Dulu.. Gue Pernah Jadi Blogger Labil


Udah dua tahun lebih gue jadi blogger.

Banyak hal yang udah gue lewatin selama dua tahun ini. Berawal dari ketidaksengajaan gue ngeliat blog temen yang sengaja dipamerin lewat LCD di kelas (waktu kuliah dulu). Kemudian gue bilang, ‘Apaan tuh! Cuma blog gitu doang! Norak!’

Lalu sepulang kuliah, gue deketin temen gue tadi dan gue berbisik, ‘Bro... ajarin gue bikin blog kayak punya lo dong.’

Temen gue hanya bisa menatap masygul.

Gue pun diberi penjelasan secara singkat cara bikin blog, dan setelah beberapa hari tampilan blog gue udah jadi. Waktu itu gue pake blog dengan platform blogspot. Gue bahagia banget... bisa punya blog sendiri. Sampai akhirnya gue sadar, kalau udah kayak gini terus ngapain lagi?

Gue gak tahu blog di tangan gue mesti gue apain lagi. Posting tulisan gak paham. Ngasih widget gak paham. Ngasih header apalagi. Alhasil waktu itu gue punya blog, tapi gak ada apa-apanya. Gue yang tadinya ngerasa gaul, jadi ngerasa gagal gaul.

Saking susahnya ngedit-ngedit tampilan blogspot. Maka gue pun mencoba bikin blog lagi dengan platform wordpress. Hal ini sesuai dengan rekomendasi temen gue, kalo wordpress itu lebih simpel dan lebih gampang.

Setelah bekerja keras hampir setengah harian. Blog gue dengan platofrm wordpress akhirnya jadi. Gue pun langsung paham cara menulis postingan, dan langsung dengan mudah mengedit tampilan blog gue karena wordpress memang menyediakan tampilan template dalam berbagai macam yang bisa langsung dipake.

Cukup dua minggu gue bertahan dengan kebahagiaan sebagai blogger wordpress. Hal itu karena tiap gue browsing tutorial tentang blog, yang keluar kebanyakan tutorial buat blogspot. Gue jadi galau, ini gue apa mesti CLBK sama blog pertama gue yang gak ada apa-apanya?

Lima menit kemudian, gue udah mengutak atik blog gue yang blogspot. Sambil buka tutorial blog di google gue pun mulai paham cara ‘make’ blog dengan platform blogspot. Gue bangga banget waktu bisa posting blog untuk pertama kalinya di blogspot. Font-nya gue bikin aneh-aneh, gue kasih warna-warna cerah dan gue... gak pake gambar karena gue gak bisa masukin gambar.

Oh iya, waktu itu gue emang masih cupu banget, gue masih ngerasa kalo gue ini ganteng. Itu sebabnya blog gue dulu isinya cuma puisi-puisi gaje semata. Kontras sama wajah gue yang kriminal banget. Mirip tersangka pencabulan nenek di bawah umur.

Sejak mengenal tutorial blog, hidup gue yang kelam pun dimulai. Gue hampir seharian betah ngutak ngutak tampilan blog di kamar kontrakan, gak pake cemilan, sendirian, cuma ditemenin lampu yang temaram. Bener-bener kelam.

Gue mulai paham cara memasukkan widget ke blog. Gue mulai paham cara membuat ‘laman’ di blog. Dan gue masih belum paham, kenapa gue dulu suka nulis-nulis puisi gaje. 




 




 Header blog gue dari masa ke masa... 
Alay dan tanpa ada keindahannya sama sekali.
 
Kebanggaan yang paling memuncak selama ngeblog pada masa itu adalah ketika gue berhasil merubah background blog dari yang apa adanya dengan tampilan ‘Ksatria Baja Hitam RX’, idola gue waktu masih anak-anak. Besoknya, gue udah bosen dan gue ganti lagi dengan tampilan ‘Detective Conan’. Besoknya lagi, gue ganti lagi dengan ‘The Law Of Ueki’. Besoknya lagi, gue ganti lagi dengan ‘Dragon Ball’. Besoknya lagi... gue ngerasa bego sama diri sendiri. Keseringan ngurusin background blog gak ada habisnya.

