KKN... Sebuah Nama, Sebuah Derita

2/26/2013 02:51:00 pm

Bulan ini gue lagi sibuk sama yang namanya KKN. Mata kuliah dengan tiga huruf sederhana yang gak nyeremin sama sekali tapi bobotnya 4 SKS. Iya, ini mata kuliah yang tidak lazim. Kalo biasanya cuma 2 ato 3 sks, ini maksa 4 sks. Mau gak mau mata kuliah ini harus dapet nilai A. Gimana enggak? Soalnya kalo sampai dapet B apalagi kasta dibawahnya B. Alamat IPK bakalan terjun cantik. Masa iya, IPK udah pas-pasan sama kayak muka, masih harus dipangkas lagi. Cukup... Jangan sampai itu terjadi.

KKN Itu bukan singkatan dari Kuliah Kerja Ngiler atau Kuliah Kerja Ngerumpi, bukan juga Kuliah Kerja Nyiksa. KKN itu Kuliah Kerja Nyata. Ini kerja beneran, bukan cuma kebanyakan teori dan presentasi gak jelas. Yang ini harus bener-bener kerja. Iya, ker....ja. Katanya siiih... ~ ~ ~


Tebak, Gue Yang Mana ?
Selama kurang lebih sebulan, gak bisa pas. Gue dan seluruh mahasiswa semester 8 dari berbagai jurusan bakalan dikumpulin dan dikelompokkan sesuai porsinya untuk diterjunkan di berbagai kelurahan. Ada yang satu kelompok 30 anak, ada yang 17 anak, bahkan ada yang 12 anak. Mungkin 2 anak lebih baik.

Yang beruntung... Bisa dapet tempat deket-deket kampus, biaya hidup bisa ditekan. Gampang pulang ke kos atau kontrakan, kalo ada keperluan di kampus, gampang.

Yang apes... Bisa dapet tempat jauh di pelosok desa, biaya hidup menyedihkan. Nyari Indomaret sama Alfamart aja susah, apalagi punya cita-cita pulang ke kos atau kontrakan. Kalo ada keperluan di kampus, alamat ngisi tangki bensin. Kalo mau hemat, cuma perlu manasin elang aja lalu dinaikin. Sayangnya, gak ada elang yang bisa dipanasin apalagi dinaikin.

Itulah hidup..
Memang, sebelum pembagian penempatan lokasi KKN, gue dan temen-temen disuruh ngisi formulir buat milih mau ditempatin dimana. Sayang, niat hati memeluk wanita, apa daya tangan tak sampai. Udah ngisi formulir milihnya lokasi deket-deket kampus, tetep aja dapetnya malah dibuang jauh... Sangat jauh. Ironis.

KKN itu..
Yang beruntung, bisa sekelompok sama cewek cantik, gaul dan unyu dari jurusan lain. Bayangin, satu bulan hidup bareng di posko bareng cewek cantik. Kurang bahagia apalagi coba? Hal kayak gini jadi bikin KKN penuh suka cita. Baru bangun tidur, keluar kamar udah liat wajahnya cewek cantik. Bener-bener surga.



Yang apes, satu kelompok sama cewek dari jurusan lain yang gak ada unyu-unyunya sama sekali, apalagi cantik. Menurut gue, kalo yang satu ini apesnya kebangetan. Gimana enggak, terlalu banyak cewek cantik di kampus dari berbagai jurusan. Kalo satu aja gak dapet. Mending ngulang aja KKN-nya tahun depan.

Lalu, bagaimana dengan gue?
Untuk masalah penempatan, gue nganggep kalo gue sangat beruntung. Gimana enggak, jarak dari kontrakan ke posko KKN gue jauh lebih deket daripada kontrakan gue ke kampus. Keren? Biasa aja sih. Cuma ini adalah penghematan cerdas untuk menghemat bensin dan tentunya menghemat tenaga yang ujung-ujungnya juga ngaruh ke duit.

Kenapa tenaga? Jelas... naik motor kan mesti maenin gas. Kadang kenceng, kadang pelan, juga sewaktu-waktu mesti nginjek rem buat yang pakenya motor bebek. Yang pake matic, juga mesti narik rem tangan. Ini semua butuh tenaga, kalo kebanyakan ngeluarin tenaga bisa-bisa malah bikin cepet laper. Kan gak asik juga, pagi gak sarapan. Naik motor dari kontrakan sampe kampus udah laper gara-gara kebanyakan ngerem. Mau mampir makan di warteg? Gak bisa, itu bukan solusi cerdas. Mau minum air keran? Gak bisa, itu bukan solusi cerdas. Mau minta dibayarin temen? Gak bisa, itu bukan solusi cerdas.

