KKN Ending

Akhirnya, satu bulan udah berlalu. Itu artinya kegiatan KKN gue udah selesai. Kuliah Kerja Nyata bareng ke-16 mahasiswa di Kelurahan Gayamsari Semarang harus berakhir tanggal 5 Maret 2013 kemarin. 

Mungkin selama satu bulan kemarin. Bagi gue KKN rasanya nyiksa banget, rasanya eneg banget. Tapi, dibalik semua siksaan yang bikin eneg ada banyak cerita yang bikin gue jadi ngerasa kangen sama masa-masa satu bulan KKN. Gue ngerasa berat harus pisah sama temen-temen KKN.

Emang rasanya cepet banget. Rasanya baru kemarin gue coba membiasakan diri dengan temen-temen baru, tau-tau KKN udah selesai aja. Menurut gue, ada banyak hal selama sebulan kemarin yang mungkin susah gue lupain.

Seperti misal, Anwar. Kordinator Kelurahan (Korkel) gue pernah dimarahin habis-habisan gara-gara pas upacara pengibaran bendera di kecamatan, dia malah mundur ke belakang nerima telpon. Iya, gue yakin Anwar pasti dilema banget antara tetep fokus ke pengibaran bendera atau nerima telpon, soalnya itu telpon dari... Bu Lurah.

Dulu waktu awal penerjunan KKN gue sempet hampir stres. Gimana enggak, pertama duduk di posko dan rapat, aturannya udah macem-macem banget. Gue males nyebutinnya.. Tapi yang jelas, gue jadi berasa kaya TKI yang kerja di Malaysia dan dapet majikan yang sadis.

Lebih parahnya lagi, duit cash back senilai 200.000 per mahasiswa yang seharusnya dipake buat bantuan makan selama sebulan, ditahan sama Korkel alasannya buat dana kegiatan - kegiatan selama sebulan nantinya. Gue jadi berasa kaya TKI yang kerja di Malaysia dan dapet majikan yang sadis udah gitu gajinya gak pernah dibayarin.


Sejak hari pertama KKN itu, gue langsung berdo'a biar besok tiba-tiba udah penarikan KKN, gue gak betah. Tapi, sayang.. Do'a gue gak dikabulkan. Besoknya masih aja tetep KKN. Mau gak mau gue harus ngejalaninnya.

Setelah jalan beberapa hari, gue mulai ngerasa kalo ini gak se-neraka yang diawalnya. Posko gue mulai asik. Kenyataannya gak separah angan-angan gue kalo sebulan ini bakalan nyiksa dan bikin badan gue kurus.

KKN gue itu santai..
Disaat yang lainnya tiap hari nginep di posko, di tempat gue kalo tidur di kos masing-masing. Cuma hari Jum'at sama Sabtu aja nginepnya.

KKN gue itu santai..
Disaat yang lainnya jam setengah tujuh pagi udah harus absen kehadiran, di tempat gue berangkatnya malah jam sembilan. Udah gitu, dari jam dua sampai jam empat sore boleh ijin pulang.

KKN gue itu santai..
Disaat yang lainnya harus ngajuin surat cuti pekerjaan biar fokus KKN, di tempat gue dikasih keringanan buat yang kerja gak masalah. Bisa ijin sementara ninggalin posko KKN kalo emang waktunya kerja.

Gara-gara santainya KKN di tempat gue, awalnya keliatan banget yang ekstra kerja itu Korkel dan sekretaris. Yang lain udah dikasih kenikmatan berangkat jam 9 tetep aja ada yang nyampe jam 10. Begitu dateng, naruh tas. Abis itu duduk terus kipas-kipas selangkangan. Temen-temen gue yang sering dateng tepat waktu mulai ngerasa ini gak adil. Timbullah konflik-konflik kecil, sekecil upil didalam posko KKN gue.

Akhirnya, gue dan temen-temen cowok mengusulkan solusi brilian yang sebenernya juga bisa merugikan diri sendiri, yaitu : denda.

Iya, demi kemaslahatan umat bersama. Denda bisa jadi pilihan paling bijak. Buat menghargai waktu dan ngelatih disiplin.
Begini rinciannya :
 - Telat 5 menit : 5ribu.
 - Telat lebih dari 10 menit : 10ribu
 - Gak ikut kegiatan : 20ribu
Pada penerapannya, kadang ada juga yang masih bisa cari alesan buat ijin biar gak kena denda. Kayak misal, udah hampir jam sembilan ada anak yang belum dateng. Temen-temen di posko udah siap-siap nagih denda. Tiba - tiba ada sms masuk : " Teman-teman maaf, saya mau nyuci kancut dulu. Stok kancut udah darurat. Mau gak mau harus nyuci dulu."

