnya ngeselin, kayak nggak niat gabung BE. Kalau komen suka asal, nongol cuma pas promo link aja. Tapi setelah gue liat dan amati, makin kesini dia makin care sama Blogger Energy.

Sebagai Ranger, gue udah nggak perlu terlalu gembar gembor kayak dulu, yang suka negur kalau cuma nongol pas promo, kalau blogwalking enggak tuntas, males bahkan nggak baca aturan di Blogger Energy. Kalau dulu gue selalu berlagak ngasih motivasi, sekarang gue mendingan nyantai aja. Gimana mau ngasih motivasi, rangernya aja ada yang nyerah sebelum Blogger Energy sampai usia ketiga.
Ini ibarat orang tua yang nyuruh anaknya jangan merokok, tapi dianya sendiri ngingetin anaknya sambil merokok. Cuma bisa ngomong nggak bisa ngasih contoh.

Blogger Energy sekarang udah beda, member lama kebanyakan sedang dalam masa hiatus. Dan diisi dengan blogger baru yang mungkin juga seperti gue waktu dulu, sedang dalam masa mencari komunitas yang nyaman.

Buat sebagian orang Blogger Energy mungkin terlalu banyak aturan. Yap, nggak masalah, mencari komunitas ternyaman juga sebenarnya berhubungan dengan urusan hati. Sekeren apapun tempatnya, kalau hati nggak ngerasa sreg ya nggak nyaman.

Gue pernah baca ada blogger yang nggak nyaman di BE terus keluar dengan alasan, “ngeblog itu bebas”. Dan gue nggak nyalahin itu, yap... ngeblog emang bebas, tapi dalam sebuah komunitas kalau terlalu bebas, juga bakalan nggak jadi. Pengalaman gue masuk ke grup blogger yang isinya cuma buang link, membuat gue sadar kalau aturan di dalam grup itu penting banget.

Dan aturan promo tiap hari wajib blogwalking, gue rasa itu udah fair banget buat sesama blogger. Masalah komentar yang nggak nyambung, itu kembali ke sifat para blogger. Tapi biasanya yang seenaknya sendiri nggak bisa bertahan lama. Blogger Energy seharusnya bukan sekedar tempat buang link dan promo asal-asalan aja. Blogger Energy lebih dari itu.

Memasuki usia yang ketiga Blogger Energy, sekarang rutinitas tiap hari gue adalah buka wall promo. Kalau dulu gue bisa gantian sama Ranger lain, sekarang gue mesti jalanin sendiri. Bersyukur banget gue masih punya Tebe yang sangat-sangat meringankan beban gue.

Sebelum itu, gue mesti ngurusin twitter, fanpage FB, penerimaan member baru, sampai ngurusin award sendirian. Blog BE juga jadi sering sepi karena cuma dua Tebe yang aktif.

Sekarang, gue cukup bisa bernafas lega, blog BE mulai konsisten diisi, penerimaan member baru dan penilaian best article udah ada yang membantu. Sosial media juga udah ada yang nge-handle. Mereka, Tebe new generation (gue ngarang sendiri nyebutinnya) membuat Blogger Energy masih tetap hidup sebagai komunitas blogger personal.

Harapan gue di tahun ketiga ini, Blogger Energy masih tetap ‘hidup’, masih terus berkarya, dan masih terus menjadi tempat yang nyaman bagi para blogger personal. Dan gue juga berharap banget ranger yang dulu bisa balik lagi ngurus Blogger Energy bareng-bareng sama gue.

Blogger Energy adalah perjuangan gue dengan ranger dari angka satu. Setelah angka nol, telah dimulai oleh founder yang pergi dan sekarang belum kembali. Untuk membuat Blogger Energy sampai sebesar ini bagi gue bukanlah sesuatu yang mudah. Jadi, sebisa mungkin gue akan terus ngurusin Blogger Energy, bersama dengan Tebe yang care dan temen-temen blogger angkatan jadul yang masih terus aktif di Blogger Energy.

Gue harus membuktikan Blogger Energy bukan komunitas blogger yang pada akhirnya akan mati seperti komunitas blogger yang dulu pernah gue temuin. Blogger Energy ibarat rumah di dunia maya bagi gue. Sesibuk apapun gue di dunia nyata, saat gue ada di dunia maya, gue akan pulang ke Blogger Energy.