Sebagai seorang blogger newbie, waktu itu gue sedang berada dalam fase ‘gak-pernah-puas-sama-tampilan-blog-sendiri’. Jadi, seperti apapun gue ngedit template selalu saja ada yang kurang di mata gue dan gue perlu benerin. Gara-gara ngurusin blog mulu, gue sampe lupa ngisi blog dengan postingan. Buat gue saat itu, yang  penting itu tampilan blog.

Sejak mulai mengenal kode-kode HTML. Blog gue makin gila lagi tampilannya, gue kasih blog gue dengan efek salju berjatuhan. Kursor blog, gue bikin yang ada tulisan ngikutin mulu kemana pun cursor melangkah dan berlabuh. Link di blog juga buat bercahaya, kelap-kelip. Dan saat itu, gue bangga dengan tampilan blog gue.

Pencapaian terbesar dalam karir gue sebagai blogger waktu itu adalah ketika gue berhasil memasang widget MP3 di blog. Jadi, setiap ada orang yang masuk ke blog gue, otomatis mereka bakalan dengerin lagu ‘Five Minutes – Bidadari’ mengalun dengan syahdu di blog gue. Saking bangganya, widget MP3 itu sempet bertahan selama sebulan lebih karena menurut gue itu keren banget.

Perjalanan spiritual gue mencari tampilan blog yang sempurna ternyata masih belum berhenti. Ini terjadi setelah gue mengenal template blog yang begitu banyak, yang bisa di donlod di www.btemplates.com

Hampir dalam sehari gue ganti template sampai puluhan kali. Gue pernah pasang template mulai dari Mario Bross sampai Naruto. Iya, gue emang gampang tertarik sama hal-hal yang berbau anak-anak, padahal kalau dilihat-lihat muka gue justru keliatan kayak penculik anak yang baru pada pulang sholat taraweh.

Gak ada capek-capeknya gue ngurusin blog mulu, sampai-sampai gue jadi males ngapa-ngapain. Bahkan untuk keluar nyari makan pun gue males. Selain karena asik ngedit tampilan blog, cukup dengan marimas sesachet yang dibikin jadi satu teko penuh, buat gue itu udah cukup bikin perut kembung dan siap nahan laper lebih lama.

Selain ngedit template, gue juga sempet kebingungan bikin tagline buat blog. Yang jelas, gue masih inget, tagline blog pertama gue adalah ‘Ini Ceritaku, Mana Ceritamu?’.

Iya, emang... pasaran banget. Filosofi gue waktu itu adalah di blog gue ini ada cerita gue, nah.. terus gue tanya, mana ceritamu? Gitu, tapi gak ada yang jawab. Padahal sih, gue dapet tagline ini dari iklan mie instant. Gue memang gagal kreatif. Dan ternyata, bukan cuma gue yang gagal kreatif, banyak blogger diluar sana juga pake tagline yang sama. Gue ngerasa tagline gue gak istimewa lagi. Korban mie instant ternyata bukan cuma  gue doang.

Gak mau punya tagline pasaran, gue pun cari tagline lain. Setelah merenung sambil berdiskusi dengan dinding di kamar, gue menemukan tagline baru ‘catatan gak mutu mahasiswa calon guru SD’. Ini adalah tagline yang keren dan lebih gue banget! Gue mahasiswa calon guru SD, catatan gue di blog gak mutu. Pas...

Oh iya, tagline ini gue buat setelah akhirnya gue insaf. Bahwa muka gue gak pantes nulis galau-galauan sejenis puisi. Gue mulai nyoba nulis komedi, biar kayak Raditya Dika. Walaupun gue sadar, kata temen-temen waktu itu komedi gue gak ada lucu-lucunya, jatuhnya malah garing. Tapi gue tetep seneng, karena waktu itu setidaknya gue menganggap tulisan gue lucu.