Mereka semua bengong, gak tau mesti komentar apa. Gak mungkin juga, temen gue yang sms tadi dipaksa bayar denda. Karena ternyata, nyuci aja masih pake sistem paketan. Nunggu numpuk dulu baru dikerjain. Itu prinsip hemat tenaga dan deterjen.

Yang gue tau KKN selama satu bulan, ternyata gak selalu kerja terus. Kadang juga ada saatnya buat gue dan temen-temen bengong sambil tiduran. Gue sama anak-anak cowok biasanya ngisi waktu sambil main PES. Yang cewek biasanya lebih hemat tenaga. Nonton tipi sambil tiduran terus ngomentarin acara tipinya. Kadang-kadang kalo beda pendapat, mereka akhirnya berantem, lempar-lemparan upil.

Selain itu, cara ngisi waktu luang yang gaul dan paling favorit di posko KKN yaitu pokeran. Bagi yang enggak tau, itu semacam maen kartu poker, pakenya kartu remi (bener gak sih?). Yang bikin greget mainan beginian itu ada pada hukumannya. Tiap hari, ada aja hukuman aneh yang kepikiran. Pernah waktu itu, yang kalah mesti di kasih stempel kecamatan. Endingnya, gue dapet stempel unyu di pipi kanan sama kiri. Sebelumnya gue udah dapet beberapa di tangan kanan.

Selain stempel kecamatan, ada juga hukumannya bagi yang kalah, gendong tas yang diisiin laptop. Beratnya lumayanlah, sepuluh menit dipake bisa bikin osteoforosis tujuh turunan.

Pernah juga, yang kalah hukumannya mesti ngerayu temen yang ditunjuk sama pemenang pertama. Emang sih, kebanyakan mukanya gak pantes banget buat ngerayu - ngerayu. Tapi, disini letak happy-nya. Gara - gara itu bisa bikin ngakak bareng.

KKN selama sebulan, gue sama temen-temen banyak ngelakuin kegiatan yang cukup keren juga. Kegiatan yang enggak sekedar main catur bareng atau main boneka barbie bareng.

Ini kegiatannya:

Sekedar informasi, itu bukan pasir ataupun tanah. Tetapi itu kotoran kebo. Iya, kotoran kebo. Kotoran sebanyak itu harus dimasukin ke dalam beberapa karung sampai habis. Iya, sampai habis. Silakan bayangin sendiri gimana kenikmatannya. Iyaa, bayangin sendiri kenikmatannya.
Ini ngeksis dulu sebelum ngecat. Di depan pasar, di pinggir jalan raya. Awalnya mereka bahagia. Beberapa saat kemudian senyum mereka mulai pudar sampai akhirnya hilang...




Ini bukan kabut di pegunungan tinggi. Tapi ini asap fogging. Pemberantasan sarang nyamuk di daerah warga. Asapnya nikmat banget kalo dihirup. Cukup lima menit, khasiatnya udah terlihat. Hidung lo ilang gara -gara harus diamputasi.
 
 Ini acara pelatihan pembuatan souvenir. Bersama ibu - ibu kami mencoba mengajak mereka menjadi gaul, mengajak mereka berpose unyu. Tapi sayang, kami gagal... justru mereka yang sukses mengajak kami berpose dengan 'tua' yang khas.


Mereka bukan lagi asik nonton bokep masing-masing. Tapi mereka... mereka.. mereka... entahlah...gue gak tau apa yang sedang mereka lakukan dengan laptopnya masing - masing.


Perjuangan membuat kolam lele. Terkadang, penderitaan mahasiswa itu pedih Jendral..

  
Perjuangan mereka menguras kolam lele patut diberi apresiasi. Satu hal yang paling penting adalah, gue bener - bener bersyukur dan ngerasa beruntung banget soalnya waktu acara menguras kolam lele ini kebetulan gue lagi ijin keluar. Muahahahaha... 



Seminar berujung MLM

Acara dari kecamatan sebelum penarikan KKN. Jalan sehat di Kampoeng Semarang. Gue gak bisa komentar banyak - banyak.
 Ini pose terakhir kami bareng dengan status KKN.

