Gue Ikutan Open Mouth Stand Up Comedy


Masa-masa pertempuran gue dan skripsi memasuki babak akhir. Gue masih terus berusaha buat menaklukkannya, sementara waktu gue gak banyak, waktu dosen gue gak banyak dan akhir-akhir ini upil gue pun gak banyak. Gue galau...

Di tengah perjuangan gue buat bisa mengalahkan skripsi, BEM kampus gue ngadain event keren yang gak boleh dilewatin dan kebetulan gue yang diminta buat ngurus semua itu.

'Open Mouth Stand Up Comedy'

Mahasiswa Gagal Gaul~

Yak, gue mesti ngurus event stand up comedy yang bakalan digelar di kampus gue. Rencananya, akan ada 20 comic dari kampus gue yang bakalan perform, dan dua penampilan terbaik bakalan maju ke grandfinal buat 'duel' lawan perwakilan 10 kampus Semarang lainnya.

Acara Open Mouth ini merupakan kerjasama dengan Radio Sindo Trijaya FM dan Teh Mirai Ocha. Pertama kali gue ikut briefing di radio Sindo. Gue cuma sendirian, dan gue grogi ketemu temen-temen dari kampus lain. Satu hal yang gue sadari saat itu adalah gue enggak sendirian jadi orang enggak ganteng di dunia ini. Kalian tau maksud gue, kan?

Saat itu, gue agak enggak pede dengan acara ini. Banyak hal yang bikin gue takut acara ini enggak bakal sukses. Pertama, gue takut gak ada yang mau ikutan buat stand up comedy. Kedua, gue takut gak ada penontonnya.

Iya, dari pihak radio menargetkan minimal seratus penonton. Gue ragu. Karena kampus gue banyak mahasiswa enggak gaulnya. Mereka lebih suka nonton sinetron daripada lama-lama di kampus buat nonton acara semacam stand up comedy. Gue malah lebih khawatir lagi, mahasiswa kampus gue enggak ngerti apa itu 'Stand Up Comedy'? Parah...

-----

Hari Selasa, 12 November. Diluar dugaan tiket on the spot laku sampai 300 lembar lebih. Ditambah lagi dengan peserta seminar nasional yang sebelumnya udah di ruangan (pagi sampai siang seminar, sore stand up comedy). Penonton sore itu membludak. Keren...

Sementara gue sendiri selain sebagai ketua panitia juga ikutan jadi peserta. Aneh kan... Iya, karena kesepakatannya event ini terbuka buat semua mahasiswa kampus gue. Jadi gue boleh ikutan.

Lalu, gue pun ambil undian nomor tampil.

Gak nyangka, gue dapet nomer undian tiga. Kampret! Cepet banget! Sumpah, sore itu gue deg-degan banget. Perut mendadak mules, wajah mendadak nahan boker. Rasanya, gue minum kopiko white koffie pun, gue bakalan tetep deg-degan.

Mau gak mau gue emang harus tampil terlalu dini. Udah terlanjur juga. Temen-temen udah pada dateng buat support gue. Entah itu temen yang skripsinya sama-sama telat kayak gue. Atau temen yang udah sarjana dan sempet-sempetin dateng. Gue terharu... Sekaligus nyesek.

Sore itu, gue sengaja pake kaos Blogger Energy. Gue merasa harus senantiasa mempopulerkan komunitas tercintah inih. Semoga gue juga dapet tambahan energi buat tampil lebih pede. Keliatannya emang gak nyambung ya, biarin.. Sambung-sambungin aja biar nyambung.

Gue pun tampil, kaki sempet gemeteran hebat karena gue harus tampil di depan 500 lebih penonton yang saat itu memenuhi ruangan Gedung Pusat Lantai 7 kampus gue.

Gue ngucapin salam...
Gue ngenalin diri sebagai mahasiswa calon guru SD... Dan belum pernah ngerasain ganteng dari lahir sampe sekarang.

Alhamdulilah, pecah...

Selanjutnya, gue bawain materi tentang Andika, pecah... Lanjut ke materi tukang bubur naik haji, putri yang ditukar sampai Prabowo Subianto dan sore itu terasa begitu keren.