Hanya berselang beberapa minggu saja, gue kembali ganti tagline blog. Kali ini gue pengen blog gue lebih keliatan personal. Jadi gue pengen mencantumkan nama gue di tagline, dan terjadilah peristiwa bersejarah itu. Tagline gue berubah jadi ‘Edotz & Catatan Gak Mutu’. Dan terus bertahan sampai buku pertama gue ‘Cancut Marut’, terbit berbulan-bulan. Saking kerennya, nama ini telah jadi nama fanpage gue juga di blog sampai sekarang. Alasan lainnya, karena gue gak bisa ganti nama fanpage-nya.

Semakin lama, gue semakin sadar. Tampilan blog itu sebenernya urutan ke sekian. Meskipun penting, tapi yang paling utama tetep konten, kualitas tulisan di blog kita. Kalau dulu, tiap gue nulis langsung publish. Sekarang gue perlu baca-baca dulu 3-5 kali sebelum gue yakin tulisan gue siap di publish.

Gue pun mengubah tagline blog gue dengan ‘mahasiswa gagal gaul’, yang baru-baru ini gue ganti jadi ‘blog nista lelaki gagal gaul’. Bukan karena gue masih aja labil di usia yang setua ini, cuma aneh aja kalo gue udah gak jadi mahasiswa masih aja ada embel-embel ‘mahasiswa’-nya.

Sebagai seorang blogger, mungkin kita pernah mengalami masa-masa menjadi ‘blogger labil’. Dan sebenarnya itu gak salah sama sekali. Kalo diinget-inget, gue emang ngerasa alay banget, tapi menjadi blogger labil adalah proses untuk menjadi blogger yang punya karakter.

Gue yang dulu labilnya sampai level innalilahi mulai dari gonta ganti platform, template, utak atik widget, gonta-ganti header, sampai labil di titik tagline. Ternyata itu semua ada hikmahnya, apa yang gue lakuin pada waktu itu membawa gue jadi diri gue yang sekarang. Iya, gue blogger personal dan gue udah jadi penulis.

67 Upil

Gue dulu pas baru kenal elo emang penasaran banget dan langsung kepo-kepoin blog lo, bang. Sampe baca-baca postingan lo yang awal-awal. Dan entah kenapa, gue ngakak. Enggak nyangka aja ternyata elo dulunya sok-sok romantis gitu :P Eh, sorry bang. Hehe.

Tapi urusan template emang krusial buat blogger pemula. Hampir semua blogger mengalaminya. Tapi, meskipun udah jadi blogger tua. Yang udah melanglang buana ke banyak negeri. Mengutak-atik template demi kesegaran bisa memacu semangat nulis, loh. Ini penting. Apalagi biar pembaca enggak bosen. *ini kode* *biar elo ganti template*

Reply

Yeee ngatain temennya norak terus minta diajarin bikin blog. Hahaha. Emang tulisan lo selalu bikin ketawa bang. :D
Eh ikut GA juga? Semoga menang ya^^

Reply

Hampir sama kayak gue, dulu gue juga sempet pindah ke lain hati--wordpress. Namun apa daya, gue malah kesulitan dan akhirnya balikan sama blogspot. Entah mengapa, blogspot malah lebih mudah. Ya, walaupun gue nggak begitu paham apa itu kode HTML dan sejenisnya.
Terimakasih partisipasinya, bang. Tunggu pengumumannya, yak!! ^^

Reply

Ternyata kamu lebih labil daripada aku Dotz, hahahahaa
Tapi salut, berkat kelabilanmu dan kenorakanmu mengotak-atik blog akhirnya mengantarkanmu sampai menjadi seorang penulis.. alhamdulillah
Cuma aku ga suka sama tagline km Dot "‘blog nista lelaki gagal gaul’", kenapa mesti blog nista, hikk hiksss

Sukses buat GAnya, boleh tuh di bookmark dlu xixixii

Reply

Wuooooh aku nggak nyangka kamu se labil itu dotz! hahaha tapi perasaan perjalanan ngeblogmu udah pernah kubaca. Dimana ya, di buku atau di blog ini juga bukan sih..