Sebenernya masih ada beberapa kegiatan lainnya seperti bimbel, ngajar TPQ, Pendampingan PAUD, Posyandu, Pemanfaatan apotik hidup dan kegiatan unyu lainnya. Tapi, kalo gue share pot - potonya. Malah ntar jadinya kaya album perpisahan jaman sekolah.


Mungkin posko KKN gue di Kelurahan Gayamsari emang gak sehebat posko-posko lainnya, gak sekompak mereka yang tiap hari nginep bareng. Tapi bagi gue, makna KKN udah bisa gue dapetin dengan jelas dan afdol, dimana perjuangan gue berusaha untuk beradaptasi dengan temen-temen baru, mencoba bekerjasama dengan temen-temen baru dan bikin momen dengan temen-temen baru akhirnya terbayar dengan kenyataan bahwa temen - temen KKN gue itu asik banget.

Awalnya menurut gue KKN emang nyiksa, tapi dibalik semua siksaan itu, gue sadar bahwa ini adalah anugrah dari tuhan buat gue, dimana gue telah dipertemukan dengan temen-temen gue yang unik, yang heboh, dan temen-temen yang tau bagaimana cara boker yang baik karena mereka enggak pernah boker di lantai. Buat gue, itu sesuatu yang perlu dicontoh.

KKN yang indah, dan gue... Bakalan kangen sama mereka. Dengan semua keunikan mereka, semua sifat ajaib mereka dan semua kehebohan mereka.

Mungkin banyak anak yang berharap dan pengen kalo KKN cepet selesai, banyak juga yang ngerasain seneng waktu penarikan KKN udah tiba. Bagi gue, mereka yang enggak ngerasa kehilangan dengan suasana dan kebersamaan KKN selama sebulan yang udah dilewatin. Itu sama aja dengan mereka udah nyia-nyiain anugrah yang udah tuhan kasih buat mereka. Temen-temen yang unyu, temen-temen yang gak unyu, temen-temen yang spesial.

KKN udah selesai, gue dan temen-temen mau gak mau emang harus pisah. Udah saatnya buat kami, berjuang ngelawan musuh terakhir yang udah nunggu dengan tenang yaitu SKRIPSI. Beda jurusan, beda judul skripsi, beda dosen pembimbing. Tapi, gue berharap... Gue dan temen-temen bisa kumpul lagi dalam satu atap gedung untuk... wisuda bareng.

Semoga untuk kali ini, harapan gue bisa jadi kenyataan. Perjuangan demi sebuah toga, selama KKN. Ditutup dengan wisuda bareng setelah sama-sama berhasil mengalahkan lawan terakhir masing-masing. Sepertinya itu bakalan menjadi ending yang diharapkan kita semua.

"Mari kita sama-sama berjuang kawan-kawan..."

55 Upil

ayo kawan. kita berjuang!!! #ceritanyalagidijaman1945

baca kayak ginian, gue jadi inget waktu pelantikan paskibra. gue juga ngerasa awalnya itu bakalan nyeremin dan gak asik. eh tau taunya asik banget malah #curcol

oh ya maaf bang. gue gak bisa ngebayangin gimana masukin kotoran kebo ke dalam karung. gue gak bisa...

Reply

bang edotz, elu mabok upil atau apa? Lo yakin KKN lo selesai tanggal 5 April 2013?
Mungkin Lo hilang ingatan karena habis diajarin cara boker yg baik dan benar sama temen KKN lo mungkin.. :/

Reply

Berhubung masa KKN udah lewat, Harapan gue satu-satunya adalah semoga kalian semua nantianya wisuda bersamaan.

Silakan taklukin skripsi itu Dotz. Selamat berjuang.

Reply

blognya sudah saya follow jikaberkenann follow balik yah :)


achmadrizali.blogspot.com

Reply

Wah seriusan jadi pengen cepet-cepet ngerasain KKN haha
emang seru banget keliatannya, dapet pengalaman baru sekaligus tambah deket sama temen-temen :D

Reply

keren banget ya KKN nya
:) kegiatan yang sangat bermanfaat suatu hari kelak..

hal yang kita kerjakan sekecil2 nya nanti pasti akan membuahkan hasilnya

Reply

nggak jauh beda nih ama kegiatan PBL gue, cman waktunya lebih singkat 2 minggu doang.. tapi sangat berkesan dan akan dikenang sepanjang masa..

hidup bareng org2 baru yg punya sejuta keunikan masing2 tuh membawa warna tersendiri dlm hidup kita...