Hampir tiap gue ngomong, penontonnya ketawa. Gue jadi makin enjoy ngomong di atas panggung. Ternyata openmic di indoor itu asik banget, dibandingin openmic di outdoor. Serius... Baca deh pengalaman gue openmic outdoor DISINI.

Selanjutnya, satu per satu peserta tampil. Banyak yang materinya keren, banyak juga yang wajahnya keren. Menurut gue, semua peserta emang keren-keren. Mereka udah berhasil ngelawan rasa takut mereka sendiri.

Yap, hampir semua comic pemula pasti takut garing. Tapi, mereka berani ngambil resiko itu dan tetep buat openmic. Gue salut.

Banyak peserta yang pada bawa pendukung sore itu, kebanyakan sih karena mereka semester awal. Jadi bisa bikin rame ruangan. Lah gue? enggak. Cuma beberapa biji aja. Temen-temen gue kebanyakan udah pada wisuda dan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Ini Sakit...

Setelah dihibur dengan penampilan dari 2 comic @standupindosmg, akhirnya sampai juga ke pengumuman pemenang Open Mouth kali ini.


Juara 3 jatuh pada mahasiswa semester 1 yang bernama Dinar Wahyu. Dia emang bawa pendukung banyak banget. Dan tentu saja, karena penampilan dia emang keren. Kata juri sih.. Act Out-nya keren.

Juara 2 jatuh pada temen gue, @dadangpratama. Mahasiswa tua yang materinya ngebahas Coboy Junior dan pengalaman dia yang sempat dianggap Tuhan. Bener-bener gaul.

Dan juara 1...
Diraih oleh gue...


Rasanya lega banget... Sekaligus seneng!!! Sebelum tampil Presiden BEM gue sempet bilang, "elo tuh mending gak usah ikutan Dotz, elo udah pernah jadi juara 1 stand Up di Porsima kemarin. Kalo elo kalah itu memalukan. Udah gak usah ikut aja."

Gue sempet ragu waktu denger yang diomongin Presiden BEM. Tapi gue mau coba, lagian gue udah tua. Mereka pada gak kenal gue, gue juara stand up comedy tahun awal-awal tahun 2012 (baca disini). Sekarang paling udah pada gak kenal gue lagi.

Oh, iya... Berita acara Open Mouth ini juga udah nongol di web pers kampus gue, infonya disini.

Gue emang bukan comic profesional yang ikutan komunitas stand up comedy di Kota Gue. Gue juga bukan comic yang prestasinya keren sampai bisa jadi opener pas ada comic profesional ngadain tour di kota Gue.

Buat gue stand up comedy buat seneng-seneng aja. Bisa jadi juara di kampus sendiri, gue udah bahagia banget. Ya.. Bahagia itu sederhana.

Posting Komentar

65 Komentar

  1. wahh...selamat dotz.,juara 1...keren man!! Dan lo bisa raih itu walaupun nampil dgn kaki gemetar dihadapan 500penonton...gue jg pernah ngalamin, tapi gak seberuntung elo...gue gak menang... -_-

    Cepet2 wisuda ya dotz,cepet2 bikin buku lg, trus jual ke gue lg ya...pasti gue beli...hehe...
    Oh ya, gue blm review cancut marut, bukunya udah lama dipinjem kakak gue dikampung, kmaren dia bru bawain kesini lg dotz...jd ntar pasti gue review... Sory telat ya dotz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elo pernah cobain stand up comedy juga?
      Gpp lagi.. Nikmatin aja, anggap itu bagian dari proses..