Dulu juga pernah bikin blog efek efek salju, tapi sayangnya fase itu waktu masih SMP dotz. Telat banget alaymu hahaha

Reply

Anjrit! Niat banget kepoin tulisan gue awal2 :D
terus gimana? Lo muntah gak Hud?
Itu pasti lo ngakaknya semacam menghina gitu ya. Kampret.

Btw.. gue udah nyaman sama template yang sekarang. Gue gak apa yang kurang dari template ini. Udah setia aja deh jadinya.
*alesan gak bisa ngedit2 template*

Reply

Iya.. sebenernya pengen punya blog terus iri aja sama temen gue. Jadi gue sok norak2in deh..

Yoi. Gue ikut.. semoga kita berdua menang.. ntar kita pake couple-an ya.
Halah.

Reply

Sebenernya itu semacam perjalanan mencari jatidiri.. jadinya gitu. Berusaha mencari yang sempurna :D

Yoi..

Reply

Iya.. alhamdulilah, berkat blog akhirnya bisa jadi penulis.. tapi kalo inget masa2 alay dulu tetep aja malu2in :D

Gpp gak suka sama blog nista asal suka sama tulisannya..
Ngg... kalo suka sama penulisnya juga boleh sih~ :P

Yoi thanks~
Bookmark dulu kalo DL udah kelar baru ikutan~~~ biar gak nambah saingan :P

Reply

Haha ... kayaknya di blog ini Kuh... tapi entah di postingan yang mana.. kalo yang ini versi tulisan setelah gue sadar akan semua khilaf masa dulu.

Btw... lo sama gue mulai ngeblognya duluan lo umurnya. Gue telat gaul.. alaynya juga ikutan telat :(

Reply

Bang Ed :D *lambai-lambai tangan*
ya Allahu Rabbi. jadi semua mulanya begitu, ya X)) nilam juga awal punya blog gitu, berkutat lamaaa banget sama template, dan segala macem. apalagi pas dikasih tau kakak kelas langsung semingguuuuu sibuk donlot ini donlot itu :P
ngomong-ngomong, nilam juga mau ganti tagline .-.
ngomong-ngomong, kemarin nilam hampir beli colouver, tapi ternyata uangnya ngepas. kalau beli alamat nggak bisa pulang (-"-)v mhehehehehehehe

Reply

*dikasih tau keberadaan btemplates, maksudnyah .-.

Reply

bikin marimas pake teko, ANAK KOS ANEEEDDT.

jujur aku pertama "kesasar" di blog lo karena ngetik di googe, "gue benci tahu isi", kalau gak salah ceritanya temen lo benci tahu isi di taman KB dan pas itu headernya monyet. dari situ kepoin dan terus ikutin, meski jarang komen, karena gak tau fungsinya komen.

aku malah gak ada kreatifnya bang, header gak ada, tagline jg gak ada. tulungin nyong lah mas :(

2 tahun ngeblog, udah punya 2 buku, dan yang komen ribuan. aku ngeblong mulai 2011 aja kalah mas *salim*
sukses GA nya, sukses ngeblognya, aja nganti klalen ngblog gara2 sibuk kerja mas. nyong selalu nunggu pos anyaran. oh ya mohon bimbingannya dong mas, men bisa kaya sampean.

maap komenne akeh, sengaja. haha

Reply

Kalo boleh jujur. Blog lu emang harus diganti template bang. "Tapi jangan labil lagi."

Kelabilan lu hampir sama kek gue. "Syukurlah kita gak jodoh." :D

Karena lu ikutan GA ini. Gue jadi seperti bocah kemaren sore yang kalah sebelum berperang. Sukses GAnya, ya bg. "Udah! Gitu aja!"

Reply

Ah, lagi lagi kayak gue duluuu..cuman gue tau blog dari pas gue ada pelajaran TIK pas sMA dulu..jadi pingin ikutan tuh giveaway..tapu idenya ntar gue curi curi dikit nggak papa ya Dotz..namanya juga usahaaa..hehehehe..yang pnting skrang lu udah punya 2 buku dengan nama sendiri..lah gue??? hiks

Reply

Alhamdulillah uda tobat.. Ngeri aja kalok sempet nengok header blog mu, Bang. :D

Reply

Mungkin sekarang kalo menurut gue, kamu ga labil lagi bang ! Karena sudah sadar dari kelabilannya :D
Dan blognya sekarang sudah keren dan postingannya keren.