Reply

nyumbang upil nih sob....spertinya hanya soal internal TIM saja yah persoalannya? padahal waktu sy dulu KKN, persoalan justru ada di masyarakatnya. Ini lebih berat lho sob? bayangin, masyarakat minta ini minta itu, yang sungguh di luar kemampuan kami. namanya orang desa dikira kita orang punya duit kali yah..hehe...tapi endingnya malah kita sma2 nangis. berharap agar bisa tinggal di tempat KKN saja...sy sih mau aja...soalnya anaknya pak kos cantik sih? hehehe...

Reply

KKN itu HEBOH ! hahaha nggak lempar upil lagi nih bang ?

Reply

Katanya Kakak gue juga dulu berat banget buat pisah sama teman KKN dan seluruh lingkungannya. Katanya "enakan di Desa sana daripada di rumah"

Terus disana kakak gue juga deket sama anak-anaknya. Gue liat surat yang anak-anak itu kasih ke kakak gue saat dia mau pergi. Gila so swit banget. Jadi pengen KKN juga hoho :p

Reply

Wow. Cerita KKN setiap kampus memang beda ya? Kalau kampus saya, kalau KKN reguler (yang saya ikuti Juni kemarin), KKN-nya tidak di kelurahan, tapi di desa, dan kalau kami bilang desa, itu paling dekat tidak setengah jam dari akses jalan utama. Beruntung kalau dapat tempat yang sinyalnya lancar. Tempatku dulu, mau SMS saja susahnya minta ampun, apalagi mau nelpon.

Udah gitu KKN-nya pas dua bulan dan dapatnya bulan puasa. Haha. Tapi anehnya, pulang-pulang udah pada gemuk semua -__-
Nanti lengkapnya saya cerita di blog ah, udah lama direncanakan tapi belum direalisasikan.

Reply

Wih akhirnya nemu ending jg dicerita seru ini, penuh makna ya, terlebih cukup buat gue ngakak sndiri pas ngeliat foto model tua yg 'khas' itu, akakakak. Keren. Tetap berjuang bang ^^b

Reply

Huawah, semoga KKN gue ntar lebih seru dari lo bang. Hihi.
Tx uda ngasih gambaran butag gue KKN ntar.

Reply

Kalo KKN dah berakhir, pasti dah berakhir pula penderitanyannya ya....
pasti banyak kenagan selama KKN nih...
udah dapat gebetan, blm?
jangan bilang kalo gak dapet gebetan ya.... masa dari sekian banyak gak ada yg nyantol. heheh

Reply

masak kkn suruh mbikin kolam ikan lele sih, wah brarti kayak semacam kerja sosial ya bang?

Reply

dari awal postingan kemaren sampai yg ini aku masih bingung muka abang di foto-foto yg mana -.- plis bang jangan bikin aku penasaran nyari muka abang :"

Reply

wow..
kok cepet banget ya kak KKNnya?
yah, pertama emang selalu kepikiran buat cepet selesai.. eh, terakhir2 malah ngerasa berat banget buat pisah.. hehehe
semangat buat nyusun SKIRSInya kak.. ^^

Reply

aseeeek bang

gue doain lancar entah itu skripsi, atau striptis namanya
cepet wisuda (y)

Reply

gue udah baca postingan ini..kayaknya udah komen kemaren2 hehehe

Reply

kegiatannya banyak juga ya mas edotz,
yang paling seru itu di bagian kotoran kebonya kayaknya

buat kolam lele pasti lama banget gali nya?

Reply

Kalo gue ngga ikut KKN, bayar mahal dong. Sehari 20 ribu, sebulan 600 ribu. Tekor. :((

Dan ada pauuud. Pasti seru ya dot. uuu~

Reply

Kkn pas awal2 atau pertengahan dijalani serasa derita. Tapi begitu udah berakhir, emaaangggg jadi sedih pisah ma tmen2 :')
Selamat datang di dunia skripsweet ya do! -(^,^-) (-^,^)-

Reply

Kkn pas awal2 atau pertengahan dijalani serasa derita. Tapi begitu udah berakhir, emaaangggg jadi sedih pisah ma tmen2 :')
Selamat datang di dunia skripsweet ya do! -(^,^-) (-^,^)-

Reply

Keren. Smoga KKN nya bisa memberi manfaat untuk diri dan masa depan. Selamat berkutat dengan skripsi. Smoga dapat dosen yang gak killer, dan cepet wisuda. :D

Reply

Wohahaha, Lucu dan seru kayaknya.