Lihat, jadi mahasiswa ribet banget kan. Gue emang beruntung banget dapet tempat KKN yang strategis banget.
*kipas-kipas duit lima ribuan*

Lalu untuk masalah kedua..
Masalah kebagian cewek cantik apa gak. Mmm.. Gue... Gue... Gue... Gak bisa cerita.
*hening*

Pertimbangan gue cuma satu, gue takut ada cewek yang satu posko sama gue terus baca tulisan ini, dia jadi sensi sama gue terus gue dipacarin lalu dibokerin. Itu pedih. Cukup gue simpen dalem pantat masalah cewek di posko gue ada yang cantik apa gak.

Sekedar Informasi aja, gue KKN di Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari. Liat, keren kan? Kelurahan sama kecamatan namanya sama. Keliatan banget berarti gue KKN di kota. Kalo dibikin film misteri. Judulnya, 'Mahasiswa muka ndeso KKN masuk kota.' Entah keliatan misterinya dari mana?

Jumlah mahasiswa di kelurahan gue ada 17 orang. 5 cowok, termasuk gue. Iya, gue cowok. Full, gak setengah-setengah. Sisanya cewek semua. Yaiyalah semua, emang ada gitu, sisanya selain cewek?

Banyak kegiatan yang gue lakuin di posko KKN, mulai dari ngupil, ngiler, ngeboker, nge-game, poto-poto dan nonton tipi. Lihat... Nyata banget kan kerjanya.

Kalo menurut kalian itu asik? Itu nyenengin? Itu unyu? Jangan salah...

Itu cuma kegiatan selingan aja, pekerjaan pertama KKN bener-bener bikin ketek basah tujuh hari tujuh malam. Gimana enggak, pekerjaan pertama yang harus gue lakuin setelah berbaur dengan masyarakat adalah : BIKIN KOLAM LELE. Pekerjaan pertama yang sama sekali gak menyenangkan, tapi beruntung gue dan temen-temen gak disuruh BIKIN KOLAM RENANG. Bayangin, betapa sedihnya hati ini. Kalo itu beneran, gue mending dikasih duit lima ribu perak terus gue pulang gak berangkat sebulan. Nilai KKN keluar dapet A. Iya.. Gue gak papa kok digituin. Gue ikhlas.
Berawal Dari Membakar Sampah
Dari pembuatan kolam lele itu. Lebih romantisnya lagi, yang ngerjain kolam lelenya anak-anak KKN, dibantu sama suaminya Bu Lurah dan satu orang bapak-bapak yang motongin bambu. Terus masyarakatnya dimana? Щ(ºДºщ)

Gue dan temen-temen bikin kolam lele dari bambu, itu artinya lebih menyedihkan dari bikin kolam lele permanen pake batu bata dan semen. Karena apa? Sebelum bikin, gue mesti bersihin lahannya dulu. Ngumpulin sampah, bakar sampah, lalu buang sampah sisa bakaran. Lebih susahnya lagi karena gue mesti nancepin bambu-bambu ke tanah. Lalu gergaji bambunya biar tingginya sama, lalu bambunya dikawat biar kenceng, lalu gue pun pingsan...

Penderitaan Dimulai
Satu hal yang bikin gue terharu banget adalah gue dan temen-temen mesti bikin dua kolam. Iya, dua.. Gak cuma satu. "Bersabarlah nak, penderitaan ini gak akan lama lagi, kulitmu tidak akan sekasar kuli bangunan kok."
*ngomong sama tangan*

Itu Air Keringat Kami
Hari itu adalah hari yang tidak luar biasa. Dari pagi sampe sore, gue sama temen-temen sukses bergulat dengan cangkul, gergaji, kawat dan bambu. Dahi, leher, ketek dan selangkangan, semuanya basah oleh keringat. Baunya gak nyesek-nyesek amat sih, paling kalo lima menit dihirup terus bisa mimisan. Gue dan temen-temen justru bangga. Bau keringat kami hari itu adalah bukti kerja nyata kami. Kerja tim yang keren dan sempurna. Yah.. Walopun jadinya gak sempurna sama sekali. Hari itu, kami buktikan dan kami tunjukkan,
"Ini loooh, yang namanya KKN... Kuliah KERJA NYATA."