      Hahaha...
      Elo masih inget aja buku cancut marut..
      Gak di review juga gpp kok, lagian udah lama juga bukunya ..
      Tunggu buku kedua aja, tapi belom tau kapan nongolnya hehe

      Hapus
  2. cieeeeeeeeee yg dapat juara 1, pasti seneng banget sampai salto keliling kampus ya Dotz?? tambah keren pas kamu pake kaosnya BE :)
    Untung pesertanya diatas target, kalo ga pasti pusing tuh..
    sukses selalu ya, km emang layak jadi penerusnya Raditya Dika tapi sayangnya kamu yg gagal gaul hehehe pissss.. asah terus kemampuan standmic-nya okee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya Mei... Tapi enggak sampe salto keliling kampuslah~

      Tengkyu ya ...
      Gue dibilang penerusnya Raditya Dika..
      Masih jauuuuuh banget kalik,
      Gue cuma nikmatin apa yang gue lakuin aja kok Mei~

      Hapus
  3. Gile... Keren bro.
    Itu bisa juara terus. Kembangin pasti ntar bisa nongol di tv tuh :))

    Skripsi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha gue udah terlalu tua buat ngembangin sampe masuk tipi..
      Gitu aja udah cukuplah..

      Anjrit!

      Hapus
  4. kalo stand up emang disarankan yang indoor biar tawa penonton di ruangan itu aja, gue juga anti kalo disuruh stand up outdoor. gak keliatan pecahnya :))
    btw, congrats..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Jog! Gue juga ngerasain susahnya stand up Outdoor..
      Yah tapi ilmu elo emang udah sangar gilak! Pernah jadi openernya Pandji juga...
      Hormat gue :D

      Hapus
  5. bang edotz ini sebenernya udah semester berapa sih? kok nggak lulus-lulus?*muka polos*
    selamat ya bang..ayo dong BE kopdar akbar, ntar bang edotz open mic deh.. biar kita bisa liat langsung gituuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan nanyain semesterlaah..
      Pamali...
      Gak sopan juga..
      Tuh coba liat, sepatunya Juri di poto, bagus ya :)

      Ahaha thanks ya...
      Boleh juga tuuuh~ ayoook kapan~

      Hapus
    2. hahahahaaa...
      kapan yaaa??
      yaaa susah sih ya kalo ngadain kopdar akbar gitu, jauh2 sih ya

      Hapus
  6. ciieee cieee yang juara 1 stand up comedy waaahh bangdotz memang keren dan saya bener2 mengakui kegagahan bangdotz hehe apalagi pake baju BE gt saya ikut merasa bangga banget nihh...

    oh jadi rupanya bangdotz ini ketua panitianya,,, hmm pantas saja,,, apalagi juga sudah pernah menang sebelumnya ok dah sukses yah. semoga di grand final comic sekota Semarang tetap meraih juara 1 dan tetap pake kostum BEnya biar energy listriknya ngalir^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih...
      Halaah bilang gagah gara2 baju BE, tapi gagah itu apaan ya? Elo bukannya Typo mau nulis 'gagal' kan ya Zhie?

      Amiiiin Zhie ...
      Sekali lagi Makasiiih yaaak (‾ʃƪ‾)

      Hapus
    2. gak typo kok bang dotz beneran tampak gagah pake baju BE hehe ehh tapi gagah itu apa ya? upst... ^^

      Hapus
  7. Gue barusan liat video lo pas open mic. Suaranya medok banget ye, Bang. Pake segala ngomong titit lagi. Hahahaha, ngakak gue. Tapi, kok disini gak ada videonya sih? JANGAN-JANGAN, DICEKAL YEEE? NGOMONG APAAN LAGI LO, BANG? Parah!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...
      Gue memang lelaki medok :(
      Tapi gue unyu kok, asli..

      Males uplod gue...
      Gede memorinya, males ngompres juga...
      Gue enggak ngomong apa2 Mat, sumpah! Gue cuma ngomong pantat aja kali ini...

      Hapus
    2. Hahahaha, upload dong bang. Penasaran nih! :))
      Aaaaaaaaah, gue kurang percaya lo cuma ngomong pantat. Pasti lebih ekstrim lagi. Iya, kan? Udah ngaku aja.

      Hapus
    3. aaah elo kok jadinya kepo sih...

      Hapus
  8. Keren banget, coba nanti lo ikut audisi SUCI 4 aja dotz.
    Keliatan banget kalo lo mahasiswa semester tua, waktu tampil aja lo udah encok gitu di foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu sih masih ketinggian Nu..
      Comic lokal Semarang aja belum pada nembus..