Reply

Wah lo mengalami proses yang panjang dan akhirnya bisa sampai sekarang. Hebat. Oh iya semoga postingan ini menang GA danbisa dapet kaos beserta orantg-orangnya hehe

Reply

Kalo widya sih ga labil dalam memilih platform bang. pas pertama bikin blog langsung pake blogspot. aku mengalami cinta pada pandangan pertama dengan blogspot dan sampe sekarangpun begitu. punya juga blog di wordpress juga cuma ga pernah diurus :p

Reply

Hhahahaha iya kalau diinget2 pasti malu sendiri :p

Aduuuh aku udah ada yg punya, jadi ga mungkin suka sama kamu Dotz.. eeeh

Gile lu, kalau dah lewat DL ngapain ikut hahaaa

Reply

Hahaha...
ngakak juga baca tulisan kau ini bang, keinget dulu aku juga ngalami hal yang sama ketika awal-awal kenal yang namanya blog...
Ampe akhirnya capek sendiri, dan sekrang fokus aja nulis2 hal2 yang mungkin ada manfaatnya... :D

Sekarang ma yang penting isinya tho bang, tampilannya udah gak diperhatiin lagi...wkwkwk

Reply

Wah, sama kayak gue, sering banget ganti-ganti template xD

Reply

Kayaknya blogger newbie mengalami hal yang sama. Ngotak-atik tampilan blog, pasang widget ini itu, sampai gonta-ganti template. Dan nggak pernah puas.
Semua berhenti ketika sadar jika isi artikel lebih penting dari tampilan.

Btw, ini udah ganti template, tapi tampilan mobile-nya masih bawaan blogspot. Sengaja?

Reply

w juga sering ganti template
wkt dulu hha

http://andrianryudo.blogspot.com/2015/01/ini-bukan-penyakit-2.html

Reply

Nilam ... *lambai-lambai* *ngondek*
Yoi, persoalan seorang blogger di awal2 mencari jati diri kebanyakan emang gitu :D
tuh kan, coba2 template juga hehe

kenapa harus ngepas!
gak bisa pulang gpp lah, yang penting kan dapet colover, itu yang paling penting -_-

Reply

Iyaaak.. anak kos kan kreatif dalam hal memperkere diri.

Haha sing penting niate .. makane berusahalah dan ikut komunitas yang pas.
Bismillah moga2 ngeblog ora keeteteran, wingi2 sempet keteteran sebenere untung bisa mengendalikan diri haha

iye akeh, tapi tetep aku ora naksir.

Reply

Hahaha... makasih udah jujur, tapi kayaknya gue masih betah pake template ini :D

Yah elu.. tulisan gue gini doang, masih belum ada apa-apanya sama tulisan GA-nya elu~

Reply

Ah berarti lo udah lebih maju dari gue, udah tau blog duluan sebelum gue tau~

Ya curi2 aja... berbagi deh sama elo gpp :D

Makanya buruan selesein naskah lo dan coba kirim ke penerbit, sapa tau cocok... nongol deh namanya di cover buku :D

Reply

Iya, gue aja sempet ngeri waktu tau ternyata gue pernah pake header macam begituan~

Reply

Iya, semua butuuh proses emang ..
Yuhuy.. makasih yaaa~

Reply

Aseeek ,,, berarti labilmu masih dalam taraf tidak mengkhawatirkan :D

Reply

hahaha, ini mau balik lagi ke gramed lhooo :3

Reply

eaaa.. sama kaya gue dulu mas pasmasih kelas 7.blogny dikasih lagu lagu hiks suram bgt emang masa lalu

Reply

Semakin ke sini ngeliat blogmu, semakin keren aja Dotz. Hmm kayaknya gue ini yang jadi ngiri. Kapan blog gue bisa sekeren blog punyamu Dotz ~

Reply

Pada akhirnya kamu bisa ngerasain kerja keras selama ini kan. Kayaknya untuk blogger pemula pasti akan merasakan ini semua. Bisa dibilang ini adalah proses belajar.
Sekarang aja udah bisa nerbitin buku, berarti tulisannya kan banyak kemajuan dari hari -kehari.
Keren lah Bro.

