Selamat Ulang Tahun, Blogger Energy!!!

Hari ini, tanggal 9 Agustus tepat satu tahun blogger energy berulang tahun. Walaupun ini bukan ulang tahun gebetan atau  pacar gue, tapi gue bahagia banget di hari ini. 

Ibarat seorang bayi, diusia satu tahun ini. Blogger Energy pasti udah bisa merangkak, udah bisa guling-guling, dan juga udah bisa jalan-jalan walaupun masih sempoyongan. Blogger Energy telah tumbuh dan berkembang dengan baik, satu hal yang gue heran, siapa yang netek’in selama ini? Soalnya rangernya cowok semua, dan enggak ada yang pandai menyusui.

Gue enggak bisa ngebayangin gimana jadinya seandainya Blogger Energy enggak pernah ada. Iya, seandainya setahun yang lalu Nico sang Founder BE enggak punya niat buat bikin grup. Mungkin  di hari ini, tanggal 9 Agustus ini, gue enggak akan ngerasain bahagia apa-apa.
Seandainya waktu itu Nico enggak ngasih kepercayaan ke gue buat bantuin ngurusin grup BE mungkin gue gak akan pernah sedekat saat ini dengan ranger lain, ketemu sama temen-temen yang gaul dan gila sedunia di grup Blogger Energy. Hari ini, tanggal 9 agustus ini, gue enggak akan kenal sama anak-anak Blogger Energy.

Gue sendiri sadar, mungkin ini adalah konspirasi semesta yang secara sengaja mempersiapkan segalanya buat gue untuk bisa bertemu dengan temen-temen blogger yang punya hobi sama dan mempunyai cinta yang sama terhadap ngeblog. Yaitu, nulis dengan ide sendiri tanpa copy paste atau plagiat.

Sedikit cerita ke masa lalu...                

Sebelum ada Blogger Energy, gue udah ikutan beberapa grup blogger yang ada di pesbuk. Ada cukup banyak sih, tapi yang paling pertama gue ikutin waktu itu adalah grup Blogger Dreamer. Sengaja gue nulis nama ini tanpa edit atau diplesetin, iya.. sengaja aja. Karena bagaimanapun juga, Blogger Dreamer adalah yang pertama buat gue.

Di Blogger Dreamer gue mulai nemuin banyak hal tentang blogger. Gue mulai bisa berinteraksi dengan para blogger di pesbuk, padahal sebelumnya gue hanya bisa berkomunikasi lewat kotak komentar dan di buku tamu para blogger. 

Dulu Blogger Dreamer termasuk grup yang cukup ‘hidup’. Ketika ada member yang ngewall, ada anak yang menanggapi dan kadang jadi percakapan yang mengekor panjang.  Tapi, semua berubah setelah memasuki waktu tiga bulan gue gabung.

Grup mulai sepi, grup mulai hening dan grup semakin terasingkan. Setiap hari gue buka grup yang ada hanya link-link promo dari para membernya. Enggak ada diskusi, enggak ada komentar, enggak ada like. Blogger Dreamer udah jadi tempat sampah buat para blogger buang link. Adminnya hilang entah kemana, mungkin nyusulin Aisyah pergi ke kota. Atau mungkin adminnya Bang thoyib, entahlah...

Gue mulai ngerasa jenuh dengan ini, akhirnya gue pun coba gabung di beberapa grup blogger lainnya.  Gue gabung di grup : Pourix Blogger, Blogger New Era, dan Blogger Keren. Sayang semuanya bernasib lebih parah dari blogger dreamer, ketiga grup itu jauh lebih ‘mati’. Bahkan sekarang, foundernya enggak pernah hadir dan ngurusin grup yang dibuatnya. Grup itu bener-bener jadi tempat buang link dengan sangat sempurna.

Dari sini gue sadar, bahwa eksistensi seorang admin dalam mengelola grupnya adalah sebuah harga mati yang akan menjadi tingkat keberhasilan ‘hidup’-nya sebuah grup blogger dipesbuk.  Seperti yang gue sebutin diawal, grup blogger yang masih dalam tahap tumbuh dan berkembang, seharusnya grup itu ada yang netek’in, bukan ditinggalin.