16 Upil

Bang Edotz, makasih yaaa.. berkat kamu dan tebe, BE bisa bertahan. Klo bagiku, BE gk cuma rumah d dunia maya, d dunia nyata pun kita berinteraksi (karna satu regional, next smoga antar regional). Berkat BE aku bisa akrab sm Om El, Huda, Taufan, Mbak Willa, dll.. gk tau knp aku kpikiran terus dg ide "BE keliling nusantara". Soon, semoga terlampaui, aamiin :')

Reply

Akhirnya aku tau tentang BE dari sudut pandang ranger itu sendiri. Dan ternyata usaha untuk membuat BE tetap 'hidup' emang gak gampang ya.. Salut banget deh sama bang Edotz yg ttep konsisten dengan BE, ranger satu2nya yg masih aktif, keren banget karna bisa menyeimbangkan dunia nyata skaligus dunia maya.

Biarpun BE ditinggal pak founder pergi dan blm balik2 ampe skrg, serta ranger2 lain yg udah mulai nyerah, tapi berkat kerja keras dan semangat bang Edotz, Alhamdulillah sampe diumur BE yang ketiga BE tetep aktif, dan bisa memberikan energy kpda gyerz2 lainnya. Termasuk juga ke aku :) Kebayang deh pasti repot banget untuk ngurusin medsos, blog BE, sama award tiap bulan. Untung aja skrg ada Tebe..

Terimakasih untuk Energy yang udah BE berikan. BE itu emang komunitas blogger yang beda dari komunitas blogger lain dehh! Setuju banget kok tentang peraturan yg ada di BE, bikin kita semakin disiplin, dan gak hanya nebar link doang yg belum tntu ada yg ngunjungin balik-_- Yg pastinya BE ttep kompak. Happy birthday BE!! Semoga pak founder dan juga ketiga ranger tsb bisa balik lagi ngeramein BE ya! :D Bang Edotz juga ttep semangat!!!

Reply

Setuju sama grup blogger yang kebanyakan hanya naruh link terus kabur. Soalnya saya juga gabung, dan awalnya karena ngeliat anggotanya ribuan kirain bakal rame gimana gitu. Tapi eh, berasa di kuburan. Ini punyaku, itu punyamu. Terserahlah mau ngapain. Gitu. Nggak berasa apa-apa gabung di sana. Hiks.

Uo, itu yang udah populer terus ngilangin banner BE? Wow. Ngga nyangka ada yang begituan.

Tapi masalah peraturan di BE kalo saya sih oke-oke aja. Adil menurut saya. Soalnya kalo ngga ada peraturan ya emang huru-hara ntar, ngga jelas jadinya gimana. Pun peraturannya ngga ngerugiin siapa", malah ngebuat senang sesama penghuni BE.

Semoga BE terus langgeng, bertahan ya bang Edot di BE. Kalo ntar ranger sama tebe pergi semua apa kabar BE. Kalo sirna maka hilanglah sudah tempat bernaung para personal blogger.

Reply

jeng jeng,,,,
syemangat bang...gue mendukung dari kejauhan :D
maap yak gue kemaren ngilang, tap seperti katamu "Blogger Energy ibarat rumah di dunia maya bagi gue"


dan gue juga pasti kembali...

Reply

Ini dia salah satu tersangkanya. Hahaha.. selamat ya, Dotz. Perjuangan kamu masih eksis sampai sekarang. Saya suka, saya suka.
Pasti kamu bahagia banget ya melihat apa yang kamu perjuangkan bersama teman-teman lain masih bertahan hingga sekarang. :)

Reply

Pasti untuk ngebikin komunitas blogger impian susah ya, banyak perjuangannya. Yang bikin salut katanya pak founder pergi ke tempat yang pelosok untuk membantu orang disana, pasti beliau bangga komunitasnya bisa sebesar sekarang. Jasa pak founder akan selalu dikenang..

Haha, aku sekarang ada di masa-masa itu. Masa mencari tempat yang nyaman untuk bernaung. Mau gabung ke komunitas lain takutnya ribet , peraturannya juga gak terlalu jelas. Justru aturan yang bagus ya disini.

Harapannya semoga rangerz gak capek untuk mengurusi BE ini, kita semua akan bantu sesuai yang kita bisa

Reply

Perasaan yg sebenarnya, mungkin gue gak bisa tuliskan bg. BE hadir dengan kejutan yg menurut gue wah banget.

Buat gue, panjang cerita BE adalah bagian dari apa yg sebenarnya gur cari dari dulu. Gue juga pernah gabung di beberapa grup lain awalnya. Ya, tetep aja bg, nyampah link adalah pilihan mereka. Jangankan untuk menyapa say hallo. Kenal saja tidak. Tapi, pada akhirnya gue dipertemukan dengan BE yang emang selalu buat gue gak tau harus berterimaksihnya bagaimana. Ya, mungkin dengan bantu ngurus BE adalah pilihan yg tepat untuk saat ini. Gue bangga bisa menjadi bagian yg penting di BE.