      Kenapa elo liatnya encoknya coba!
      Apa gara2 tetek gue gak keliatan elo ngomong gitu?!
      Sakit Nu, sakit!

      Hapus
  9. Aaaaak, edotz juara lagi. emang kamu (nggak) pernah ganteng dotz. tapi kamu lucu. beneran deh, upload in videonya dong.. aku mau nontooon!

    Dotz, itu kan kamu juara 1. senyum dikit kek -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali ini enggak gue aplod ah..
      Lagi males gue ..

      Kalo gue senyum gue bakalan terlihat kurang garang Kuh..
      Elo ngertiin gue donk sebagai seorang laki-laki.

      Hapus
    2. hahaha iya iya dotz. tapi kan itu momennya lagi juara. masa iya tetep ekspresi datar hahhaha

      Hapus
  10. wowww... conglatulation do.... loe emang keren1 #akhirnya gue mengakkuinya...

    and what? udah sibuk skripsi masih bisa jadi ketua panitia.. emejing

    wow emejingg.. pake kaOs BE.. nyambung kok.. namanya juga blogger energy, ya memberikan energy lah..
    gua aja kalo pake kaos itu berasa bangga, berasa banyak yang liatin gitu. hahaha

    kapan lo mau daftar di kompas tv do??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa baru sekarang mengakui (•̅_•̅ )

      Yaah namanya tanggung jawab, kudu dijalanin~

      Iyadeh anggap aja gitu ya ..
      Pasti bakalan nambah energi dengan sendirinya..

      Haha kompas tv masih kejauhan~

      Hapus
  11. ow nama lengkapnya Edo Trie Hadi Saputra toh..... :D

    BalasHapus
  12. Salut sama orang yang berani beraksi di depan segitu banyaknya orang.
    Tapi jujur aja, aku bukan anak gaul yang hobi sama stand up comedy..
    Sukses terus moga jadi comic profesional, Edotz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan anak gaul ya..
      Okeh, fine!

      haha ..
      Amiiiiin

      Hapus
  13. Keren banget bang,...
    Tampil di depan mahasiswa tingkat pertama, apalagi dengan penampilan yang memukau. Bisa kebayang, menjadi inspirasi banyak bagi generasi selanjutnya.
    Oke, teruskan perjuangan!!!
    Saya doakan jarak jauh.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaaah bisa aja ngomongnya...
      (ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

      Siip, amiiin..
      Thanks~

      Hapus
  14. eh salut nih pake kaos BE. sekalian aja bikin flyer buat promosiin BE, hehehe. ini pasti doa anak2 BE juga Dotz. wayahe traktiran!

    BalasHapus
  15. Wuiidiihhh... Lo juara satuu lagi, bang? Bner tuh kta psiden BEM lon klo ntarannya nggak juara satuu, psti nyesek jga. Tpi mngkin rsa malu lo brkrg, soalnya saingan lo senior smua, bang.
    Nahhh, klo acra kyak gtu biasanya hadiahnya apaan, bang? Kmren pas lo blg, 'dari lahir sampe sekarang belom ngerasain ganteng' nggak ad yg sdih, bang? Klo gue nnton, gue nangis kali bang. Nangis gra" ga nhan ketawa. Hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elo ngomong apa Zhie? Kok agak2 nyakitin ya bahasa elo.. (¬˛ ¬ ”)

      Hapus
  16. keren, bisa menang juga. hadiahnya mau buat apa dong sekarang? gimana kalau uang 500.000 buat traktir semua anggota BE hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaha ayoo deh...
      mau minta ditraktir apaan? :D

      Hapus
  17. Ciee. Asik kaan juara lagi. Hhoho. Udah ketua acara, ngisi acara, juara pula. Keren! Anda pasti nepotisme! Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jurinya langsung ketua stand up semarang looh~

      Hapus
  18. Omongannya presiden BEM makjleb haha
    Tapi bener kalo seandainya kalah memalukan tapi menangpun juga gak bakalan kaget.
    Lha wong emang uda pengalaman
    Tapi keren bang.