Good luck ya.

Reply

Ojo ditaksi to Bro.
Pacare Tomi kan teko.

Reply

Saya lebih parah lagi
Hampir 5 tahun ngeblog belum pernah bikin header sama sekali
Mengenal btemplate aja baru bulan kemaren,,,

Reply

hah barusan gue cek lo padahal pertama postingan tahun 2011 dot. Dan itu empat tahun lalu. Dan katanya dulu blog lo gak ada huruf 'z' d belakangnya, jadi pasti lebih tua lagi. TIDAK MUNGKIN DUA TAHUN LALU!!

Hahaha emang, gue malah sekarang lagi nyari template lagi. :p
Dan itu apa ya nenek di bawah umur..

Reply

Ebuset. Hahaha. Gue sampai saat ini masih demen gonta-ganti penampilan bang. Tapi hampir semua yang ngurus soal begituan bukan gue, melainkan oleh jasa kang desain. Misalnya, untuk desain blog dan desain header itu beda-beda orangnya. Dan saking niatnya, gue ga tau udah ngerogoh kocek berapa karena udah berulang kali ngerubah penampilan dengan bantuan mereka. Pikiran gue sih, gapapa lah ya, yang penting hati puas. Hehehe.

Bener juga sih bang, pada akhirnya poin pentingnya berada dikualitas tulisan. Percuma blognya keren, kalau isinya copas dari orang lain. Yeay! \o/

Reply

Iya.. awal2 ngeblog emang kayaknya setiap punya 'kebiasaan' yang sama~

Gue semacam udah lelah menghadapi ini semua, jadi kesannya males aka kalo mesti ganti tampilan terus. yang penting tulisan deh, tapi tampilan jangan sampe standar banget. :D

Reply

Yap.. bener!
Emang harus melalui proses semacam itu kayaknya..

Yoi, sengaja... gituan aja modelnya... gue gak mau ribet yang vesi mobile soalnya.

Reply

Sama seperti saya gan dari pertama ngeblog sampai sekarang masih aja labil...
hehee btw kaosnya kerennn gan

Reply

Ngebaca postingan lo ini bang, gue jadi ngerasa tersipu malu-malu sendu karena ternyata kita samaan bang. Iyee samaaaaa.

Gue pernah dimasa suka gonta/i background, tapi alhamdullilah gak separah lo sampe gambar naruto pun di jadiin background.

Gue juga pernah bikin header kampret bener dah. Yang tadinya itu header unyu lucu manis, sekarang gue liatnya bikin pengen bunuh diri karena sadar kalo itu gue yang buat dulunya. Kebayang menggelikannya bukan.

Trus masang lagu di blog. Haduh gueee jugaaa. Malahan tahan ni ditempat kerja play musik bukan dari app ex winamp di komp, tapi gue buka blog gue, dan play deh. Akakakakak geliiiii kan geliii. Ngarep gitu pada kepo dan berujung muji walau gue sadar ternyata mereka ngecap gue alay. Hiks.

Semoga give away nya menang ye bang :))

Reply

sama bos, aku juga dulu gitu. dulu juga sempet langganan mampir ke blogmu, dan sempet terinspirasi ke-alay-an blogmu buat blogku (ondenkz.blogspot.com, almarhum), hahaha :D

btw, aku ketawa sendiri baca tulisanmu bos, judulnya menarik, muncul di beranda blogger aku klik aja, eh lucu juga lumayan buat hiburan :D

Reply

hahaha gue kayaknya masih labil kalo soal blog
isinya juga gaje banget :))

Reply

lo masih kelas 7 udah kenal blog.. kalo jaman itu gue udah kenal blog, mungkin template blog gue penuh dengan bunga.. ada yang putih dan ada merah, mawar melati semuanya indahh.