You Might Also Like

61 Upil

  1. kalo gue tebak ya, di foto yang lagi barengan itu pasti elu di barisan depan deh bang. soalnya yang barisan belakang cewe semua. xoxo

    gue yakin bang, itu kolam lele pasti gak bakalan bisa dipake buat berenang. wkwk...
    dan sepertinya bang, bikin kolam lele itu susah yak. harus bareng bareng, kalo bikin kolam lele sendirian mah gak bakalan kelar. yakin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo itu gue juga tau -___-

      kalo bikin sendiri kelar kok, tapi endingnya tangan lo mati rasa semua.

      Delete
  2. owh, kita satu angkatan ya, 2009. haha..tapi punyaku nggak ada KKN. dan selalu iri tiap ada yang cerita betapa berwarnanya KKN mereka. -______-

    kenapa nggak kamu ceritain masalah yang kedua? takut dibaca sama cewek cewek temen mu ya???haha, sama...kadang kalau mau cerita apaaa gitu, suka kepikiran gmn kalo yg kita s=ceritain itu ,mbaca. kalo soal yang bagus sih nggak papa mungkin, tpi kalo jelek?? dikira nyebar aibb. wah, nggak diceritain jangan jangan cewek ceweknyaaaa....... *nggakditerusin *takutdibokerinjuga *kabuuuuurrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasian gak ada KKN :D

      haha iya gitu deh.. mau gue terusin mikir2 juga jadinya :D

      Delete
  3. gue tau bang, pasti difoto itu elu yg paling jelek disebelah situ kan *nunjukin foto*.

    Gak apa bang kalo cuma kolam dari bambu. Kalo lu buat dari bata, semen, pasir yg ada lu pasti ngubah status lu dari mahasiswa jadi kuli bangunan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampret, kok lo tau gue yang ini.. *nunjukin poto*

      kuli bangunan yang gaul .. tapi tetep aja kuli -_-

      Delete

  4. Gue sih berharap Elo sekelompok sama cewek cantik, jadi KKN jadi betah. Kalo sampe sebaliknya, ya udah lah ikhlasin aja.

    Jadi ternyata gini toh KKN itu, mesti banyak keluar keringat. Kirain cuma duit doank yg abis.

    Terus semangat Dotz, jangan lupa kalo udah selesai nanti poto2 sama satpam sekolah, buat kenang-kenangan misalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhaha gimana yah rob ..

      semuanya keluar rob, sampe upil juga ...

      udah lengkap gue poto2 sama lelenya juga ..

      Delete
  5. Lebay banget sampe air keringatnya sekolam gitu..
    Wkwk

    Kesian lo, Bang..
    Kakak gue bahagia banget waktu KKN..
    Makan aja dikasih warga.. Warga berbondong2 ke poskonya ngebawain makanan..
    Keren, kan?

    Semoga semua jasa Abang dan temen2nya terbayar dengan nilai A dan juga pahala dari yang Maha Kuasa =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu air keringat seharian -____-

      iya gue berani taruhan, kakak lo pasti KKN di desa, gue di kota nih looh -_-

      oke de, amiiin :)

      Delete
  6. waaaah asyik banget yah KKN nya...

    dulu ane gak KKN pas kuliah..huehue...

    ReplyDelete
  7. seruuuu :D

    ntar kalo KKN udah kelar, yang dikenang buanyak banget.. trus kalo beruntung, bisa nikah sama teman 1 KKN *uhuk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu deeeh ..

      iya pasti, bakalan kangen banget sama KKN :)
      gak deh, jangan sampe hehe

      Delete
  8. tulisan lu makin gokil aja do.

    lu ikut KKN yg reguler apa non reg?
    klo di kampus gw, yang dket2 itu non reg, dan selama 3 bulan tapi cuma sabtu minggu doang. nah klo yg reg itu jauh2, tapi cuma 2 bulan..

    gw KKN Semester 6. dengan matkul yg masi banyak. gila pulang2 KKN gw item dan kurus banget.. dan tu bertahan sampe sekarang #lha kok jadi cerita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah bisa aja lo ..

      gue reguler..
      wah beda banget aturannya sama kampus gue :D

      lah KKN kok masih ada matkul lain, bakalan repot deh tuh -___-

      Delete
  9. emang penjuangan lo ngadepin KKN ini bener-bener diuji. Gue yakin ritual lo yang ngupil pake bulu ketek abang odong-odong itu bakalan berkurang frekuensinya selama lo KKN.

    itu pengalaman dot, seenggaknya kalo lo udah lulus tapi nggak jadi guru, lo bisa bikin kolam lele.

    kuliah emang nggak kayak diftv-ftv dot,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue sampe2 gak mikirin ritual suci ngupil gue demi KKn bay ...

      bener juga, gue bisa jadi tukang bikin kolam lele panggilan.. seenggaknya gue udah tau tekniknya ...