Dulu, gue pengen banget bisa nemu grup blogger yang sesuai dengan apa yang gue pengen. Gue gagal menjalin hubungan dengan beberapa grup blogger. Gue sendiri sangat berharap ada sebuah grup blogger yang hanya berisi blogger personal, gue yakin kalo sampe gue nemu dengan grup yang seperti itu, kehidupan di dalamnya pasti bakalan menyenangkan, karena dengan mempunyai latar belakang yang sama pasti mereka juga punya perasaan yang sama tentang nulis diblog.

Ternyata harapan gue bener-bener terwujud karena gue ketemu Nico dan akhirnya gue masuk Blogger Energy. Komunitas Blogger Personal. Oh iya, kalo kalian pengen tahu sejarah Blogger Energy lebih lengkap, kalian bisa baca DISINI.


Ada beberapa hal yang paling beda dari Blogger Energy dengan grup lainnya, yaitu adanya rules yang promo wajib blogwalking. Mungkin kalo kalian berpikir negatif, pasti kalian bakalan bilang, “masa kalo promo wajib blogwalking, kan kita belum tentu suka baca tulisan dari anak-anak lain, blogger juga punya selera. Ini sih namanya terlalu memaksakan.”

Iya, itu bener banget...

Tapi coba pikiran negatif itu kalian kesampingkan dulu dan ubah dengan pikiran seperti ini, “gue seneng kalo blog gue dikomentarin, gue seneng kalo blog gue dibaca orang.” Sampai disini, lanjutkan lagi, “mereka yang ada digrup ini juga pasti punya pikiran yang sama kayak gue. Ketika ada tulisan baru dari temen, itu pasti nulisnya enggak mudah, gue harus hargai tulisan mereka seperti mereka menghargai tulisan gue.“

Yap.. dengan aturan promo wajib BW itu sebenernya niatnya baik kok, kalian diminta buat belajar menghargai tulisan orang lain. Dengan meninggalkan komentar, mungkin bagi kalian itu biasa aja, abis komentar, pergi, terus lupa. Tapi siapa tau, komentar yang kalian berikan dan kalian lupakan itu justru jadi semangat bagi teman kalian itu buat ngeblog lagi. 

Memang, aturan seperti ini sepenuhnya enggak bisa diterima. Bahkan ada yang ngerasa grup BE terlalu ketat, tapi sekali lagi, disini kita belajar saling menghargai, memberi support berupa energy yang hadir dari komentar-komentar kalian. 

Gue tanyakan lagi, “adakah diantara kalian yang blognya tetap sepi komentar setelah kalian gabung di grup Blogger Energy?” 

Silakan kalian jawab sendiri.

Jujur gue bangga dengan aturan ini. Karena aturan ini, banyak blogger yang kotak komentarnya enggak sepi lagi, promo sekali yang mereka lakukan udah cukup menyaring beberapa komentar yang masuk. Mungkin ada yang berpendapat, bagus atau enggaknya blog itu gak dinilai dari banyaknya komentar aja. Tapi gue enggak bisa memungkiri, gue sendiri merasa puas kalo blog gue dikomentarin sama orang lain. Dari situ gue akan selalu mencoba memperbaiki tulisan gue karena blog gue sekarang sering dibaca oleh orang lain.

Mungkin memang ada beberapa anak yang komentarnya enggak nyambung. Yap, gue enggak bisa maksain itu. Tapi gue sendiri, selalu berusaha mencoba membaca setiap tulisan yang promo bareng waktu gue promo. Tapi kalo ada anak yang komentar diblog hanya 140 karakter, simpel banget. Yah, gak masalah.. gue akan perlakukan hal yang sama diblognya. Hehehe... Bisa nulis postingan yang panjang, masa nulis komentar aja gak bisa.

Selain itu, keceriaan di dalam grup Blogger Energy juga luar biasa, siapa yang menyangka ternyata Blogger Energy bisa bikin kaos, siapa yang menyangka anak-anak ada yang udah kopdar mandiri di beberapa kota, siapa yang nyangka Blogger Energy juga udah pernah On Air di radio dan siapa yang menyangka Blogger Energy bisa menghadirkan award dan pulsa setiap bulan. Walaupun nominalnya hanya sepuluh ribu perak.

Satu hal lagi yang paling bikin gue ngerasa semakin cinta banget sama Blogger Energy adalah ketika gue udah ngeluarin buku pertama gue, CANCUT MARUT. Yap... banyak diantara mereka yang secara sadar membeli buku gue, bahkan mereka rela ngereview buku gue di blog mereka. Gue terharu banget... Tanpa gyerz, gak mungkin CANCUT MARUT bisa terus eksis di google search enginee.