Jadi inget waktu aku KKN dulu. awalnya emang boring dan pengen pulang juga. itu juga mungkin karena kita belum kenal banget.
Tapi tambah ke depannya semakin akrab dan semakin deket. Pas perpisahan jadi berat mau pisah.
iya nggak sih?

Reply

mantep juga nih KKN, kayak ABRI masuk desa ya he he

Di tempat kerja juga ada tuh, denda kalo telat dateng meeting. Tapi yo ada juga yang telat dengan banyak alasan dan gak mau bayar denda.

Reply

iya kadang sesuatu yang belum dijalanin emang gitu..
nyeremin..
tapi kenyataannya belom tentu..

gakpapa, gak ada rasanya kok,, biasa aja. cobain deh

Reply

masa sih? mana?
elo yang salah baca tuh

Reply

amiiin rob,

iya moga skripsi gue lancar deh :)

Reply

iya emang begitu, KKN itu asik dan nyenengin..
kecuali kita punya musuh, KKN nya jadi kaya neraka haha

Reply

Beneer banget...

Life is Neverflat... :D

Reply

loh kkn nya beneran selesai ya...syukurlah kalo begitu, semua cerita tentang KKN sebenarnya hampir sama, dan alasan cuci kancut itu juga jadi alasan yang sama bagi peserta KKN zaman sekarang dan masa dulu, tak apalah karena proses KKN memang harus diikuti selama menjadi mahasiswa tingkat akhir...oke selamat bersiap menghadapi ujian skripsi ya.,,,semoga sukses selalu :-)

Reply

iya cuma masalah interen aja siih ...
wah masyarakatnya kesmepatan tuh pasti mumpung ada KKN ,

haha anaknya pak kos cantik2 itu emang mau sama elo?
jleb banget gak? gak kan yah biasa aja ..

Reply

jangan2 kakak elo kena pencucian otak tuh, sampe gak mau pulang..

gila, kakak lo suka caper sama anak anak.. oh jadi gitu cara mainnya?

Reply

waaah itu baru KKN banget namanya kalo begitu... kereen, gak pulang deh tuh, akses aja susah ..

iya pas puasa, mungkin serting khilaf ..
jadi lupa kalo pas bulan puasa.

Reply

iya emang penuh makna..
berkah KKN

Reply

iyah deh gitu, moga lo betah ya KKN nya

Reply

iya banyak.
udah dapet gebetan gue sama penjaga kebun.
lumayanlah

Reply

iya cepet banget ..
aneh memang,
haduh gue nemu kata skripsi disini, bikin galau aja -_-

Reply

iya makasih ya, kalo striptis itu sama aja gue satu kerjaan sama elo
gue ogah

Reply

kok tai kebo seru ---___---

enggak gali kok itu pake bambu ditancepin ..
itu yg bikin lama

Reply

iya tekor , itung aja
lama2 bisa buat naik haji tuh..

ada paud kok elo heboh banget?
gue curiga

Reply

iya begitulah KKN , kesannya bru terasa terakhiran..

hiyaaah -____- gue diingetin sama skripsilit -___-

Reply

gue cuma bisa mengamini berkali-kali
amiiin aminn amiiin

Reply

iya bener banget ..
tapi ada juga temen gue yang tiap hari bawaannya pengennya pulang mulu
pengen cepet selesai..

Reply

haha kayak babu gratisan sebulan ..

iya gitu deh klo masalah denda , pada gak mau bayar mesti

Reply

iya begitulah .. cuma kesannya tiap anak aja ada yang beda ..
ada yang emang males ada yang emang berkesan ..

sip, thengs ya ..
amiin

Reply

Hah?? KKN sebulan? Apa-apaan tuh??
KKN gue 2 bulan, tiap sabtu ama minggu doang.tp klo yg tiap hari KKN nya 2 bulan. Enak bgt kampus lo dot..

KKN kenangan asem yg gak bakal bisa dilupain kayaknya sampe tuir..
Eh wisuda tungguin gue yaaa.. :D

Reply

Hah?? KKN sebulan? Apa-apaan tuh??
KKN gue 2 bulan, tiap sabtu ama minggu doang.tp klo yg tiap hari KKN nya 2 bulan. Enak bgt kampus lo dot..

KKN kenangan asem yg gak bakal bisa dilupain kayaknya sampe tuir..
Eh wisuda tungguin gue yaaa.. :D

Reply

waktu itu gue lihatnya 5 April 2013, sekarang kok jadi 5 Maret.. -___-"
Gue yg salah baca atau diganti???

Reply

Post a Comment