    dan satu lagi. Kaos BE dipake euy sippp

    BalasHapus
  19. Good job bangdooot ! You are beautiful.
    Kamu menang !
    Tp sayang kok dpt duitnya cuma segitu ya juara 1? Tp gapapalah bang yg penting lu menang dan BE selalu ada di dada lu. Aih sosweet~
    selamat ya baaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes gue beautiful...

      itu udah banyak kal segitu ..
      yeah penting promosi BE gratis

      Hapus
  20. Keren banget lo Dotz, udah jadi ketua panitia, menang juara nya nggak santay banget lagi, juara 1!! Udah gitu skripsi udah ada gejala habis gelap terbitlah terang yak Dotz..kayaknya lu lagi mujur mujurnya yaaak, katanya dosen pembaca kedua juga baik banget.

    keep it up Dotz!! Buku kedua juga segera Dotz, gue jga pingin kek gitu tapi entahlah...hufffff

    tolongin vote di blog gue ya Dotz!!

    http://www.meykkesantoso.com/2013/11/tolong-voting-yaaa-30daysbloggingchalle.html

    tengkiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya meyk .. mujur banget gue ..

      sip, elu juga keep it up!!

      Hapus
  21. Bang coba deh loe upload video pas perform di youtube, aku pengen nonton bang. kan bisa aja di undang kesini. hehehe... ayo sih ayooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha ntar aja deh kalo gue udah mood .. males ngompresnya soalnya hehe

      Hapus
  22. Oi ia bang.... 2nd buku kapan nongol nih..

    BalasHapus
  23. keren bet dah dot!! selamat yaaa
    tetep semangat yaaa :D

    keren banget pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya ..
      keren bet nya sekali aja ggp kok..

      Hapus
  24. Tsaahh, keren banget dot, berawal dari cuma iseng ikut, tapi malah jadi juara satu. Mungkin ada baiknya lo ikut suci 4, kali-kali aja lo masuk 5 besar atau bahkan juara :)
    Selamat juga ya, akhirnya skripsinya udah kelar :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa , gue keren ya ...
      aaah itu masih jauuuh banget ..

      iya gue bebas penderitaan
      thanks ya

      Hapus
  25. ajarin gue bang, gue pengen banget bisa open mic kek gitu.

    kalo bikin materi sih alhamdulilah udah bisa. heheh tapi selalu gugup kalo ngomong di depan.
    selamat ya bang, lo emang keren. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk privat sama gue ..
      tiap malem ya *malu*

      kalo gak dicoba ntar gugup mulu loh
      yap, thanks

      Hapus
  26. we, elo juara 1 men.

    keren

    gue ajah gak berani open mic, gue takut garing, emang bener kata elo, comic pemula takut garing. "

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa terus mau takut mulu?
      lawan takut lu donk broh

      Hapus
  27. Wahaha lo ketua panitia dan juara 1 dot, hmm ini konspirasi zionis! Hahahaha xD

    Pantesan tulisan2 lo bertema komedi, ternyata lo udah lama dan sering juara stand up. Kerenn..kereenn :{D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya zionis ... gpp deh penting menang~

      iya kan emang gitu Rik -____-

      Hapus
  28. Ya Allah, Dotz. Setelah berhari hari stress buka blogmu dan tetap enggak bisa komentar. Akhirnya hari ini saya bisa komentarin blognya. Huwaaaa. *nangis kejer:'D

    Kerenloh, Edotz. Bisa banget tuh muka datar jadi juara satu *eh. ^__^V

    Dasarnya udah bisa ngelawak sih dengan muka tanpa ekspresi ya wajar kalau dapat juara satu lagi. Heheheh. Pisssss


    Semoga BE semakin moncer (terkenal) di mata masyarakat sebagai grup blogger personal paling kece sedunia ya, Dotz dengan promomu itu. :D

    Selamat dan semangat wisuda.... *kabuuuurrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha segitunya...
      thanks kakak~

      dasarnya pancasila kaliiik

      iyaa, amin yaa... BE makin gaul sedunia~

      gue beneran mau wisuda , weeek

      Hapus
  29. wah si abang jago juga nih, selain ngeblog :D
    gaulgelaa

    BalasHapus