Dengan  slogan, gak perlu banyak member yang penting solid. Blogger Energy udah bisa menunjukkan ekstensinya di dunia blogger selama setahun ini. Walaupun suasananya udah enggak seheboh dulu saat pertama kali dibentuk. Setidaknya sampai saat ini masih banyak anak yang tetep care sama Blogger Energy. Masih ada mereka yang bener-bener merasa memiliki Blogger Energy lebih dari sekedar grup biasa.

Harapan gue, Blogger Energy akan terus hidup untuk memberikan energy-nya bagi para blogger personal. Memang akan ada yang datang setiap bulan dan akan ada yang pergi karena enggak nyaman dengan aturan yang ada. Tapi gue yakin, mereka yang tetap bertahan di Blogger Energy sampai saat ini adalah mereka-mereka yang berenergy yang akan membawa Blogger Energy untuk tetap  hidup sebagai komunitas blogger personal yang solid.

Terakhir, dengan bangga gue teriakan :
LOVE YOU, BLOGGER ENERGY!!!
LOVE YOU, GYERZ!!!

48 Upil

Aku jadi langsung searching grup-grup blogger yang kamu sebutin itu, Dotz. (Kepo banget.) Emang udah pada nggak aktif ya. Semoga BE bisa terus hidup ya... :)

Reply

Iyaa, namanya sengaja gue sebutin dengan jelas, bukan bermaksud untuk menjelekkan nama grup itu, tapi karena emang grup itu udah enggak aktif 'sama sekali' :)

Reply

huh!! terharu gue dot bacanya. Emang siklus datang dan pergi itu selalu ada, jadi mau bagaimana pun siklus itu akan tetep ada dan selalu ada, tinggal kita aja lagi bagaimana cara menyikapinya. Semoga aja di ultah pertama ini BE jadi tambah keren dengan konsep dan pola pikir barunya. Cayo.

tapi yang jadi pertanyaan, siapa yang yang netein BE?

Reply

Bener banget, bang. Di sekolahan gue dlu jga klo masuk klub" eks itu emang gitu. Ga butuh org bnyak yg nyampah, tpi ngebutuhin org sdkit yg bisa di ajak. Yg smngatnya ga ush d rgukan lagi.

Gue, jga gbung d antara group" blogger yg lo sbutin tdi, bang. Tpi emang bner, komenan gue paling bnyak jga dri anak" BE. Stelah msuk BE psti blog bnyak komenannya, dan pstinya seorang blogger seneng bget klo blognya bnyak yg komen. Dan cuman di BE aj, yg anggotanya udah kyak kluarga.
Group yg pling brarti buat gue ya, blogger Energy, bang. Walaupun sjtinya klo ktmuan lgsg gue gugup. Tapi, ya gitu dah.
Dan smoga, naskah BE cepet diterbitin. Harapan gue sih, gitu. Tpi klo udah d terbitin trus mndadak group bnyak org yg cuman nyampah link, nah org yg kyak gitu mndingan di out, bang.
Gue masih penasaran sma founder kita, bang. Gue pengen dger lgsung kisah dia pertma kali bikin group BE, moga foundernya si bang nico cpet pulang yaak.

Reply

grup Blogger yang paling solid dibandingin dengan grup-grup yang lain..!! gue juga beruntung banget berada di tengah-tengah orang yang super ketje nan unyu-unyu ini. andai gue gak masuk di BE, bagaimana nasib gue sekarang.??? *okelah lupakan.*

Oh iya bang.. gue sampai sekarang kog kagak pernah liat bang Founder ngeWall atau like atau koment di grup gitu...!! bagaimana kalo ulang tahun pertama ini bang founder diperkenalkan di grup.. biar spesial gitu..

Reply

BE adalah grup yang megawesome banget menurut gue. unik dan kreatif para membernya, dan rangernya yang baik dan unyu-unyu kaya ceribel itu yang bikin unik dari BE itu sendiri :)
LOVE U BE. muah ~

Reply

terharu bacanya, aku sih ga pernah masalah sama peraturannya, karna emang seharusnya seperti itu, seperti kata pepatah: hormati orang lain dulu kalo kamu mau dihormatin, komentarlah diblog orang kalo blog kamu pengen dikomentarin.
dan emang setelah aku telaah dibeberapa grup blog yg lain, menurut aku yg bener2 hidup cuma di BE. pokoe hidup BE.