Andai saja dulu gue gk gabung. Entah akan seperti apa nasib blog yg ngandelin nama wortel itu.

Akhir kata, ucapan dan harapan selalu gue tulis untuk BE. Hingga nanti dan hingga gue kembali.

Bang, tetep semangat ya, gue pasti bantu.

Reply

Benar-benar perjuangan yang luar biasa di BE. Menghandle komunitas blog yang skalanya sudah nasional bukanlah hal mudah.

Terima kasih buat bang edotz, berkat konsistensi nya mengurus BE, akhirnya saya dapat tahu ttng BE dan gabung di dalamnya. Arigatou :D

Maafkan daku bang, sebagai gyerz saya jarang sosialisasi antar member yg lain melalui post grup. Itu karena saya ga PD untuk membuka topik, hehe...

Komunitas blog si boleh banyak, namun yang membekas di hati tetaplah satu.. Yaitu tntu saya komunitas BE :)

Reply

sama nih bang saya juga ikut ke beberapa grup blogger lainnya. Tapi ya itu. banyakan nyampah link. dulu sebelum gabung BE saya liatin tuh link blog mana aja yang kontennya iitu cerpen atau curhatan dll. tapi kebanyakan di sana itu blog tips dan iklan gitu.

Soal kenyamanan, BE bagus kok dengan peraturannya agar adil untuk sesama blogger.

Perjuangan sampe 3 tahun ini bener-bener keren ya. Wlau para pendahalu udah banyak yg gk kelihatan. semoga aja yang baru-baru ini bisa konsisten dan ikut ngebantu dalam perkembangannya BE

Reply

Hai, temen keren. Masih inget gue kan? Ngerasa durhaka banget karna udah gak pernah nengokin BE lagi. Sejak tutup blog dan fb jadi gak bisa nimbrung diskusi lagi. Cuma bisa lihatin aktivitas twitter aja.

Tiga tahun, gue juga punya harapan yang sama. Pengen BE jadi komunitas yang terus langgeng dengan segala ciri khas yang ada. Mempertahankan kesolidannya. Walaupun ada member yang barangkali belum bisa sepenuhnya setuju sama aturan di BE, atau juga belum sepenuhnya mengerti, saling mengingatkan saja. Kan itu juga tanda kekompakan. :)

BE selalu jadi tempat yang nyaman. Walau gue bukan lagi seorang blogger.

Selalu jadi ranger yang keren yak, Dotz. Agar BE juga tetap terjaga kekerenannya. Ranger kan ibaratnya kepala keluarga. hehe. SEMANGAT!

Reply

Selamat ulang tahun BE lancar terus ya :D

Reply

Jadi pengen gabung sama Blogger Energy

Sambut akuhhh yaw bang :D :D

Reply

Hai Rangernya BE, numpang ngenalin dulu sebelum aku jadi member beneran. Jadi ini toh yang bikin BE tetap pada koridor yang ga alay. ada Ranger yang menjaga kualitas energi di dalamnya. Ciyee gitu
Semoga aku bisa ikut memberi manfaat bareng BE nantinya ya.
Aku blogger labil juga. nulis kalo ada sambungan internet aja.
Curhat banyaknya ngeluarin sampah di hati aja.
Aku mau dong dapet energy nya BE :))

Reply

Pengen ngoment, tapi loading kolom komennya lamaa. jadi nimbrung sini ajaaa :D

Aku juga pengen gabung blogger energy nih :' dari dulu mau gabung, belum jadi-jadi :D

Reply

yakk BE ini emang beda. gak cuma sekedar link2 an aja...
komentarnya pun harus niat khan... selamat ultah yang ke 3 deh buat BE. semoga tahan lama, terus bisa jadi komunitas nomor 1 di bidangnya. amiiin

Reply

Selamat ulang tahun BE! *ini telat banget*

Nggak nyangka udah 3 tahun. Kalau bocah pasti lagi masa unyu-unyunya terus gemesin

emang kayaknya daridulu masalahnya pasti kebanyakan pada buang link doang terus nggak blogwalking gitu ya bang.. tapi baru ngerti kalau ada anggota yang udah nyopot banner BE di blognya (padahal gw juga blm pasang lagi-_-)

semoga BE tetep langgeng. yaaah, walau kadang-kadang kangen sama suasana BE yang dulu sih hehe

Reply

Post a Comment