Reply

Lo aja jarang ngeblog... kalo rajin ngeblog pasti ntar semua akan mengalir dengan sendirinya~

Reply

Yoi... Sip, hampir semua blogger kayaknya harus ngelewatin fase ini. Amin! moga ke depannya bisa bikin buku lagi :D

Good luck juga bro~

Reply

Astaga.. ada yang lebih 'gagal gaul' dari gue. tapi gpp, namanya juga proses ... nikmatin!

Reply

HAHAHAHA ... Lo jeli juga Di... kan gue bilangnya dua tahun lebih, ya itu lebihnya dua tahun... jadi empat tahunan :D
saking tuanya gue sampe lupa kapan mulai ngeblog -__-

Ternyata masih belum sreg juga nyari template. selamat berjuang!

Reply

Yaelah Mat, gue baru tau kalo ternyata blog elo yang desain tukang :D
kirain utak atik sendiri.... sadis juga nyampe rela ngeluarin duit segala... gue juga pengen sih begituan tapi kayaknya gak rela kalo ada orang yang tau 'dapur' blog gue :D

Yoi, kualitas tulisan dipentingin!

Reply

Yoi Gan...

sip, udah jadi milik gue tuh kaosnya :D

Reply

Semacam mewakili gitu ya.

Haha orang alay ngelakuin emang seringnya gak sadar, begitu udah insaf... astaga, pengen reinkarnasi mulu bawaannya. malu punya masa lalu kelam.

Alay emang bagian dari 'menjadi blogger yang hakiki'

Yoi. thanks... gue menang :D

Reply

Ah iya... kayaknya gue inget.. blog lo itu yang dulu akhirnya pake .co.cc apa ya? :D

Yoi, makasiiiih~

Reply

gpplabing bang.
dulu kita tumbuh bersama ke labilan itu.
2012 gue baru mulai, nggak kerasa udah mau 3 taon kita temenan, anjrit, lama juga.

dari semua header, gue paling jijik sama yang bawa payung, lo terlihat girlly banget, iya girlly, pokoknya itu lahh

Reply

Benar, mas. setiap blogger sepertinya gitu awalnya. mengalami fase perubahan seiring berjalannya waktu. perkembangan mas makin terlihat dewasa. dulu pasti semua labil, haha. header terakhir di atas yang di Anggry Bird :D, film Rio yak, hhehe. sukses buat GAnya, mas :)

Reply

teko sempit bang, mending botol :v

Reply

Gue blogger baru, kadang-kadang suka bingung mau ngeblog apa.
Yah, kira-kira gue bisa paham lah dengan situasi lo dulu ^_^
Tapi kayaknya dulu gue nggak o'on-o'on amat sih pake blogger :P
Peace ah... hehhehe

Reply

Aku dulunya juga gitu sih, sering gonta-ganti tampilan, bikin blog ini itu sampai pusing ngurusnya.
Untung sekarang aku punya satu blog yang indah terawat di wordpress dan bertahan sampai sekarang. Senangnya... :D

Reply

Sudah jadi anak soleh ya.. Alhamdulillah..

Reply

salam om om semua.. saya juga pernah mengalami gonta ganti tampilan blog.

Reply

Gue blogger baru om, kadang-kadang suka bingung mau ngeblog apa. bingung ngeblog tema nya apa

Reply

hahha kocak bang :D
ajrin gua bang cara buat nya
gua gagal mulu gak tau nak isi apa d blog gua...
maklum masih newbie

Reply

Membaca ceritanya seperti sedang bernostalgila gan. Saya teringat pada saat mengawali karir ngeblog 2010 silam. Lebih kelam sampe harus vakum selama 4 tahun lamanya. Tapi itulah proses belajar. Perjalanan panjang itu mengantarkan pada 33 blog yg sy kelola seorang diri gan. Thanks for sharing! by CepiThea

Reply

Post a Comment