      Delete
  10. hehe saya masih semester-semester awal kak XD
    jadi masih lama KKN nya XD

    ternyata seru juga yah klo KKN, nanti klo KKN saya mau pinjem elang atau naga nya indosiar supaya kalau mau balik gampang XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapin mental dari sekarang...

      nah tuh, pake larva aja biar unyu ...

      Delete
  11. Astaga, gue kira KKN beneran (Korupsi, Kolusi,
    dan Nepotisme) yg SKS-nya 4. Hehehehe.

    Sukses bro KKN-nya. KKN :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa iya begituan ada di matkul ..

      tengkyu mas bro, udah selesai :D

      Delete
  12. itu baru sebulan...yang penuh keringatan berbasah-basah saat KKN ria...bagaimana pula kalau sudah selesai kuliah...maka semakin lengkaplah derita dunia yang dialami, karena kalau tidak mau menderita dan keringatan,,,maka rejekipun takakan didapat...asal jangan keringatan tanpa gerak sedikitpun...itu gejala jantungan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget ...
      kalo udah kerja bisa lebih parah capeknya daripada itu :D

      Delete
  13. lah kalo abang ini enak, KKN dihargain 4sks. Nah di kampusku kerja praktek 2 bulan cuma dihargain 2sks-,-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue jadi lo, gue demo aja kampusnya ..
      itu gak adil namanya ..
      2 sks sampe 2 bulan -_-

      Delete
  14. Seandainya itu beneran pake air keringat, bisa ditebak lelenya bakal kena ayan. Oh iya, kalo gue dulu namanya PKL (Praktek Kerja Lapangan), malah sekarang kangen sama suasananya, soalnya tiap hari yg gue kerjain cuma main PES sama pengawas proyek :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. lelenya bakalan jadi monster kali yak ...
      kirain pedagang kaki lima -______-
      entahlah itu PKL yang asik atau gimana kalo kerjaannya main PES mulu

      Delete
  15. itu kkn ape kerja rodi??
    waduh jangan" ntar kkn gue juga kayak gituu -,-
    gue kira kkn tu kita dikirim ke kelurahan trus bersosialisasi sama warga, ee ternyata ada kerja rodinya jugaa too.hha

    tetep semangat bang.. upil ehh salahh,, badai pasti berlalu !!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu KKN masa kini ...
      santai aja, KKN gak bikin mati kok ..

      iya siippp
      KKn udah berlalu gue justru kangen :D

      Delete
  16. gue lebih percaya kalo itu airkeringat perasan ketek kalian semua bang ? ia kan ngaku gak lo ?

    penderitaan di awal dan bersenang-senang di akhir bang. ingat selalu deh point itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget tapi ada tambahannya ...
      itu dicampur sama air keringat dari selangkangan kami ..

      endingnya malah nyesek pisah sama mereka -_____-

      Delete
  17. waaaaahh bang edot kenapa ga minta ikan lelenya juga bang?? lumayan buat di goreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. plis deh ..
      lelenya masih kecil -kecil kali...
      tiga centi aja belom ada
      kalo digoreng dapet apaaa ? -_-

      Delete
  18. nyahaha untungnya bukan bikin keramba buat lele ya mas edoth wkwk , mas bukanya punya cewe yah kok masih demen ngeliatin cewe cewe yang ikut KKN wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. gila aja bikin keramba , mending gue bikin jaring dari upil gue ..

      namanya juga laki - laki , gue hanya menatap tak harap kembali kok ... >.<

      Delete
  19. ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム edo edooo baca postingan ini bikin gue bernostalgia ke masa2 KKn dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. suatu saat gue juga bakalan bernostalgia dengan postingan gue yang ini :))

      Delete
  20. mungkin cara bikin kolam lelenya bisa dipraktekin ntar kalo udah jadi guru bang, waktu pelajaran biologi. jadi anak muridnya masing-masing harus bikin 1 kolam lele terus sekolahnya dapat penghasilan dari jualan lele deh :")

    aku nebaknya sih itu yg foto sama temen-temen itu abang di posisi paling depan, iya paling depan alias tukang foto. iya gak sih bang? muehehehe

    syemangadh qaqa KKN nya, doaku menyertaimuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesannya gue kaya juragan lele kalo begitu ntar ...

      tepat sekali, gue tukang potonya ..
      *nangis*

      makasiiih yaak..
      KKN gue berakhir dengan unyu :)

      Delete
  21. Alhamdulillah. beruntunglah udah ada kesempatan KKN. Kalau saya namanya PPKT. Kayak praktek ngajar gitu selama 4 bulan. Ngajar anak anak SMP yang imut dan kadang alay, tapi seru.*jadi curhat:)

    Intinya. Selamat udah KKN. Semoga kolamnya bisa berguna untuk warga. Dan nggak ada upil sisamu di dalamnya. Hahahaha.