Reply

huwaaah BE memang ruaaaaar biasa :') semoga makin solid ajah deh. tetap semangat renjer. tetap semangat juga gyerz u,u)9 semoga keluarga kita makin ketjeh~

Reply

gue juga korban dari group2 yang eksisnya cuman hitungan bulan itu bang. dan gue gak nyesal karna itu pengalaman sih #asikk

BE emang dewa, gak kerasa kita juga udah 1 tahun lebih ya bnag kenal, kalo waktu itu kita langsung jadian, pasti anak kita udah bisa ngupil nih, u,u

Reply

Bener bang, dari semua grup blogger, BE-lah yang paling hidup, rame, dan solid.
tetep semangat semuanya, moga makin unyu... :3

Reply

HBD Blogger Energy

Setuju gue DOtz.

Yang paling gue suka aturan di grup BE adalah kalo promo wajib blogwalkng, itu keren banget. Buktinya aja sekali promo jumlah komen diblog bisa lebih dari 20,kalo dibalas satu2 kan jadinya 40. Kurang keren apalagi coba?!

Apalagi sekarang ada pulsa 10 ribu tiap bulan, makin keren.

Reply

Huhuhu.... :'( gue jd terharu dot,, sini..sini.. Gue Tendang pantat loe #AntiMainstream

Grup ini emang beda dari yg lain, selain adminnya cowok smua yg saling mengasihi dan mencintai #Hoeekk slogan yg dibawa oleh grup ini juga keren "exchange of energy".

Semoga semakin banyak yg gabung di grup ini, kalo semakin banyak berarti blogger personal makin banyak pula, makin banyak blogger personal berarti semakin banyak yg mau mengungkapkan pemikirannya, semakin banyak yg ngungkapin pemikirannya, maka demokrasi bener2 jalan di negara ini #Halah :D

Reply

#HappyBirthdayBE

disinilah grup blog pertama saya. berarti disinilah saya lahir menjadi seorang blogger.disini juga bang gue semakin berenergy membuat postingan blog, karena mereka slalu memberikan komentar disetiap postingan gue.

semoga BE semakin jaya \m/

Reply

Blog gue gak pernah sepi komentar setelah masuk Blogger Energy beda kalo di grup lain, promo sampe lebaran unta juga gak bakalan banyak komentar..
peraturan di BE yang buat jadi beda dari grup lainnya
Blogger Energy gak perlu banyak member yang penting solod :)

Reply

gue belum sempet nyobain gabung grup2 lain. di BE aja udah betah. emang kayaknya ada juga mereka2 yg mikir Be banyak aturan. tapi banyak segi positifnya yg didapat. udah banyak buktinya :D Semoga kita bisa ngejaga BE sampe tahun2 berikutnya.

Reply

pertama-tama, happy 1st anniversary, BE! :D i'm glad to know you. :))
dari tulisan lo, gue jadi tau sedikit banyak asem manisnya BE.. baca tulisan lo juga, gue jadi ngerasa asem manis sendiri. asem pas baca siapa yang netekin BE selama ini. dan manis pas gue lagi ngaca. muahahahaha. :D

jujur, gue anak baru BE nih, trus gue tipe pembaca lambat, malas, dan mood-moodan. jadi, waktu tau rulenya BE tentang promo dan BW itu, gue agak sedikit jengah. tapi, di sisi lain, gue merasa tertantang! hahaha. kalo hidup merantau di kota orang aja gue shanggup, masa baca full postingan temen sendiri gak shanggup. jadi, bakal gue shanggup-shanggupin. :D

gue seneng masuk BE. karena lewat jadi member BE gue dilatih buat disiplin BW and baca full postingan orang lain. gue tipe cuek sih, mau ada yang baca tulisan gue atau engga. tapi postingan lo nampol juga broh, bahwasannya tulisan di baca secara menyeluruh sama orang lain itu ada perasaan seneng luarbiasa tersendiri. dan itu juga bisa melatih disiplin gue ke hal-hal lain. so, apa yang gue pengen orang lain lakukan ke gue, gue akan lakukan itu terlebih dahulu ke orang lain. dan :)

udh panjang kan komen gue? kikikikikikikik :D
oh iya! kotak komentar gue juga jadi jarang sepi, tapi follower gue masih dikit. hiks. follow-followan yuk kakaa. fufufufufufu~ :D

Reply

hiyeay, selamat ulang tahun blogger energy! moga makin solid! oya, gue dapet energy yang gede semenjak masuk BE. gue semakin semangan menulis, semangat membaca, semangat menggebet gebetan. #eh.
well, gue senang menjadi bagian dari BE!