    Selamat KKN^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gue disini namanya PPL dan waktunya dua bulan. asik tuh anak SMP kalo nulis jawaban pasti alay2 :D

      iya makasih, upil gue malah dijadiin makanan buat lele dan lelenya suka :D

      Delete
  22. segitu takutnya lo sama lapar dotz..
    sampai segitu rincinya lo memperhitungkan tenaga yang bakal habis buat naik motor..mulai dari maenin gas sampe nginjek rem... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya donk, mahasiswa harus punya perhitungan
      daripada ntar laper sebelum waktunya ...
      tanggung sendiri resikonya :D

      Delete
  23. Hahaa bodoorr, trus KKN ngajarnya kapan Bang?
    itu mah Kerja Kuli Nyata :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. KKN ngapain aja udah dibahas di tulisan terbaru gue judulnya 'KKN ENDING'

      nyiksa tapi gue suka ..

      Delete
  24. KKN.. kapan aku merasakan itu? :/

    ReplyDelete
  25. wew..
    semangat kak edotz.. kakak pasti bisa !!! :D
    baru denger aku KKN.. kalo di kampus aku ngak ada KKNan gitu.. eh, tapi ngak tau ya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih ...
      gak tiap kampus ada KKN kok , dinikmatin aja aturan kampusnya ahaha

      Delete
  26. diem diposko, bikin kolam lele. gue kira lu kkn ngajar dot -___- apa hubungannya jurusan lo ama bikin kolam lele. apa gue yg blum paham maksud KKN ya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ngajar itu PPL yog ..
      mungkin lo bisa cari arti KKN di wikipedia biar lebih jelas :D

      Delete
  27. untung aja dikampus gw gak ada makul KKN dotz, tapi bnyak jga universitas disini yg KKN, n kalo gw liat, KKN itu emang buat capek aja ya. hhmmm mesti rajin gitu aktif membantu warga ditempat kita KKN,,hhmmm itu yg dikolam benaran air keringat xan?? hoho -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi KKN itu asik va ..
      banyak pengalaman dan nambah temen ...

      iya itu keringat ketek sama selangkangan
      lumayan banyak

      Delete
  28. semangat kak edotz.. kakak pasti bisa.. :D
    aku baru denger soal KKn gini.. di tempat kuliahku ngak ada.. hehehe
    eh, tapi ngak tau juga sih.. :D
    emang semua jurusan ada mata kuliah KKN ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. komentar kedua Ginty :D

      iya semua jurusan terus dikumpulin jadi satu deh ..

      Delete
  29. pasti seru bnaget ya hidup di kampung. apalagi ikut bermasyarakat kayak githu. aku pngn banget bisa pulang kampung, melihat-lihat pemandangan yg masih asri. penduduknya yang ramah-ramah, pasti seru.
    tapi harus nunggu lama ya... sekarang masi kelas 2 SMA, blm kuliah.
    sabar... sabar.... sabar....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas seru banget ...
      sayang gue KKN di kota dan gak nemu pemandangan begituan ..
      semoga kampus lo ntar ada KKN

      Delete
  30. Masih mending, di kampusku KKN 3 bulan & pasti ditempatkan di pelosok2..
    Mna semester depan lagi aku KKN-nya,,
    Ngebaca cerita di ats yg smpe bkin2 kolam lele sgala,, Jdi agak takut ngehadapinnya..
    Mudah2an t4 KKNku ntar udah punya kolam lele, kolam babi, dan kolam2 lain.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah pelosok -______-
      alamat gak bisa pulang ka kampus..
      santai aja , KKN itu seru kok . banyak temen baru disana :D

      Delete
  31. KKNnya udah selesai belum yach? waktu KKN tuh seru, ketemu temen baru, ngeliat daerah baru...bikin program2 ga jelas, harusnya namanya KKNj = Kuliah Kerja Nggak jelas...hehe

    ReplyDelete