Reply

Wah, seru juga nih kayaknya jadi member BE.

Reply

Yampun, gue nangis bang edot bacanya ;( di sini speechless banget :'
jadi makin nyesel dulu pernah takut sama abang ;D ehehe *sungkem*

ngomongin founder, apa kabar ya? Pasti nangis dan harus nangis tau ini semua: 1st anniv BE! Pas di bagian siapa sangka BE bisa buat kaos, award bulanan berhadiah pulsa, kopdar mandiri, postingan dan display name kompak #HappyBirthdayBE
ini, wow, speechless :')

Reply

Love u too bang #eh

bangga itu menjadi bagian dari BE :')

Reply

Aku beli bukumu dan nge-review di blog dengan penuh kesadaran loh Bang..
Keren kan B)

Aku seneng bisa jadi bagian dari BE..
Semoga BE makin solid, kompak, pokoknya makin +++++++++
Semoga kita bisa ngadain kopdar akbar juga..
Aamiin hihi

Reply

duh gue terharu banget baca kisah lo Dotz...gue juga ngerasa Blogger Energy berarti banget buat gue, bak oasis di gurun sahara, bagai sungai di hutan belantara, bagai ya gitu deh Dotz...lo so sweet Dotz..semoga BloggerEnergy selalu bisa bersinergi ya, satukan energiiiiiiiiiiiiiiiiiiii grak!!!!

Reply

Iya bay, kita udah ngerasain gimana beratnya membangun grup dari nol...
Beruntung anak-anak BE semuanya baik, kita jadi gampang akrab sama mereka dan mereka juga care sama grup..

Gue curiganya sih elo..
Kan elo yang paling suka pake BH

Reply

Waah komentar elo panjang banget Zi, kaya postingan aja .. Keren!

Iya, elo tau sendiri gimana hidup BE didalemnya..
Semoga elo juga punya niat buat selalu ngeramein BE Zi, jadi BE bisa tetep unyu dan gaul selaluw..

Naskah BE doain aja biar segera dapet titik terang ya...
Harus terus optimis Zi..

Reply

Mungkin elo masih jadi blogger jomblo yang kurang perhatian,, tapi bagaimanapun juga hidup itu tantangan Han, elo harus hadapi semuanya.
Kayaknya agak gak nyambung gimana gitu ya komen gue.

Founder selalu penuh misteri..
Disitulah sisi romantisnya..

Reply

aaak bang edooot Ya alloh ...

pertama2 Thanks banget berkat blog lu ini gue bisa nemu Banner BE .
terus yang kedua, Thanks Udah Ngerawat dan membesarkan BE sampe sebesar ini.
terus yang Ketiga, Makasih udah Mau ngebimbing Gue sama anak2 lain buat ke Jalan yang Benar :D

gue cuma tau Blogger Energy bang, pertama2 tau ada komunitas Blogger ya cuma BE, terus gue jadi tau grup sebelah kaya KK, WB, Bloof, dll.
Taaapi, Setiap gue Buang Link sampe Lebaran Babi juga gak ada yang komen tau bang wkwkwk Ngenes banget yak :D

dan Beda banget sama BE,
tanpa gue promosi pun, anak2 pada Komen bang.. gegara muncul di dasbor.
\Subhanallah banget kan ?? emang dasar anak2 BE tukang Kepo :D

Selamat Ulang Tahun BE, mari kita jaga sama2 BE ... Love kamyuuu BE

Reply

huaaaa baca tulisan ini jadi kayak flashback ke awal awal aku join ke blogger energy dotz.

nih aku ceritain ya :D
waktu pertama masuk ke BE juga masih asing dengan peraturan blognya kenapa harus BW kenapa harus ada postingan promo setiap harinya. dsb. dulu aku malas banget yang namanya BW. biasanya kalau yang promo ada 10, aku cuman BW ke 7 blog aja. terus juga aku cuman suka ke blog blog tertentu yang menurutku bagus tulisannya.
tapi lama kelamaan aku jadi terbiasa blog walking. jadi lebih niat untuk komentar di semua blog. terutama yang posting di hari dimana aku promo. karena aku sadar, kalau tulisanku yang dulu nggak beraturan itu ternyata ada yang menghargai. sampai ada yang ngasih saran kalau kelebihan & kelemahan tulisanku ada dimana juga. itu menandakan kalau mereka menghargai proses keterampilan nulisku. maka dari itu aku sekarang rajin BW dan merasa Blogger energy adalah tempat untuk mengembangkan keterampilan nge blog :D

duh, kok jadi curhat disini sih. ini semua gara gara baca postinganmu yang ngebikin aku kembali mengulang masa masa dulu waktu aku baru join di BE hahahahaha

Reply

terharu gue bacanya dot.. suer terhau gue dot.. suerr.. terharu gue bacanya do! #lap ingus

masih inget banget waktu kopdaar BE Pekanbaru. kami ngobrol2. jadi ada 1 hal yg ada di BE tapi nggak ada di grup blog lain yang bikin BE ini tetap "HIDUP". itu dia : WALL PROMO SETIAP HARI.

Dan kebijakan dan peraturan dari para rangers yg konsisten. gue salut!

dan emg bener, klo admin nggak ngejalanin, grup bakal ancur. gue bangga sama ranger2 BE. love you alla

Reply

wakkkkkk ini lengkap banget :'D
bukannya mau banggain diri sih
tp bener juga yang lo bilang dotz
eksistensi grup juga dipegang dr adminnya sebagai moderatornya.
mungkin juga kita bisa berkaca ke grup kancut
adminnya aktif, sendiri, fight, cewe pula
bisa jadi contoh kalo kita males2an

semoga BE makin nyaman jd rumah blogger personal :D

Reply

Aaaah BE... (´⌣`ʃƪ)
Ditsa sampe segitunya deeeh (ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

Reply

Naah kan, emang beneran BE bisa bikin semangat ngeblog jadi makin super..
BE juga bisa bikin kita serasa punya keluarga kedua :)

Reply

Amiiiin..
Iyaaa, kita ketjeh selamanyaaah~

Reply

Kita emang udah kenal lama yam..
Gue kira dulu elo itu blogger yang udah tua, hahaha..

Dulu kita kan sering komen2an di blog en sapa2an di chatbox gitu (ʃ⌣ƪ)

Reply

Iyaaah~
Semangattt BE!!! (ง•̀˛•́)ง

Reply

Naaah kan, BE emang grup gaul ..
Setidaknya banyak manfaatnya buat kita yang gabung :)

Reply

Ini pantat gue Rik, tendangin buruan :')

Sayang kami tidak pandai menyusui Rik, itu masalahanya :(

Oke deh, demokrasi...
Hidup!!!
Gue mah hidup hidup aja deh pokoknya.

Reply

Dan semoga di BE juga elo nemuin jodoh hidup...
Walaupun nyari jodoh hidup enggak sesulit nyari jodoh rambut..

Harus terus betah yaa di BE (ง•̀˛•́)ง

Reply

Haha lebaran unta, tega banget elo...
Iyah, BE harus selalu solid :)

Reply

Iya yog, sampe ada yang keluar segala karena gak betah katanya BE banyak aturan...
Mental blogger emang beda2 sih ya..

Amiiin (‾ʃƪ‾)

Reply

Dibalik aja, asem pas lo lagi ngaca, kayaknya lebih sreg gue ngebacanya deh..

Kereeen... Kuatkan tekad ya, harus semangat baca tulisan temen, jangan pernah loyo (ง•̀˛•́)ง

Naaah keren deh kalo sampe nampol, gue suka semangat elo...
Komentar elo udah banyak, banget!
Bisa dibikin postingan sendiri nih kayaknya..

Iyaa deh ntar gue follow, santai~

Reply

Semangat elo luar biasa Ga, dan masalah gebetan, dari dulu kok gak ada perkembangan... Kapan pacarannya? Hahaha

BE juga seneng ada elo didalamnya (ˇ▽ˇ)-c<´⌣`“)

Reply

Ya ampun, gak usah nangis (⌣.⌣')\('́⌣'̀ )
Jiaaah -___- kesannya gue nyeremin banget deh :|

Iyaah, kayaknya emang BE pelan2 udah mulai semakin keren..
Semoga seterusnya bakalan lebih luar biasa lagi :)

Reply

tulisannya keren banget, blognya juga oke :D menarik!

Reply

Post a Comment